Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pendidikan Budi Pekerti

8720502088

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman konsep teoritis pendidikan karakter sebagai salah satu sarana pembudayaan dan pemanusiaan dalam lingkup dunia pendidikan, mengaji persoalan krisis karakter bangsa dan penguatan/pembangunan karakter serta pengaruhnya terhadap kemajuan bangsa dan negara, menggali kasus-kasus krisis karakter, baik dalam lingkup institusi pendidikan maupun di masyarakat, mendesain dan menerapkan pendidikan karakter ke dalam institusi pendidikan dan di masyarakat. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas penyelesaian masalah (problem solving), dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Referensi
  2. Ausop, Asep Zaenal, 2014. Islamic Character Building. Bandung : Salamadani.
  3. Costa, Arthur L., Bena Kallick (ed.). 2008. Learning and Leading with Habits of Mind 16 Esential Characteristics for Success. Virginia USA: ASCD Alexandria.
  4. ------------, 2009. Habits of Mind Across the Curriculum, Practical and Creative Strategies Teachers. Virginia USA: ASCD Alexandria.
  5. Husen, Achmad, dkk, 2010. Model Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta : UNJ.
  6. Kemendiknas, 2011. Naskah Akademik Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Jakarta : Dirjen Dikti
  7. Koesoema, A. Doni. 2007. Pendidikan Karakter :Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo.
  8. Lickona, Thomas, 2012. Educating for Character. Jakarta : Bumi Aksara
  9. Megawangi, Ratna. 2007. Semua Berakar pada Karakter&ldquoIsu-isu Permasalahan Bangsa&rdquo. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.
  10. Prayitno dan Belferik Manullang. 2011. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta:Grasindo.
  11. Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Setyowati, Rr Nanik dan Yani, Muhammad Turhan, 2015. Kontekstualisasi Pendidikan Karakter (Modul).
  13. Warsono, dkk, 2010. Model Pendidikan Karakter di Universitas Negeri Surabaya. Surabaya : Unesa University Press.
  14. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
  15. Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan.Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si.

Prof. Dr. H. Muhammad Turhan Yani, M.A.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.