|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
8612202064 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Neni Mariana, S.Pd., M.Sc., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Deskripsi Mata Kuliah : Penelitian kualitatif adalah Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis . Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
[1]. John W. Creswell, Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, SAGE, 2003, [2]. Surayana. Buku Ajar Kuliah Mtodologi penelitian. Bandung UPI [3]. Denzin, Norman & Yvonne Lincoln (eds). (1994). Handbook of qualitative research. London: Sage [4]. Morse, JM. (1991). Approches to Qualitative, Quantitative methodological triangulation. Nursing reasearch. [5]. Neuwman Lawrence. Social reasearch methods. Boston: Pearson Education
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
MARIA VERONIKA ROESMININGSIH SUHANADJI Prof. Dr. H. Setya Yuwana, M.A. Prof. Dr. Warsono, M.S. Prof. Dr. H. Bambang Yulianto, M.Pd. Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
[1], [2], [3], [4], [5] |
Mahasiswa mampu:[1], [2], [3], [4], [5] |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis karakteristik Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Ceramah, diskusi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Mahasiswa mampu:Mengidentifikasi jenis-jenis metode dalam Penelitian kualitatif. |
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
Diskusi, penugasan, presentasi, tanya jawab. 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS |
UTS 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya. |
Mahasiswa mampu:Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya. |
Kriteria:
Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan |
penugasan, latihan presentasi, 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan memprsentasikannya. |
Mahasiswa mampu:Menyusun laporan tertulis Penelitian kualitatif dan mempresentasikannya. |
Kriteria:
Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan |
penugasan, latihan presentasi, 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif |
Kriteria:
Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan |
penugasan, latihan presentasi, 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif |
Mahasiswa mampu:Menganalisis secara kritis contoh laporan penelitian kualitatif |
Kriteria:
Kelengkapan laporan yang disusun dan kerapian dan kelancaran presentasi dan pemberian jawaban/tanggapan |
penugasan, latihan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |