|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
AGILE BUSINESS |
6120903055 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
5 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. ;Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., M.B.A. ; Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M ; Nadia Nur Thahirrah S.E., M.SM
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., M.B.A
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
PLO-11 |
Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
C2. Memahami konsep dan prinsip dasar agile business management
|
PO - 2 |
C4. Menganalisis kebutuhan penerapan agile dalam konteks bisnis
|
PO - 3 |
C3. Menerapkan kerangka kerja agile dalam perencanaan dan eksekusi strategi bisnis
|
PO - 4 |
P4. Membangun sistem pengukuran kinerja yang agile dan adaptif
|
PO - 5 |
C6. Mengembangkan budaya organisasi yang mendukung agile business
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-7 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | | PO-4 | | | | | | | PO-5 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas penerapan prinsip dan praktik agile dalam manajemen bisnis untuk meningkatkan fleksibilitas, kecepatan, dan efektivitas organisasi dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat di era digital. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep agile business, kerangka kerja agile, serta penerapannya dalam perencanaan strategis, eksekusi strategi, dan pengambilan keputusan bisnis. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
- a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
- b. Rigby, D. K., Sutherland, J., & Noble, A. (2018). Agile at Scale. Harvard Business Review, 96(3), 88-96.
- c. Ghezzi, A., & Cavallo, A. (2020). Agile business model innovation in digital entrepreneurship: Lean startup approaches. Journal of Business Research, 110, 519-537.
- d. Doz, Y. L., Kosonen, M., & Virtanen, P. (2018). Strategically agile government. In Global Encyclopedia of Public Administration, Public Policy, and Governance (pp. 1-8). Springer, Cham.
- e. Teece, D., Peteraf, M., & Leih, S. (2016). Dynamic capabilities and organizational agility: Risk, uncertainty, and strategy in the innovation economy. California Management Review, 58(4), 13-35.
- f. Kale, E., Aknar, A., & Başar, Ö. (2019). Absorptive capacity and firm performance: The mediating role of strategic agility. International Journal of Hospitality Management, 78, 276-283.
- g. Battistella, C., De Toni, A. F., De Zan, G., & Pessot, E. (2017). Cultivating business model agility through focused capabilities: A multiple case study. Journal of Business Research, 73, 65-82.
- h. Clauss, T., Abebe, M., Tangpong, C., & Hock, M. (2019). Strategic agility, business model innovation, and firm performance: An empirical investigation. IEEE Transactions on Engineering Management, 68(3), 767-784.
- i. Ravichandran, T. (2018). Exploring the relationships between IT competence, innovation capacity and organizational agility. The Journal of Strategic Information Systems, 27(1), 22-42.
- j. Sambamurthy, V., Bharadwaj, A., & Grover, V. (2003). Shaping agility through digital options: Reconceptualizing the role of information technology in contemporary firms. MIS Quarterly, 27(2), 237-263.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M. Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen bisnis agile, peran dan tanggung jawab manajer dalam lingkungan agile. |
- a. Menjelaskan konsep manajemen agile business
- b. Menunjukkan peran dan tanggung jawab manajer
- c. Merefleksi konsep agile business
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Meringkas materi kuliah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang konsep agile business
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait konsep agile business
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 1:
Merangkum materi hasil penjelasan dosen. 3x50 |
|
Materi: menjelaskan konsep dasar manajemen bisnis agile, peran dan tanggung jawab manajer dalam lingkungan agile. Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merumuskan strategi berbisnis di era digital |
- 1. Mampu memahami tentang bisnis digital
- 2. Mampu menjelaskan strategi bisnis di era digital
- 3. Mampu merumuskan startegi bisnis digital
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang strategi bisnis
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah menentukan startegi bisnis di era digital
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan Solusi yang telah di temukan.
Tugas 2:
Menyusun strategi bisnis digital dengan teman sejawat pada saat perkuliahan dan mempresentasikan hasilnya. 3x50 |
|
Materi: merumuskan strategi berbisnis di era digital Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif |
- 1. Mampu menjelaskan tentang Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
- 2. Mampu memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
- 3. Mampu mengaplikasikan Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan Solusi yang telah di temukan.
Tugas 3:
Mempresentasikan hasil diskusi permasalahan Balanced Scorecard Agile dan Adaptif pada saat perkuliahan 3x50 |
|
Materi: memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek |
- 1. Mampu mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
- 2. Mampu memahami eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
- 3. Mampu Menyusun eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa membuat peta konsep strategi agile dan manajemen proyek
5. Mahasiswa mempresentasikan peta konsep dan solusi yang telah di temukan
Tugas 4:
Menyusun peta konsep eksekusi strategi agile dan manajemen proyek lalu dipresnetasikan 3x50 |
|
Materi: mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas |
- 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan yang adaptif, korelasi, dan kausalitas.
- 2. Mahasiswa mampu memahami pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan yang adaptif, korelasi, dan kausalitas
- 3. Mahasiswa mampu menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi dan merangkum
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait pembelajaran strategis dan pengambilan Keputusan
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 5:
Merangkum materi pembelajaran startegis dan pengambilan Keputusan agile business 3x50 |
|
Materi: menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas Pustaka: e. Teece, D., Peteraf, M., & Leih, S. (2016). Dynamic capabilities and organizational agility: Risk, uncertainty, and strategy in the innovation economy. California Management Review, 58(4), 13-35. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami penyelarasan cepat perusahaan |
- 1. Mampu mendeskripsikan penyelarasan cepat perusahaan
- 2. Mampu memahami penyelarasan cepat perusahaan
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi dan merangkum
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang penyelarasan cepat perusahaan
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait penyelarasan cepat perusahaan
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 6:
Merangkum materi tentang penyelarasan cepat perusahaan 3x50 |
|
Materi: memahami penyelarasan cepat perusahaan Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi. |
- 1. Mampu mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
- 2. Mampu menyusun peta konsep kepemimpinan
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa membuat peta konsep tentang Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
4. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.Keputusan
5. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 7:
Membuat peta konsep Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi. 3x50 |
|
Materi: mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi. Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester |
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk Tes: Membuat artikel ilmiah tentang Strategi kepemimpinan bisnis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang tentang Strategi kepemimpinan bisnis,
2. Perencanaan proyek membuat artikel jurnal dengan tema strategi kepemimpinan bisnis,
3. Penelitian dan pengumpulan data tentang Strategi kepemimpinan bisnis,
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Dosen melakukan penilaian hasil produk artikel ilmiah yang telah di buat dan tersubmid.
Tugas UTS 8:
Membut artikel ilmiah tentang strategi kepemimpinan bisnis 3x50 |
|
Materi: mengerjakan Ujian Tengah Semester Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi |
- 1. Mampu menjelaskan Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
- 2. Mampu memahami Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
- 3. Mampu mensimulasikan manajemen proyek dengan pendekatan agile
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Mahasiswa membuat makalah tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi dan presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi,
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi,
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi.
Tugas 9:
Mebuat makalah tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi 3x50 |
|
Materi: memahami manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi |
- 1. Mampu mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
- 2. Mampu memahami Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
Tugas 10:
Mahasiswa mempresentasikan hasil pengerjaan solusi dari 3x50 |
|
Materi: mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis |
- 1. Mampu menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis,
- 2. Mampu memahami budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 11:
Membuat makalah tentang budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis 3x50 |
|
Materi: menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja |
- 1. Mampu menjelaskan hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
- 2. Mempu memahami hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi dan membuat makalah
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
Tugas 12:
Mahasiswa membuat makalah dan dipresentasikan 3x50 |
|
Materi: hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif |
- 1. Mampu mendeskripsikan nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif,
- 2. Mampu memahami nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif,
- 3. Mampu menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif.
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi tentang peta konsep
|
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif
2. Perencanaan proyek membuat peta startegi dan kartu skor kolaboratif
3. Pembuatan proyek peta strategi dan kartu skor
4. Penjelasan materi SWOT dan studi kasus
5. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 13:
Mahasiswa membuat projek peta strategi dan kartu skor kolaboratif
Mahasiswa menyusun kombinasi strategi melalui analisis SWOT dan menentukan kuadran. 3x50 |
|
Materi: menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup |
- 1. Mampu memahami proses membangun bisnis startup
- 2. Mampu merencanakan bisnis startup
- 3. Mampu mengevaluasi hasil bisnis startup
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi hasil merancang startup
|
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang dalam mengembangkan startup
2. Perencanaan proyek membangun, merencanakan dan mengevaluasi bisnis startup
3. Pembuatan proyek proposal pengajuan bisnis startup
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Mahasiswa mempresentasikan hasil membuat proposal startup
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 14-15: Menyusun proposal pendirian startup 3x50 |
|
Materi: memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup |
- 1. Mampu memahami proses membangun bisnis startup
- 2. Mampu merencanakan bisnis startup
- 3. Mampu mengevaluasi hasil bisnis startup
|
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk non-tes: Presentasi hasil merancang startup
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang dalam mengembangkan startup
2. Perencanaan proyek membangun, merencanakan dan mengevaluasi bisnis startup
3. Pembuatan proyek proposal pengajuan bisnis startup
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Mahasiswa mempresentasikan hasil membuat proposal startup
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 14-15: Menyusun proposal pendirian startup 3x50 |
|
Materi: memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester |
Mahasiswa mampu menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
- Kriteria: Rubrik holistik
- Bentuk Tes: Menjawab pertanyaan Esai berjumlah 10 soal seputar Agile Business
|
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang materi agile business
2. Mahasiswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh dosen
3. Dosen melakukan evaluasi dan penilaian dari hasil pengerjaan soal esai
UAS: Mengerjakan soal esai berjumlah 10 dengan materi dari pertemuan 1-15 3x50 |
|
Materi: menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM. |
15% |