Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Mutu dan Resiko

8721102020

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Tri Sudarwanto, S.Pd., MSM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep manajemen mutu dan resiko yang meliputi ruang lingkup manajemenmutu antara lain Konsep mutu, dimensi mutu, konsep managemen mutu,perkembangan pemikiran managemen mutu, pendekatan terhadap managemen mutu,managemen mutu berbasis ISO, perencanan dan pengendalian kualitas , pengukurankualitas layanan, managemen kualitas di bidang pendidika dan ruang lingkup manajemenresiko antara lain konsep resiko,identifikasi resiko, pengukuran resiko, pengendalian resiko, pembelanjaanresiko dan pemindahan resiko. Perkuliahan dilaksanakandengan sistem ceramah, diskusi, dan tugas.

Pustaka

Utama :

  1. William, C. Arthur, Jr. Heins, Richard M. 2002. Risk Management and Insurance. Sixth Edition. Singapore: McGraw Hill
  2. Soesino Djojosoedarso. 2003. Prinsip-prinsip Manejemen Resiko dan asuransi. Jakarta: Salemba Empat
  3. Abbas Salim. 2012. Asuransi dan Manjemen Resiko. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  4. Herman Darmawi. 2013. Manajemen Resiko. Jakarta: PT. Bumi Aksara
  5. Husein Umar. Manjemen Resiko Bisnis. Jakarta: Gramedia 6. Hinsa Siahaan. Manajemen Resiko. 2007. Jakarta:PT Elex Media Komputindoi
  6. Mahduh M. Hanafi. Manajemen resiko. 2014. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
  7. Ronny Kountur. Manajemen Resiko Operasional. 2004. Jakarta: CV. Taruna Grafica
  8. Sunaryo. Manajemen Resiko Finansial. 2007. Jakarta: Salemba empat
  9. Fandy Tjiptono, Anastasia Diana. 2012. Total Qualty Management. Yogyakarta: Andy Yogyakarta
  10. Nursya Bani Purnama. 2015. Managemen Kualitas.Yogyakarta: Ekonosia Fakultas Ekonomi UII
  11. David L Goetsch, Standly B Davis. 2014. Pengantar Management Mutu Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhalllindo
  12. Ahmad Ali Riyadi Fahrurozi. 2012. Total Qualty Management in Education. 2012. Yogyakarta: IRSiSoD
  13. James G Patterson. 2015. ISO 9000:Standar Kualitas Seluruh Dunia 2015. Jakarta: PT Indeks

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.