|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain Program Penelitian dan Riset |
7920209094 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu memahami dan mengaplikasikan metode penelitian, termasuk desain penelitian, analisis, dan interpretasi data di bidang bahasa/sastra |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami berbagai pendekatan dan metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa, sastra, dan disiplin terkait.
|
PO - 2 |
Merancang proposal penelitian yang relevan dengan kebutuhan akademik dan sosial.
|
PO - 3 |
Mengaplikasikan teknik pengumpulan dan analisis data yang sesuai dengan metodologi penelitian yang dipilih.
|
PO - 4 |
Mengevaluasi hasil penelitian dan menyusun rekomendasi yang didasarkan pada temuan riset.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PO-1 | | | ✔ | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang perancangan program penelitian dan riset di bidang ilmu yang terkait dengan studi bahasa dan sastra Inggris. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode penelitian, teknik pengumpulan data, analisis data, serta merancang proposal riset yang inovatif dan relevan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dan analitis dalam merancang dan melaksanakan penelitian, serta menghasilkan penelitian yang berdampak pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses pembelajaran dilakukan melalui diskusi, presentasi, tugas individu, dan proyek riset. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
- Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches.
- Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data.
- Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal. Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal. Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal. Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis metode penelitian yang digunakan dalam studi bahasa dan sastra |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengidentifikasi metode penelitian berdasarkan kasus studi tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Perancangan metode penelitian dan proposal. Pustaka: Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik. |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. |
Kriteria:
Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data. Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik. |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. |
Kriteria:
Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data. Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik. |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. |
Kriteria:
Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data. Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan standar akademik. |
Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. |
Kriteria:
Ketepatan perumusan masalah penelitian berdasarkan topik yang dipilih. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: Teknik pengumpulan dan analisis data. Pustaka: Punch, Keith F. 2013. Introduction to Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian. Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
|
Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian. Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
|
Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian. Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
Ketepatan dalam memilih teknik pengumpulan data berdasarkan metodologi yang dipilih. |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: penerapan teknik analisis data dan evaluasi hasil penelitian. Pustaka: Silverman, David. 2011. Interpreting Qualitative Data. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif. |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian. Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif. |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian. Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. |
8% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis dalam merancang penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi. |
Mahasiswa mampu mengevaluasi temuan penelitian secara kritis dan objektif. |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengevaluasi temuan penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Bentuk Penilaian : Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pendekatan riset sosial dan presentasi hasil penelitian. Pustaka: Neuman, W. Lawrence. 2014. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Kriteria:
- Laporan Penelitian
- Presentasi Hasil Penelitian
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
|
17% |