|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Folklor Dan Praktek Pembuatan Arsip Budaya |
7920103190 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
8 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Phil. Moh. Rokib, M.A.; M. Erwan Saing, M.A.
|
Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A.
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-10 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi, serta menyusun deskripsi hasil kajian ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengkaji sastra lisan (di) Indonesia dengan mempertimbangkan keberagaman Indonesia secara bertanggung jawab
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kemampuan menguasai konsep-konsep sastra lisan dan mampu menerapkan ke dalam penelitian kesastralisanan yang relevan dengan bahasa dan sastra (Indonesia) melalui kegiatan terstruktur dan mandiri; menghasilkan artikel/makalah untuk dipresentasikan |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Ahmadi, Anas. 2012. Sastra Lisan dan Psikologi . Surabaya: Unesapress.
- 2. Brunvan, Jan van. 1996. American Folklore . London: Garlan, Inc.
- 3. Dundes, Alan. 1965. The Study of Folklore . California: Prentice Hall, Inc.
- 4. ___________. 2007. Meaning of Folklore . USA: Utah State University.
- 5. Endraswara (Ed). 2013. Folklor Nusantara. Yogyakarta: Ombak.
- 6. Finnegan, R. 1992. Oral Tradition and the Verbal Arts . London: Roudledge.
- 7. Harding, Nick. 2005. Urban Legends. USA: Square Publishing.
- 8. Propp, Vladimir. 1984. Theory and History of Folklore . Rusia: Minnesota.
- 9. Koven, M.J. 2008. Film, Folklore, & Urban Legends . Toronto: Scarecrowpress.
- 10. Sims, C. Martha. 2011. Living Folklore. Utah: Ohio State University.
- 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang.
- 12. Spradley, J. 1997. Metode Etnografi. Terj. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Rubhido, Dadang. 2021. Kosakata dan Diksi pada Cerita Rakyat: Kajian Linguistik Korpus
|
Pendukung : |
|
- Buku-buku sastra lisan (Indonesia) yang sduah terbit
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami hakikat sastra lisan |
a. Menjelaskan pengertian Sastra lisan b. Menjelaskan tujuan perkuliahan sastra lisan c. Mengidentifikasi hal yang berkait dengan kesastralisanan |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan mahasiswa tentang teori sastra lisan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: hakikat sastra lisan Pustaka: 5. Endraswara (Ed). 2013. Folklor Nusantara. Yogyakarta: Ombak. Materi: Pengantar Sastra Lisan Pustaka: 13. Rubhido, Dadang. 2021. Kosakata dan Diksi pada Cerita Rakyat: Kajian Linguistik Korpus |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami genre sastra lisan |
a. Mendeskripsikan genre sastra lisan b. Mendeskripsikan perbedaan genre sastra lisan |
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Kuliah mimbar b. Tanya jawab. c. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: genre sastra lisan Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami genre sastra lisan |
a. Mendeskripsikan genre sastra lisan b. Mendeskripsikan perbedaan genre sastra lisan |
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
a. Kuliah mimbar b. Tanya jawab. c. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: genre sastra lisan Pustaka: 1. Ahmadi, Anas. 2012. Sastra Lisan dan Psikologi . Surabaya: Unesapress. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami teori yang digunakan dalam sastra lisan |
a. Mendeskripsikan teori struktural dalam sastra lisan b. Mendeskripsikan teori psikologi dalam sastra lisan c. Mendeskripsikan teori filosofi dalam sastra lisan d. Mendeskripsikan teori antropologi/sosiologi dalam sastra lisan |
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Kuliah mimbar b. Tanya jawab. c. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: teori yang digunakan dalam sastra lisan Pustaka: 3. Dundes, Alan. 1965. The Study of Folklore . California: Prentice Hall, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami teori yang digunakan dalam sastra lisan |
a. Mendeskripsikan teori struktural dalam sastra lisan b. Mendeskripsikan teori psikologi dalam sastra lisan c. Mendeskripsikan teori filosofi dalam sastra lisan d. Mendeskripsikan teori antropologi/sosiologi dalam sastra lisan |
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Kuliah mimbar b. Tanya jawab. c. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: teori yang digunakan dalam sastra lisan Pustaka: 3. Dundes, Alan. 1965. The Study of Folklore . California: Prentice Hall, Inc. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami teori yang digunakan dalam sastra lisan |
a. Mendeskripsikan teori struktural dalam sastra lisan b. Mendeskripsikan teori psikologi dalam sastra lisan c. Mendeskripsikan teori filosofi dalam sastra lisan d. Mendeskripsikan teori antropologi/sosiologi dalam sastra lisan |
Kriteria:
Lembar penilaian 2 digunakan untuk mengamati tanggung jawab mahasiswa dalam melaksanakan/menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Bentuk Penilaian : Tes |
a. Kuliah mimbar b. Tanya jawab. c. Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: teori yang digunakan dalam sastra lisan Pustaka: 5. Endraswara (Ed). 2013. Folklor Nusantara. Yogyakarta: Ombak. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami proposal penelitian sastra lisan |
a. Mendeskripsikan bab pendahuluan dalam proposal penelitian sastra lisan b. Mendeskripsikan bab kajian pustaka dalam proposal penelitian sastra lisan c. Mendeskripsikan bab metode penelitian dalam proposal penelitian sastra lisan d. Mendeskripsikan bab etnografi dalam proposal penelitian sastra lisan e. Mendeskripsikan bab analisis dalam proposal penelitian sastra lisan f. Mendeskripsikan bab simpulan dalam proposal penelitian sastra lisan |
Kriteria:
- Lembar penilaian 1 digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan mahasiswa tentang teori sastra lisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
- Kuliah mimbar - Penugasan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: proposal penelitian sastra lisan Pustaka: Buku-buku sastra lisan (Indonesia) yang sduah terbit |
10% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
-UTS 2 X 50 |
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Sastra lisan yang berkembang di wilayah nusantara (daerah seluruh Indonesia) |
mahasiswa dapat mendeskripsikan sastra lisan nusantara sesuai kriteria |
Kriteria:
sesuai kriteria Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan penugasan
|
Diskusi dan penugasan
|
Materi: Sastra lisan nusantara Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
sesuai kriteria UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
UAS
|
Materi: semua materi dn sumber Pustaka: 11. Sudikan, Setya Yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan . Lamongan: Ilalang. |
15% |