Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metodologi Penelitian Kualitatif

8612202064

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah : Penelitian kualitatif adalah Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis . Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.

Pustaka

Utama :

  1. [1]. John W. Creswell, Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, SAGE, 2003,

    [2]. Surayana. Buku Ajar Kuliah Mtodologi penelitian. Bandung UPI

    [3]. Denzin, Norman & Yvonne Lincoln (eds). (1994). Handbook of qualitative research. London: Sage

    [4]. Morse, JM. (1991). Approches to Qualitative, Quantitative methodological triangulation. Nursing reasearch.

    [5]. Neuwman Lawrence. Social reasearch methods. Boston: Pearson Education

Pendukung :

Dosen Pengampu

MARIA VERONIKA ROESMININGSIH

SUHANADJI

Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A.

Prof. Dr. Warsono, M.S.

Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd.

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

[1], [2], [3], [4], [5]

Mahasiswa mampu:[1], [2], [3], [4], [5]

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Ceramah, diskusi, tanya jawab.
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab
2 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif.

Kriteria:

Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab.
2 X 50

0%

11

Minggu ke 11

UTS

UTS

Kriteria:

UTS

UTS
2 X 50

0%

12

Minggu ke 12

Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya.

Mahasiswa mampu:Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya.

Kriteria:

Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan

penugasan, latihan presentasi,
2 X 50

0%

13

Minggu ke 13

Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya.

Mahasiswa mampu:Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan mempresentasikannya.

Kriteria:

Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan

penugasan, latihan presentasi,
2 X 50

0%

14

Minggu ke 14

Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif

Kriteria:

Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan

penugasan, latihan presentasi,
2 X 50

0%

15

Minggu ke 15

Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif

Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif

Kriteria:

Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan

penugasan, latihan presentasi
2 X 50

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.