Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Program Studi dan Proyek Independen

7920209115

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-10

Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami konsep dan metode pengembangan program studi yang efektif dan inovatif.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan sebuah program studi atau proyek independen yang aplikatif.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil dari implementasi program atau proyek independen dan membuat laporan berbasis bukti.

PO - 4

Mahasiswa mampu mengembangkan strategi penyelesaian masalah berdasarkan analisis data dan umpan balik dari hasil evaluasi proyek.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-4PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pemahaman mendalam tentang cara merancang, mengembangkan, dan melaksanakan program studi serta proyek independen secara efektif. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengintegrasikan teori pendidikan dengan praktik langsung dalam pengembangan program akademik, serta bagaimana menyusun proyek independen yang relevan dengan kebutuhan industri, masyarakat, dan dunia akademik. Mata kuliah ini juga berfokus pada manajemen program, evaluasi keberhasilan, dan pengukuran dampak proyek terhadap para pemangku kepentingan.

Pustaka

Utama :

  1. Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
  2. Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
  3. Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi].
  4. Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].

Pendukung :

  1. mendeley

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengantar Pengembangan Program Studi

Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
5%

2

Minggu ke 2

Pengantar Pengembangan Program Studi

Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
5%

3

Minggu ke 3

Pengantar Pengembangan Program Studi

Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
5%

4

Minggu ke 4

Pengantar Pengembangan Program Studi

Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 20%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
5%

5

Minggu ke 5

Manajemen Proyek Independen

Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Manajemen Proyek Independen
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
5%

6

Minggu ke 6

Manajemen Proyek Independen

Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Manajemen Proyek Independen
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
5%

7

Minggu ke 7

Manajemen Proyek Independen

Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Manajemen Proyek Independen
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
5%

8

Minggu ke 8

Manajemen Proyek Independen

Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 30%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Manajemen Proyek Independen
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
5%

9

Minggu ke 9

Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek

Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek
Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi].
5%

10

Minggu ke 10

Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek

Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek
Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi].
5%

11

Minggu ke 11

Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek

Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek
Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi].
5%

12

Minggu ke 12

Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek

Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi
Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
5%

13

Minggu ke 13

Laporan dan Presentasi Akhir

Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir
Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].
5%

14

Minggu ke 14

Laporan dan Presentasi Akhir

Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir
Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].
5%

15

Minggu ke 15

Laporan dan Presentasi Akhir

Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 25%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir
Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].
5%

16

Minggu ke 16

Penilaian akhir semester

Penilaian akhir akan dilakukan dalam bentuk presentasi proyek independen atau pengembangan program studi yang telah diimplementasikan oleh mahasiswa. Presentasi ini akan dinilai berdasarkan kualitas analisis, relevansi solusi yang diusulkan dengan masalah yang ada, serta keterampilan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan ide-ide secara efektif.

Kriteria:

Persentase Nilai Evaluasi: 40%


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Offline
2x50
online
2x50
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir
Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.72%
2. Penilaian Portofolio 26.72%
3. Praktik / Unjuk Kerja 26.72%
80.16%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.