|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Senam |
8520802067 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
1 |
27 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Irma Febriyanti, S.Or. M.Kes.
|
Irma Febriyanti, S.Or. M.Kes.
|
Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1) |
PLO-10 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menganalisis tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
|
PO - 2 |
Mampu menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand
|
PO - 7 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip
|
PO - 8 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kop kip
|
PO - 9 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll
|
PO - 10 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang
|
PO - 11 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handspring
|
PO - 12 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud
|
PO - 13 |
Mahasiswa mampu membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | | PO-6 | ✔ | ✔ | | PO-7 | ✔ | ✔ | | PO-8 | | ✔ | | PO-9 | | ✔ | ✔ | PO-10 | | | ✔ | PO-11 | ✔ | | ✔ | PO-12 | | | ✔ | PO-13 | ✔ | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-10 | ✔ | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | | PO-12 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-13 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keterampilan dasar senam yang membahas pemahaman tentang sejarah, pengertian senam secara umum serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang gerak dasar serta aktivitas senam lantai, pembuatan rangkaian sederhana, cara membantu dengan safety principal, dan cara memahami serta menganalisis aktivitas gerak dasar senam lantai, mencoba dan mempraktekkan gerak dasar senam lantai.
Dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan dasar senam (RPP) yang berorientasi pada cara belajar mahasiswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran keterampilan dasar senam, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet, petunjuk praktikum dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran keterampilan dasar senam yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja,
tes tulis dan portofolio. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/site/index.
- Safety First for Gymnast in Gymnasium
- Mahendra, 2000. Senam. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah bagian proyek penataran guru SLTP setara D-III. DEPDIKBUD
- Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa
|
Pendukung : |
|
- Web, artikel, ebook dan source online lainnya
|
Dosen Pengampu
|
Irma Febriyanti, S.Or., M.Kes. Sri Wicahyani, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang |
- Mahasiswa menganalisi senam nasional dan dunia
- Mahasiswa menganalisis definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang senam nasional dan dunia,definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Senam nasional dan dunia serta definisi senam serta unsur-unsur kondisi fisik yang menunjang Pustaka: FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/.... |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu menganalisis tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai |
Mahasiswa menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang macam-macam gerakan dasar senam lantai
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Macam-macam gerakan dasar senam lantai Pustaka: Mahendra, 2000. Senam. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah bagian proyek penataran guru SLTP setara D-III. DEPDIKBUD |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang |
Mahasiswa menganalisis macam-macam gerakan dasar senam lantai |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol depan dan rol belakang Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll) |
- Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
- Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan poster tentang melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatanvideo tentang melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll)
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan rol belakang kaki lurus dan lompat harimau (dive roll) Pustaka: Safety First for Gymnast in Gymnasium |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off |
- Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
- Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Meroda dan round off Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off |
- Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
- Mahasiswa mampu membuat produk video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan meroda dan round off
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan video tentang melakukan gerakan meroda dan round off
Mahasiswa merancang dan menyususn video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek video
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil video, apakah video melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan rgerakan meroda dan round off yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian video diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk video cara melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan gerakan meroda dan round off
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan edit video, sebelum proses upload di youtube
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Meroda dan round off Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kopstand |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan kopstand
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kopstand
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan kopstand
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kopstand
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan kopstand Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
|
2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan roll kip
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan roll kip
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan roll kip
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan roll kip
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan roll kip Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan roll kip |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan kop kip |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan kop kip
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kop kip
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan kop kip
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan kop kip
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan kop kip Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand dan handstand roll |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handstand dan handstand roll
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand dan handstand roll
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handstand dan handstand roll
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand dan handstand roll
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan handstand dan handstand roll Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handstand kayang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand kayang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handstand kayang
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handstand kayang
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan handstand kayang Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handspring |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan handstand kayang |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handspring
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handspring
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan handspring
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan handspring
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan handspring Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan stud
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan stud
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Discussion, tanya jawab, demonstrasi
Materi tentang gerakan stud
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang gerakan stud
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Gerakan stud Pustaka: Febriyanti, dkk, 2017. Keterampilan Dasar Senam. Unipress Unesa |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam |
Mahasiswa mampu melakukan teknik dasar dan menjelaskan gerakan stud |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merancang dan menyusun rangkaian gerakan dasar senam
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil proyek, apakah proyek rangkaian gerakan dasar senam yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian proyek diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk rangkaian gerakan dasar senam
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan perbaikan proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara online melalui Sidia, Zoom, GMeet
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya: Bagaimana membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk membuat dan melakukan rangkaian gerakan dasar senam
Mahasiswa merancang dan menyusun rangkaian gerakan dasar senam
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Mahasiwa menguji hasil proyek, apakah proyek rangkaian gerakan dasar senam yang dibuat sudah sesuai dan tepat
Proses pengujian proyek diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk rangkaian gerakan dasar senam
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan perbaikan proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Rangkaian senam Pustaka: FIG, 2013. Code Of Points de Gymnastics Artistic. Available from : http://www.fig-gymnastics.com/.... Materi: Rangkaian senam Pustaka: Web, artikel, ebook dan source online lainnya |
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
|
10% |