Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Modern

8310102146

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Puput Wanarti Rusimamto




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

PLO-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PLO-7

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-8

Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

PLO-11

Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi yang relevan dengan industri

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami konsep dasar teori relatifitas dan efek teori relatifitas terhadap prinsip kekekalan energi dan momentum

PO - 2

Mampu memahami terjadinya dualisme antara gelombang dan partikel serta mekanika kuantum

PO - 3

Mampu memahami tentang struktur atom menurut fisika modern, definisi molekul dan tingkat energi pada molekul zat padat

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-11
PO-1 
PO-2 
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Fisika Modern ini, mempelajari tentang konsep munculnya era fisika modern, teori relatifitas, dualisme gelombang dan partikel, teori kuantum, sejarah penemuan atom/inti atom, sifat-sifat ketidakstabilan inti atom, radioaktifitas dan beberapa penemuan baru dalam dunia teknologi.

Pustaka

Utama :

  1. Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
  2. Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York

Pendukung :

  1. Frederick J. Bueche, 1995, Physics for Scientists and Engineers, McGraw-Hill Inc., New York

Dosen Pengampu

Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami latar belakang munculnya era fisika modern

Mahasiswa mengerti dan bisa menjelaskan konsep dasar lahirnya era fisika modern

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Sejarah fisika modern
Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami konsep dasar teori relatifitas

Mahasiswa mengerti tentang konsep dasar teori relatifitas, dilatasi waktu, penyusutan panjang, relatifitas massa dan paradoks kembar


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Teori Relatifitas
Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami efek teori relatifitas terhadap gerak benda

Mahasiswa mengerti dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan teori relatifitas dan menggunakan transformasi Lorent untuk menganalisa gerak partikel

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Teori Relatifitas Transformasi Lorentz
Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami efek teori relatifitas terhadap prinsip kekekalan energi dan momentum


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Dinamika relatifitas Energi kinetik, energi diam & energi total
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menjelaskan penemuan partikel baru (foton) dan terjadinya sifat dualisme antara partikel dan gelombang

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Teori foton Efek fotolistrik Efek Compton
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menjelaskan penemuan partikel baru (foton) dan terjadinya sifat dualisme antara partikel dan gelombang

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Teori foton Efek fotolistrik Efek Compton
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami sifat gelombang dari partikel

Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya sifat gelombang pada semua partikel yang bergerak dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan dualisme partikel dan gelombang

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Teori de Broglie
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa memahami sifat gelombang dari partikel

Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya sifat gelombang pada semua partikel yang bergerak dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan dualisme partikel dan gelombang

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Teori de Broglie
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

9

Minggu ke 9

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
UTS
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
10%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami konsep kuantisasi energi dan teori kuntum

Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip teori kuantum, persamaan Schrodinger, prinsip ketidak-pastian Heisenberg dan contoh aplikasinya

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Kuliah
Student Centerred Learning
Materi: Teori Kuantum
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa memahami tentang struktur atom menurut fisika modern dan spektrum dari atom hidrogen

Mahasiswa memahami teori atom Bohr menurut teori kuantum dan mampu menganalisa terjadinya spektrum atom hidrogen

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah
Student Centrred Learning
Materi: Struktur Atom Spektrum atom hidrogen
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami tentang struktur atom menurut fisika modern dan spektrum dari atom hidrogen

Mahasiswa memahami teori atom Bohr menurut teori kuantum dan mampu menganalisa terjadinya spektrum atom hidrogen

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah
Student Centrred Learning
Materi: Struktur Atom Spektrum atom hidrogen
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami komposisi penyusun inti atom, sifat-sifat inti dan ketidakstabilan inti atom

Mahasiswa memahami modelmodel inti atom, energi ikat inti, radio aktifitas, peluruhan inti, waktu paruh dan dapat mengerjakan contoh soal yang berkaitan

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Kuliah
Materi: Inti atom Radioaktif
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami komposisi penyusun inti atom, sifat-sifat inti dan ketidakstabilan inti atom

Mahasiswa memahami modelmodel inti atom, energi ikat inti, radio aktifitas, peluruhan inti, waktu paruh dan dapat mengerjakan contoh soal yang berkaitan

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Kuliah
Materi: Inti atom Radioaktif
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa memahami definisi molekul, tingkat energi pada molekul zat padat, energi potensial dan beberapa aplikasi pada bidang teknologi

Mahasiswa dapat menjelaskan definisi molekul, zat padat, tingkat-tingkat energy, terjadinya fluoresensi, fosforesensi dan sinar LASER serta terbentuknya semikonduktor dan munculnya teknologi nano.

Kriteria:

Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah
Student Centered Learning
Materi: Zat padat Semikonduktor Nanotechnology
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 49.18%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 5.83%
3. Penilaian Portofolio 5.84%
4. Praktik / Unjuk Kerja 21.67%
5. Tes 17.51%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.