Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Manajemen

6120103109

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Hj. Anik Lestari Andjarwati, M.M




Dr. Yessy Artanti, SE., M.Si.




Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif (APSMBI 2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

C3. Mahasiswa mampu mengimplementasikan secara tepat teori-teori manajemen.

PO - 2

P3. Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan peran dan fungsi manajemen dalam organisasi secara tepat.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, dan inklusif di dalam kegiatan pembelajaran pengantar manajemen

PO - 4

CPL 1 Lulusan mampu menguasai teori bidang manajemen secara menyeluruh.

PO - 5

CPL2 Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif.

PO - 6

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

PO - 7

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji konsep dasar manajemen terkait dengangambaran umum manajemen. Perkembangan teori manajemen, lingkungan eksternal organisasi, fungsi manajemen dan pengambilan keputusan, fungsi pengorganisasian dan perubahan organisasi, motivasi, kepemimpinan dan komunikasi serta fungsi pengawasan dan sistem informasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah berfariasi, diskusi dan obervasi.

Pustaka

Utama :

  1. T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE
  2. Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Hj. Anik Lestari Andjarwati, M.M.

Dwiarko Nugrohoseno, S.Psi., M.M.

Agus Frianto, S.T., S.E., M.M.

Monika Tiarawati, S.E., M.M.

Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Khoirur Rozaq, S.E.Sy., M.M.

Heri Cahyo Bagus Setiawan, S.Pd.I., M.SM.

Muhammad Husain, S.Pd., M.M.

Rasyidi Faiz Akbar, S.E., M.M.

Dyandra Armyta Ramadhan, S.E., M.M.

Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM.

Nunik Dwi Kusumawati, S.M., M.S.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian manajemen

  1. 1.1 Menjelaskan : -Definisi manajemen -Mengapa manajemen dibutuhkan -Manajemen sebagai ilmu dan seni
  2. 1.2 Menjelaskan : -Organisasi dan kebutuhan manajemen -Proses manajemen -Tipe-tipe manajer -Tingkat dan ketrampilan manajemen
Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 26total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 26. Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 = 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: konsep dasar
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: konsep dasar manajemen
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

2

Minggu ke 2

perkembangan teori management

Menjelaskan : -Mengapa belajar teori manaj. -Teori manaj. Klasik -Perilaku organisasi -O R dan manajemen. -Perkembangan teori manaj

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 26total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 26. Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 = 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: teori manajemen
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: teori manajemen
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami lingkungan bisnis

  1. 3.1 Menjelaskan : -Faktor eksternal yang lansung berpengaruh -Faktor eksternal yang tidak langsung berpengaruh -Teori lingkungan organisasi -Mengelola lingkungan
  2. 3.2 Menjelaskan : -Tanggung jawab sosial -Perubahan etika -Alat-alat etika

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: lingkungan bisnis
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: business environment
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan globalisasi bisnis dan lingkungan internasional

  1. 4.1 Menjelaskan : -Globalisasi bisnis -Lingkungan eksternal dalam dimensi internasional
  2. 4.2 Menjelaskan : -Pengertian entrepreneurship -Pentingnya entrepreneurship

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
3%

5

Minggu ke 5

Memaparkan arti perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan, faktor -faktor

5.1 Menjelaskan : -Gambaran umum perencanaan -Proses perencanaan formal -Perkembangan konsep strategi -Tingkatan strategi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: perencanaan
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: planning
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

6.1 Menjelaskan : -Pencarian masalah & peluang -Model rasional pembuatan keputusan -Pengembangan efektivitas pembuatan keputusan dan pemecahan masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

7.1 Menjelaskan : -Pendekatan ilmu manajemen -Proses ilmu manajemen -Peramalan -Penjadwalan -Linier programing

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UTS
2 X 50

20%

9

Minggu ke 9

Merumuskan Pengorganisasion Perusahaan

  1. 9.1 Menjelaskan : -Struktur organisasi -Koordinasi organisasi -Design organisasi
  2. 9.2 Menjelaskan : -Kewenangan dan power di organisasi -Kewenangan garis dan staf -Delegasi -Design pertelaan tugas -Desentralisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur Diskusi dengan rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: pengorganisasian
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: organizing
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memahami pengelolaan SDM

10.1 Menjelaskan : -Perencanaan SDM -Rekruitmen -Seleksi -Orientasi dan sosialisasi -Pelatihan dan pengembangan -Penilaian kinerja -Promosi, transfer, dan mutasi -Manajemen SDM dan strategi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan Diskusi dengan teman sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: directing
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami perubahan organisasi

11.1 Menjelaskan : -Mengapa perubahan orang dibutuhkan -Model proses perubahan -Tipe perubahan perencanaan -Pengembangan organisasi -Mengelola kreativitas dan inovasi

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: change
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

12

Minggu ke 12

Merumuskan Pelaksanaan/Leading Perusahaan

  1. Menjelaskan :Teori Motivasi
  2. Teori Proses Motivasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan Diskusi dengan teman sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

13

Minggu ke 13

Merumuskan Pelaksanaan/Leading Perusahaan

  1. 13.1 Menjelaskan : -Definisi kepemimpinan -Pendekatan perilaku kepemimpinan -Pendekatan contingency kepempinan -Teori kepemimpinan
  2. 13.2 Menjelaskan : -Tipe-tipe grup -Karakteristik grup -Pemecahan masalah dalam grup -Membuat grup menjadi efektif
Kriteria:

rubrik holistik

Membaca Literatur dan Diskusi dengan rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

14

Minggu ke 14

Merumuskan Pelaksanaan / Leading Perusahaan

  1. 14.1 Menjelaskan : -Pentingnya komunikasi -Komunikasi antar personal -Habatan komunikasi antar personal -Komunikasi dalam organisasi -Negosiasi dalam mengelola konflik
  2. 14.2 Menjelaskan : -Harapan versus realita -Dilema karier -Mengelola karier
Kriteria:

rubrik holistik

Membaca Literatur dan Diskusi dengan rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

15

Minggu ke 15

Merumuskan Pengendalian atau Pengawasan Perusahaan

  1. 15.1 Menjelaskan : -Definisi pengendalian -Tipe-tipe metode pengendalian -Pendesainan sistem pengendalian -Pengendalian keuangan -Metode pengendalian anggaran -Tipe-tipe anggaran -Auditing
  2. 15.2 Menjelaskan : -Operasi organisasi produksi dan pelayanan -Pentingnya manajemen operasi -Pendesainan sistem operasi -Perencanaan operasional dan keputusan pengendalian -Pengendalian kualitas
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan Diskusi dengan rekan sejawat
3 X 50
-Diskusi, metode berbasis proyek -Google Meet: kuliah dan diskusi -Google Classroom: diskusi
Materi: pengendalian
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: evaluating
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Tes 40%
78%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.