Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

ANALISIS PERFORMA ATLET CABANG OLAHRAGA PETANQUE

8520204741

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=2

ECTS=6.36

5

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

PLO-9

Bertanggung jawab secara profesional terhadap kinerja individu dan kelompok

PLO-12

Mampu menganalisis penampilan atlet dalam bidang olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda (C3)

PO - 2

Menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas teknik dan strategi permainan Petanque berdasarkan hasil pertandingan dan praktik latihan (C5)

PO - 4

Merancang program latihan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan spesifik atlet Petanque untuk meningkatkan performa mereka (C6)

PO - 5

Menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola dan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis dalam industri olahraga (C3)

PO - 6

Menganalisis data pertandingan dan sesi latihan menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi pelatihan berdasarkan analisis data dan feedback atlet untuk memaksimalkan hasil (C5)

PO - 8

Menciptakan metode evaluasi performa atlet yang baru dan lebih efektif, berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan inovasi teknologi (C6)

PO - 9

Menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam proses pelatihan dan kompetisi Petanque, memastikan integritas olahraga (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-12
PO-1       
PO-2      
PO-3       
PO-4       
PO-5       
PO-6      
PO-7       
PO-8      
PO-9       
PO-10       

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Analisis Performa Atlet Cabang Olahraga Petanque bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang metode analisis performa atlet dalam cabang olahraga petanque. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik analisis performa atlet, evaluasi kinerja, serta pengembangan strategi untuk meningkatkan performa atlet petanque. Ruang lingkup mata kuliah mencakup pengenalan konsep analisis performa, penggunaan teknologi dalam analisis performa, interpretasi data performa atlet, serta aplikasi hasil analisis untuk perbaikan performa atlet.

Pustaka

Utama :

  1. English petanque.(2016). ”Official Rules For The Sport Of Pétanque”. FIPJP.

Pendukung :

  1. Gustopo Bayu Laksana, Harry Pramono, dan Siti Baitul Mukarromah.(2017). “Perspektif Olahraga Petanque dalam Mendukung Prestasi Olahraga Jawa Tengah”. Journal Of Physical Education And Sports. vol 6. no 1.
  2. I Gede Suwiwa, I Wayan Artanayasa, dan I Made Agus Wijaya. Pelatihan Olahraga Petanque Bagi Guru SD, SMP SMA dan SMK se-Kabupaten Buleleng Tahun 2015. Bali: UNDIKSA.
  3. Nachin, Frederic.(2013). Petanque quand tu nous tiens. Franch.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda

  1. Pemahaman konsep dasar Petanque
  2. Kemampuan menerapkan teknik Petanque dalam situasi pertandingan
  3. Kemampuan mengadaptasi strategi permainan Petanque

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan teknik dan strategi Petanque dalam pertandingan
Materi: Teknik Dasar Petanque, Strategi Permainan Petanque, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

2

Minggu ke 2

Mampu menerapkan teknik dan strategi dasar permainan Petanque dalam situasi pertandingan yang berbeda

  1. Pemilihan teknik dan strategi yang tepat
  2. Penerapan teknik dan strategi dengan efektif
  3. Kemampuan beradaptasi dengan situasi pertandingan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Pengumpulan Video Demonstrasi Teknik Petanque
Materi: Teknik Dasar Petanque, Strategi Permainan Petanque, Penerapan Teknik dan Strategi dalam Pertandingan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet.

  1. Kemampuan mengamati performa atlet secara sistematis
  2. Kemampuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet Petanque

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan portofolio analisis performa atlet Petanque
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan dalam Analisis Performa Atlet Petanque, Teknik Penilaian Sistematis dalam Petanque, Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet Petanque
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis performa atlet Petanque dengan menggunakan metode pengamatan dan penilaian yang sistematis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet (C4).

  1. Kemampuan menganalisis performa atlet Petanque
  2. Kemampuan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis performa atlet Petanque dengan studi kasus, Penugasan individu untuk menganalisis video performa atlet Petanque
Materi: Pengenalan Metode Pengamatan Sistematis, Teknik Penilaian Performa Atlet Petanque, Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi teknik dan strategi permainan Petanque berdasarkan hasil pertandingan dan praktik latihan dengan baik.

  1. Analisis teknik permainan Petanque
  2. Evaluasi strategi permainan Petanque
  3. Penerapan hasil analisis dalam praktik latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis teknik Petanque, Membuat portofolio evaluasi strategi permainan Petanque
Materi: Analisis teknik permainan Petanque, Strategi permainan Petanque, Praktik latihan evaluasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu merancang program latihan inovatif yang dapat meningkatkan performa atlet Petanque secara signifikan.

  1. Kemampuan merancang program latihan inovatif
  2. Kreativitas dalam merancang program latihan
  3. Ketepatan program latihan dengan kebutuhan atlet Petanque

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang konsep program latihan inovatif untuk atlet Petanque
Materi: Konsep dasar merancang program latihan, Analisis kebutuhan atlet Petanque, Strategi inovatif dalam program latihan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola dan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis dalam industri olahraga.

  1. Kemampuan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengelola atlet Petanque
  2. Kemampuan mempromosikan atlet Petanque untuk meningkatkan peluang bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan role play.
Penugasan online memungkinkan, Pembuatan proposal manajemen atlet Petanque dengan strategi promosi bisnis
Materi: Prinsip-prinsip kewirausahaan, Manajemen atlet Petanque, Strategi promosi atlet Petanque
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes


20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data pertandingan dan sesi latihan atlet cabang olahraga petanque menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet.

  1. Kemampuan menganalisis data pertandingan
  2. Kemampuan menganalisis sesi latihan
  3. Kemampuan menggunakan software analisis olahraga
  4. Kemampuan memberikan insight tentang performa atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang hasil analisis data pertandingan dan sesi latihan atlet petanque
Materi: Pengenalan software analisis olahraga, Teknik analisis data pertandingan, Teknik analisis sesi latihan, Penerapan software analisis olahraga dalam petanque
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data pertandingan dan sesi latihan atlet petanque menggunakan software analisis olahraga untuk mendapatkan insight yang mendalam tentang performa atlet pada level C4 dalam taksonomi Bloom.

  1. Analisis data pertandingan atlet petanque
  2. Analisis sesi latihan atlet petanque
  3. Penggunaan software analisis olahraga
  4. Pemahaman insight performa atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang analisis data pertandingan atlet petanque, Pengumpulan portofolio analisis sesi latihan atlet petanque
Materi: Pengenalan software analisis olahraga, Teknik analisis data pertandingan, Metode analisis sesi latihan, Interpretasi insight performa atlet
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi data dan feedback atlet secara kritis, serta mampu mengidentifikasi strategi pelatihan yang sesuai untuk memaksimalkan hasil atlet.

  1. Analisis data atlet secara mendalam
  2. Kemampuan mengevaluasi feedback atlet
  3. Kemampuan merancang strategi pelatihan yang efektif

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang analisis data atlet yang telah diberikan, Menganalisis feedback atlet yang disediakan dan merancang strategi pelatihan berdasarkan analisis tersebut
Materi: Pengumpulan data atlet, Analisis data atlet, Evaluasi feedback atlet, Strategi pelatihan yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metode evaluasi performa atlet petanque yang inovatif dan efektif berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan teknologi terkini.

  1. Kemampuan merumuskan metode evaluasi performa atlet petanque yang inovatif
  2. Penerapan prinsip-prinsip ilmiah dalam pengembangan metode evaluasi
  3. Penggunaan teknologi terkini dalam evaluasi performa atlet

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Proyek.
Diskusi daring tentang pengembangan metode evaluasi performa atlet petanque
Materi: Prinsip-prinsip ilmiah dalam evaluasi performa atlet, Inovasi teknologi dalam olahraga petanque, Pengembangan metode evaluasi performa atlet yang efektif
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai etika dan kebangsaan dalam konteks pelatihan dan kompetisi Petanque, serta memahami pentingnya menjaga integritas olahraga.

  1. Pemahaman nilai-nilai etika dalam olahraga Petanque
  2. Penerapan nilai-nilai kebangsaan dalam kompetisi Petanque
  3. Kemampuan memastikan integritas olahraga

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi, studi kasus, simulasi.
Diskusi daring tentang penerapan nilai-nilai etika dalam olahraga Petanque
Materi: Etika dalam olahraga Petanque, Kebangsaan dalam kompetisi Petanque, Integritas olahraga
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional.

  1. Pengertian dampak sosial dan budaya
  2. Kemampuan menganalisis dampak sosial dan budaya
  3. Kemampuan mengevaluasi dampak sosial dan budaya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang dampak sosial dan budaya atlet Petanque
Materi: Pengertian dampak sosial dan budaya, Studi kasus pengembangan atlet Petanque, Analisis dampak sosial dan budaya, Evaluasi dampak sosial dan budaya
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak sosial dan budaya dari pengembangan atlet Petanque di lingkungan lokal dan nasional.

  1. dampak sosial pengembangan atlet Petanque
  2. dampak budaya pengembangan atlet Petanque

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan presentasi.

Materi: Dampak sosial pengembangan atlet Petanque, Dampak budaya pengembangan atlet Petanque
Pustaka: Handbook Perkuliahan
14%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 45.76%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 3.75%
3. Penilaian Portofolio 21.59%
4. Penilaian Praktikum 1.25%
5. Praktik / Unjuk Kerja 16.26%
6. Tes 10.42%
99.03%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.