|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pendidikan Kesadaran Hukum |
8720502194 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
3 Januari 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Iman Pasu Purba & Rahmanu Wijaya
|
Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba
|
Dr. Listyaningsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Mampu menyajikan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan, sosial, politik, dan hukum kewarganegaraan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan Konsep Kesadaran Hukum, membangun kesadaran hukum dengan nilai-nilai Pancasila sebagai warga negara
|
PO - 2 |
mampu menguraikan hubungan antara kesadaran hukum dengan ketaatan hukum dan mengidentifikasi problematika kesadaran hukum di Indonesia
|
PO - 3 |
mampu menemukan strategi peningkatan kesadaran hukum di Indonesia dengan membandingkannya dengan negara lain
|
PO - 4 |
Mampu menjelaskan membangun kesadaran hukum yang berbasis nilai-nilai Pancasila
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-8 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Pendidikan Kesadaran Hukum ini berisi tentang proses internalisasi nilai-nilai hukum dalam diri masyarakat tersebut dilakukan melalui pendidikan hukum yang tidak hanya bertugas mensosialisasikan atau mentransfer teori ataupun pasal-pasal hukum, namun harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran akan pentingnya peraturan hukum bagi kehidupan pribadi dan kehidupan bersama. Kesadaran hukum diupayakan secara kolaboratif antara lembaga pendidikan formal, masyarakat,an keluarga (Tri Pusat Pendidikan Hukum). Selain itu akan menguraikan kajian strategi pengembangan pendidikan kesadaran hukum yang berlandaskan Pancasila. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press
- Achmad Ali , Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk Interpretasi Undang-Undang (Legisprudence),2012 Jakarta: Kencana. Cet 4
- Achmad Ali dan Wiwie Heryani , 2012.Menjelajahi Kajian Empiris Terhadap Hukum, Jakarta: Kencana
- Soerjono Soekanto, 1982. Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers
- Rahardjo Satjipto, 1991 Ilmu Hukum, Citra aditya Bakti, Bandung
- Purnadi Pubacaraka., 1995.Penggarapan Disiplin Hukum dan Filsafat Hukum bagi Pendidikan Hukum, Raja Grafindo Persada
- Soerjono Soekanto, 1983.Faktor-faktor yang menpengaruhi penegakan Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta
- Achmad Sanusi, 1997. Dt A, Kesadaran hukum masyarakat Hukum, Widia Karya, Semarang
- Mustafa, Abdullah dan Soerjono Soekanto, 1987 Sosiologi Hukum Dalam Masyarakat, Rajawali, Jakarta
- Soemitro, 1982, Kesadaran Dan Kepatuhan Hukum, Rajawali, Jakarta
|
Pendukung : |
|
- Zulkarnaen, http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Justitia/article/viewFile/40/37
- Lars, Why do People Obey the Law, https://www.researchgate.net/publication/220011500_Why_do_People_Obey_the_Law#fullTextFileContent
|
Dosen Pengampu
|
Iman Pasu Marganda Hadiarto Purba, S.H., M.H. Rahmanu Wijaya, S.H., M.H. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menjelaskan secara fundamental urgensi pendidikan kesadaran hukum. |
Mampu mengkaji hakikat kesadaran hukummampu menguraikan urgensi kesadaran hukum |
Kriteria:
- Kecakapan/Kecermatan
- Isi Sistematis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning 2 X 50 |
|
Materi: Hakikat Kesadaran Hukum Pustaka: SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu meindentifikasi Problematik Hukum di Indonesia dan Menguraikan faktor-faktor penting yang mempengaruhi Pendidikan Kesadaran Hukum. |
Menguraikan faktor-faktor penting yang mempengaruhi Pendidikan Kesadaran Hukum secara sistematis dan menguraikan kajian masalah sistem hukum di Indonesia |
Kriteria:
- Kecermatan
- Kreativitas
- Inovasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Koopreatif 2 X 50 |
|
Materi: Kepatuhan Hukum Masyarakat Pustaka: Soemitro, 1982, Kesadaran Dan Kepatuhan Hukum, Rajawali, Jakarta |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu menjelaskan proses membangun pendidikan kesadaran hukum berdasarkan nilai-nilai yang ada dilingkungan masyarakat. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokalmahasiswa merelevansikan nilai-nilai kearifan lokal untuk membangung kesadaran hukummahasiswa mampu merelevansikannya dengan proses pembangunan hukum nasional |
Kriteria:
- Jawaban Sistematis
- Aktual dan Faktual
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Metode Pembelajaran Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Budaya Hukum Masyarakat Pustaka: Achmad Ali , Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judicialprudence) Termasuk Interpretasi Undang-Undang (Legisprudence),2012 Jakarta: Kencana. Cet 4 Materi: Masyarakat dan Sosiologi Hukum Pustaka: Soerjono Soekanto, 1982. Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menjelaskan proses membangun pendidikan kesadaran hukum berdasarkan nilai-nilai yang ada dilingkungan masyarakat. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokalmahasiswa merelevansikan nilai-nilai kearifan lokal untuk membangung kesadaran hukummahasiswa mampu merelevansikannya dengan proses pembangunan hukum nasional |
Kriteria:
- Jawaban Sistematis
- Aktual dan Faktual
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran Kooperatif 2 X 50 |
|
Materi: Perubahan Kesadaran Hukum Masyarakat Pustaka: Mustafa, Abdullah dan Soerjono Soekanto, 1987 Sosiologi Hukum Dalam Masyarakat, Rajawali, Jakarta |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu Menganalis strategi-starategi pengembangan pendidikan kesadaran hukum yang berlandaskan Pancasila |
Identifikasi Strategi Pengembangan Pendidikan Kesadaran HukumRelevansi Nilai NIlai Pancasila |
Kriteria:
- Kecermatan dan relevansi jawaban
- Idea dibangun sistematis
- Berpikir Kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran Inovatif 2 X 50 |
|
Materi: Hukum dan Filsafat Pancasila Pustaka: Purnadi Pubacaraka., 1995.Penggarapan Disiplin Hukum dan Filsafat Hukum bagi Pendidikan Hukum, Raja Grafindo Persada |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu Menganalis strategi-starategi pengembangan pendidikan kesadaran hukum yang berlandaskan Pancasila |
Identifikasi Strategi Pengembangan Pendidikan Kesadaran HukumRelevansi Nilai NIlai Pancasila |
Kriteria:
- Kecermatan dan relevansi jawaban
- Idea dibangun sistematis
- Berpikir Kritis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode Pembelajaran Inovatif 2 X 50 |
|
Materi: Dimensi Kepatuhan Hukum Pustaka: Achmad Sanusi, 1997. Dt A, Kesadaran hukum masyarakat Hukum, Widia Karya, Semarang |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memutuskan untuk terlibat secara langsung maupun tidak langsung didalam megembangkan Pendidikan Kesadaran Hukum di Indonesia. |
Menemukan berbagai ide keterlibatan membangun budaya hukum dan kesadaran hukum yang baik di Indonesia |
Kriteria:
- Jumlah Viewers, Comments dan Likers Project
- Dampak
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Inovatif 2 X 50 |
|
Materi: Kesadaran dan Budaya Hukum Pustaka: SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
- Mampu menjelaskan dengan cermat dan tepat
- mampu mengidentifikasi masalah kesadaran hukum
- mampu merekomendasi solusi konkrit
|
Kriteria:
- Sangat Baik
- Baik
- sedang
- buruk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Jigsaw dan Diskusi
|
|
Materi: Faktor Kesadaran Hukum Pustaka: Soerjono Soekanto, 1983.Faktor-faktor yang menpengaruhi penegakan Hukum, Raja Grafindo Persada, Jakarta |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menyusun strategi membangun kesadaran hukum berbasis digital |
Mampu menguraikan strategi dan langkah praktis membangun budaya kesadaran hukum berbasis digital |
Kriteria:
- Sangat baik
- Baik
- Sedang
- Buruk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Based Learning 2x50 |
|
Materi: Dinamika Kesadaran dan Kepatuhan Hukum Pustaka: Soerjono Soekanto, 1982. Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menyusun strategi membangun kesadaran hukum berbasis digital |
Mampu menguraikan strategi dan langkah praktis membangun budaya kesadaran hukum berbasis digital |
Kriteria:
- Sangat baik
- Baik
- Sedang
- Buruk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Based Learning 2x50 |
|
Materi: Dinamika Kesadaran dan Kepatuhan Hukum Pustaka: Soerjono Soekanto, 1982. Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers |
5% |
12
Minggu ke 12 |
|
- Kreatif
- inovatif
|
Kriteria:
- Sangat baik
- baik
- sedang
- buruk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
problem based learning 2x50 |
|
Materi: Dimensi Kesadaran dan Budaya Hukum Pustaka: SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press |
5% |
13
Minggu ke 13 |
|
- Kreatif
- inovatif
|
Kriteria:
- Sangat baik
- baik
- sedang
- buruk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
problem based learning 2x50 |
|
Materi: Dimensi Kesadaran dan Budaya Hukum Pustaka: SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press |
10% |
14
Minggu ke 14 |
|
- Kreatif
- inovatif
|
Kriteria:
- Sangat baik
- baik
- sedang
- buruk
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
problem based learning 2x50 |
|
Materi: Dimensi Kesadaran dan Budaya Hukum Pustaka: SF Marbun . 2002. Dimensi-dimensi Pemikiran Pendidikan Kesadaran Hukum , Yogyakarta: UII Press |
15% |
15
Minggu ke 15 |
|
Mampu menjelaskan keefektifan nilai kearifan lokal membangun kesadaran hukum |
Kriteria:
- tuntas
- tidak tuntas
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Problem Basen Learning 2x50 |
|
Materi: Kearifan lokan dan kesadaran Hukunm Pustaka: Achmad Ali dan Wiwie Heryani , 2012.Menjelajahi Kajian Empiris Terhadap Hukum, Jakarta: Kencana |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
|
|
|
5% |