Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Operasional

6120902065

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Fresha kharisma,S.E.,M.SM.




Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep manajemen operasi

PO - 2

Mampu menjelaskan dan menganalisis, serta menentukan lokasi pabrik/cabang

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis kegiatan operasi perusahaan untuk keputusan-keputusan operasi dengan tepat

PO - 4

Mampu membuat perencanaan kebutuhan bahan baku (Material Requirement Planning)

PO - 5

Mampu menganalisis perencanaan persediaan bahan baku

PO - 6

Mampu menganalisis tata letak fasilitas produksi

PO - 7

Mampu menganalisis perancangan kerja

PO - 8

Mampu menganalisis masalah secara bertanggung jawab, jujur, dan beretika dengan menerapkan pengendalian mutu statistik

PO - 9

Mampu menjelaskan mengenai pemeliharaan dan reliabilitas peralatan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4    
PO-5    
PO-6    
PO-7    
PO-8    
PO-9    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan ruang lingkup manajemen operasi, baik yang berkaitan dengan alat maupun manusia, dengan berbagai metode optimasi mulai dari pendirian dan peneluan lokasi produksi, peramalan produksi, perencanaan kebutuhan bahan baaku dan persediaan, tata letak (layout), perancangan kerja, pengendalian mutu, dan pemeliharaan. Aplikasi pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, ceramah, diskusi, tugas, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education
  2. 2. Joel D. Wisner, Keah-Choon Tan,G. Keong Leong. 2012. Principles of Supply Chain Management. Third edition. Cengage Learning.South-Western.
  3. 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.

Pendukung :

  1. Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.
  2. S. Anil Kumar dan N. Suresh, 2009. Operations Management. New Delhi: New Age International.

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Dr. Dhiyan Septa Wihara, S.P., M.M.

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Fresha Kharisma, S.E., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menjelaskan pengertian, perkembangan dan arti penting manajemen operasi dalam berbagai jenis organisasi, terutama perusahaan manufaktur

  1. Mampu mendiskusikan pengertian dan peran manajemen operasi dalam berbagai organisasi
  2. Mampu memahami perkembangan manejemen operasi
  3. Mampu menjelaskan manfaat penerapan manajemen operasi dalam berbagai jenis organisasi
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode ceramah dan diskusi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menjelaskan dan menganalisis, serta menentukan lokasi pabrik/cabang

  1. Mampu menjelaskan faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam menentukan lokasi pabrik
  2. Mampu menjelaskan penentuan pabrik dengan metode ranking procedure (metode kualitatif)
  3. Mampu menjelaskan penentuan pabrik dengan metode center of gravity (metode kuantitatif)
  4. Mampu menjelaskan penentuan pabrik dengan metode brown-gibson
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode ceramah dan presentasi (case method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: menentukan lokasi pabrik/cabang
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: determine the location
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education
5%

3

Minggu ke 3

Mampu membuat perencanaan produksi berdasarkan peramalan produksi

  1. Mampu mengaplikasikan metode-metode peramalan time series dalam merencanakan produksi
  2. Mampu mengaplikasikan metode-metode peramalan regresi dan korelasi dalam merencanakan produksi
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Metode Ceramah dan Pemberian Tugas (case method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: perencanaan produksi berdasarkan peramalan produksi
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: production planning based on production forecasting
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: production planning based forecasting
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu membuat perencanaan kebutuhan bahan baku (Material Requirement Planning)

  1. Mampu menyusun Jadwal Induk Produksi untuk produk tunggal
  2. Mampu menyusun Jadwal Induk Produksi untuk produk multiple
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan Pemberian Tugas (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: Material Requirement Plannin
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: Material Requirement Planing
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: Material Requirement Planing
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu membuat perencanaan kebutuhan bahan baku (Material Requirement Planning)

  1. Mampu menyusun Jadwal Induk Produksi untuk produk tunggal
  2. Mampu menyusun Jadwal Induk Produksi untuk produk multiple
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: Material Requirement Plannin
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: Material Requirement Planing
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: Material Requirement Planing
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis perencanaan persediaan bahan baku

  1. Mampu menjelaskan biaya-biaya yang timbul sebagai akibat adanya persediaan
  2. Mampu menjelaskan pengendalian persediaan yang bersifat deterministik
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan pemberian tugas (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: perencanaan persediaan bahan baku
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: raw material inventory planning
Pustaka: 2. Joel D. Wisner, Keah-Choon Tan,G. Keong Leong. 2012. Principles of Supply Chain Management. Third edition. Cengage Learning.South-Western.

Materi: material inventory planning
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis perencanaan persediaan bahan baku

Mampu menjelaskan pengendalian persediaan dalam kaitannya dengan diskon

Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar

Metode Ceramah dan Pemberian Tugas
3 X 50

Materi: perencanaan persediaan bahan baku
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian tengah semester

-

Kriteria:

-


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2 X 50
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2 X 50
10%

9

Minggu ke 9

Mampu menganalisis tata letak fasilitas produksi

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar dan peran strategis penentuan tata letak dalam proses produksi
  2. Mampu menjelaskan tipe tata letak: tata letak berdasarkan posisi tetap dan tata letak berorientasi proses
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: tata letak fasilitas produksi
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: production layout
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: layout
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis tata letak fasilitas produksi

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar dan peran strategis penentuan tata letak dalam proses produksi
  2. Mampu menjelaskan tipe tata letak: tata letak berdasarkan posisi tetap dan tata letak berorientasi proses
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Ceramah dan Presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: tata letak fasilitas produksi
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: production layout
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: layout
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis perancangan kerja

  1. Mampu menjelaskan Elemen Desain Pekerjaan (Job Design): Analisis Pekerjaan (Job Analysis), Kualifikasi Karyawan Yang Diperlukan, dan Lingkungan Kerja Yang Diperlukan
  2. Mampu menjelaskan tentang metode Analisis Pekerjaan: Process Flowchart
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: perancangan kerja
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: work design
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: work design
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
0%

12

Minggu ke 12

Mampu menganalisis perancangan kerja

  1. Mampu menjelaskan Elemen Desain Pekerjaan (Job Design): Analisis Pekerjaan (Job Analysis), Kualifikasi Karyawan Yang Diperlukan, dan Lingkungan Kerja Yang Diperlukan
  2. Mampu menjelaskan tentang metode Analisis Pekerjaan: Process Flowchart
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: perancangan kerja
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: work design
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: work design
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menganalisis masalah secara bertanggung jawab, jujur, dan beretika dengan menerapkan pengendalian mutu statistik

  1. Mampu menjelaskan mengenai jenis data dan diagram penyebab masalah dengan digram pareto, diagram sebab akibat, histogram
  2. Mampu melakukan analisis dalam pengendalian mutu dengan control chart (X-Bar, R, U, P Chart)
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: pengendalian
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: statistical quality control
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: quality control
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
10%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis masalah secara bertanggung jawab, jujur, dan beretika dengan menerapkan pengendalian mutu statistik

  1. Mampu menjelaskan mengenai jenis data dan diagram penyebab masalah dengan digram pareto, diagram sebab akibat, histogram
  2. Mampu melakukan analisis dalam pengendalian mutu dengan control chart (X-Bar, R, U, P Chart)
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dengan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Metode Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: pengendalian
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: statistical quality control
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: quality control
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
10%

15

Minggu ke 15

Mampu menjelaskan mengenai pemeliharaan dan reliabilitas peralatan

  1. Mampu menjelaskan pentingnya pemeliharaan dalam menunjang proses produksi
  2. Mampu menjelaskan pentingnya reliabilitas peralatan dalam menunjang proses produksi
Kriteria:

Nilai sempurna jika menjawab dnegan benar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode Ceramah dan Diskusi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3 X 50
Materi: pemeliharaan dan reliabilitas peralatan
Pustaka: Jay Heizer dan Barry Render, 2011. Operations Management, Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Materi: equipment maintenance and reliability
Pustaka: 1. David Barnes. 2018. Operations Management. Australia: Macmillan International Higher Education

Materi: equipment maintenance and reliability
Pustaka: 3. Nigel Slack, Alistair Brandon-Jones, Robert Johnston, 2013. Operations Management. Seventh edition. Pearson-books.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir semester


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester
2 X 50
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester
2 X 50
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 47.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.