Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Budaya Jerman I

7920602030

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemberian pengetahuan mengenai kebudayaan Jerman. Perkuliahan diselenggarakan secara kontrastif untuk menumbuhkan sikap menghargai budaya sendiri dan sikap empati terhadap budaya asing dengan harapan mahasiswa memiliki kompetensi humanis. Landasan pemikiran yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah teori interkultureles Lernen im Fremsprachen. Evaluasi dilakukan melalui tes tertulis, tugas dan presentasi, serta keefektifan dalam PBM.

Pustaka

Utama :

  1. Auswaertiges. Amt. 2005. Tatsachen ueber Deutschland. Societaet: Verlag: Frankfurt/Main.
  2. Kamm.Tom.2006. Lands und Kulturkunde. Surabaya: Prodi Bahasa jerman
  3. Hansen, Margarete und Zuber, Barbara. 1996. Zwischen den Kulturen: Strategien und Aktivitäten für landeskundliches Lehren und Lernen. Berlin: Langenscheidt.
  4. Kirchmeyer, Susanne. 2004. Blick auf Deutschland: Landeskunde – Deutsch als Fremdsprache. Stuttgart: Ernst Klett prachen.
  5. Behal-Thomsen, Heinke. 1993. Typisch deutsch? Berlin: Langenscheidt.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Fahmi Wahyuningsih, M.Pd.

Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami geografis negara Jerman

Mahasiswa memahami dengan baik tentang : 1. Luas negara Jerman2. Letak negara Jerman3.Negara yang berbatasan denngan negara Jerman

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
1. Ceramah2. Diskusi3. Presentasi
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami Bundeslaender Deutschland

Mampu menyebutkan dan memahami dengan baik tentang negara-negara bagian Jerman

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
Membaca buku dan literatur pendukung tentang negara-negara bagian Jerman, mendengarkan penjelasan pengajar dan presentasi hasil laporan baca
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami tentang Geburt in Deutschland

Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami dengan baik tentang :1. Wie feiert man das Geburt eines Babys ? Redemittel?2. Was soll das Kind heissen ?

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
Membaca buku dan literatur pendukung, mndengarakan penjelasan pengajar dan presentasi hasil laporan baca
2 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami tentang :1. Wie feiert man das Tod eines Menschens in Deutschland?2. Redemittel bei einem Todesfeier

Mampu menjelaskan dan memahami dengan baik tentang :1. Wie feiert man das Tod eines Menschens in Deutschland?2. Redemittel bei einem Todesfeier

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
Membaca sumber belajar tentang tradisi kematian / duka cita di Jerman, mendengarkan penjelasan pengajar, presentasi laporan baca
2 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami tentang Familie in Deutschland

Mampu menjelaskan dan memahami tentang :1. Statistik Geburtratenzahl in Deutschland2. Lebensformen3. Verwandschaftsystem

Kriteria:
  1. 1. Hasil tidak sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  2. 2. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, tidak dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan
  3. 3. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan tapi tidak sesuai dengan sumber yang digunakan
  4. 4. Hasil sesuai dengan tugas yang diberikan, pengembangan sesuai dengan tema, dilengkapi dengan kutipan yang sesuai dengan sumber yang digunakan.
Membaca sumber belajar, diskusi dan presentasi
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswamampu menjelaskan Bildungsystem in Deutschland


    2 X 50

    0%

    7

    Minggu ke 7

    Mahasiswa mampu memahami Hochzeit und Karnaeval in Deutschland


      2 X 50

      0%

      8

      Minggu ke 8

      Mahasiswa mampu memahami Bildungssystem in Deutschland


        2 X 50

        0%

        9

        Minggu ke 9

        Mahasiswa mampu memahami essen und trinken in Deutschland


          2 X 50

          0%

          10

          Minggu ke 10

          UTS

          UTS


          2 X 50

          0%

          11

          Minggu ke 11

          Mahasiswa mampu memahami Deutsche Umwelt


            2 X 50

            0%

            12

            Minggu ke 12

            Mahasiswa mampu memahami Muelltrennung in Deutschland


              2 X 50

              0%

              13

              Minggu ke 13

              Mahasiswa mampu memahami Beugesetze in Deutschland


                2 X 50

                0%

                14

                Minggu ke 14

                Mahasiswa mampu memahami Migrations in Deutschland


                  2 X 50

                  0%

                  15

                  Minggu ke 15

                  Mahasiswa mampu memahami nachtlieben in Deutschland


                    2 X 50

                    0%

                    16

                    Minggu ke 16



                    0%



                    Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

                    No Evaluasi Persentase
                    0%

                    Catatan

                    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
                    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
                    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
                    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
                    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
                    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
                    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
                    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
                    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
                    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.