Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seni Tari Anak Usia Dini

8620702277

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu bekerja sama dengan kelompok, berpartisipasi mengembangkan wawasan tentang seni tari, dandapat bertanggungjawab memproduksi desain pembelajaran sesuai kesepakatan

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep dasar seni tari, mampu mengapresiasi dan memahami potensianak dalam berlatih seni di usia dini, serta menguasai teori dan praktek pembelajaran tari untuk anak usia dini, dapat memilihmetode, model, teknik, dan media ataupun alat peraga yang relevan.

PO - 3

Mahasiswa mampu menunjukan kinerja dalam mendesain, mengelola dan memperagakan secara simulatifpraktek pembelajaran tari pada anak usia dini

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Seni AUD (1) untuk Seni Tari ini merupakan konsep dasar pembelajaran Tari untuk anak usia dini yang bertujuanuntuk meberikan pembekalan teoritik mengenal dan memahami Pengertian tentang arti dan fungsi Tari secara definitif, perspektifdan apresiatif, hingga memberikan bekal pengetahuan teoritis dan praktis tentang teknik pembelajaran tari bagi anak usia dinidengan pendekatan konsep dan orientasi nilai Tari Pendidikan bagi anak usia dini, serta memberikan konsep proseduralmembelajarkan anak dalam kegiatan menari sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan fisik dan imajinasinya, dengantujuan akhir dapat mengetahui secara komprehensif tentang Pendidikan dan pengajaran Seni Tari untuk Anak Usia Dini. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah Metode Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi

Pustaka

Utama :

  1. Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
  2. Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
  3. Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400.

Pendukung :

  1. Apriliya, A., & Katoningsih, S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  2. Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57.
  3. Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengenal arti istilah-istilah tari dan fungsi-fungsi tari

Mendefinisikan arti istilah dan analisis fungsi-fungsi tari

Kriteria:

Mahasiswa mampu mendefinisikan arti istilah dan analisis fungs-fungsi tari


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Definisi dan pengetahuan tari
Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
3%

2

Minggu ke 2

Mengenal Perkembangan kemampuan anak dalam belajar menari

Mahasiswa dapat Membagi masa perkembangan dengan pendekatan tari pendidikan danteknik mengajar tari anak usia dini

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Pembelajaran tari sesuai usia AUD
Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
3%

3

Minggu ke 3

Persiapan pengajaran tari untuk anak usia dini

Siap mental (kreatif, simpati, fleksibel, improvisatif, inovatif, motivatif, variatif) dan siap fisik(metode, materi, media, organising)

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD
Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
3%

4

Minggu ke 4

Memilih materi tari berdasarkan tujuan

Memilah syarat materi untuk lomba, pembinaan harian, dan untuk pentas incidental

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X50
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD
Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
6%

5

Minggu ke 5

Menguasai bab 1 sampai dengan bab 4

Mampu menjawab, memilah, membedakan, mengidentifikasi

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X50
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD
Pustaka: Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9.
10%

6

Minggu ke 6

Apresiasi Seni Tari

Menilai, memahami, Mencari makna dan filsafat dalam karya seni

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Apresiasi Seni Tari
Pustaka: Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9.
10%

7

Minggu ke 7

Mengenal komposisi tari secara umum

Mengenal elemen-elemen penyususn tari

Kriteria:

Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal komposisi tari secara umum
Pustaka: Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400.
10%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Tes tulis esai


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 X 50
Tes
2 X 50
Materi: UTS
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Mencipta Tari Anak Usia Dini dengan kompsisi tari sederhana

Mencoba menyusun komposisi tari sederhana dengan bahan yang sudah ada

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mencipta Tari Anak Usia Dini dengan kompsisi tari sederhana
Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
3%

10

Minggu ke 10

ngenal tata rias wajah untuk tari anak usia dini

Mengidentifikasi karakter rias tari dalam warna dan bentuk

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal tata rias wajah untuk tari anak usia dini
Pustaka: Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
3%

11

Minggu ke 11

Mengenal Tata Busana Tari untuk anak usia dini

Mengidentifikasi karakter busana tari dari bahan, warna dan model

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal Tata Busana Tari untuk anak usia dini
Pustaka: Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57.
3%

12

Minggu ke 12

Mengenal Karakteristik gerak dan lagu dalam tari

Mahasiswa dapat Membedakan gerak dan lagu dari jenis sajian tari yang lain

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal Karakteristik gerak dan lagu dalam tari
Pustaka: Apriliya, A., & Katoningsih, S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
6%

13

Minggu ke 13

Mengenal senam irama dalam tari

Mahasiswa dapat Membedakan senam irama dengan jenis sajian tari yang lain

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal senam irama dalam tari
Pustaka: Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
10%

14

Minggu ke 14

Mengenal karakteristik Tari Bermain

Mahasiswa dapat Membedakan unsur tari bermain dari tari yang lain

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal karakteristik Tari Bermain
Pustaka: Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400.
10%

15

Minggu ke 15

Mengenal jenis-jenis sajian tari pendidikan untuk anak usia dini

Mahasiswa dapat Membedakan tari bermain, gerak dan lagu, serta senam irama

Kriteria:

Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 %


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi
2 X 50
Materi: Mengenal jenis-jenis sajian tari pendidikan untuk anak usia dini
Pustaka: Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Sumatif

Ujian Sumatif

Kriteria:

Ujian Sumatif


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
2 x 50
Tes
2 x 50
Materi: Ujian Sumatif
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.