|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Program Studi dan Proyek Independen |
7920209115 |
|
T=0 |
P=4 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu menghasilkan karya akademik atau non-akademik dengan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk beragam audiens dan tujuan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep dan metode pengembangan program studi yang efektif dan inovatif.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merancang dan mempresentasikan sebuah program studi atau proyek independen yang aplikatif.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil dari implementasi program atau proyek independen dan membuat laporan berbasis bukti.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengembangkan strategi penyelesaian masalah berdasarkan analisis data dan umpan balik dari hasil evaluasi proyek.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pemahaman mendalam tentang cara merancang, mengembangkan, dan melaksanakan program studi serta proyek independen secara efektif. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengintegrasikan teori pendidikan dengan praktik langsung dalam pengembangan program akademik, serta bagaimana menyusun proyek independen yang relevan dengan kebutuhan industri, masyarakat, dan dunia akademik. Mata kuliah ini juga berfokus pada manajemen program, evaluasi keberhasilan, dan pengukuran dampak proyek terhadap para pemangku kepentingan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen].
- Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek].
- Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi].
- Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global].
|
Pendukung : |
|
- mendeley
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengantar Pengembangan Program Studi |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen]. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Pengantar Pengembangan Program Studi |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen]. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pengantar Pengembangan Program Studi |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen]. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Pengantar Pengembangan Program Studi |
Mahasiswa dapat menjelaskan secara rinci prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 20% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen]. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Manajemen Proyek Independen |
Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Manajemen Proyek Independen Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek]. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Manajemen Proyek Independen |
Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Manajemen Proyek Independen Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek]. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Manajemen Proyek Independen |
Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Manajemen Proyek Independen Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek]. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Manajemen Proyek Independen |
Mahasiswa dapat membuat proposal proyek yang komprehensif, dengan analisis kebutuhan dan tujuan yang jelas. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 30% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Manajemen Proyek Independen Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods. 4th Edition. Sage Publications. [Relevansi: Metode evaluasi kualitatif dalam pengembangan proyek]. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek |
Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi]. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek |
Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi]. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek |
Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek Pustaka: Biggs, J. & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. McGraw-Hill Education. [Relevansi: Pengembangan kurikulum dan program studi]. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Implementasi dan Evaluasi Program atau Proyek |
Mahasiswa dapat melakukan evaluasi berbasis bukti, menggunakan data yang relevan untuk menilai keberhasilan program atau proyek. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Pengantar Pengembangan Program Studi Pustaka: Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. Sage Publications. [Relevansi: Evaluasi program dan proyek independen]. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Laporan dan Presentasi Akhir |
Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global]. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Laporan dan Presentasi Akhir |
Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global]. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Laporan dan Presentasi Akhir |
Laporan disusun dengan struktur yang jelas, mencakup analisis hasil dan rekomendasi berbasis temuan yang kritis. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 25% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global]. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Penilaian akhir semester |
Penilaian akhir akan dilakukan dalam bentuk presentasi proyek independen atau pengembangan program studi yang telah diimplementasikan oleh mahasiswa. Presentasi ini akan dinilai berdasarkan kualitas analisis, relevansi solusi yang diusulkan dengan masalah yang ada, serta keterampilan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan ide-ide secara efektif. |
Kriteria:
Persentase Nilai Evaluasi: 40% Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Offline 2x50 |
online 2x50 |
Materi: Laporan dan Presentasi Akhir Pustaka: Barnett, R. (2000). Realizing the University in an Age of Supercomplexity. Open University Press. [Relevansi: Pengembangan program studi di era global]. |
5% |