Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain Program Penelitian dan Riset

7920209094

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu memahami dan mengaplikasikan metode penelitian, termasuk desain penelitian, analisis, dan interpretasi data di bidang bahasa/sastra

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami berbagai pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa, sastra, dan disiplin terkait.

PO - 2

Merancang proposal penelitian yang relevan dengan kebutuhan akademik dan sosial.

PO - 3

Mengaplikasikan teknik pengumpulan dan analisis data yang sesuai dengan metodologi penelitian yang dipilih.

PO - 4

Mengevaluasi hasil penelitian dan menyusun rekomendasi yang didasarkan pada temuan riset.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang perancangan program penelitian dan riset di bidang ilmu yang terkait dengan studi bahasa dan sastra Inggris. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, serta merancang proposal riset yang inovatif dan relevan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dan analitis dalam merancang dan melaksanakan penelitian, serta menghasilkan penelitian yang berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses pembelajaran dilakukan melalui diskusi, presentasi, tugas individu, dan proyek riset.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
  2. Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
  3. Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
  4. Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal.
Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal.
Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal.
Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra

Kriteria:

Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal.
Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

5

Minggu ke 5

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik.

Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kriteria:

Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
5%

6

Minggu ke 6

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik.

Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kriteria:

Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
5%

7

Minggu ke 7

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik.

Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kriteria:

Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
5%

8

Minggu ke 8

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik.

Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kriteria:

Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data.
Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
5%

9

Minggu ke 9

Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih.

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian.
Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
5%

10

Minggu ke 10

Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih.

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian.
Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
5%

11

Minggu ke 11

Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih.

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian.
Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
5%

12

Minggu ke 12

Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih.

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Luring
4 X 50

Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian.
Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi.

Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian.
Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi.

Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian.
Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.
8%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi.

Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif.

Kriteria:

Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian.
Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.
10%

16

Minggu ke 16

Kriteria:
  1. Laporan Penelitian
  2. Presentasi Hasil Penelitian

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Luring
4 X 50

17%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Portofolio 30%
3. Penilaian Praktikum 11.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 28.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.