|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Budaya Jerman I |
7920602030 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemberian pengetahuan mengenai kebudayaan Jerman. Perkuliahan diselenggarakan secara kontrastif untuk menumbuhkan sikap menghargai budaya sendiri dan sikap empati terhadap budaya asing dengan harapan mahasiswa memiliki kompetensi humanis. Landasan pemikiran yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah teori interkultureles Lernen im Fremsprachen. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas dan presentasi, serta keefektifan dalam PBM. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Auswaertiges. Amt. 2005. Tatsachen ueber Deutschland. Societaet: Verlag: Frankfurt/Main.
- Kamm.Tom.2006. Lands und Kulturkunde. Surabaya: Prodi Bahasa jerman
- Hansen, Margarete und Zuber, Barbara. 1996. Zwischen den Kulturen: Strategien und Aktivitäten für landeskundliches Lehren und Lernen. Berlin: Langenscheidt.
- Kirchmeyer, Susanne. 2004. Blick auf Deutschland: Landeskunde – Deutsch als Fremdsprache. Stuttgart: Ernst Klett prachen.
- Behal-Thomsen, Heinke. 1993. Typisch deutsch? Berlin: Langenscheidt.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dra. Fahmi Wahyuningsih, M.Pd. Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami geografis negara Jerman |
Mahasiswa memahami dengan baik tentang : 1. Luas negara Jerman2. Letak negara Jerman3.Negara yang berbatasan denngan negara Jerman |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
|
1. Ceramah2. Diskusi3. Presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Bundeslaender Deutschland |
Mampu menyebutkan dan memahami dengan baik tentang negara-negara bagian Jerman |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
|
Membaca buku dan literatur pendukung tentang negara-negara bagian Jerman, mendengarkan penjelasan pengajar dan presentasi hasil laporan baca 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami tentang Geburt in Deutschland |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dengan baik tentang :1. Wie feiert man das Geburt eines Babys ? Redemittel?2. Was soll das Kind heissen ? |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
|
Membaca buku dan literatur pendukung, mndengarakan penjelasan pengajar dan presentasi hasil laporan baca 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami tentang :1. Wie feiert man das Tod eines Menschens in Deutschland?2. Redemittel bei einem Todesfeier |
Mampu menjelaskan dan memahami dengan baik tentang :1. Wie feiert man das Tod eines Menschens in Deutschland?2. Redemittel bei einem Todesfeier |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
|
Membaca sumber belajar tentang tradisi kematian / duka cita di Jerman, mendengarkan penjelasan pengajar, presentasi laporan baca 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami tentang Familie in Deutschland |
Mampu menjelaskan dan memahami tentang :1. Statistik Geburtratenzahl in Deutschland2. Lebensformen3. Verwandschaftsystem |
Kriteria:
- 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
- 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
- 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
|
Membaca sumber belajar, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswamampu menjelaskan Bildungsystem in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami Hochzeit und Karnaeval in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami Bildungssystem in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami essen und trinken in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
UTS |
UTS |
|
2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami Deutsche Umwelt |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami Muelltrennung in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami Beugesetze in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami Migrations in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami nachtlieben in Deutschland |
|
|
2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |