Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Kebijakan Publik Lanjutan

6310603010

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

3

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Suci Megawati, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Menguasai teori dan praktik dalam kebijakan publik

PLO-9

Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu membangun argumen dengan menggunakan pendekatan konseptual dan teoritis dalam lingkup pemerintahan dan kebijakan publik

PO - 2

Mampu melakukan analisis data dengan berbagai teknik untuk memahami permasalahan masyarakat dan hubungan sebab akibat berdasarkan fakta empiris

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-9
PO-1 
PO-2 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mencakup materi-materi pemahaman dasar tentang masalah dan agenda setting kebijakan, peramalan, alternatif dan rekomendasi kebijakan, implementasi kebijakan, evaluasi kebijakan, dan paper isu kebijakan publik.

Pustaka

Utama :

  1. Anderson, J. E. 1979. Public Policy Making. NY: Holt, Rinehart and Winston.
  2. Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta
  3. Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta.
  4. Subarsono, Drs. AG, M.Si., M A. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Pendukung :

  1. Birkland, Thomas. 2011. An Introduction to The Policy Process. ME Sharpe
  2. Lester, J. and Stewart, Jr. 2000. Public Policy: An Evolutionary Approach. Australia, etc.: Wadsworth.
  3. Irfan Islamy. 2000. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijkan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Dosen Pengampu

Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.

Dr. Suci Megawati, S.IP., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu memahami makna dan lingkup kebijakan publik

1.Menjelaskan makna kebijakan 2.Menjelaskan ruang lingkup kebijakan 3.Menjelaskan tujuan kebijakan 4.Menjelaskan pengertian public 5.Menjelaskan nilai publik

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Daring
Kuliah mimbar via google meet,Tanya jawab, dan Diskusi
3 X 50
Materi: Makna dan ruang lingkup kebijakan
Pustaka: Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Gajahmada Universitas Press, Yogyakarta

Materi: Nilai Publik
Pustaka: Nugroho D., Riant. 2003. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Gramedia, Jakarta.
0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.