|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Modern |
8310102146 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Puput Wanarti Rusimamto
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
PLO-6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
PLO-8 |
Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan |
PLO-9 |
Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global. |
PLO-11 |
Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi yang relevan dengan industri |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami konsep dasar teori relatifitas dan efek teori relatifitas terhadap prinsip kekekalan energi dan momentum
|
PO - 2 |
Mampu memahami terjadinya dualisme antara gelombang dan partikel serta mekanika kuantum
|
PO - 3 |
Mampu memahami tentang struktur atom menurut fisika modern, definisi molekul dan tingkat energi pada molekul zat padat
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Fisika Modern ini, mempelajari tentang konsep munculnya era fisika modern, teori relatifitas, dualisme gelombang dan partikel, teori kuantum, sejarah penemuan atom/inti atom, sifat-sifat ketidakstabilan inti atom, radioaktifitas dan beberapa penemuan baru dalam dunia teknologi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons
- Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York
|
Pendukung : |
|
- Frederick J. Bueche, 1995, Physics for Scientists and Engineers, McGraw-Hill Inc., New York
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami latar belakang munculnya era fisika modern |
Mahasiswa mengerti dan bisa menjelaskan konsep dasar lahirnya era fisika modern |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Sejarah fisika modern Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami konsep dasar teori relatifitas |
Mahasiswa mengerti tentang konsep dasar teori relatifitas, dilatasi waktu, penyusutan panjang, relatifitas massa dan paradoks kembar |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Teori Relatifitas Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami efek teori relatifitas terhadap gerak benda |
Mahasiswa mengerti dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan teori relatifitas dan menggunakan transformasi Lorent untuk menganalisa gerak partikel |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Teori Relatifitas Transformasi Lorentz Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami efek teori relatifitas terhadap prinsip kekekalan energi dan momentum |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Dinamika relatifitas Energi kinetik, energi diam & energi total Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
5
Minggu ke 5 |
|
Mahasiswa dapat menjelaskan penemuan partikel baru (foton) dan terjadinya sifat dualisme antara partikel dan gelombang |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Teori foton Efek fotolistrik Efek Compton Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
6
Minggu ke 6 |
|
Mahasiswa dapat menjelaskan penemuan partikel baru (foton) dan terjadinya sifat dualisme antara partikel dan gelombang |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Teori foton Efek fotolistrik Efek Compton Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami sifat gelombang dari partikel |
Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya sifat gelombang pada semua partikel yang bergerak dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan dualisme partikel dan gelombang |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centerred Learning
|
Materi: Teori de Broglie Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa memahami sifat gelombang dari partikel |
Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya sifat gelombang pada semua partikel yang bergerak dan dapat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan dualisme partikel dan gelombang |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Kuliah
|
Student Centerred Learning
|
Materi: Teori de Broglie Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
9
Minggu ke 9 |
UTS |
|
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
UTS
|
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Krane, K.S, 1983, Modern Physics, John Wiley & Sons |
10% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami konsep kuantisasi energi dan teori kuntum |
Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip teori kuantum, persamaan Schrodinger, prinsip ketidak-pastian Heisenberg dan contoh aplikasinya |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Kuliah
|
Student Centerred Learning
|
Materi: Teori Kuantum Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami tentang struktur atom menurut fisika modern dan spektrum dari atom hidrogen |
Mahasiswa memahami teori atom Bohr menurut teori kuantum dan mampu menganalisa terjadinya spektrum atom hidrogen |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah
|
Student Centrred Learning
|
Materi: Struktur Atom Spektrum atom hidrogen Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami tentang struktur atom menurut fisika modern dan spektrum dari atom hidrogen |
Mahasiswa memahami teori atom Bohr menurut teori kuantum dan mampu menganalisa terjadinya spektrum atom hidrogen |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah
|
Student Centrred Learning
|
Materi: Struktur Atom Spektrum atom hidrogen Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memahami komposisi penyusun inti atom, sifat-sifat inti dan ketidakstabilan inti atom |
Mahasiswa memahami modelmodel inti atom, energi ikat inti, radio aktifitas, peluruhan inti, waktu paruh dan dapat mengerjakan contoh soal yang berkaitan |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Kuliah
|
Materi: Inti atom Radioaktif Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami komposisi penyusun inti atom, sifat-sifat inti dan ketidakstabilan inti atom |
Mahasiswa memahami modelmodel inti atom, energi ikat inti, radio aktifitas, peluruhan inti, waktu paruh dan dapat mengerjakan contoh soal yang berkaitan |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Kuliah
|
Materi: Inti atom Radioaktif Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa memahami definisi molekul, tingkat energi pada molekul zat padat, energi potensial dan beberapa aplikasi pada bidang teknologi |
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi molekul, zat padat, tingkat-tingkat energy, terjadinya fluoresensi, fosforesensi dan sinar LASER serta terbentuknya semikonduktor dan munculnya teknologi nano. |
Kriteria:
Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah
|
Student Centered Learning
|
Materi: Zat padat Semikonduktor Nanotechnology Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Beiser, A., 1995, Concepts of Modern Physics, McGraw-Hill Inc., New York |
20% |