Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengelolaan Hidangan Khusus

8321103051

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Materi ini memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk menganalisis konsep-konsep/teori yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan hidangan khusus ( special event ); menyimpulkan jenis m akanan, wujud, variasi, dan fungsinya, serta cara penyajian makanan untuk s pecial event ; merancang target dan kebutuhan setiap komponen mewujudkan hidangan special event dan merancang penyelesaian pekerjaan ( organizing ) terkait aspek tenaga kerja, waktu, area kerja; menghasilkan produk sesuai target dengan cara merealisasikan rancangan yang dilakukan secara team work, diiringi dengan controlling (pengendalian); menemukan dan memecahkan masalah pekerjaan; mengevaluasi keseluruhan tahapan proses pengelolaan hidangan khusus ( special event ) dan melaporkan hasilnya didasarkan atas pemikiran logis dan sistematis, melaporkan secara tertulis dan mempresentasikan hasilnya secara mandiri dan tanggung jawab.

Pustaka

Utama :

  1. Brata Widjaja. 1998_a. Upacara Adat Jawa . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  2. Brata Widjaja. 1998_b. Upacara Adat Sunda . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  3. Brata Widjaja. 1988_c. UpacaraTradisional Masyarakat Jawa . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  4. Syarifudin dkk. 1992. Makanan: Wujud,Variasi dan Fungsinya Serta Cara Penyajiannya Daerah Kalimantan Selatan . Depdikbud.
  5. Soemodidjojo. 1980. Betaljemur Ada Makna . Yogyakarta: Soemodidjojo Noeradyo Press.
  6. Koentjaraningrat, 2000. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia . Jakarta
  7. Lalu Wacana. 1986. Makanan,Wujud, Variasi, dan Fungsinya serta Cara Penyajiannya Daerah Nusa Tenggara Barat . Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.
  8. Siahaan E. K. 1983. Makanan, Wujud, Variasi, dan Fungsinya serta Cara Penyajiannya Daerah SumateraUtara . Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.
  9. Sri Owen. 1990. Indonesian Food and Cookery . Jakarta: Indah Grafika.
  10. Tuty Latief. 1977. Resep Masakan Daerah . Surabaya: PT. Bina Ilmu.
  11. Yetti Herayati. 1986. Makanan, Wujud, Variasi, dan Fungsinya serta Cara Penyajiannya pada Orang Sunda Daerah Jawa Barat . Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Any Sutiadiningsih, M.Si.

Dra. Niken Purwidiani, M.Pd.

Nugrahani Astuti, S.Pd., M.Pd.

Andika Kuncoro Widagdo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami pentingnya mengetahui sasaran perkulian PPHK per pertemuan secara benar dan bertanggung jawab.

  1. Mampu menjelaskan maksud dari setiap CPMK PHK secara benar.
  2. Mampu menyamakan persepsi terkait kewajiban dan sanksi dalam perkuliahan
Kriteria:
  1. Catatan KhususKriteria penilaian selama 1 semester dilakukan dengan melihat aspek: 1. Partisipasi: dengan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  2. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  3. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  4. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  5. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran daring, tanya jawab, dan membaca modul
3 X 50

5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis konsep-konsep/ teori dan hubungannya dengan kegiatan PHK (special event)yang didasarkan atas pemikiran logis, melaporkan secara tertulis dan mempresen-tasikan hasilnya secara mandiri dan tanggung jawab.

  1. Menganalisis deskripsi PHK
  2. Mengidentifikasi tujuan pengelolaan dalam mewujudkan HK
  3. Mengidentifikasi tahapan proses dalam Pengelolaan HK
  4. Mengidentifikasi dan menggambarkan hubungan konsep-konsep/teori yang relevan dengan kegiatan PHK
  5. (masing-masing dibuat laporan tertulis yang diprsentasikan)
Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penyampaian subCPMK dan arahan pencapaiannyaCeramah dengan media PPT dan LCDTanya jawab Pemberian kesempatan untuk merangkum hasil perkuliahan, dalam bentuk LAPORAN TERTULIS TM2 (dikumpulkan pada akhir minggu ke-7 bersama dengan tugas-tugas disetiap TM)
3 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Mampu mengkategorikan makna berbagai selamatan yang ada di Indonesia di Indonesia

- Mendeskripsikan simbol dan makna makanan dalam upacara /selamatan masyarakat Indonesia. - Membedakan simbol dan makna makanan dalam upacara /selamatan masyarakat Indonesia. - Menelaah berbagai jenis simbol dalam selamatan/upacara

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Tes
Presentasi diskusidan tanya jawab
3 X 50

5%

4

Minggu ke 4

Memiliki kemampuan menyusun perencanaan penyelenggaraan produksi dan penyajian makanan untuk acara istimewa (special event)

Mampu menentukan menu untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian A)Mampu menentukan sarana untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian B)Mampu mendeskripsikan secara operasional menu dan sarana yang diperlukan untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian C)Mampu menjelaskan makna simbolis dari hidangan dan sarana yang diperlukan untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian D)Mampu mendisain penataan hidang baik dalam bentuk tumpeng maupun buffet untuk acara istimewa (special event) secara tertulis (gambar dan keterangan) dalam bentuk protofolio (bagian E)Mampu merancang estimasi sumber daya yang diperlukan untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian F)Mampu mengembangkan fungsi-fungsi operasional dan struktur organisasi untuk mewujudkan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian G)Mampu mengorganisasikan pekerjaan, tenaga kerja, dan waktu yang tersedia untuk mewujudkan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian H)Mampu menyusun SOP untuk mewujudkan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian I)Mampu merealisasikan rancangan operasional kerja berikut pengawasan (controling) untuk mewujudkan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) secara tertulis dalam bentuk protofolio (bagian J)Mampu memprestasikan hasil kerja kelompok tentang operasional mewujudkan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) secara lisan dan bertanggung jawab.Mampu mengevaluasi seluruh tahapan kegiatan (perencanaan, proses, out put (fisical dan psikological) yang dipresentasikan secara lisan dan tanggung jawab Mampu menyusun pertanggung jawaban operasional perwujudan seperangkat hidangan, sarana, dan penyajiannya untuk acara istimewa (special event) dalam bentuk laporan tertulis (sesuai ketentuan)

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Tes
Presentasi diskusidan tanya jawab penugasan
3 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Menganalisis tentang berbagai simbol dalam selamatan dan upacara

Menjelaskan tata urutan penulisan makalah

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi diskusi dan tanya jawab
3 X 50

5%

6

Minggu ke 6

Mampu menyusun penulisan instrument angket sebagai bahan diskusi kelas tentang berbagai selamatan yang dilakukan menurut : siklus kehidupan manusia keagamaan sedekah bumi

- Menjelaskan tujuan dan manfaat praktek - Menjelaskan prosedur/ langkah langkah membuat macam- macam hidangan selamatan tertentu - Menjelaskan prosedur keselamatan kerja.

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

3 X 50

5%

7

Minggu ke 7

Persiapan praktek berbagai hidangan selamatan di pulau jawa

Menguraikan tujuan dan manfaat prosedur/langkah kerja dan langkah keselamatan kerja

Kriteria:
  1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
  2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
  3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
  4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
  5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
  6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

Bentuk Penilaian :
Tes

3 X 50

5%

8

Minggu ke 8

(UTS) UJIAN TENGAN SEMESTER

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes

    3 X 50

    15%

    9

    Minggu ke 9

    Mampu merancang perencanaan dan penyelenggaraan hidangan khusus dalam berbagai kesempatan upacara selamatan

    Menguraikan perencanaan dan penyelenggaraan hidangan khusus

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Presentasi diskusi tanya jawab penugasan dan latihan
    3 X 50

    5%

    10

    Minggu ke 10

    Mampu membedakan berbagai selamatan yang dilakukan menurut : siklus kehidupan manusia keagamaan sedekah bumi

    Menjelaskan siklus kehidupan manusia keagamaan sedekah bumi

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Presentasi diskusi tanya jawab penugasan dan latihan
    3 X 50

    5%

    11

    Minggu ke 11

    Memiliki keterampilan menyusun dan membuat tumpeng untuk berbagai selamatan

    Mengidentifikasi perencanaan praktek membuat tumpeng.

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi konsultasi dan presentasi
    3 X 50

    5%

    12

    Minggu ke 12

    Melaporkan: 1. Hasil penulisan makalah 2. Perencanaan praktek membuat aneka tumpeng 3. Menyusun perencanaan praktek

    Melakukan review penulisan makalah

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Diskusi konsultasi dan presentasi
    3 X 50

    5%

    13

    Minggu ke 13

    Seminar kelas makalah 1

    Presentasi kegiatan seminar

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Diskusi konsultasi dan presentasi
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mempresentasikan makalah secara kelompok tentang selamatan dan upacara yang dilakukan masyarakat Indonesia

    Presentasi laporan

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.
    Diskusi konsultasi dan presentasi
    3 X 50

    5%

    15

    Minggu ke 15

    Mampu mempresentasikan makalah secara kelompok tentang selamatan dan upacara yang dilakukan masyarakat Indonesia

    Presentasi laporan penulisan makalah

    Kriteria:
    1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
    2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
    3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
    4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
    5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
    6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

    Bentuk Penilaian :
    Tes
    Diskusi konsultasi dan presentasi
    3 X 50

    5%

    16

    Minggu ke 16

    UJIAN AKHIR SEMESTER

      Kriteria:
      1. Kriteria penilaian dilakukan dengan melihat aspek:
      2. 1. Partisipasi: dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa (bobot 2)
      3. 2. UTS: dilakukan dengan asesmen selama pertengahan semester (bobot 2)
      4. 3. UAS: dilakukan pada setiap semester untuk mengukur semua indikator (bobot 3)
      5. 4. Tugas: dilakukan pada setiap indikator (bobot 3)
      6. Nilai Akhir Mahasiswa: Nilai Partisipasi (2) x Nilai Tuas (3) x Nilai UTS (2) x Nilai UAS (3) dibagi 10.

      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
      2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5%
      3. Tes 52.5%
      75%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.