Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Olahraga Rekreasi

8900102063

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

5 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-10

Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10)

PLO-13

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memahami semua aspek medis dan olahraga dalam peranan nya untuk pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan serta penerapannya di bidanng olahraga secara cerdas dan penuh tanggung jawab

PO - 2

Mahasiswa dapat menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan fisik dan mental melalui penerapan prinsip olahraga yang sehat. Mahasiswa mampu mempertahankan motivasi dan disiplin diri dalam menjalankan program latihan, serta dapat mengatasi rasa lelah atau hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran.

PO - 3

Mahasiswa dapat merancang program olahraga yang inovatif dan berbasis pada perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknik terbaru dalam dunia olahraga dan kesehatan untuk menciptakan solusi yang efektif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.

PO - 4

Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan dan merencanakan strategi untuk memulai dan mengelola usaha tersebut. Mahasiswa mampu menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat, serta mampu mengelola usaha tersebut dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-10PLO-13
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Olahraga Rekreasi pada jenjang S3 dalam program studi Ilmu Keolahragaan membahas tentang konsep, teori, dan praktik olahraga rekreasi sebagai bagian dari kegiatan fisik yang dilakukan untuk tujuan rekreasi dan refreshing. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya olahraga rekreasi dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kualitas hidup, serta memperluas wawasan terkait berbagai kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis konsep olahraga rekreasi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan rekreasi, serta evaluasi dampak olahraga rekreasi terhadap kesehatan dan kualitas hidup individu.

Pustaka

Utama :

  1. Whyte, G.P, Loosemore, M. Williams, C. 2015. ABC of Sport and Exercise Medicine. John Wiley & Son Ltd

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Prof. Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga.

  1. Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
  2. Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
  3. Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga.

  1. Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
  2. Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
  3. Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga.

  1. Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
  2. Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
  3. Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga.

  1. Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
  2. Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
  3. Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran.

  1. Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
  2. Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
  3. Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.

Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran.

  1. Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
  2. Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
  3. Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.

Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran.

  1. Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
  2. Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
  3. Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.

Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
UTS

Materi: Kesehatan masyarakat
Pustaka: Whyte, G.P, Loosemore, M. Williams, C. 2015. ABC of Sport and Exercise Medicine. John Wiley & Son Ltd
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Program olahraga inovatif
  2. Integrasi teknologi dalam program olahraga
  3. Peningkatan kualitas hidup masyarakat
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.

Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Program olahraga inovatif
  2. Integrasi teknologi dalam program olahraga
  3. Peningkatan kualitas hidup masyarakat
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.

Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Program olahraga inovatif
  2. Integrasi teknologi dalam program olahraga
  3. Peningkatan kualitas hidup masyarakat
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.

Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

  1. Program olahraga inovatif
  2. Integrasi teknologi dalam program olahraga
  3. Peningkatan kualitas hidup masyarakat
Kriteria:

Tertulis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.

Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.

  1. Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
  2. Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
  3. Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
  4. Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.

Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.

  1. Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
  2. Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
  3. Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
  4. Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.

Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.

  1. Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
  2. Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
  3. Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
  4. Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.

Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.

  1. Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
  2. Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
  3. Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
  4. Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
Kriteria:

tertulis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.

Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 29.25%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 16.75%
3. Penilaian Portofolio 16.75%
4. Penilaian Praktikum 3%
5. Praktik / Unjuk Kerja 6.75%
6. Tes 27.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.