Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Senam

8520802067

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

1

27 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Irma Febriyanti, S.Or. M.Kes.




Irma Febriyanti, S.Or. M.Kes.




Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-10

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

PO - 2

Mampu menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai

PO - 3

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)

PO - 5

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off

PO - 6

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand

PO - 7

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip

PO - 8

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kop kip

PO - 9

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll

PO - 10

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang

PO - 11

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handspring

PO - 12

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud

PO - 13

Mahasiswa mampu membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-10
PO-1 
PO-2  
PO-3 
PO-4  
PO-5  
PO-6 
PO-7 
PO-8  
PO-9 
PO-10  
PO-11 
PO-12  
PO-13 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11
PO-12
PO-13

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keterampilan dasar senam yang membahas pemahaman tentang sejarah, pengertian senam secara umum serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang gerak dasar serta aktivitas senam lantai, pembuatan rangkaian sederhana, cara membantu dengan safety principal, dan cara memahami serta menganalisis aktivitas gerak dasar senam lantai, mencoba dan mempraktekkan gerak dasar senam lantai. Dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan dasar senam (RPP) yang berorientasi pada cara belajar mahasiswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran keterampilan dasar senam, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet, petunjuk praktikum dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.

Pustaka

Utama :

  1. FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/site/index.
  2. Safety First for Gymnast in Gymnasium
  3. Mahendra, 2000. Senam. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah bagian proyek penataran guru SLTP setara D-III. DEPDIKBUD
  4. Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa

Pendukung :

  1. Web, artikel, ebook dan source online lainnya

Dosen Pengampu

Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes.

Sri Wicahyani, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

  1. Mahasiswa menganalisi senam nasional dan dunia
  2. Mahasiswa menganalisis definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Senam nasional dan dunia serta definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
Pustaka: FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/....
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menganalisis tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai

Mahasiswa menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Macam-macam gerakan dasar senam lantai
Pustaka: Mahendra, 2000. Senam. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah bagian proyek penataran guru SLTP setara D-III. DEPDIKBUD
5%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang

Mahasiswa menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)

  1. Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
  2. Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja
  3. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan poster tentang melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)


• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)


• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatanvideo tentang melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)


• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)


• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Pustaka: Safety First for Gymnast in Gymnasium
10%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off

  1. Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
  2. Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja
  3. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Meroda dan round off
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off

  1. Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
  2. Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja
  3. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet


Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Meroda dan round off
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan kopstand

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kopstand

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan kopstand

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kopstand

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan kopstand
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

8

Minggu ke 8

UTS


2 X 50‘/3.18 ECTS

2 X 50‘/3.18 ECTS
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan roll kip

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan roll kip

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan roll kip

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan roll kip

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan roll kip
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kop kip

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan kop kip

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kop kip

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan kop kip

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kop kip

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan kop kip
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handstand dan handstand roll

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand dan handstand roll

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handstand dan handstand roll

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand dan handstand roll
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan handstand dan handstand roll
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handstand kayang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand kayang

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handstand kayang

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand kayang
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan handstand kayang
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handspring

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handspring

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handspring

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan handspring

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handspring
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan handspring
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
10%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan stud

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan stud

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi

Materi tentang gerakan stud

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan stud
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Gerakan stud
Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam

Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merancang dan menyusun rangkaian gerakan dasar senam

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil proyek, apakah proyek rangkaian gerakan dasar senam yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian proyek diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk rangkaian gerakan dasar senam

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan perbaikan proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merancang dan menyusun rangkaian gerakan dasar senam

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek


• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati


• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil proyek, apakah proyek rangkaian gerakan dasar senam yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian proyek diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk rangkaian gerakan dasar senam

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan perbaikan proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Rangkaian senam
Pustaka: FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/....

Materi: Rangkaian senam
Pustaka: Web, artikel, ebook dan source online lainnya
10%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja

2 X 50‘/3.18 ECTS

2 X 50‘/3.18 ECTS
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 49.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.67%
3. Penilaian Portofolio 5.33%
4. Penilaian Praktikum 2%
5. Praktik / Unjuk Kerja 34.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.