Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan IPS

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Ilmu-ilmu Sosial

8420703101

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

5 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ali Imron, S.Sos., MA., Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd., Dr. Sugiantoro, S.Sos., M.Pd., Dr. Asnimawati, M.Pd.,




Ali Imron, S.Sos., MA




Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.

PLO-8

Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang spesifik di bidang ilmu sosial, sesuai dengan standar kompetensi kerja yang berlaku di bidang study ilmu-ilmu sosial

PO - 2

Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar dalam mengorganisasikan dan menyusun konten-konten pembelajaran IPS yang mengintegrasikan kearifan lokal

PO - 3

Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar untuk mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal dalam tugas dan proyek mata kuliah pengantar Ilmu-Ilmu Sosial

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-8
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Pengantar Ilmu-Ilmu Sosial adalah mata kuliah dasar dalam program studi Pendidikan Pengetahuan Ilmu Sosial (IPS) yang memberikan pemahaman awal tentang berbagai disiplin ilmu sosial. Matakuliah ini memberikan gambaran umum tentang apa itu ilmu sosial, tujuannya, dan ruang lingkupnya. Ini mencakup berbagai cabang ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi sosial, ilmu politik, ekonomi, dan sejarah. Selain itu mata kuliah ini memperkenalkan teori-teori dasar dalam ilmu sosial serta metode penelitian yang digunakan untuk mempelajari fenomena sosial. Mahasiswa akan belajar tentang pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta teknik pengumpulan data seperti survei, wawancara, dan observasi, mempelajari bagaimana individu berinteraksi dalam masyarakat serta bagaimana struktur sosial mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Ini mencakup topik seperti stratifikasi sosial, peran sosial, dan norma-norma sosial. Menelaah isu-isu sosial terkini yang dihadapi masyarakat, seperti kemiskinan, ketidakadilan, perubahan iklim, dan globalisasi. Diskusi ini bertujuan untuk memahami bagaimana fenomena ini mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi. Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar yang akan menjadi fondasi untuk studi lebih lanjut dalam ilmu sosial, serta meningkatkan kesadaran mhasiswa Pendidikan IPS tentang dinamika sosial yang kompleks dalam masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
  2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
  3. Smith, M. A. (2018). Introduction to Political Science. Cambridge University Press
  4. McLennan, G. (2018). Research Methods in Sociology: A Qualitative Approach. Routledge.
  5. Guest, K. J. (2017). Cultural Anthropology: A Toolkit for a Global Age (3rd ed.). W.W. Norton & Company.
  6. Dahlman, C., & Renwick, W. H. (2014). Introduction to Geography: People, Places & Environment (6th ed.). Pearson.
  7. Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson
  8. Rubenstein, J. M. (2019). The Cultural Landscape: An Introduction to Human Geography (13th ed.). Pearson.
  9. Mitchell, D. (2013). Geography and Social Justice in the Classroom. Routledge
  10. Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning.
  11. Pindyck, R. S., & Rubinfeld, D. L. (2017). Microeconomics (9th ed.). Pearson.

Pendukung :

  1. Website: American Journal of Sociology
  2. Website : Sociological Review
  3. Website: Journal of Political Economy
  4. Website: Cultural Anthropology
  5. Website: Social Forces
  6. Website: International Journal of Sociology
  7. Website: Journal of Social Issues

Dosen Pengampu

Ali Imron, S.Sos., M.A.

Dr. Sugiantoro, M.Pd.

Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd.

Dr. Asnimawati, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya

Menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
150 menit
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Teori dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Analisis Masalah Sosial
Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya

Menganalisis permasalahan sosial dan strategi penyelesaiannya

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
150 menit
Mahasiswa melakukan penelusuran sumber referensi untuk menganalisis perkembangan alam pikir manusia.
Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Teori dan Konsep Dasar Ilmu Sosial, Analisis Masalah Sosial
Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menelaah pengertian, ruang lingkup ilmu-ilmu sosial, dan struktur ilmu (fakta, konsep, generalissai, teori dan peranannya)

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Manusia sebagai makhluk Individu, Manusia sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk biologis
Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sosiologi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Pengembangan Ilmu Sosial, Perencanaan Ilmu Sosial, Strategi perencanaan sosial
Pustaka: Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sosiologi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Pengembangan Ilmu Sosial, Perencanaan Sosial, Strategi Perencanaan Sosial
Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Politik

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Kelompok Sosial, Interaksi Sosial, Gemainschaft, Geselschaft
Pustaka: 1. Giddens, A., Duneier, M., Appelbaum, R. P., & Carr, D. (2017). Introduction to Sociology (10th ed.). W.W. Norton & Company
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Politik

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Objek, Metodologi, Produk, Fakta, Konsep Teori, Generalisasi
Pustaka: 4. McLennan, G. (2018). Research Methods in Sociology: A Qualitative Approach. Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Ketepatan analisis, Ketajaman, Kreativitas Ide, Kejujuran

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
150 menit

Materi: Materi 1-7
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sejarah

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Sejarah

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring

Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: 2. Browning, G., Day, A., & Eldridge, J. A. (2015). Understanding the Social World: An Introduction to Sociology. Routledge
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Geografi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Geografi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Pengertian. Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: Knox, P. L., & Marston, S. A. (2016). Human Geography: Places and Regions in Global Context (7th ed.). Pearson
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Ekonomi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Pengertian, Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning.
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Ekonomi

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:
  1. Non tes
  2. Rubrik kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
150 menit

Materi: Pengertian, Pendekatan, Objek, Metodologi, Pengembangan
Pustaka: Mankiw, N. G. (2020). Principles of Economics (9th ed.). Cengage Learning.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menguraikan pengertian, ruang lingkup, pendekatan/metode/teknik, sejarah perkembangan, konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori Antropologi Budaya

Ketepatan analisis, kreativitas Ide, Keaslian Tulisan

Kriteria:

Non tes


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
150 menit

Materi: Definisi dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial, Pendekatan dan Paradigma, Integrasi Teori dan Praktik
Pustaka: Guest, K. J. (2017). Cultural Anthropology: A Toolkit for a Global Age (3rd ed.). W.W. Norton & Company.
3%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semester (UAS)

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Tes
Luring
150 menit

Materi: Materi 1-15
Pustaka:
28%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Penilaian Portofolio 14%
3. Tes 48%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.