Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Fisika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Matematik III

8420304299

T=4

P=0

ECTS=6.36

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa menguasai pengetahuan fisika klasik dan modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana menggunakan pendekatan fisika matematika

PO - 2

Mahasiswa mampu memformulasikan problematika suatu sistem fisis sederhana menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan

PO - 3

Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana tersebut

PO - 4

Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran fisika berbantuan matematika

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang : matriks dan ruang vektor, analisis vektor 3 dimensi, analisis tensor, dan fungsi variable kompleks melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas berbantuan IT.

Pustaka

Utama :

  1. Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
  2. Anton, H. and Kaul, A., 2019. Elementary linear algebra 12th Edition. John Wiley & Sons. New York

Pendukung :

  1. Arfken, G. 1995. Mathematical Methods for Physicists , Academic Press.
  2. Riley, K.F., Hobson, M.P., Bence, S.J. 2006. Mathematical Methods for Physics and Engineering, edisi 3, Cambridge Univ. Press.
  3. Hassani, Sadri. 2009. Mathematical methods for students of physics and related fields , 2nd ed. Springer, Illinois.

Dosen Pengampu

Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si.

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si.

Dr. Eng. Evi Suaebah, M.Si., M.Sc.

Arie Realita, M.Si.

Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
  1. Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
  2. Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Linear Algebra : Introduction, Matrices Row Reduction, Determinants, Cramer's Rule
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

2

Minggu ke 2

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
  1. Mahasiswa mampu melakukan reduksi baris pada sebuah matriks
  2. Mahasiswa mampu menentukan determinan suatu matriks menggunakan aturan Cramer
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Linear Algebra: Vectors, Lines and Planes, Matrix Operations, Linear Combination, Linear Function, Linear Operation
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

3

Minggu ke 3

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
  1. Mahasiswa memahami konsep ruang vektor linier
  2. Mahasiswa dapat menentukan nilai eigen dan fungsi eigen
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Linear Algebra: Linear Vector Spaces Eigenvalues and Eigenvectors, Diagonalizing Matrices
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

4

Minggu ke 4

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika

Mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan gelombang dan fisika modern menggunakan konsep matriks dan ruang vector

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Linear Algebra : Application of Diagonalization
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

5

Minggu ke 5

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
  1. Mahasiswa mampu menggunakan operator vektor del dalam koordinat 3D silinder dan bola
  2. Mahasiswa mampu melakukan operasi gradient, divergence dan curl pada koordinat 3D silinder dan bola
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Vector Analysis: Introduction, Application of Vector Multipilication, Tripel Product, Differentiation Vectors, Field, Directional Derivative Gradient
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

6

Minggu ke 6

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika

Mahasiswa mampu menggunakan integral garis untuk menyelesaikan persoalan fisika

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Vector Analysis: Line Integrals, Green Theorem in the Plane
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

7

Minggu ke 7

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika
  1. Mahasiswa memahami teorema Divergence dan aplikasinya di fisika
  2. Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan terkait gelombang dan fisika modern dengan konsep vektor
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Vector Analysis: The Divergence and the Divergence Theorem, The Curls and Stokes Theorem
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa menguasai pengetahuan gelombang dan fisika modern untuk mengidentifikasi sifat-sifat suatu sistem fisis sederhana yang relevan
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik dan numerik yang relevan
  3. Mahasiswa mampu menggunakan sikap ilmiah, pemikiran kritis dan keterampilan inovasi untuk mengkaji persoalan pembelajaran gelombang dan fisika modern di sekolah menengah berbantuan matematika

Mahasiswa mampu memahami dan menyelesaikan soal-soal USS yang relevan dengan materi ajar aljabar linear dan vektor analysis

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tulis
100 Menit
Tes tulis
100 menit
Materi: Materi UTS
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
20%

9

Minggu ke 9

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
  1. Mahasiswa memahami notasi tensor pada koordinat kartesian
  2. Mahasiswa mampu melakukan operasi tensor
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Tensor Analysis: Introduction, Cartesian Tensors, Tensor Notation and Operations
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern

Mahasiswa memahami konsep tensor inersia dan delta Kronecker

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Tensor Analysis: Inertia Tensor, Kronecker Delta and Levi-Civita Symbol, Pseudovectors and Pseudotensors
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
  1. Mahasiswa memahami koordinat kurvilinier
  2. Mahasiswa dapat melakukan operasi vector pada koordinat kurvilinier
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
Materi: Tensor Analysis: More about Applications, Curvilinear Coordinates, Vector Operators in Orthogonal Curvilinear Coordinates
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
  1. Mahasiswa memahami bentuk fungsi analitik
  2. Mahasiswa dapat melakukan integral contour
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Functions of A Complex Variable: Analytic Fuction, Contour Integral
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

13

Minggu ke 13

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
  1. Mahasiswa memahami deret Laurent
  2. Mahasiswa memahami teorema residu
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Functions of A Complex Variable: Laurent Series, The Residue Theorem
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
3%

14

Minggu ke 14

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern
  1. Mahasiswa dapat menentukan residu dengan beberapa metode
  2. Mahasiswa memahami proses mapping
Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Functions of A Complex Variable: Methods of Finding Residues, The Point at Infinity; Residues at Infinity, Mapping
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern

Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep fungsi variable kompleks untuk menyelesaikan permasalahan di bidang fisika

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Latihan Soal
150 menit
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Menonton Video Pembelajaran dan Latihan Soal
150 menit
Materi: Functions of A Complex Variable: Some Applications of Conformal Mapping
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
4%

16

Minggu ke 16

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan problematika sistem fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern menjadi model matematika dengan menggunakan bahasa simbolik/numerik yang relevan
  2. Mahasiswa mampu menggunakan proses berpikir tingkat tinggi untuk membentuk solusi dari model fisis sederhana terkait gelombang dan fisika modern

Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan materi ajar aljabar linear, vektor analysis, tensor analysis dan fungsi variabel kompleks untuk menyelesaikan permasalahan fisika

Kriteria:

Kuantitatif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Hasil Projek
25 menit
Presentasi Hasil Projek
25 menit
Materi: Materi UTS
Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science , edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 73.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.