|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Olahraga Rekreasi |
8900102063 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
5 Februari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
|
Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-10 |
Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10) |
PLO-13 |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami semua aspek medis dan olahraga dalam peranan nya untuk pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan serta penerapannya di bidanng olahraga secara cerdas dan penuh tanggung jawab
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat menunjukkan ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan fisik dan mental melalui penerapan prinsip olahraga yang sehat. Mahasiswa mampu mempertahankan motivasi dan disiplin diri dalam menjalankan program latihan, serta dapat mengatasi rasa lelah atau hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat merancang program olahraga yang inovatif dan berbasis pada perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa mampu mengintegrasikan teknik terbaru dalam dunia olahraga dan kesehatan untuk menciptakan solusi yang efektif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan dan merencanakan strategi untuk memulai dan mengelola usaha tersebut. Mahasiswa mampu menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat, serta mampu mengelola usaha tersebut dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-10 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | PO-4 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Olahraga Rekreasi pada jenjang S3 dalam program studi Ilmu Keolahragaan membahas tentang konsep, teori, dan praktik olahraga rekreasi sebagai bagian dari kegiatan fisik yang dilakukan untuk tujuan rekreasi dan refreshing. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya olahraga rekreasi dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kualitas hidup, serta memperluas wawasan terkait berbagai kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis konsep olahraga rekreasi, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan rekreasi, serta evaluasi dampak olahraga rekreasi terhadap kesehatan dan kualitas hidup individu. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Whyte, G.P, Loosemore, M. Williams, C. 2015. ABC of Sport and Exercise Medicine. John Wiley & Son Ltd
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. Prof. Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga. |
- Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
- Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
- Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
|
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga. |
- Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
- Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
- Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
|
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga. |
- Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
- Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
- Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
|
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami hubungan antara aspek medis dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta menerapkan pengetahuan tersebut dengan cerdas dan tanggung jawab dalam konteks olahraga. |
- Pemahaman hubungan antara aspek medis dan olahraga
- Kemampuan menerapkan pengetahuan dalam olahraga
- Kemampuan berpikir cerdas dan bertanggung jawab
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga
|
Materi: Konsep dasar aspek medis dalam olahraga, Pentingnya pemeliharaan kesehatan dalam olahraga, Studi kasus penerapan pengetahuan medis dalam olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran. |
- Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
- Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
- Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.
|
|
Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran. |
- Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
- Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
- Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.
|
|
Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan ketangguhan fisik dan mental, mempertahankan motivasi dan disiplin diri, serta mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan kebugaran. |
- Kemampuan menunjukkan ketangguhan fisik dan mental
- Kemampuan mempertahankan motivasi dan disiplin diri
- Kemampuan mengatasi rasa lelah atau hambatan
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi, simulasi, dan studi kasus.
|
|
Materi: Prinsip olahraga sehat, Ketangguhan fisik dan mental, Motivasi dan disiplin dalam program latihan, Strategi mengatasi rasa lelah Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
UTS
|
|
Materi: Kesehatan masyarakat Pustaka: Whyte, G.P, Loosemore, M. Williams, C. 2015. ABC of Sport and Exercise Medicine. John Wiley & Son Ltd |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. |
- Program olahraga inovatif
- Integrasi teknologi dalam program olahraga
- Peningkatan kualitas hidup masyarakat
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
|
Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. |
- Program olahraga inovatif
- Integrasi teknologi dalam program olahraga
- Peningkatan kualitas hidup masyarakat
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
|
Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. |
- Program olahraga inovatif
- Integrasi teknologi dalam program olahraga
- Peningkatan kualitas hidup masyarakat
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
|
Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program olahraga yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi terbaru, serta mengintegrasikan pengetahuan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. |
- Program olahraga inovatif
- Integrasi teknologi dalam program olahraga
- Peningkatan kualitas hidup masyarakat
|
Kriteria:
Tertulis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
|
Materi: Teknologi dalam Olahraga, Inovasi Program Olahraga, Kesehatan dan Olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik. |
- Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
- Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
- Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
- Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
|
|
Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik. |
- Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
- Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
- Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
- Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
|
|
Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik. |
- Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
- Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
- Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
- Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
|
|
Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha di bidang olahraga kesehatan, merencanakan strategi memulai usaha, menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, serta mengelola usaha dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik. |
- Peluang usaha di bidang olahraga kesehatan diidentifikasi dengan baik
- Strategi memulai usaha dirancang dengan kreativitas
- Produk atau layanan yang berkaitan dengan olahraga kesehatan bermanfaat bagi masyarakat
- Usaha dapat dikelola dengan prinsip-prinsip kewirausahaan yang baik
|
Kriteria:
tertulis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, Studi Kasus, Simulasi.
|
|
Materi: Pengidentifikasian Peluang Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Strategi Memulai dan Mengelola Usaha di Bidang Olahraga Kesehatan, Kreativitas dalam Menciptakan Produk atau Layanan Olahraga Kesehatan, Prinsip-prinsip Kewirausahaan dalam Olahraga Kesehatan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |