|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA PETANQUE |
8520204741 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=2 |
P=2 |
ECTS=6.36 |
5 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif. |
PLO-8 |
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi. |
PLO-9 |
Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok |
PLO-12 |
Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda (C3)
|
PO - 2 |
Menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (C4)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi permainan Petanque berdasarkan hasil pertandingan dan praktik latihan (C5)
|
PO - 4 |
Merancang program latihan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan spesifik atlet Petanque untuk meningkatkan performa mereka (C6)
|
PO - 5 |
Menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola dan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis dalam industri olahraga (C3)
|
PO - 6 |
Menganalisis data pertandingan dan sesi latihan menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet (C4)
|
PO - 7 |
Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan analisis data dan feedback atlet untuk memaksimalkan hasil (C5)
|
PO - 8 |
Menciptakan metode evaluasi performa atlet yang baru dan lebih efektif, berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan inovasi teknologi (C6)
|
PO - 9 |
Menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam proses pelatihan dan kompetisi Petanque, memastikan integritas olahraga (C3)
|
PO - 10 |
Menganalisis dan mengevaluasi dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional (C4, C5)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-12 | PO-1 | | | | ✔ | | | | | PO-2 | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-3 | | | | ✔ | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | | | | PO-6 | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-7 | | | | ✔ | | | | | PO-8 | | | ✔ | | | ✔ | | | PO-9 | ✔ | | | | | | | | PO-10 | | ✔ | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | ✔ | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-8 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Petanque bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode analisis performa atlet dalam cabang olahraga petanque. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis performa atlet, evaluasi kinerja, serta pengembangan strategi untuk meningkatkan performa atlet petanque. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan konsep analisis performa, penggunaan teknologi dalam analisis performa, interpretasi data performa atlet, serta aplikasi hasil analisis untuk perbaikan performa atlet. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- English petanque.(2016). ”Official Rules For The Sport Of Pétanque”. FIPJP.
|
Pendukung : |
|
- Gustopo Bayu Laksana, Harry Pramono, dan Siti Baitul Mukarromah.(2017). “Perspektif Olahraga Petanque dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah”. Journal Of Physical Education And Sports. vol 6. no 1.
- I Gede Suwiwa, I Wayan Artanayasa, dan I Made Agus Wijaya. Pelatihan Olahraga Petanque Bagi Guru SD, SMP SMA dan SMK se-Kabupaten Buleleng Tahun 2015. Bali: UNDIKSA.
- Nachin, Frederic.(2013). Petanque quand tu nous tiens. Franch.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda |
- Pemahaman konsep dasar Petanque
- Kemampuan menerapkan teknik Petanque dalam situasi pertandingan
- Kemampuan mengadaptasi strategi permainan Petanque
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan teknik dan strategi Petanque dalam pertandingan
|
Materi: Teknik Dasar Petanque, Strategi Permainan Petanque, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda |
- Pemilihan teknik dan strategi yang tepat
- Penerapan teknik dan strategi dengan efektif
- Kemampuan beradaptasi dengan situasi pertandingan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Pengumpulan Video Demonstrasi Teknik Petanque
|
Materi: Teknik Dasar Petanque, Strategi Permainan Petanque, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet. |
- Kemampuan mengamati performa atlet secara sistematis
- Kemampuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet Petanque
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan portofolio analisis performa atlet Petanque
|
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan dalam Analisis Performa Atlet Petanque, Teknik Penilaian Sistematis dalam Petanque, Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet Petanque Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet (C4). |
- Kemampuan menganalisis performa atlet Petanque
- Kemampuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis performa atlet Petanque dengan studi kasus, Penugasan individu untuk menganalisis video performa atlet Petanque
|
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan Sistematis, Teknik Penilaian Performa Atlet Petanque, Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknik dan strategi permainan Petanque berdasarkan hasil pertandingan dan praktik latihan dengan baik. |
- Analisis teknik permainan Petanque
- Evaluasi strategi permainan Petanque
- Penerapan hasil analisis dalam praktik latihan
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis teknik Petanque, Membuat portofolio evaluasi strategi permainan Petanque
|
Materi: Analisis teknik permainan Petanque, Strategi permainan Petanque, Praktik latihan evaluasi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan inovatif yang dapat meningkatkan performa atlet Petanque secara signifikan. |
- Kemampuan merancang program latihan inovatif
- Kreativitas dalam merancang program latihan
- Ketepatan program latihan dengan kebutuhan atlet Petanque
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang konsep program latihan inovatif untuk atlet Petanque
|
Materi: Konsep dasar merancang program latihan, Analisis kebutuhan atlet Petanque, Strategi inovatif dalam program latihan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola dan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis dalam industri olahraga. |
- Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola atlet Petanque
- Kemampuan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan role play.
|
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal manajemen atlet Petanque dengan strategi promosi bisnis
|
Materi: Prinsip-prinsip kewirausahaan, Manajemen atlet Petanque, Strategi promosi atlet Petanque Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
|
|
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data pertandingan dan sesi latihan atlet cabang olahraga petanque menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet. |
- Kemampuan menganalisis data pertandingan
- Kemampuan menganalisis sesi latihan
- Kemampuan menggunakan software analisis olahraga
- Kemampuan memberikan insight tentang performa atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang hasil analisis data pertandingan dan sesi latihan atlet petanque
|
Materi: Pengenalan software analisis olahraga, Teknik analisis data pertandingan, Teknik analisis sesi latihan, Penerapan software analisis olahraga dalam petanque Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data pertandingan dan sesi latihan atlet petanque menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet pada level C4 dalam taksonomi Bloom. |
- Analisis data pertandingan atlet petanque
- Analisis sesi latihan atlet petanque
- Penggunaan software analisis olahraga
- Pemahaman insight performa atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data pertandingan atlet petanque, Pengumpulan portofolio analisis sesi latihan atlet petanque
|
Materi: Pengenalan software analisis olahraga, Teknik analisis data pertandingan, Metode analisis sesi latihan, Interpretasi insight performa atlet Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi data dan feedback atlet secara kritis, serta mampu mengidentifikasi strategi pelatihan yang sesuai untuk memaksimalkan hasil atlet. |
- Analisis data atlet secara mendalam
- Kemampuan mengevaluasi feedback atlet
- Kemampuan merancang strategi pelatihan yang efektif
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang analisis data atlet yang telah diberikan, Menganalisis feedback atlet yang disediakan dan merancang strategi pelatihan berdasarkan analisis tersebut
|
Materi: Pengumpulan data atlet, Analisis data atlet, Evaluasi feedback atlet, Strategi pelatihan yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metode evaluasi performa atlet petanque yang inovatif dan efektif berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi terkini. |
- Kemampuan merumuskan metode evaluasi performa atlet petanque yang inovatif
- Penerapan prinsip-prinsip ilmiah dalam pengembangan metode evaluasi
- Penggunaan teknologi terkini dalam evaluasi performa atlet
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Proyek.
|
Diskusi daring tentang pengembangan metode evaluasi performa atlet petanque
|
Materi: Prinsip-prinsip ilmiah dalam evaluasi performa atlet, Inovasi teknologi dalam olahraga petanque, Pengembangan metode evaluasi performa atlet yang efektif Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam konteks pelatihan dan kompetisi Petanque, serta memahami pentingnya menjaga integritas olahraga. |
- Pemahaman nilai-nilai etika dalam olahraga Petanque
- Penerapan nilai-nilai kebangsaan dalam kompetisi Petanque
- Kemampuan memastikan integritas olahraga
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi, studi kasus, simulasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai etika dalam olahraga Petanque
|
Materi: Etika dalam olahraga Petanque, Kebangsaan dalam kompetisi Petanque, Integritas olahraga Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional. |
- Pengertian dampak sosial dan budaya
- Kemampuan menganalisis dampak sosial dan budaya
- Kemampuan mengevaluasi dampak sosial dan budaya
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang dampak sosial dan budaya atlet Petanque
|
Materi: Pengertian dampak sosial dan budaya, Studi kasus pengembangan atlet Petanque, Analisis dampak sosial dan budaya, Evaluasi dampak sosial dan budaya Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional. |
- dampak sosial pengembangan atlet Petanque
- dampak budaya pengembangan atlet Petanque
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
|
Materi: Dampak sosial pengembangan atlet Petanque, Dampak budaya pengembangan atlet Petanque Pustaka: Handbook Perkuliahan |
14% |