Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Telaah Kritis Teori Belajar

8400102067

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

26 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. dan Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si.




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memberikan argumen pentingnya pemahaman tentang teori belajar dalam pengembangan pembelajaran sains.

PO - 2

Mahasiswa dapat melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama teori belajar terkini dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian sains untuk penulisan disertasi.

PO - 3

Mahasiswa dapat menulis praproposal disertasi Bab I dan Bab II yang menekankan pada kajian teori belajar yang relevan dengan topik disertasi secara mandiri dan bertanggung jawab.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6
PO-1  
PO-2  
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Perkuliahan ini menelaah secara kritis (proses analisis dan evaluasi yang mendalam terhadap suatu informasi, ide, atau karya dengan tujuan untuk memahami, menilai, dan menentukan kevalidan, keakuratan, serta relevansinya) Behavioral Views of Learning: What Behavioral Learning Theories Have Evolved? What Are Some Principles of Behavioral Learning? How Has Social Learning Theory Contributed to Our Understanding of Human learning? Cognitive Views of Learning: What is an Information-Processing Model? What Causes People to Remember or Forget? How Can Memory Strategies be Taught? What Makes Information Meaningful? Complex Cognitive Processes: How Do Metacognitive Skills Help Students Learn? What Study Strategies Help Students Learn? How Do Cognitive Teaching Strategies Help Students Learn? What is The Constructivist View of How We Learn?: Individual Constructivism, Individual Constructivism in The Classroom, Social Constructivism and Vygotsky, Social Constructivism in The Classroom, Cooperative Learning, Constructivist Principles.Theories of Motivation: What is Motivation? What are Some Theories of Motivation? How Can Teachers Increase Students‘ Motivation to Learn? How Can Achievement Motivation be Enhanced? How Can Teachers Reward Performance, Effort, and Improvement? Andragogy, dan Seamless Learning. Perkuliahan dilakukan dengan mode Online Flipped Classroom dengan kegiatan utama pengkajian teori dan penelusuran penelitian yang relevan, melakukan telaah kritis, presentasi, dan diskusi. Peniliaan meliputi penilaian terhadap aktivitas pembelajaran, tugas, UTS, dan UAS.

Pustaka

Utama :

  1. Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa.
  2. Arends, Richards I. 20012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill
  3. Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson
  4. Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
  5. Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman
  6. Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill.
  7. Eggen, P., Kauchak, D. 2010. Educational Psychology: Windows on Classroom. Eight Edition. New Jersey: Merril
  8. Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson
  9. Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
  10. Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.
  11. Susantini, E., dkk. Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitve Strategy. Asia Pacific Education Review, 19 (3), 2018.
  12. Susantini, E., dkk. Designing Easy DNA Extraction: Teaching Creativity through Laboratory Practice. Biochemistry and Molecular Biology Education Biochemistry and Molecular Biology Education, 45 (3), 2017.
  13. Wahyuni, Sri. 2020. Model Critical Thinking Blended Learning (CTBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
  14. Justus, Randolph. A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research & Evaluation, 14 (13), 2014.

Pendukung :

  1. Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
  2. Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal
  3. Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/lynnhank/Popper-1.pdf .

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.

Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa mampu memberikan argumen pentingnya pemahaman tentang teori belajar dalam pengembangan pembelajaran
  2. Mahasiswa mampu menentukan metode analisis secara kritis terhadap klaim, konsepsi, dan/atau teori, khususnya teori belajar
  1. Menganalisis contoh-contoh kejadian yang menunjukkan peristiwa belajar dan yang bukan
  2. Menjelaskan secara garis besar berbagai teori belajar
  3. Mengenali teori belajar untuk pembelajaran tanpa batas (seamless learning)
  4. Menunjukkan peran berbagai teori belajar terhadap pengembangan pembelajaran
  5. Menentukan cara telaah kritis terhadap klaim, konsepsi, dan/atau teori
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
• Mendiskusikan contoh belajar dan berbagai teori belajar berdasarkan buku sumber melalui case study.
• Memberi tanggapan terkait berbagai teori belajar dan perannya terhadap pengembangan pembelajaran.
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2x 50 menit
Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Eggen, P., Kauchak, D. 2010. Educational Psychology: Windows on Classroom. Eight Edition. New Jersey: Merril.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson.

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson

Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point
Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.

Materi: Metode ilmiah, verifikasi, falsifikasi
Pustaka: Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/... .

Materi: Contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Behavioral Views of Learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Behavioral Views of Learning
  2. Menganalisis penggunaan teori tentang Behavioral Views of Learning dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan Artikel dg tema pembentukan karakter atau yang relevan untuk dianalisis apakah artikel tersebut sudah sesuai dengan teori behavior? dan berikan alasanya?

2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.

3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai artikel tersebut.
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan dan menyiapkan presentasi mengenai artikel tersebut.

5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait artikel yang dianalisis.
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill.
15%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis terhadap ide-ide utama teori dan nonteori tentang Cognitive Views of Learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Cognitive Views of Learning
  2. Menganalisis penggunaan Cognitive Views of Learning dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan contoh LKS IPA terkait teori kognitif untuk dianalisis apakah LKS tersebut sesuai dengan teori kognitif atau tidak? dan berikan alasannya.

2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.

3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai LKS tersebut
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai analisis LKS tersebut.

5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait analisis LKS tersebut.
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 5 Bab 8 Power Point
Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman.

Materi: Contoh
Pustaka: Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama teori dan nonteori tentang Complex Cognitive Processes dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Complex Cognitive Processess
  2. Menganalisis penerapan teori Complex Cognitive Processess dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Complex Cognitive Processess berdasarkan buku referensi, artikel, praksis nyata, dan tanya jawab melalui case study.
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 5 Bab 9 Power Point
Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman.

Materi: Contoh
Pustaka: Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal

Materi: Contoh
Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
15%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa menelaah kritis ide-ide utama nonteori dan teori tentang What is The Constructivist View of How We Learn dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang What is The Constructivist View of How We Learn
  2. Menganalisis penerapan What is The Constructivist View of How We Learn dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan LKS IPA untuk dianalisis apakah LKS tersebut sesuai dengan teori konstruktivime atau tidak?
Berikan alasanya?

2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.

3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai LKS sesuai dengan teori konstruktivisme atau tidak.
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai analisis LKS IPA sesuai dengan teori konstruktivisme atau tidak.
5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait analisis LKS tersebut
2 X 50 Menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman.

Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point
Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill.
8%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama nonteori dan teori tentang andragogy dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy
  2. Memberikan contoh teori tentang Andragogy dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy berdasarkan buku referensi, penelitian, dan praksis serta tanya jawab melalui case Study
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka no. 10 dan Power point
Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang andragogy dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy
  2. Memberikan contoh teori tentang Andragogy dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, Mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy berdasarkan buku referensi, penelitian, dan praksis, serta tanya jawab melalui case Study
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka no. 10 dan Power point
Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.
5%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 x 50 menit
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2x50 menit
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Menganalisis ide-ide utama nonteori dan teori tentang konektivis / seamless learning
  2. Memberikan contoh teori tentang konektivis / seamless learning dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi, Diskusi, tanya jawab (Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar kognektivis/ Seamless learning atau tidak) melalui case study
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka No. 9 dan Power point
Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi

  1. Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning
  2. Memberikan contoh teori tentang konektivis / seamless learning dalam pembelajaran dan penelitian
Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Diskusi, tanya jawab (Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar kognektivis/ Seamless learning atau tidak) melalui case study
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka No. 9 dan Power point
Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
5%

11

Minggu ke 11

Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi

Menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi melalui case study
• Penugasan portofolio
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 8 Power point
Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson.

Materi: Pustaka 9 Power point
Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
5%

12

Minggu ke 12

Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi

Menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi melalui case study
• Penugasan portofolio
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 8 Power point
Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson.

Materi: Pustaka 9 Power point
Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
5%

13

Minggu ke 13

Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar pada Bab I Disertasi

Menganalisis teori belajar pada Bab I Disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar pada Bab I Disertasi melalui case study
• Penugasan portofolio
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 10 Power point
Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar pada Bab II Disertasi

Menganalisis teori belajar pada Bab II Disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar pada Bab II Disertasi melalui case study
• Penugasa portofolio
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Pustaka 11 Power point
Pustaka: Susantini, E., dkk. Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitve Strategy. Asia Pacific Education Review, 19 (3), 2018.

Materi: Pustaka 14 Power point
Pustaka: Justus, Randolph. A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research & Evaluation, 14 (13), 2014.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu menulis praproposal disertasi Bab I dan Bab II yang menekankan pada cara mengutip teori belajar yang relevan dengan topik disertasi secara mandiri dan bertanggung jawab

Menulis praproposal disertasi Bab I yang menekankan pada cara mengutip teori belajar yang relevan dengan topik disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
• Workshop dan seminar penulisan praproposal disertasi Bab I melalui pemberian proyek
• Memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen
2 x 50 menit
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka.
2 x 50 menit
Materi: Fasilitas browsing referensi dari internet , Artikel penelitian yang relevan
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 x 50 menit
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2x50 menit
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 48%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 21.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 2.5%
4. Tes 28%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.