Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penulisan Naskah Drama

7920102197

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan

PLO-8

Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menulis prosa, baik berupa novel (bagian atau subab) atau cerpen secara bertanggung jawab

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-8
PO-1    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pembahasan aspek-aspek penulisan prosa dengan menumbuhkan minat dan motivasi menulis dan menemukan sumber-sumber inspiratif kreatif penulisan melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan kepenulisan, dan simulasi guna menghasilkan karya tulis prosa untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas, pameran/gelar karya jurusan dan diterbitkan baik di buku maupun media massa.

Pustaka

Utama :

  1. Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
  2. Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang Itu Gampang . Jakarta: Gramedia.
  3. Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen, Yuk . Yogyakarta: PustakaPelajar
  4. . Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang . Solo: Tiga Serangkai.
  5. . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  6. . Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis . Yogyakarta: Sabda.
  7. Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer . Jakarta: Pustaka Jaya
  8. . Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta: Gadjag Mada University
  9. . Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing . Jakarta: Raya Kultura
  10. Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi . Jakarta: Buku Pop
  11. Sadono, Bambang. 1983. Buku Pintar Seorang Penulis . Semarang: Keluarga Penulis Semarang.
  12. . Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gamma Media
  13. . Sutejo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Cepat Menulis Puisi dan Cerpen . Yogyakarta: Nadi Pustaka

Pendukung :

  1. Beberapa Novel Indonesia
  2. Beberapa antologi Cerpen Indonesia
  3. Beberapa buku kumpulan puisi

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengidentifikasi konsep prosa

1. Menjelaskan konsep prosa 2. Mengidentifikasi ciri-ciri prosa

Kriteria:
  1. 2: penjelasan 2 ciri benar
  2. 1: penjelasan 1 ciri benar
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Konsep dan ciri prosa
Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.

Materi: Konsep prosa
Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
10%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi jenis-jenis prosa

1. Menjelaskan jenis-jenis prosa

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Jenis prosa
Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
5%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi visi dan motivasi menulis prosa

  1. Menjelaskan visi dan motivasi
  2. Mengidentifikasi visi dan motivasi menulis prosa
Kriteria:
  1. 3: penjelasan 3 ciri benar
  2. 2: penjelasan 2 ciri benar
  3. 1: penjelasan 1 ciri benar
  4. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Visi dan motivasi menulis prosa
Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
5%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi sikap rasional dalam proses penulisan prosa

  1. Menjelaskan sikap rasional
  2. Mengidentifikasi sikap rasional
Kriteria:
  1. 2: 2 perbedaan benar
  2. 1: perbedaan benar
  3. 0: Tidak ada perbedaan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Sikap rasional dalam penulisan prosa
Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
5%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi makanan pengarang

  1. Menjelaskan keseharian pengarang
  2. Mengidentifikasi keseharian pengarang
Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Keseharian pengarang
Pustaka: . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
5%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi sumber dan ilham bagi penulisan prosa

  1. Menjelaskan sumber ilham
  2. Mengidentifikasi sumber ilham
Kriteria:
  1. 5: 5 hal yang disebutkan benar
  2. 4: 4 hal yang disebutkan benar
  3. 3: 3 hal yang disebutkan benar
  4. 2: 2 hal yang disebutkan benar
  5. 1: 1 hal yang disebutkan benar
  6. 0: tidak ada hal yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Sumber dan ilham
Pustaka: . Sutejo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Cepat Menulis Puisi dan Cerpen . Yogyakarta: Nadi Pustaka
5%

7

Minggu ke 7

Mengidentifikasi pemicu ide dalam proses penulisan prosa

  1. Menjelaskan pemicu ide dalam proses penulisan prosa
  2. Mengidentifikasi pemicu ide dalam proses penulisan prosa
Kriteria:
  1. 5: 5 hal yang disebutkan benar
  2. 4: 4 hal yang disebutkan benar
  3. 3: 3 hal yang disebutkan benar
  4. 2: 2 hal yang disebutkan benar
  5. 1: 1 hal yang disebutkan benar
  6. 0: tidak ada hal yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Ide dalam penulisan prosa
Pustaka: Sadono, Bambang. 1983. Buku Pintar Seorang Penulis . Semarang: Keluarga Penulis Semarang.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia
10%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi pengembangan ide Mengidentifikasi memilah dan memilih topik

  1. Menjelaskan pengembang ide
  2. Mengidentifikasi pengembang ide
  3. Menjelaskan cara memilah dan memilih topik
  4. Mengidentifikasi cara memilah dan memilih topik
Kriteria:
  1. 5: 5 hal yang disebutkan benar
  2. 4: 4 hal yang disebutkan benar
  3. 3: 3 hal yang disebutkan benar
  4. 2: 2 hal yang disebutkan benar
  5. 1: 1 hal yang disebutkan benar
  6. 0: tidak ada hal yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Memilih dan mengembangkan ide
Pustaka: . Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing . Jakarta: Raya Kultura
5%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi mutu dan pasar prosa Indonesia

Menjelaskan mutu dan pasar hasil penulisan prosa

Kriteria:
  1. 2: penjelasan 2 ciri benar
  2. 1: penjelasan 1 ciri benar
  3. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
2 X 50

Materi: Mutu dan pasar prosa Indonesia
Pustaka: . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun langkah-langkah menulis cerpen

  1. Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
  3. menyusun langkah-langkah menulis cerpen
Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis cerpen
Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia
10%

12

Minggu ke 12

Menyusun langkah-langkah menulis cerpen

  1. Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
  3. menyusun langkah-langkah menulis cerpen
Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis cerpen
Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia
10%

13

Minggu ke 13

Menyusun langkah-langkah menulis cerpen

  1. Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
  2. Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
  3. menyusun langkah-langkah menulis cerpen
Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Menulis cerpen
Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia
10%

14

Minggu ke 14

Menyusun kerangka novel

Menyusun kerangka novel

Kriteria:
  1. 6: penjelasan 6 ciri benar
  2. 5: penjelasan 5 ciri benar
  3. 4: penjelasan 4 ciri benar
  4. 3: penjelasan 3 ciri benar
  5. 2: penjelasan 2 ciri benar
  6. 1: penjelasan 1 ciri benar
  7. 0: tidak ada penjelasan yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Kerangka
Pustaka: Beberapa Novel Indonesia
10%

15

Minggu ke 15

Menjelaskan penyuntingan novel (bagian novel)

Menjelaskan penyuntingan

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mnyunting novel
Pustaka: Beberapa Novel Indonesia
10%

16

Minggu ke 16

Menjelaskan penyuntingan novel (bagian novel)

Menjelaskan penyuntingan

Kriteria:
  1. 5: 5 identifikasi benar
  2. 4: 4 identifikasi benar
  3. 3: 3 identifikasi benar
  4. 2: 2 identifikasi benar
  5. 1: 1 identifikasi benar
  6. 0: tidak ada identifikasi yang benar

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PjBL
2 X 50
PjBL
Materi: Mnyunting novel
Pustaka: Beberapa Novel Indonesia
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 45%
3. Penilaian Portofolio 15%
4. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.