Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

AGILE BUSINESS

6120903055

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

5 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. ;Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., M.B.A. ; Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M ; Nadia Nur Thahirrah S.E., M.SM




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., M.B.A




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

PLO-11

Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Program Objectives (PO)

PO - 1

C2. Memahami konsep dan prinsip dasar agile business management

PO - 2

C4. Menganalisis kebutuhan penerapan agile dalam konteks bisnis

PO - 3

C3. Menerapkan kerangka kerja agile dalam perencanaan dan eksekusi strategi bisnis

PO - 4

P4. Membangun sistem pengukuran kinerja yang agile dan adaptif

PO - 5

C6. Mengembangkan budaya organisasi yang mendukung agile business

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-7PLO-10PLO-11
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas penerapan prinsip dan praktik agile dalam manajemen bisnis untuk meningkatkan fleksibilitas, kecepatan, dan efektivitas organisasi dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat di era digital. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep agile business, kerangka kerja agile, serta penerapannya dalam perencanaan strategis, eksekusi strategi, dan pengambilan keputusan bisnis.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

  1. a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
  2. b. Rigby, D. K., Sutherland, J., & Noble, A. (2018). Agile at Scale. Harvard Business Review, 96(3), 88-96.
  3. c. Ghezzi, A., & Cavallo, A. (2020). Agile business model innovation in digital entrepreneurship: Lean startup approaches. Journal of Business Research, 110, 519-537.
  4. d. Doz, Y. L., Kosonen, M., & Virtanen, P. (2018). Strategically agile government. In Global Encyclopedia of Public Administration, Public Policy, and Governance (pp. 1-8). Springer, Cham.
  5. e. Teece, D., Peteraf, M., & Leih, S. (2016). Dynamic capabilities and organizational agility: Risk, uncertainty, and strategy in the innovation economy. California Management Review, 58(4), 13-35.
  6. f. Kale, E., Aknar, A., & Başar, Ö. (2019). Absorptive capacity and firm performance: The mediating role of strategic agility. International Journal of Hospitality Management, 78, 276-283.
  7. g. Battistella, C., De Toni, A. F., De Zan, G., & Pessot, E. (2017). Cultivating business model agility through focused capabilities: A multiple case study. Journal of Business Research, 73, 65-82.
  8. h. Clauss, T., Abebe, M., Tangpong, C., & Hock, M. (2019). Strategic agility, business model innovation, and firm performance: An empirical investigation. IEEE Transactions on Engineering Management, 68(3), 767-784.
  9. i. Ravichandran, T. (2018). Exploring the relationships between IT competence, innovation capacity and organizational agility. The Journal of Strategic Information Systems, 27(1), 22-42.
  10. j. Sambamurthy, V., Bharadwaj, A., & Grover, V. (2003). Shaping agility through digital options: Reconceptualizing the role of information technology in contemporary firms. MIS Quarterly, 27(2), 237-263.

Dosen Pengampu

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen bisnis agile, peran dan tanggung jawab manajer dalam lingkungan agile.

  1. a. Menjelaskan konsep manajemen agile business
  2. b. Menunjukkan peran dan tanggung jawab manajer
  3. c. Merefleksi konsep agile business
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Meringkas materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang konsep agile business
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait konsep agile business
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 1:
Merangkum materi hasil penjelasan dosen.
3x50

Materi: menjelaskan konsep dasar manajemen bisnis agile, peran dan tanggung jawab manajer dalam lingkungan agile.
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu merumuskan strategi berbisnis di era digital

  1. 1. Mampu memahami tentang bisnis digital
  2. 2. Mampu menjelaskan strategi bisnis di era digital
  3. 3. Mampu merumuskan startegi bisnis digital
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang strategi bisnis
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah menentukan startegi bisnis di era digital
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan Solusi yang telah di temukan.
Tugas 2:
Menyusun strategi bisnis digital dengan teman sejawat pada saat perkuliahan dan mempresentasikan hasilnya.
3x50

Materi: merumuskan strategi berbisnis di era digital
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
10%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif

  1. 1. Mampu menjelaskan tentang Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
  2. 2. Mampu memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
  3. 3. Mampu mengaplikasikan Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan Solusi yang telah di temukan.
Tugas 3:
Mempresentasikan hasil diskusi permasalahan Balanced Scorecard Agile dan Adaptif pada saat perkuliahan
3x50

Materi: memahami Balanced Scorecard Agile dan Adaptif
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek

  1. 1. Mampu mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
  2. 2. Mampu memahami eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
  3. 3. Mampu Menyusun eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa membuat peta konsep strategi agile dan manajemen proyek
5. Mahasiswa mempresentasikan peta konsep dan solusi yang telah di temukan
Tugas 4:
Menyusun peta konsep eksekusi strategi agile dan manajemen proyek lalu dipresnetasikan
3x50

Materi: mendeskripsikan eksekusi strategi agile dan manajemen proyek
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas

  1. 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan yang adaptif, korelasi, dan kausalitas.
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan yang adaptif, korelasi, dan kausalitas
  3. 3. Mahasiswa mampu menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi dan merangkum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang pembelajaran strategis dan pengambilan keputusan
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait pembelajaran strategis dan pengambilan Keputusan
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 5:
Merangkum materi pembelajaran startegis dan pengambilan Keputusan agile business
3x50

Materi: menganalitik pembelajaran strategis serta pengambilan keputusan, adaptif, korelasi, dan kausalitas
Pustaka: e. Teece, D., Peteraf, M., & Leih, S. (2016). Dynamic capabilities and organizational agility: Risk, uncertainty, and strategy in the innovation economy. California Management Review, 58(4), 13-35.
10%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami penyelarasan cepat perusahaan

  1. 1. Mampu mendeskripsikan penyelarasan cepat perusahaan
  2. 2. Mampu memahami penyelarasan cepat perusahaan
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi dan merangkum

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang penyelarasan cepat perusahaan
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait penyelarasan cepat perusahaan
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 6:
Merangkum materi tentang penyelarasan cepat perusahaan
3x50

Materi: memahami penyelarasan cepat perusahaan
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.

  1. 1. Mampu mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
  2. 2. Mampu menyusun peta konsep kepemimpinan
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa membuat peta konsep tentang Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
4. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.Keputusan
5. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 7:
Membuat peta konsep Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
3x50

Materi: mendeskripsikan Kepemimpinan untuk Eksekusi Strategi.
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengerjakan Ujian Tengah Semester

Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk Tes: Membuat artikel ilmiah tentang Strategi kepemimpinan bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang tentang Strategi kepemimpinan bisnis,
2. Perencanaan proyek membuat artikel jurnal dengan tema strategi kepemimpinan bisnis,
3. Penelitian dan pengumpulan data tentang Strategi kepemimpinan bisnis,
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Dosen melakukan penilaian hasil produk artikel ilmiah yang telah di buat dan tersubmid.
Tugas UTS 8:
Membut artikel ilmiah tentang strategi kepemimpinan bisnis
3x50

Materi: mengerjakan Ujian Tengah Semester
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi

  1. 1. Mampu menjelaskan Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
  2. 2. Mampu memahami Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
  3. 3. Mampu mensimulasikan manajemen proyek dengan pendekatan agile
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Mahasiswa membuat makalah tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi dan presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi,
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi,
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi.
Tugas 9:
Mebuat makalah tentang Manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
3x50

Materi: memahami manajemen Proyek yang Selaras dengan Strategi
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi

  1. 1. Mampu mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
  2. 2. Mampu memahami Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
Tugas 10:
Mahasiswa mempresentasikan hasil pengerjaan solusi dari
3x50

Materi: mendeskripsikan Kepemimpinan yang Selaras dengan Strategi
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis

  1. 1. Mampu menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis,
  2. 2. Mampu memahami budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
2. Mahasiswa mendiskusikan materi dengan dosen dengan tanya jawab
3. Mahasiswa mengembangkan Solusi untuk memecahkan masalah terkait budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
4. Mahasiswa melakukan refleksi akhir dari perkuliahan
Tugas 11:
Membuat makalah tentang budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
3x50

Materi: menjelaskan budaya yang Selaras dengan Strategi bisnis
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja

  1. 1. Mampu menjelaskan hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
  2. 2. Mempu memahami hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi dan membuat makalah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case-Based Learning (CBL)
1. Memberikan permasalahan tentang hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
2. Mahasiswa berdiskusi dengan sejawat tentang masalah hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
3. Mahasiswa melakukan riset literatur melalui jurnal yang ada
4. Mahasiswa mempresentasikan solusi yang di pecahkan tentang hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
Tugas 12:
Mahasiswa membuat makalah dan dipresentasikan
3x50

Materi: hubungan antara karyawan dengan pemberi kerja
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
10%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif

  1. 1. Mampu mendeskripsikan nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif,
  2. 2. Mampu memahami nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif,
  3. 3. Mampu menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif.
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi tentang peta konsep
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif
2. Perencanaan proyek membuat peta startegi dan kartu skor kolaboratif
3. Pembuatan proyek peta strategi dan kartu skor
4. Penjelasan materi SWOT dan studi kasus
5. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 13:
Mahasiswa membuat projek peta strategi dan kartu skor kolaboratif
Mahasiswa menyusun kombinasi strategi melalui analisis SWOT dan menentukan kuadran.
3x50

Materi: menyusun nilai berkelanjutan melalui peta strategi dan kartu skor kolaboratif
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup

  1. 1. Mampu memahami proses membangun bisnis startup
  2. 2. Mampu merencanakan bisnis startup
  3. 3. Mampu mengevaluasi hasil bisnis startup
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi hasil merancang startup
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang dalam mengembangkan startup
2. Perencanaan proyek membangun, merencanakan dan mengevaluasi bisnis startup
3. Pembuatan proyek proposal pengajuan bisnis startup
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Mahasiswa mempresentasikan hasil membuat proposal startup
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 14-15: Menyusun proposal pendirian startup
3x50

Materi: memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup

  1. 1. Mampu memahami proses membangun bisnis startup
  2. 2. Mampu merencanakan bisnis startup
  3. 3. Mampu mengevaluasi hasil bisnis startup
Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk non-tes: Presentasi hasil merancang startup

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project-Based Learning (PjBL)
1. Identifikasi masalah dan peluang dalam mengembangkan startup
2. Perencanaan proyek membangun, merencanakan dan mengevaluasi bisnis startup
3. Pembuatan proyek proposal pengajuan bisnis startup
4. Dosen memantau hasil kinerja mahasiswa dengan mereview
5. Mahasiswa mempresentasikan hasil membuat proposal startup
6. Dosen melakukan penilaian hasil produk.
Tugas 14-15: Menyusun proposal pendirian startup
3x50

Materi: memahami proses membangun bisnis, perencanaan bisnis, dan mengelola pertumbuhan bisnis digital untuk ide startup
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester

Mahasiswa mampu menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester

Kriteria:
  1. Kriteria: Rubrik holistik
  2. Bentuk Tes: Menjawab pertanyaan Esai berjumlah 10 soal seputar Agile Business
Problem-Based Learning (PBL):
1. Identifikasi masalah tentang materi agile business
2. Mahasiswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh dosen
3. Dosen melakukan evaluasi dan penilaian dari hasil pengerjaan soal esai
UAS: Mengerjakan soal esai berjumlah 10 dengan materi dari pertemuan 1-15
3x50

Materi: menyelesaikan penugasan Ujian Akhir Semester
Pustaka: a. Denning, S. (2018). The Age of Agile: How Smart Companies Are Transforming the Way Work Gets Done. AMACOM.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.