|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Seni Tari Anak Usia Dini |
8620702277 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu bekerja sama dengan kelompok, berpartisipasi mengembangkan wawasan tentang seni tari, dandapat bertanggungjawab memproduksi desain pembelajaran sesuai kesepakatan
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis konsep-konsep dasar seni tari, mampu mengapresiasi dan memahami potensianak dalam berlatih seni di usia dini, serta menguasai teori dan praktek pembelajaran tari untuk anak usia dini, dapat memilihmetode, model, teknik, dan media ataupun alat peraga yang relevan.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menunjukan kinerja dalam mendesain, mengelola dan memperagakan secara simulatifpraktek pembelajaran tari pada anak usia dini
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Seni AUD (1) untuk Seni Tari ini merupakan konsep dasar pembelajaran Tari untuk anak usia dini yang bertujuanuntuk meberikan pembekalan teoritik mengenal dan memahami Pengertian tentang arti dan fungsi Tari secara definitif, perspektifdan apresiatif, hingga memberikan bekal pengetahuan teoritis dan praktis tentang teknik pembelajaran tari bagi anak usia dinidengan pendekatan konsep dan orientasi nilai Tari Pendidikan bagi anak usia dini, serta memberikan konsep proseduralmembelajarkan anak dalam kegiatan menari sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan fisik dan imajinasinya, dengantujuan akhir dapat mengetahui secara komprehensif tentang Pendidikan dan pengajaran Seni Tari untuk Anak Usia Dini. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah Metode Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182.
- Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
- Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400.
|
Pendukung : |
|
- Apriliya, A., & Katoningsih, S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57.
- Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengenal arti istilah-istilah tari dan fungsi-fungsi tari |
Mendefinisikan arti istilah dan analisis fungsi-fungsi tari |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mendefinisikan arti istilah dan analisis fungs-fungsi tari Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Definisi dan pengetahuan tari Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mengenal Perkembangan kemampuan anak dalam belajar menari |
Mahasiswa dapat Membagi masa perkembangan dengan pendekatan tari pendidikan danteknik mengajar tari anak usia dini |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Pembelajaran tari sesuai usia AUD Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Persiapan pengajaran tari untuk anak usia dini |
Siap mental (kreatif, simpati, fleksibel, improvisatif, inovatif, motivatif, variatif) dan siap fisik(metode, materi, media, organising) |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Memilih materi tari berdasarkan tujuan |
Memilah syarat materi untuk lomba, pembinaan harian, dan untuk pentas incidental |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X50 |
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Menguasai bab 1 sampai dengan bab 4 |
Mampu menjawab, memilah, membedakan, mengidentifikasi |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X50 |
Materi: Pembelajaran tari untuk AUD Pustaka: Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Apresiasi Seni Tari |
Menilai, memahami, Mencari makna dan filsafat dalam karya seni |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Apresiasi Seni Tari Pustaka: Octaviana, S. D., & Setyowati, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kongnitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Media Gelas Dan Kancing Di Kelompok B Tk Al-Amin Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mengenal komposisi tari secara umum |
Mengenal elemen-elemen penyususn tari |
Kriteria:
Presentasi 30% Argumentasi 35 % Ilustrasi yang relevan 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal komposisi tari secara umum Pustaka: Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Tes tulis esai Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 X 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mencipta Tari Anak Usia Dini dengan kompsisi tari sederhana |
Mencoba menyusun komposisi tari sederhana dengan bahan yang sudah ada |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mencipta Tari Anak Usia Dini dengan kompsisi tari sederhana Pustaka: Faber, R. (2017). Dance and early childhood cognition: The Isadora effect. Arts Education Policy Review, 118(3), 172-182. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
ngenal tata rias wajah untuk tari anak usia dini |
Mengidentifikasi karakter rias tari dalam warna dan bentuk |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal tata rias wajah untuk tari anak usia dini Pustaka: Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mengenal Tata Busana Tari untuk anak usia dini |
Mengidentifikasi karakter busana tari dari bahan, warna dan model |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal Tata Busana Tari untuk anak usia dini Pustaka: Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mengenal Karakteristik gerak dan lagu dalam tari |
Mahasiswa dapat Membedakan gerak dan lagu dari jenis sajian tari yang lain |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal Karakteristik gerak dan lagu dalam tari Pustaka: Apriliya, A., & Katoningsih, S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). |
6% |
13
Minggu ke 13 |
Mengenal senam irama dalam tari |
Mahasiswa dapat Membedakan senam irama dengan jenis sajian tari yang lain |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal senam irama dalam tari Pustaka: Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mengenal karakteristik Tari Bermain |
Mahasiswa dapat Membedakan unsur tari bermain dari tari yang lain |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal karakteristik Tari Bermain Pustaka: Yetti, E., & Juniasih, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Aktif (Pengembangan Model Di Taman Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada Kelompok B). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 385-400. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mengenal jenis-jenis sajian tari pendidikan untuk anak usia dini |
Mahasiswa dapat Membedakan tari bermain, gerak dan lagu, serta senam irama |
Kriteria:
Adil 30 % Kredibel 35 % Logis terlaksana/ terukur 35 % Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Ceramah, Project Based Learning, Diskusi Grub, Simulasi 2 X 50 |
Materi: Mengenal jenis-jenis sajian tari pendidikan untuk anak usia dini Pustaka: Rahman, H. (2021). Pembelajaran Seni Tari pada Anak Usia Dini di Sanggar Saoraja Art’s Kabupaten Bone. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(2), 51-57. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Sumatif |
Ujian Sumatif |
Kriteria:
Ujian Sumatif Bentuk Penilaian : Tes |
Tes 2 x 50 |
Tes 2 x 50 |
Materi: Ujian Sumatif Pustaka: |
5% |