|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengantar Ilmu-ilmu Sosial |
8420703101 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
5 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ali Imron, S.Sos., MA., Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Dr. Sugiantoro, S.Sos., M.Pd., Dr. Asnimawati, M.Pd.,
|
Ali Imron, S.Sos., MA
|
Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal. |
PLO-8 |
Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang spesifik di bidang ilmu sosial, sesuai dengan standar kompetensi kerja yang berlaku di bidang study ilmu-ilmu sosial
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar dalam mengorganisasikan dan menyusun konten-konten pembelajaran IPS yang mengintegrasikan kearifan lokal
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar untuk mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal dalam tugas dan proyek mata kuliah pengantar Ilmu-Ilmu Sosial
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-8 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Pengantar Ilmu-Ilmu Sosial adalah mata kuliah dasar dalam program studi Pendidikan Pengetahuan Ilmu Sosial (IPS) yang memberikan pemahaman awal tentang berbagai disiplin ilmu sosial. Matakuliah ini memberikan gambaran umum tentang apa itu ilmu sosial, tujuannya, dan ruang lingkupnya. Ini mencakup berbagai cabang ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi sosial, ilmu politik, ekonomi, dan sejarah. Selain itu mata kuliah ini memperkenalkan teori-teori dasar dalam ilmu sosial serta metode penelitian yang digunakan untuk mempelajari fenomena sosial. Mahasiswa akan belajar tentang pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta teknik pengumpulan data seperti survei, wawancara, dan observasi, mempelajari bagaimana individu berinteraksi dalam masyarakat serta bagaimana struktur sosial mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Ini mencakup topik seperti stratifikasi sosial, peran sosial, dan norma-norma sosial. Menelaah isu-isu sosial terkini yang dihadapi masyarakat, seperti kemiskinan, ketidakadilan, perubahan iklim, dan globalisasi. Diskusi ini bertujuan untuk memahami bagaimana fenomena ini mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi.
Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar yang akan menjadi fondasi untuk studi lebih lanjut dalam ilmu sosial, serta meningkatkan kesadaran mhasiswa Pendidikan IPS tentang dinamika sosial yang kompleks dalam masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
- Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
- Smith, M. A. (2018). Introduction to Political Science. Cambridge University Press
- McLennan, G. (2018). Research Methods in Sociology: A Qualitative Approach. Routledge.
- Guest, K. J. (2017). Cultural Anthropology: A Toolkit for a Global Age (3rd ed.). W.W. Norton & Company.
- Dahlman, C., & Renwick, W. H. (2014). Introduction to Geography: People, Places & Environment (6th ed.). Pearson.
- Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson
- Rubenstein, J. M. (2019). The Cultural Landscape: An Introduction to Human Geography (13th ed.). Pearson.
- Mitchell, D. (2013). Geography and Social Justice in the Classroom. Routledge
- Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning.
- Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2017). Microeconomics (9th ed.). Pearson.
|
Pendukung : |
|
- Website: American Journal of Sociology
- Website : Sociological Review
- Website: Journal of Political Economy
- Website: Cultural Anthropology
- Website: Social Forces
- Website: International Journal of Sociology
- Website: Journal of Social Issues
|
Dosen Pengampu
|
Ali Imron, S.Sos., M.A. Dr. Sugiantoro, M.Pd. Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. Dr. Asnimawati, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya |
Menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia. 150 menit |
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
|
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Teori dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Analisis Masalah Sosial Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya |
Menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia. 150 menit |
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
|
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Teori dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Analisis Masalah Sosial Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menelaah pengertian, ruang lingkup ilmu-ilmu sosial, dan struktur ilmu (fakta, konsep, generalissai, teori dan peranannya) |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Manusia sebagai makhluk Individu, Manusia sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk biologis Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sosiologi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengembangan Ilmu Sosial, Perencanaan Ilmu Sosial, Strategi perencanaan sosial Pustaka: Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sosiologi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengembangan Ilmu Sosial, Perencanaan Sosial, Strategi Perencanaan Sosial Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Politik |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Kelompok Sosial, Interaksi Sosial, Gemainschaft, Geselschaft Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Politik |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Objek, Metodologi, Produk, Fakta, Konsep Teori, Generalisasi Pustaka: 4. McLennan, G. (2018). Research Methods in Sociology: A Qualitative Approach. Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Ketepatan analisis, Ketajaman, Kreativitas Ide, Kejujuran |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 150 menit |
|
Materi: Materi 1-7 Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sejarah |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
|
|
Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sejarah |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring
|
|
Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Geografi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Geografi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Ekonomi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengertian, Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning. |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Ekonomi |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
- Non tes
- Rubrik kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 150 menit |
|
Materi: Pengertian, Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan Pustaka: Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Antropologi Budaya |
Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan |
Kriteria:
Non tes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 150 menit |
|
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Pendekatan dan Paradigma, Integrasi Teori dan Praktik Pustaka: Guest, K. J. (2017). Cultural Anthropology: A Toolkit for a Global Age (3rd ed.). W.W. Norton & Company. |
3% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Luring 150 menit |
|
Materi: Materi 1-15 Pustaka: |
28% |