|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S2 Hukum
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
E-Government dan Hukum Administrasi |
7410802062 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
2 |
28 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Pudji Astuti, S.H., M.H. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
mahasiswa mampu menganalisis materi E-Government dan Hukum Administrasi dan dikontekstualisasikan dalam kasus-kasus hukum yang ada di masyarakat.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah E-Government dan Hukum Administrasi membahas mengenai pengertian-pengertian dasar Hukum Administrasi, fungsi Hukum Administrasi pada pemerintahan pusat, pemerintahan di daerah dan pemerintahan desa/kelurahan serta berbagai instrumen yang digunakan untuk menyelenggarakan pemerintahan, termasuk pengaturan dan praktik E-Government di Indonesia |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Philipus M. Hadjon,dkk, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada university Press, Yogyakarta, 2011
- 2. Andi Marbun, SF. dan Moh. Mahfud MD, Pokok-pokok Hukum Administrasi Negara, Yogyakarta, Liberty 1987
|
Pendukung : |
|
- 1. Nugraha, Safri., dkk, Hukum Administrasi Negara, Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005.
- 2. Hotma Sibuea P., Asas Negara Hukum, Peraturan kebijakan & Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik, Jakarta: Erlangga, 2010.
- 3. Utrecht, E. Pengantar Hukum Adminstrasi Negara Indonesia, Surabaya: Pustaka Tinta Mas, 1988.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar e-government dan hukum administrasi |
Dapat memahami dasar-dasar e-government dan hukum administrasi |
Kriteria:
Ketepatan memahami dasar-dasar e-government dan hukum administrasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-1: mendeskripsikan secara sederhana dasar-dasar e-government dan hukum administrasi 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Pengantar 2. Dasar-dasar e-government 3. Hukum administrasi Pustaka: 1. Philipus M. Hadjon,dkk, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada university Press, Yogyakarta, 2011 |
10% |
2
Minggu ke 2 |
|
Dapat mendeskripsikan tujuan dan manfaat mempelajari e-government dan hukum administrasi |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan tujuan dan manfaat mempelajari e-government dan hukum administrasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-2:
Melakukan review materi 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Pengantar 2. Dasar-dasar e-government 3. Hukum administrasi Pustaka: 1. Philipus M. Hadjon,dkk, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada university Press, Yogyakarta, 2011 |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan dan hubungan antara hukum administrasi dan hukum tata negara |
Dapat menjelaskan perbedaan dan hubungan antara hukum administrasi dan hukum tata negara |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan perbedaan dan hubungan antara hukum administrasi dan hukum tata negara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah &
Diskusi,
*Tugas-3:
Melakukan review materi 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Pengantar 2. Dasar-dasar e-government 3. Hukum administrasi 4. Hukum tata negara Pustaka: 1. Philipus M. Hadjon,dkk, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada university Press, Yogyakarta, 2011 |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep hukum administrasi sebagai hukum antara |
Dapat menjelaskan konsep hukum administrasi sebagai hukum antara |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan konsep hukum administrasi sebagai hukum antara Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-4:
Menjelaskan konsep hukum administrasi sebagai hukum antara 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Pengantar 2. Dasar-dasar e-government 3. Hukum administrasi Pustaka: 1. Philipus M. Hadjon,dkk, Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gajah Mada university Press, Yogyakarta, 2011 |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menguraikan hukum administrasi dan upaya pelindungan hukum bagi masyarakat Indonesia |
Dapat menguraikan hukum administrasi dan upaya pelindungan hukum bagi masyarakat Indonesia |
Kriteria:
Ketepatan menguraikan hukum administrasi dan upaya pelindungan hukum bagi masyarakat Indonesia Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-5: menguraikan hukum administrasi dan upaya pelindungan hukum bagi masyarakat Indonesia 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Hukum administrasi 2. Pelindungan hukum bagi masyarakat Indonesia Pustaka: 2. Andi Marbun, SF. dan Moh. Mahfud MD, Pokok-pokok Hukum Administrasi Negara, Yogyakarta, Liberty 1987 |
10% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis sumber kewenangan, cara memperoleh wewenang serta batasannya |
Dapat menganalisis sumber kewenangan, cara memperoleh wewenang serta batasannya |
Kriteria:
Ketepatan menganalisis sumber kewenangan, cara memperoleh wewenang serta batasannya Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi,
*Tugas-6: Presentasi secara berkelompok terkait sumber
kewenangan, cara
memperoleh
wewenang serta
batasannya 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Desentralisasi sumber kewenangan, cara memperoleh wewenang serta batasannya Pustaka: 1. Nugraha, Safri., dkk, Hukum Administrasi Negara, Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menjelaskan tindakan pemerintah serta macam-macam tindakan hukum pemerintah |
Dapat menjelaskan tindakan pemerintah serta macam-macam tindakan hukum pemerintah |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan tindakan pemerintah serta macam-macam tindakan hukum pemerintah Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
*Kuliah & Diskusi dalam kelompok kecil.
*Tugas-7: review materi 2x45 Menit |
|
Materi: 1. Tindakan pemerintah 2. Tndakan hukum pemerintah Pustaka: 1. Nugraha, Safri., dkk, Hukum Administrasi Negara, Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |