Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Manajemen

6120103109

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dra. Hj. Anik Lestari Andjarwati, M.M




Dr. Yessy Artanti, SE., M.Si.




Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif (APSMBI 2)

Program Objectives (PO)

PO - 1

C3. Mahasiswa mampu mengimplementasikan secara tepat teori-teori manajemen.

PO - 2

P3. Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan peran dan fungsi manajemen dalam organisasi secara tepat.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, dan inklusif di dalam kegiatan pembelajaran pengantar manajemen

PO - 4

CPL 1 Lulusan mampu menguasai teori bidang manajemen secara menyeluruh.

PO - 5

CPL2 Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif.

PO - 6

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

PO - 7

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

This course examines the basic concepts related to management of public management. The development of management theory, the external environment of the organization, management and decision-making functions, organizing functions and organizational change, motivation, leadership and communications and supervisory functions and information systems. The learning method used is varied lecture, discussion and observation.

Pustaka

Utama :

  1. T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE
  2. Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dra. Hj. Anik Lestari Andjarwati, M.M.

Dwiarko Nugrohoseno, S.Psi., M.M.

Agus Frianto, S.T., S.E., M.M.

Monika Tiarawati, S.E., M.M.

Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Khoirur Rozaq, S.E.Sy., M.M.

Heri Cahyo Bagus Setiawan, S.Pd.I., M.SM.

Muhammad Husain, S.Pd., M.M.

Rasyidi Faiz Akbar, S.E., M.M.

Dyandra Armyta Ramadhan, S.E., M.M.

Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM.

Nunik Dwi Kusumawati, S.M., M.S.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan perkembangan teori management

Menjelaskan : -Definisi manajemen -Mengapa manajemen dibutuhkn -Manajemen sbg ilmu dan seniMenjelaskan : -Organisasi dan kebth.Manj. -Proses manajemen -Tipe-tipe manajer -Tingkat dan ketrampl. Manj.Menjelaskan : -Mengapa belajar teori manaj. -Teori manaj. Klasik -Perilaku organisasi -O R dan manajemen. -Perkembangan teori manaj.

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 26total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 26. Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 = 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

Materi: konsep dasar
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: konsep dasar manajemen
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

2

Minggu ke 2

perkembangan teori management

Menjelaskan : -Mengapa belajar teori manaj. -Teori manaj. Klasik -Perilaku organisasi -O R dan manajemen. -Perkembangan teori manaj

Kriteria:
  1. Kriteria Penilaian secara Umum:
  2. a. UTS tulis (bobot 80) Karakter 20 26total 100
  3. b. Tagihan (Tugas):
  4. Liputan kunjungan proyek ke mangrove (bobot 20)
  5. Laporan proyek (Bobot 40)
  6. power point (bobot 20)
  7. Karakter (bobot 20).. Total 100
  8. c. Partisipasi :
  9. Absen (bobot 40)
  10. Diskusi (bobot 40)
  11. Karakter (bobot20).. Total 100
  12. d. UAS tulis (bobot 80) Karakter 20 26. Total 100
  13. Nilai akhir (102 103 102 103):10 = 100

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

Materi: teori manajemen
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: teori manajemen
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami lingkungan bisnis

Menjelaskan : -Faktor eksternal.yang lansung berpengaruh -Faktor eksternal yg tidak langsung pengaruh -Teori lingkungun.total-organisasi -Mengelola lingkungan Menjelaskan : -Tanggungjawab sosial -Perubahan etika -Alat-alat etika


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

Materi: lingkungan bisnis
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: business environment
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan globalisasi bisnis dan lingkungan internasional

Menjelaskan : -Globalisasi bisnis -Likng. Ekst.dimensi internsional Menjelaskan : -Pengertian entrepreneurship -Pentingnya entrepreneurship


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
3%

5

Minggu ke 5

Memaparkan arti perencanaan, fungsi perencanaan, proses perencanaan, faktor -faktor

Dapat menjelaskan : -Gambaran umum perencanaan -Proses perencanaan formal -Perkembangan konsep strategi -Tingkatan strategi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

Materi: perencanaan
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: planning
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

Menjelaskan : -Pencarian masalah&peluang -Model rasional pembuatan keputusan -Pengemb.efektivitas pembuatan keputusan dan pemecahan masalah Menjelaskan : -Pendekatan ilmu manajemen -Proses ilmu manajemen -Peramalan -Penjadwalan -Linier programing


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

Menjelaskan : -Pencarian masalah&peluang -Model rasional pembuatan keputusan -Pengemb.efektivitas pembuatan keputusan dan pemecahan masalah Menjelaskan : -Pendekatan ilmu manajemen -Proses ilmu manajemen -Peramalan -Penjadwalan -Linier programing

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
UTS
2 X 50

20%

9

Minggu ke 9

MERUMUSKAN PENGORGANISASIAN PERUSAHAAN

  1. Menjelaskan:Struktur Organisasi
  2. Tipe-tipe Struktur Organisasi
  3. Koordinasi Organisasi
  4. Design Organisasi
  5. Kewenangan dan power di Organisasi
  6. Kewenangan Garis dan Staf
  7. Delegasi
  8. Desentralisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur Diskusi dengan rekan sejawat
3 X 50

Materi: pengorganisasian
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: organizing
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memahami pengelolaan SDM

  1. Menjelaskan :Perencanaan SDM
  2. Rekruitment dan Seleksi
  3. Orientasi dan Sosialisasi
  4. Pelatihan dan Pengembangan
  5. Penilaian Kinerja
  6. Promosi, Transfer, Mutasi
  7. Manajemen SDM dan Strategi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan teman sejawat
3 X 50

Materi: directing
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami perubahan organisasi

  1. Menjelaskan:Mengapa Perubahan Organisasi dibutuhkan
  2. Model proses perubahan
  3. Tipe perubahan perencanaan
  4. Pengembangan organisasi
  5. Mengelola kreativitas dan Inovasi
Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 X 50

Materi: change
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
0%

12

Minggu ke 12

Merumuskan Pelaksanaan/Leading Perusahaan

  1. Menjelaskan :Teori Motivasi
  2. Teori Proses Motivasi
  3. Teori Reinforcement
  4. Sistem Motivasi di Organisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan teman sejawat
3 X 50

Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

13

Minggu ke 13

Merumuskan Pelaksanaan/Leading Perusahaan

  1. Menjelaskan : Definisi Kepemimpinan
  2. Pendekatan Perilaku Kepemimpinan dan Pendekatan Contigency
  3. Teori Kepemimpinan
  4. Menjelaskan :Tipe-tipe Grup dan Karakteristik Grup
  5. Pemecahan Masalah dalam Grup
  6. Membuat Grup menjadi Efektif
Kriteria:

rubrik holistik

Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 X 50

Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
2%

14

Minggu ke 14

Merumuskan Pelaksanaan / Leading Perusahaan

  1. Menjelaskan: Pentingnya komunikasi
  2. Komunikasi antar Personal dan Komunikasi dalam Organisasi
  3. Hambatan Komunikasi Antar Personal
  4. Negoisasi dalam mengelola Konflik
  5. Menjelaskan:Harapan versus Realita
  6. Dilema Karier
  7. Mengelola Karier
Kriteria:

rubrik holistik

Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 X 50

Materi: leading
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

15

Minggu ke 15

Merumuskan Pengendalian atau Pengawasan Perusahaan

Menjelaskan : Definisi Pengendalian, Tipe-tipe Metode Pengendalian dan Desain Sistem Pengendalian, Pengendalian Keuangan dan Metode Pengendalian Anggaran, Tipe-tipe anggaran dan AuditingMenjelaskan: Operasi Organisasi Produksi dan Pelayanan, Pentingnya Manajemen Operasi dan Desain Sistem Operasi, Perencanaan Operasional dan Keputusan Pengendalian, Pengendalian KualitasMenjelaskan : Informasi dan Pengendalian, Manajemen Sistem Informasi, Desain CB MIS

Kriteria:

rubrik holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 X 50

Materi: pengendalian
Pustaka: T. Hani Handoko. 2012 . Manajemen Edisi 2 . Yogyakarta: BPFE

Materi: evaluating
Pustaka: Richard L. Daft. 2010 . New Era of Management Edisi 9. Salemba Empat
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2 X 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 38%
2. Tes 40%
78%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.