|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Telaah Kritis Teori Belajar |
8400102067 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
1 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. dan Prof. Dr. Wahono Widodo, M.Si.
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memberikan argumen pentingnya pemahaman tentang teori belajar dalam pengembangan pembelajaran sains.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama teori belajar terkini dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian sains untuk penulisan disertasi.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat menulis praproposal disertasi Bab I dan Bab II yang menekankan pada kajian teori belajar yang relevan dengan topik disertasi secara mandiri dan bertanggung jawab.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Perkuliahan ini menelaah secara kritis (proses analisis dan evaluasi yang mendalam terhadap suatu informasi, ide, atau karya dengan tujuan untuk memahami, menilai, dan menentukan kevalidan, keakuratan, serta relevansinya) Behavioral Views of Learning: What Behavioral Learning Theories Have Evolved? What Are Some Principles of Behavioral Learning? How Has Social Learning Theory Contributed to Our Understanding of Human learning? Cognitive Views of Learning: What is an Information-Processing Model? What Causes People to Remember or Forget? How Can Memory Strategies be Taught? What Makes Information Meaningful? Complex Cognitive Processes: How Do Metacognitive Skills Help Students Learn? What Study Strategies Help Students Learn? How Do Cognitive Teaching Strategies Help Students Learn? What is The Constructivist View of How We Learn?: Individual Constructivism, Individual Constructivism in The Classroom, Social Constructivism and Vygotsky, Social Constructivism in The Classroom, Cooperative Learning, Constructivist Principles.Theories of Motivation: What is Motivation? What are Some Theories of Motivation? How Can Teachers Increase Students‘ Motivation to Learn? How Can Achievement Motivation be Enhanced? How Can Teachers Reward Performance, Effort, and Improvement? Andragogy, dan Seamless Learning. Perkuliahan dilakukan dengan mode Online Flipped Classroom dengan kegiatan utama pengkajian teori dan penelusuran penelitian yang relevan, melakukan telaah kritis, presentasi, dan diskusi. Peniliaan meliputi penilaian terhadap aktivitas pembelajaran, tugas, UTS, dan UAS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa.
- Arends, Richards I. 20012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill
- Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson
- Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc.
- Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman
- Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill.
- Eggen, P., Kauchak, D. 2010. Educational Psychology: Windows on Classroom. Eight Edition. New Jersey: Merril
- Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson
- Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson
- Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University.
- Susantini, E., dkk. Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitve Strategy. Asia Pacific Education Review, 19 (3), 2018.
- Susantini, E., dkk. Designing Easy DNA Extraction: Teaching Creativity through Laboratory Practice. Biochemistry and Molecular Biology Education Biochemistry and Molecular Biology Education, 45 (3), 2017.
- Wahyuni, Sri. 2020. Model Critical Thinking Blended Learning (CTBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
- Justus, Randolph. A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research & Evaluation, 14 (13), 2014.
|
Pendukung : |
|
- Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208.
- Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal
- Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/lynnhank/Popper-1.pdf .
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu memberikan argumen pentingnya pemahaman tentang teori belajar dalam pengembangan pembelajaran
- Mahasiswa mampu menentukan metode analisis secara kritis terhadap klaim, konsepsi, dan/atau teori, khususnya teori belajar
|
- Menganalisis contoh-contoh kejadian yang menunjukkan peristiwa belajar dan yang bukan
- Menjelaskan secara garis besar berbagai teori belajar
- Mengenali teori belajar untuk pembelajaran tanpa batas (seamless learning)
- Menunjukkan peran berbagai teori belajar terhadap pengembangan pembelajaran
- Menentukan cara telaah kritis terhadap klaim, konsepsi, dan/atau teori
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
• Mendiskusikan contoh belajar dan berbagai teori belajar berdasarkan buku sumber melalui case study.
• Memberi tanggapan terkait berbagai teori belajar dan perannya terhadap pengembangan pembelajaran. 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2x 50 menit |
Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Eggen, P., Kauchak, D. 2010. Educational Psychology: Windows on Classroom. Eight Edition. New Jersey: Merril. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson. Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson Materi: Pustaka 1 s.d. 10 Power point Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University. Materi: Metode ilmiah, verifikasi, falsifikasi Pustaka: Popper, Karl R. (1963). Science as Falsification. The following excerpt was originally published in Conjectures and Refutations. Tersedia: https://staff.washington.edu/... . Materi: Contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Behavioral Views of Learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Behavioral Views of Learning
- Menganalisis penggunaan teori tentang Behavioral Views of Learning dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan Artikel dg tema pembentukan karakter atau yang relevan untuk dianalisis apakah artikel tersebut sudah sesuai dengan teori behavior? dan berikan alasanya?
2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.
3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai artikel tersebut.
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan dan menyiapkan presentasi mengenai artikel tersebut.
5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait artikel yang dianalisis. 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill. |
15% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis terhadap ide-ide utama teori dan nonteori tentang Cognitive Views of Learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Cognitive Views of Learning
- Menganalisis penggunaan Cognitive Views of Learning dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan contoh LKS IPA terkait teori kognitif untuk dianalisis apakah LKS tersebut sesuai dengan teori kognitif atau tidak? dan berikan alasannya.
2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.
3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai LKS tersebut
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai analisis LKS tersebut.
5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait analisis LKS tersebut. 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 5 Bab 8 Power Point Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman. Materi: Contoh Pustaka: Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama teori dan nonteori tentang Complex Cognitive Processes dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Complex Cognitive Processess
- Menganalisis penerapan teori Complex Cognitive Processess dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Complex Cognitive Processess berdasarkan buku referensi, artikel, praksis nyata, dan tanya jawab melalui case study. 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 5 Bab 9 Power Point Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman. Materi: Contoh Pustaka: Widodo, W., Mahdianur, A., Suryanti, Choirunnisa, N. (2023). Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEMJournal Materi: Contoh Pustaka: Widodo, Wahono & Sudibyo, Elok & Suryanti, Suryanti & Sari, Dhita & Inzanah, I. & Setiawan, Beni. (2020). The Effectiveness of Gadget-Based Interactive Multimedia in Improving Generation Z’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 9. 248-256. 10.15294/jpii.v9i2.23208. |
15% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa menelaah kritis ide-ide utama nonteori dan teori tentang What is The Constructivist View of How We Learn dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Menganalisis ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang What is The Constructivist View of How We Learn
- Menganalisis penerapan What is The Constructivist View of How We Learn dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Tahapan case study sbb:
1. Orientasi kepada mahasiswa:
Menunjukkan LKS IPA untuk dianalisis apakah LKS tersebut sesuai dengan teori konstruktivime atau tidak?
Berikan alasanya?
2. Mengorganisasi mahasiswa: Membantu memahami masalah dan hal-hal yang diperlukan.
3. Membimbing penyelidikan:
mengumpulkan informasi dan mendiskusikan mengenai LKS sesuai dengan teori konstruktivisme atau tidak.
4. Mengembangkan dan menyajikan karya: menyusun laporan kelompok dan menyiapkan presentasi hasil diskusi mengenai analisis LKS IPA sesuai dengan teori konstruktivisme atau tidak.
5. Menganalisis dan mengevaluasi: memonitor dan memberi masukan pada mahasiswa terkait analisis LKS tersebut 2 X 50 Menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Nur, Mohamad. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Pusat Sains dan Metematika Sekolah Unesa Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Arends, Richards I. 2012. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Slavin, Robert E. 2006. Johns Hopkins University. Eight Edition. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston:Pearson. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Moreno, Roxana. 2010. Educational Psychology. Printed in the United States of America: John Wiley & Sons, Inc. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Woolfolk, Anita. 2008. Psychology in Education. London: Pearson, Longman. Materi: Pustaka 1 s.d. 6 Power point Pustaka: Santrock, John W. 2011. University of Texas Dallas. Educational Psychology. Fith Edition. New York: McGraw-Hill. |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis tentang ide-ide utama nonteori dan teori tentang andragogy dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy
- Memberikan contoh teori tentang Andragogy dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy berdasarkan buku referensi, penelitian, dan praksis serta tanya jawab melalui case Study 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka no. 10 dan Power point Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang andragogy dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy
- Memberikan contoh teori tentang Andragogy dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, Mendiskusikan ide-ide utama berupa teori tentang Andragogy berdasarkan buku referensi, penelitian, dan praksis, serta tanya jawab melalui case Study 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka no. 10 dan Power point Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 x 50 menit |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2x50 menit |
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Menganalisis ide-ide utama nonteori dan teori tentang konektivis / seamless learning
- Memberikan contoh teori tentang konektivis / seamless learning dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab (Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar kognektivis/ Seamless learning atau tidak) melalui case study 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka No. 9 dan Power point Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu merangkum ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning dan penerapannya dalam pembelajaran dan penelitian dalam rangka penulisan disertasi |
- Mengidentifikasi ide-ide utama nonteori dan ide-ide utama berupa teori tentang konektivis / seamless learning
- Memberikan contoh teori tentang konektivis / seamless learning dalam pembelajaran dan penelitian
|
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Diskusi, tanya jawab (Membuat keputusan untuk menentukan apakah kasus pembelajaran IPA dapat diselesaikan dengan teori belajar kognektivis/ Seamless learning atau tidak) melalui case study 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka No. 9 dan Power point Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi |
Menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi melalui case study
• Penugasan portofolio 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 8 Power point Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson. Materi: Pustaka 9 Power point Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi |
Menganalisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar yang dikutip dalam jurnal ilmiah bereputasi melalui case study
• Penugasan portofolio 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 8 Power point Pustaka: Dale H. Schunk. 2012. Learning Theories an Educational Perspective (Sixth Edition). Boston: Pearson. Materi: Pustaka 9 Power point Pustaka: Chee-Kit Looi, Lung-Hsiang Wong, Christian Glahn, Su Cai. (2019). Seamless Learning Perspectives, Challenges and Opportunities. Singapore: Pearson |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar pada Bab I Disertasi |
Menganalisis teori belajar pada Bab I Disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar pada Bab I Disertasi melalui case study
• Penugasan portofolio 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 10 Power point Pustaka: Wendy Conaway. (2009). Andragogy: Does one size fit all? A study to determine the applicability of andragogical principles to adult learners of all ages. Dissertation of Walden University. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasisiwa mampu menganalisis teori belajar pada Bab II Disertasi |
Menganalisis teori belajar pada Bab II Disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Presentasi dan diskusi hasil analisis teori belajar pada Bab II Disertasi melalui case study
• Penugasa portofolio 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Pustaka 11 Power point Pustaka: Susantini, E., dkk. Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitve Strategy. Asia Pacific Education Review, 19 (3), 2018. Materi: Pustaka 14 Power point Pustaka: Justus, Randolph. A Guide to Writing the Dissertation Literature Review. Practical Assessment, Research & Evaluation, 14 (13), 2014. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menulis praproposal disertasi Bab I dan Bab II yang menekankan pada cara mengutip teori belajar yang relevan dengan topik disertasi secara mandiri dan bertanggung jawab |
Menulis praproposal disertasi Bab I yang menekankan pada cara mengutip teori belajar yang relevan dengan topik disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
• Workshop dan seminar penulisan praproposal disertasi Bab I melalui pemberian proyek
• Memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen 2 x 50 menit |
Menelusuri informasi terkait teori belajar dan kasus-kasus yang relevan dengan analisis penerapan teori belajar dalam pembelajaran IPA, mempelajari informasi dan unggah tugas di SIDIA , termasuk daring sinkronus untuk tatap muka. 2 x 50 menit |
Materi: Fasilitas browsing referensi dari internet , Artikel penelitian yang relevan Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 x 50 menit |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2x50 menit |
|
0% |