|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penulisan Naskah Drama |
7920102197 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
6 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teknik penerapan konsep-konsep kebahasaan dan kesastraan untuk meningkatkan pemahaman mengenai identitas keindonesiaan |
PLO-8 |
Mampu melakukan penelitian dengan menggunakan teori dan metode penelitian bahasa dan sastra Indonesia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menulis prosa, baik berupa novel (bagian atau subab) atau cerpen secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-8 | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pembahasan aspek-aspek penulisan prosa dengan menumbuhkan minat dan motivasi menulis dan menemukan sumber-sumber inspiratif kreatif penulisan melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan kepenulisan, dan simulasi guna menghasilkan karya tulis prosa untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas, pameran/gelar karya jurusan dan diterbitkan baik di buku maupun media massa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani.
- Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang Itu Gampang . Jakarta: Gramedia.
- Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerpen, Yuk . Yogyakarta: PustakaPelajar
- . Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang . Solo: Tiga Serangkai.
- . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- . Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis . Yogyakarta: Sabda.
- Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer . Jakarta: Pustaka Jaya
- . Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta: Gadjag Mada University
- . Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing . Jakarta: Raya Kultura
- Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi . Jakarta: Buku Pop
- Sadono, Bambang. 1983. Buku Pintar Seorang Penulis . Semarang: Keluarga Penulis Semarang.
- . Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi . Yogyakarta: Gamma Media
- . Sutejo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Cepat Menulis Puisi dan Cerpen . Yogyakarta: Nadi Pustaka
|
Pendukung : |
|
- Beberapa Novel Indonesia
- Beberapa antologi Cerpen Indonesia
- Beberapa buku kumpulan puisi
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengidentifikasi konsep prosa |
1. Menjelaskan konsep prosa 2. Mengidentifikasi ciri-ciri prosa |
Kriteria:
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dan ciri prosa Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani. Materi: Konsep prosa Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani. |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mengidentifikasi jenis-jenis prosa |
1. Menjelaskan jenis-jenis prosa |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Jenis prosa Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mengidentifikasi visi dan motivasi menulis prosa |
- Menjelaskan visi dan motivasi
- Mengidentifikasi visi dan motivasi menulis prosa
|
Kriteria:
- 3: penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Visi dan motivasi menulis prosa Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mengidentifikasi sikap rasional dalam proses penulisan prosa |
- Menjelaskan sikap rasional
- Mengidentifikasi sikap rasional
|
Kriteria:
- 2: 2 perbedaan benar
- 1: perbedaan benar
- 0: Tidak ada perbedaan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Sikap rasional dalam penulisan prosa Pustaka: Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif . Bandung: Salam Madani. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengidentifikasi makanan pengarang |
- Menjelaskan keseharian pengarang
- Mengidentifikasi keseharian pengarang
|
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Keseharian pengarang Pustaka: . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengidentifikasi sumber dan ilham bagi penulisan prosa |
- Menjelaskan sumber ilham
- Mengidentifikasi sumber ilham
|
Kriteria:
- 5: 5 hal yang disebutkan benar
- 4: 4 hal yang disebutkan benar
- 3: 3 hal yang disebutkan benar
- 2: 2 hal yang disebutkan benar
- 1: 1 hal yang disebutkan benar
- 0: tidak ada hal yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Sumber dan ilham Pustaka: . Sutejo dan Kasnadi. 2008. Menulis Kreatif: Cepat Menulis Puisi dan Cerpen . Yogyakarta: Nadi Pustaka |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mengidentifikasi pemicu ide dalam proses penulisan prosa |
- Menjelaskan pemicu ide dalam proses penulisan prosa
- Mengidentifikasi pemicu ide dalam proses penulisan prosa
|
Kriteria:
- 5: 5 hal yang disebutkan benar
- 4: 4 hal yang disebutkan benar
- 3: 3 hal yang disebutkan benar
- 2: 2 hal yang disebutkan benar
- 1: 1 hal yang disebutkan benar
- 0: tidak ada hal yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Ide dalam penulisan prosa Pustaka: Sadono, Bambang. 1983. Buku Pintar Seorang Penulis . Semarang: Keluarga Penulis Semarang. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mengidentifikasi pengembangan ide Mengidentifikasi memilah dan memilih topik |
- Menjelaskan pengembang ide
- Mengidentifikasi pengembang ide
- Menjelaskan cara memilah dan memilih topik
- Mengidentifikasi cara memilah dan memilih topik
|
Kriteria:
- 5: 5 hal yang disebutkan benar
- 4: 4 hal yang disebutkan benar
- 3: 3 hal yang disebutkan benar
- 2: 2 hal yang disebutkan benar
- 1: 1 hal yang disebutkan benar
- 0: tidak ada hal yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Memilih dan mengembangkan ide Pustaka: . Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing . Jakarta: Raya Kultura |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mengidentifikasi mutu dan pasar prosa Indonesia |
Menjelaskan mutu dan pasar hasil penulisan prosa |
Kriteria:
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, tanya jawab, diskusi, dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Mutu dan pasar prosa Indonesia Pustaka: . Harefa, Andrias. 2002. Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang . Jakarta: Gramedia Pustaka Utama |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun langkah-langkah menulis cerpen |
- Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
- Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
- menyusun langkah-langkah menulis cerpen
|
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis cerpen Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia |
10% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun langkah-langkah menulis cerpen |
- Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
- Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
- menyusun langkah-langkah menulis cerpen
|
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
|
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis cerpen Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia |
10% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun langkah-langkah menulis cerpen |
- Menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen
- Mengidentifikasi langkah-langkah menulis cerpen
- menyusun langkah-langkah menulis cerpen
|
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
|
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Menulis cerpen Pustaka: Beberapa antologi Cerpen Indonesia |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun kerangka novel |
Menyusun kerangka novel |
Kriteria:
- 6: penjelasan 6 ciri benar
- 5: penjelasan 5 ciri benar
- 4: penjelasan 4 ciri benar
- 3: penjelasan 3 ciri benar
- 2: penjelasan 2 ciri benar
- 1: penjelasan 1 ciri benar
- 0: tidak ada penjelasan yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Kerangka Pustaka: Beberapa Novel Indonesia |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Menjelaskan penyuntingan novel (bagian novel) |
Menjelaskan penyuntingan |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mnyunting novel Pustaka: Beberapa Novel Indonesia |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Menjelaskan penyuntingan novel (bagian novel) |
Menjelaskan penyuntingan |
Kriteria:
- 5: 5 identifikasi benar
- 4: 4 identifikasi benar
- 3: 3 identifikasi benar
- 2: 2 identifikasi benar
- 1: 1 identifikasi benar
- 0: tidak ada identifikasi yang benar
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PjBL 2 X 50 |
PjBL
|
Materi: Mnyunting novel Pustaka: Beberapa Novel Indonesia |
10% |