|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Kajian Green TVET |
8300102238 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T
|
Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T
|
Dr. Ratna Suhartini, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset |
PLO-8 |
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat |
PLO-10 |
Mampu menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, orijinal, teruji, dan bermanfaat bagi pengembangan keilmuan. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dan prinsip Green TVET serta relevansinya dalam konteks pendidikan vokasi.
|
PO - 2 |
Menganalisis kebijakan dan praktik terbaik Green TVET di tingkat nasional dan internasional.
|
PO - 3 |
Merancang strategi implementasi Green TVET yang responsif terhadap kebutuhan lokal dan global.
|
PO - 4 |
Menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam kajian akademik dan pengembangan pendidikan vokasi.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-10 | PO-1 | | | | | PO-2 | | | | | PO-3 | | | | | PO-4 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berfokus pada konsep dan implementasi Green Technical and Vocational Education and Training (Green TVET) yang mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam pendidikan vokasi. Mahasiswa akan mengkaji filosofi, konsep dasar, kebijakan, strategi implementasi, dan praktik terbaik Green TVET di berbagai negara. Mata kuliah ini juga mencakup analisis peran Green TVET dalam mendukung transisi menuju ekonomi hijau dan penerapan teknologi ramah lingkungan dalam pendidikan vokasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Guile, D., Unwin, L., & Hodgson, A. (Eds.). (2019). The Wiley handbook of vocational education and training. Wiley-Blackwell. https://doi.org/10.1002/9781119098713
|
Pendukung : |
|
- Pilz, M. (Ed.). (2012). The future of vocational education and training in a changing world. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-33609-4
- Maclean, R., & Wilson, P. (2020). Technical and vocational education and training in the 21st century: New roles and challenges for guidance and counselling. UNESCO-UNEVOC. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/home/
- Gessler, M., & Howe, F. (Eds.). (2022). Vocational education and training: Theoretical perspectives and practical approaches. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-08377-1
- UNESCO-UNEVOC International Centre. (2017). Greening technical and vocational education and training: A practical guide. UNESCO Publishing. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/
- Rauner, F., & Maclean, R. (Eds.). (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8347-6
- Billett, S., Harteis, C., & Gruber, H. (Eds.). (2014). International handbook of research in professional and practice-based learning. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-8902-8
- Eicker, F., Haseloff, G., & Lennartz, B. (Eds.). (2017). Vocational education and training in times of economic crisis: Lessons from around the world. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-47856-2
|
Dosen Pengampu
|
Prof.Dr. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T. Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami pentingnya Green TVET dalam pendidikan vokasi. |
Pemahaman tentang konsep dasar Green TVET. |
Kriteria:
Kejelasan pemahaman konsep dasar dan kontribusi diskusi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas 100 |
|
Materi: Pengantar Mata Kuliah dan Konsep Green TVET Pustaka: Guile, D., Unwin, L., & Hodgson, A. (Eds.). (2019). The Wiley handbook of vocational education and training. Wiley-Blackwell. https://doi.org/... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menganalisis filosofi dan prinsip keberlanjutan. |
Analisis relevansi prinsip keberlanjutan dalam pendidikan vokasi. |
Kriteria:
Kedalaman analisis dan penggunaan referensi yang tepat. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi literatur 100 menit |
|
Materi: Filosofi dan Prinsip Keberlanjutan dalam Green TVET Pustaka: Maclean, R., & Wilson, P. (2020). Technical and vocational education and training in the 21st century: New roles and challenges for guidance and counselling. UNESCO-UNEVOC. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/... |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengevaluasi kebijakan global terkait Green TVET. |
Pemahaman tentang kebijakan internasional terkait Green TVET. |
Kriteria:
Ketepatan deskripsi kebijakan dan analisis kebijakan. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi kelas 100 menit |
|
Materi: Kebijakan Global tentang Green TVET Pustaka: Maclean, R., & Wilson, P. (2020). Technical and vocational education and training in the 21st century: New roles and challenges for guidance and counselling. UNESCO-UNEVOC. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/... |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menganalisis strategi implementasi Green TVET di berbagai negara. |
Kemampuan menjelaskan strategi implementasi yang efektif. |
Kriteria:
Kejelasan analisis dan contoh strategi implementasi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok 100 menit |
|
Materi: Strategi Implementasi Green TVET Pustaka: Gessler, M., & Howe, F. (Eds.). (2022). Vocational education and training: Theoretical perspectives and practical approaches. Springer. https://doi.org/... |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengevaluasi peran teknologi ramah lingkungan dalam Green TVET |
Analisis potensi teknologi ramah lingkungan dalam pendidikan vokasi. |
Kriteria:
Ketepatan analisis dan contoh implementasi teknologi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelas 100 |
|
Materi: Teknologi Ramah Lingkungan dalam Pendidikan Vokasi Pustaka: Pilz, M. (Ed.). (2012). The future of vocational education and training in a changing world. Springer. https://doi.org/... |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengevaluasi kurikulum Green TVET dalam mendukung keberlanjutan. |
Kemampuan mengevaluasi kurikulum pendidikan vokasi berbasis Green TVET. |
Kriteria:
Ketepatan analisis kurikulum dan relevansi rekomendasi. |
Diskusi kelas, latihan kelompok 100 |
|
Materi: Kurikulum Pendidikan Vokasi Berbasis Green TVET Pustaka: Rauner, F., & Maclean, R. (Eds.). (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/... |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengkaji peran pendidikan vokasi dalam mendukung ekonomi hijau. |
Analisis hubungan pendidikan vokasi dengan transisi ke ekonomi hijau. |
Kriteria:
Kedalaman analisis dan relevansi data yang digunakan. |
Ceramah interaktif, diskusi 100 |
|
Materi: Pendidikan Vokasi untuk Transisi Menuju Ekonomi Hijau Pustaka: Rauner, F., & Maclean, R. (Eds.). (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/... |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Menganalisis praktik terbaik Green TVET di tingkat global. |
Pemahaman tentang praktik terbaik Green TVET dan faktor keberhasilannya |
Kriteria:
Ketepatan analisis praktik terbaik dan pembelajaran yang diambil. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok 100 |
|
Materi: Studi Kasus Praktik Terbaik Green TVET Pustaka: Maclean, R., & Wilson, P. (2020). Technical and vocational education and training in the 21st century: New roles and challenges for guidance and counselling. UNESCO-UNEVOC. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/... |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi tantangan dalam mengimplementasikan Green TVET. |
Kemampuan mengidentifikasi isu dan tantangan utama dalam implementasi Green TVET. |
Kriteria:
Ketepatan isu yang diidentifikasi dan argumentasi yang mendukung. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok, studi kasus 100 menit |
|
Materi: Tantangan Implementasi Green TVET Pustaka: Rauner, F., & Maclean, R. (Eds.). (2008). Handbook of technical and vocational education and training research. Springer. https://doi.org/... |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis peran industri dalam mendukung Green TVET. |
Pemahaman tentang sinergi industri dan pendidikan dalam Green TVET. |
Kriteria:
Kejelasan analisis sinergi dan relevansi contoh kolaborasi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, diskusi 100 menit |
|
Materi: Kolaborasi Industri dan Pendidikan dalam Green TVET Pustaka: UNESCO-UNEVOC International Centre. (2017). Greening technical and vocational education and training: A practical guide. UNESCO Publishing. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/... |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menganalisis peran industri dalam mendukung Green TVET. |
Pemahaman tentang sinergi industri dan pendidikan dalam Green TVET. |
Kriteria:
Kejelasan analisis sinergi dan relevansi contoh kolaborasi. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah interaktif, diskusi 100 menit |
|
Materi: Kolaborasi Industri dan Pendidikan dalam Green TVET Pustaka: UNESCO-UNEVOC International Centre. (2017). Greening technical and vocational education and training: A practical guide. UNESCO Publishing. Retrieved from https://unevoc.unesco.org/... |
15% |
12
Minggu ke 12 |
Merancang strategi pengembangan Green TVET berbasis kajian. |
Kelengkapan dan logika strategi pengembangan Green TVET. |
Kriteria:
Keterpaduan strategi dengan hasil analisis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi mandiri, diskusi kelompok 100 |
|
Materi: Penyusunan Strategi Pengembangan Green TVET Pustaka: Eicker, F., Haseloff, G., & Lennartz, B. (Eds.). (2017). Vocational education and training in times of economic crisis: Lessons from around the world. Springer. https://doi.org/... |
15% |
13
Minggu ke 13 |
Merancang strategi pengembangan Green TVET berbasis kajian. |
Kelengkapan dan logika strategi pengembangan Green TVET. |
Kriteria:
Keterpaduan strategi dengan hasil analisis. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi mandiri, diskusi kelompok 100 |
|
Materi: Penyusunan Strategi Pengembangan Green TVET Pustaka: Eicker, F., Haseloff, G., & Lennartz, B. (Eds.). (2017). Vocational education and training in times of economic crisis: Lessons from around the world. Springer. https://doi.org/... |
15% |
14
Minggu ke 14 |
Finalisasi Laporan Kajian Green TVET |
Perbaikan laporan kajian Green TVET sesuai masukan. |
Kriteria:
Ketepatan implementasi masukan dalam revisi. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi mandiri, bimbingan individu 100 |
|
|
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menguji kelayakan proposal pengembangan Green TVET. |
Kejelasan argumen, kelengkapan proposal, dan kontribusi ide pengembangan. |
Kriteria:
Kualitas presentasi dan penilaian panel penguji. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi panel, diskusi 100 menit |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
Menguji kelayakan proposal pengembangan Green TVET. |
Kejelasan argumen, kelengkapan proposal, dan kontribusi ide pengembangan. |
Kriteria:
Kualitas presentasi dan penilaian panel penguji. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi panel, diskusi 100 menit |
|
|
0% |