|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Etnosains di SD |
8620603248 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
19 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd.
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat. |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK 1: Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam melakukan refleksi terhadap budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu sains (fisika, biologi, kimia).
|
PO - 2 |
CPMK 2: Mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang dalam melakukan refleksi terhadap budaya lokal yang berkaitan dengan ilmu sains (fisika, biologi, kimia).
|
PO - 3 |
CPMK 3: Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) di dalam budaya/kepercayaan sekelompok masyarakat tertentu sebagai implementasi konsep etnosains.
|
PO - 4 |
CPMK 4: Merancang pembelajaran di SD berbasis etnosains.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-6 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | ✔ | | PO-4 | ✔ | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah etnosains di SD (Kajian Etnosains di SD) merupakan matakuliah yang bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep etnosains dan pembelajaran etnosains di SD. Pada mata kuliah ini mahasiswa diminta menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi, ciri-ciri, dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan, menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal, merefleksi budaya-budaya lokal disekitar dengan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat, menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan dan menghubungkannya dengan pembelajaran di SD, merancang pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan dengan metode perkuliahan case study. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287.
- Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541.
- Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings.
- Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson.
- Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson
- Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499.
- Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376.
|
Pendukung : |
|
- Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229.
- Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n1.p24-34
- Nadi Suprapto, Utama Alan Deta, Suliyanah Suliyanah et al. Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics, 28 March 2023, PREPRINT (Version 1) available at Research Square [https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-2739323/v1]
- Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian].
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd. Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
- • Mengidentifikasi definisi-definisi etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi ciri-ciri etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah.
- • Menganalisis tahapan perancangan pembelajaran berbasis etnosains terutama di pendidikan SD.
|
Kriteria:
- tes
- nontes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi
Kuliah, presentasi, dan diskusi,
tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains. 3 x 50 |
Diskusi tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
- • Mengidentifikasi definisi-definisi etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi ciri-ciri etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah.
- • Menganalisis tahapan perancangan pembelajaran berbasis etnosains terutama di pendidikan SD.
|
Kriteria:
- tes
- nontes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi
Kuliah, presentasi, dan diskusi,
tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains. 3 x 50 |
Diskusi tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan konsep etnosains meliputi definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui kolaborasi dan perkembangan diri secara berkelanjutan. |
- • Mengidentifikasi definisi-definisi etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi ciri-ciri etnosains dari berbagai sumber ilmiah.
- • Mengidentifikasi contoh-contoh etnosains dari berbagai daerah.
- • Menganalisis tahapan perancangan pembelajaran berbasis etnosains terutama di pendidikan SD.
|
Kriteria:
- tes
- nontes
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi
Kuliah, presentasi, dan diskusi,
tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains. 3 x 50 |
Diskusi tentang definisi, ciri-ciri, contoh etnosains dari berbagai daerah dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains melalui SIDIA. 3 x 50 |
Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: definisi, ciri-ciri, contoh dan tahapan merancang pembelajaran berbasis etnosains Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal. |
- • Mengidentifikasi konsep-konsep sains yang relevan dalam berbagai contoh budaya lokal.
- • Menghubungkan fenomena budaya lokal dengan teori atau prinsip sains yang mendasarinya (fisika, biologi, kimia).
- • Menyusun argumen berdasarkan analisis ilmiah tentang bagaimana konsep sains diterapkan atau diadaptasi dalam budaya lokal.
|
Kriteria:
nontes Bentuk Penilaian : Tes |
Case Based Learning
1. Memilih Kasus
Dosen menyajikan contoh kasus etnosains yang ada berdasarkan berita/artikel ilmiah.
2. Menganalisis Kasus
Masing-masing kelompok menganalisis kasus
yang telah dipilih dan menganalisis konsep-konsep sains yang ada di contoh etnosains yang disajikan
3. Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus
Mencari dan menemukan informasi berbagai
sumber untuk membuat langkah-langkah
penyelesaian atau pemecahan kasus (mendeskripsikan dengan rinci konsep-konsep di dalam contoh etnosains) secara
berkelompok
4. Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus
Membuat deskripsi kesimpulan dengan argumentasi yang lengkap
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) sebagai bentuk
informasi dari penyelesaian kasus yang telah didiskusikan dan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229. Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/... Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Nadi Suprapto, Utama Alan Deta, Suliyanah Suliyanah et al. Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics, 28 March 2023, PREPRINT (Version 1) available at Research Square [https://doi.org/...] Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
15% |
5
Minggu ke 5 |
Menganalisis konsep-konsep sains dalam contoh-contoh budaya lokal. |
- • Mengidentifikasi konsep-konsep sains yang relevan dalam berbagai contoh budaya lokal.
- • Menghubungkan fenomena budaya lokal dengan teori atau prinsip sains yang mendasarinya (fisika, biologi, kimia).
- • Menyusun argumen berdasarkan analisis ilmiah tentang bagaimana konsep sains diterapkan atau diadaptasi dalam budaya lokal.
|
Kriteria:
nontes Bentuk Penilaian : Tes |
Case Based Learning
1. Memilih Kasus
Dosen menyajikan contoh kasus etnosains yang ada berdasarkan berita/artikel ilmiah.
2. Menganalisis Kasus
Masing-masing kelompok menganalisis kasus
yang telah dipilih dan menganalisis konsep-konsep sains yang ada di contoh etnosains yang disajikan
3. Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus
Mencari dan menemukan informasi berbagai
sumber untuk membuat langkah-langkah
penyelesaian atau pemecahan kasus (mendeskripsikan dengan rinci konsep-konsep di dalam contoh etnosains) secara
berkelompok
4. Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus
Membuat deskripsi kesimpulan dengan argumentasi yang lengkap
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) sebagai bentuk
informasi dari penyelesaian kasus yang telah didiskusikan dan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Dwi Agus Kurniawan , Asrial , Syahrial , Wanada Siti Salsabilah , Eka Feri Kurniawati , Qolbi Shanaz Anandari , Rahmat Perdana , Artha Lumbantoruan , Nengria Nasih , Sofiah Christine Samosir , Utari Prisma Dewi (2019). Ethnoscience Investigation in Primary Schools: Impact on Science Learning. Universal Journal of Educational Research, 7(12), 2789 – 2795. DOI: 10.13189/ujer.2019.071229. Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Deta, U. A., Arisanti, A., Hudha, M. N., Lestari, N. A., Admoko, S., Uulaa, R. F. R., … Suprapto, N. (2024). Physics Concepts Analysis in the Traditional Games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment, 2(1), 24–34. https://doi.org/... Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Nadi Suprapto, Utama Alan Deta, Suliyanah Suliyanah et al. Glocalization of madurese bull racing: a cross-sectional study with equation modeling in ethnophysics, 28 March 2023, PREPRINT (Version 1) available at Research Square [https://doi.org/...] Materi: Konsep sains di dalam budaya lokal Pustaka: Choirunnisa, N. L., Pradana, H. D., & Habsy, B. A. (2023). Rumah adat Mbaru Niang di Provinsi Nusa Tenggara Timur: Kajian etnop pedagogi dan integrasinya dalam pembelajaran SD. [Laporan penelitian]. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Merefleksi budaya-budaya lokal disekitar dengan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat. |
- • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan budaya lokal di sekitar lingkungan.
- • Menyusun pertanyaan yang relevan dan berbobot dalam wawancara dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat.
- • Mengkomunikasikan secara efektif dalam diskusi kelompok dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat, menunjukkan sikap sopan dan menghargai.
- • Membuat transkrip hasil wawancara.
- • Menganalisis budaya-budaya lokal yang berpotensi terdapat konsep sains.
|
Kriteria:
nontes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Based Learning
1. Memilih Kasus
Mahasiswa menyajikan contoh kasus etnosains yang ada berdasarkan berita/artikel ilmiah berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat untuk menggali budaya/kebiasaan setempat yang berpotensi terdapat konsep-konsep sains di dalamnya. 3x50 |
Asinkronus melalui SIDIA 3x50 |
Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Merefleksi budaya-budaya lokal disekitar dengan mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan memperluas jejaring secara efektif dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat. |
- • Mengidentifikasi dan mendeskripsikan budaya lokal di sekitar lingkungan.
- • Menyusun pertanyaan yang relevan dan berbobot dalam wawancara dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat.
- • Mengkomunikasikan secara efektif dalam diskusi kelompok dengan budayawan/pemangku adat/ketua adat, menunjukkan sikap sopan dan menghargai.
- • Membuat transkrip hasil wawancara.
- • Menganalisis budaya-budaya lokal yang berpotensi terdapat konsep sains.
|
Kriteria:
nontes Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Based Learning
1. Memilih Kasus
Mahasiswa menyajikan contoh kasus etnosains yang ada berdasarkan berita/artikel ilmiah berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan sekelompok orang budayawan/pemangku adat/ketua adat untuk menggali budaya/kebiasaan setempat yang berpotensi terdapat konsep-konsep sains di dalamnya. 3x50 |
Asinkronus melalui SIDIA 3x50 |
Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An ethnoscience study in chemistry learning to develop scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279-287. Materi: refleksi budaya-budaya lokal Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan dan menghubungkannya dengan pembelajaran di SD. |
nontes |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Based Learning
2. Menganalisis Kasus
Masing-masing kelompok menganalisis kasus
yang telah dipilih dan menganalisis konsep-konsep sains yang ada di contoh etnosains yang telah dipilih oleh kelompok.
3. Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus
Mencari dan menemukan informasi berbagai
sumber untuk membuat langkah-langkah
penyelesaian atau pemecahan kasus (mendeskripsikan dengan rinci konsep-konsep di dalam contoh etnosains) dan menghubungkannya dengan kurikulum IPA di SD secara
berkelompok
4. Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus
Membuat deskripsi kesimpulan dengan argumentasi yang lengkap 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan dan menghubungkannya dengan pembelajaran di SD. |
nontes |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Based Learning
2. Menganalisis Kasus
Masing-masing kelompok menganalisis kasus
yang telah dipilih dan menganalisis konsep-konsep sains yang ada di contoh etnosains yang telah dipilih oleh kelompok.
3. Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus
Mencari dan menemukan informasi berbagai
sumber untuk membuat langkah-langkah
penyelesaian atau pemecahan kasus (mendeskripsikan dengan rinci konsep-konsep di dalam contoh etnosains) dan menghubungkannya dengan kurikulum IPA di SD secara
berkelompok
4. Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus
Membuat deskripsi kesimpulan dengan argumentasi yang lengkap 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis konsep-konsep sains (fisika, biologi, kimia) hasil refleksi budaya lokal yang ditemukan dan menghubungkannya dengan pembelajaran di SD. |
nontes |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Based Learning
2. Menganalisis Kasus
Masing-masing kelompok menganalisis kasus
yang telah dipilih dan menganalisis konsep-konsep sains yang ada di contoh etnosains yang telah dipilih oleh kelompok.
3. Mencari sumber untuk menciptakan langkah-langkah penyelesaian kasus
Mencari dan menemukan informasi berbagai
sumber untuk membuat langkah-langkah
penyelesaian atau pemecahan kasus (mendeskripsikan dengan rinci konsep-konsep di dalam contoh etnosains) dan menghubungkannya dengan kurikulum IPA di SD secara
berkelompok
4. Menemukan alternatif, memilih, melakukan pemecahan solusi kasus
Membuat deskripsi kesimpulan dengan argumentasi yang lengkap 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: Konsep dasar biologi Pustaka: Campbell, N. A., & Reece, J. B. (2008). Biology (8th ed.). Pearson Benjamin Cummings. Materi: Konsep dasar fisika Pustaka: Giancoli, D. C. (2014). Physics: Principles with Applications (7th ed.). Pearson. Materi: Konsep dasar kimia Pustaka: Brown, T. L., LeMay, H. E., Bursten, B. E., Murphy, C., & Woodward, P. (2014). Chemistry: The Central Science (13th ed.). Pearson |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- • Menyusun rencana pembelajaran SD berbasis etnosains
- • Menyusun lembar kerja peserta didik berbasis etnosains.
|
Bentuk Penilaian : Tes |
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran sebagai hasil solusi dari kasus etnosains yang dipilih dan diakhir dengan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- • Menyusun rencana pembelajaran SD berbasis etnosains
- • Menyusun lembar kerja peserta didik berbasis etnosains.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran sebagai hasil solusi dari kasus etnosains yang dipilih dan diakhir dengan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- • Menyusun rencana pembelajaran SD berbasis etnosains
- • Menyusun lembar kerja peserta didik berbasis etnosains.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran sebagai hasil solusi dari kasus etnosains yang dipilih dan diakhir dengan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyajikan hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran berbasis etnosains yang ditemukan. |
- • Menyusun rencana pembelajaran SD berbasis etnosains
- • Menyusun lembar kerja peserta didik berbasis etnosains.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
5. Menyajikan hasil pemecahan kasus
Melakukan presentasi (menggunakan tampilan PPT) hasil kesimpulan berupa desain pembelajaran sebagai hasil solusi dari kasus etnosains yang dipilih dan diakhir dengan melakukan refleksi. 3x50 |
Diskusi dan penugasan melalui SIDIA 3x50 |
Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Dewi, C. C. A., Erna, M., Haris, I., & Kundera, I. N. (2021). The effect of contextual collaborative learning based ethnoscience to increase student’s scientific literacy ability. Journal of Turkish Science Education, 18(3), 525-541. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Irfandi, I., Sudarma, T. F., Festiyed, F., Yohandri, Y., Diliarosta, S., Surahman, D., & Siregar, A. M. (2023). E-learning and physics teaching materials based on malay ethnoscience on the east coast. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 366-376. Materi: pembelajaran berbasis etnosains. Pustaka: Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492-499. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |