Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Statistik dan Probabilitas

2120102163

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Bellina Yunitasari, S.Si., M.Si.




Bellina Yunitasari, S.Si., M.Si.




Ir. Priyo Heru Adiwibowo, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Eksperimen dan analisis data

PLO-11

Perancangan dan pengembangan solusi yang memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan

PLO-14

Pengetahuan sains dan teknik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik statistik dalam analisis data eksperimental untuk mendukung keputusan teknis (C3)

PO - 2

Menganalisis dan menginterpretasikan data dari eksperimen untuk menilai performa solusi teknik (C4)

PO - 3

Mengevaluasi keakuratan dan keandalan hasil pengukuran dan eksperimen menggunakan metode statistik (C5)

PO - 4

Menciptakan model prediktif berdasarkan data historis untuk meningkatkan efisiensi operasional (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip statistik dalam perancangan solusi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan (C3)

PO - 6

Menganalisis dampak lingkungan dari solusi teknik menggunakan metode statistik (C4)

PO - 7

Mengevaluasi efektivitas solusi yang dirancang berdasarkan kriteria keberlanjutan menggunakan analisis statistik (C5)

PO - 8

Mengintegrasikan konsep statistik dengan pengetahuan teknik untuk mengembangkan solusi inovatif (C6)

PO - 9

Menerapkan metode statistik untuk mengoptimalkan desain dan pengembangan produk teknik (C3)

PO - 10

Menganalisis variabilitas dalam proses manufaktur untuk meningkatkan kualitas produk (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-11PLO-14
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9   
PO-10   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pengenalandan pemahaman statistik, pengolahan data, distribusi, frekuensi, ukuran gejalapusat, simpagan baku, kurva normal, chi kuadrat, uji t, analisis varians,korelasi, regresi, dan statistik non parametrik.

Pustaka

Utama :

  1. Sudjana.1980. Metoda statistika . Bandung:Tarsito.Hadi,Sutrisno. 1980. Satistik I, II, III .Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM. Moedjiarto.1996. Uji Hipotesis . Surabaya:Unipress IKIP Surabaya.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ir. Aisyah Endah Palupi, M.Pd.

Bellina Yunitasari, S.Si., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami gambaran umum perkuliahan Statistik

  1. Menjelaskan kajian perkuliahan statistik
  2. Menjelaskan pengertian statistik
  3. Menjelaskan peran statistic dalam penelitian
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

Memahami statistic deskriptif

  1. Menjelaskan pengertian statistic deskriptif
  2. Mengetahui dan melakukan beberapa cara penyajian data, baik penyajian data table, table distribusi frekuensi, grafik, diagram lingkaran, pictogram
  3. Menejelaskan dan melakukan pengukuran gejala pusat baik: modus, median, mean,
  4. Menjelaskan dan melakukan pengukuran variasi kelompok baik: rentang data, maupun varians
  5. Menghitung modus, median, mean, dan standar deviasi untuk data bergolong
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami konsep populasi, sampel, pengujian normalitas datal

  1. Menjelaskan populasi, sampel. Dan teknik sampling baik: probability sampling, nonprobability sampling,
  2. Menjelaskan contoh menentukan ukuran sampel
  3. Menjelaskan cara menentukan anggota sampel
  4. Melakukan pengujian normalisasi data
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

Memahami konsep dasar pengujian hipotesis

  1. Menjelaskan pengertian statistic dan penelitian
  2. Menjelaskan hubungan statistic dan penelitian
  3. Menjelaskan tiga bentuk rumusan hipotesis, baik hipotesis deskriptif, komparatif, maupun asosiatif
  4. Menjelaskan pengertian taraf kesalahan dalam hipotesis
  5. Menjelaskan dua kesalahan dalam pengujian hipotesis
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

5

Minggu ke 5

Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (parametris)

  1. Menjelaskan pengertian analisis hipotesis deskriptif satu sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis deskriptif satu sampel uji dua fihak
  3. Melakukan pengujian hipotesis deskriptif satu sampel uji satu fihak
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (nonparametris)

  1. Menjelaskan pengertian pengujian hipotesis deskriptif satu sampel non parametris
  2. Menjelaskan pengujian test binomial
  3. Menjelaskan dan melakukan pengujian chi Kuadrat
  4. Menjelaskan dan melakukan pengujian Run Test
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

7

Minggu ke 7

Memahami pengujian hipotesis komparatif dua sampel

  1. Menjelaskan pengujian hipotesis komparatif dua sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis komparatif dua sampel berkorelasi
  3. Melakukan pengujian hipotesis komparatif k sampel tidak berkorelasi
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

Memahami pengujian hipotesis k sampel

  1. Menjelaskan pengujian hipotesis k sampel
  2. Melakukan pengujian hipotesis k sampel berkorelasi
  3. Melakukan pengujian hipotesis k sampel tidak berkorelasi
Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramahdiskusitanyajawab
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Memahami statistic deskriptifMemahami konsep populasi, sampel, pengujian normalitas dataMemahami konsep dasar pengujian hipotesisMemahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (parametris)Memahami pengujian hipotesis deskriptif satu sampel (nonparametris)Memahami pengujian hipotesis komparatif dua sampelMemahami pengujian hipotesis k sampel

sesuai rubrik penilaian

Kriteria:

sesuai rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
tes tertulis
3 X 50

Materi: v
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Memahami pengujian hipotesis asosiatif parametris

  1. Menjelaskan dan melakukan pengujian hipotesis asosiatif parametris
  2. Menjelaskan dan melakukan pengujian korelasa Produk Moment
  3. Menjelaskan dan melakukan pengujian korelasi ganda
  4. Menjelaskan dan melakukan pengujian parsial
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Memahami pengujian hipotesis asosiatif nonparametris

  1. Menjelaskan statistic asosiatif non parametris
  2. Menjelaskan dan menentukan koefisien kontingensi
  3. Menjelaskan dan menentukan spearman rank
  4. Menjelaskan dan menentukan Kendal tau
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Memahami analisis regresi linier sederhana

  1. Menjelaskan pengertian regresi linier sederhana
  2. Menyebutkan contoh perhitungan regresi linier sederhana
  3. Melakukan Uji linireitas regresi
  4. Menghitung harga a dan b
  5. Menyusun persamaan regresi
  6. Membuat garis regresi
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
10%

13

Minggu ke 13

Memahami analisis regresi ganda

  1. Menjelaskan analisis regresi ganda dua predictor
  2. Menjelaskan analisis regresi tiga preditor
  3. Menjelaskan analisis regresi dan korelasi ganda dengan 4 prediktor
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Memahami pengujian validitas

  1. Menjelaskan pengertian pengujian validitas instrument
  2. Menjelaskan pengujian validitas konstrak
  3. Menjelaskan pengujian validitas isi
  4. Menjelaskan pengujian validitas eksternal
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
10%

15

Minggu ke 15

Memahami Pengujian reliabilitas instrumen

  1. Menjelaskan pengujian reliabilitas instrument
  2. Melakukan Pengujian test-retest, ekuivalen, gabungan, dan internal consistancy
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Memahami Pengujian reliabilitas instrumen

  1. Menjelaskan pengujian reliabilitas instrument
  2. Melakukan Pengujian test-retest, ekuivalen, gabungan, dan internal consistancy
Kriteria:

Keaktifan dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
1. Ceramah 2. Tanya Jawab 3. Diskusi
3 X 50

Materi: Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Buku ini merupakan referensi klasik dalam pembelajaran statistika di Indonesia, mencakup dasar-dasar statistik deskriptif dan inferensial, serta aplikasinya di berbagai bidang. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Buku ini membahas statistik secara aplikatif, terutama untuk kebutuhan penelitian, dengan contoh-contoh kasus yang relevan untuk mahasiswa teknik maupun sains.
Pustaka:
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Penilaian Portofolio 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.