Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Proposal Tugas Akhir

8602205035

T=3

P=2

ECTS=12.6

3

21 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Prof. Dr. Suryanti, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.

PO - 2

Memiliki kemandirian belajar lebih lanjut (sustainable development) serta mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.

PO - 3

Memahami teori dan praktek pembelajaran pengembangan ilmu pembelajaran dan pendidikan

PO - 4

Mampu membangun jaringan yang diperlukan untuk pengembangan pembelajaran/pendidikan dan mampu berkomunikasi dan bersosialisasi secara efektif serta mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yangdihadapi secara profesional.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang metodologi penelitian untuk menentukan tema penelitian dan menyusun rancangan penelitian berdasarkan pada teknik penulisan karya ilmiah. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, laporan buku/jurnal, dan refleksi.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

  1. Prahani, Binar Kurnia, dkk. Pembelajaran Digital Berbasis Physics Learning Web untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika : Optimalisasi MBKM di Perguruan Tinggi
  2. 5. Jatmiko, Budi, dkk. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Data Untuk Meningkatan Scientific Reasioning Mahasiswa. Laporan Penelitian.
  3. Suryanti, S., Lutfi Choirunnisa, N., Gunansyah, G., Indartiningsih, D., & Khairiyah, U. (2024). Assistance in Designing Elementary School Learning By Integrating Literacy And Numeracy. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 22-36. https://doi.org/10.29062/engagement.v8i1.1634
  4. 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Wiryanto, M.Si.

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.

Dr. Hendratno, M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

    Memiliki gambaran menyeluruh tentang rangkaian kegiatan serta tatacara penyelenggaraan mata kuiah proposal disertasi.

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Diskusi dan tanya jawab serta arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50
    Telaah beberapa artikel penelitian di jurnal nasional dan internasional
    5%

    2

    Minggu ke 2

    Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal disertasi: Judul dan fokus penelitian

    Judul dan fokus penelitian: menjelaskan dengan baik dan secara argumentatif.

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    5%

    3

    Minggu ke 3

    Menjelaskan dengan baik dan argumentatif tentang manfaat penelitian

    Memiliki teknik-teknik presentasi yang baik dan efektif

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    5%

    4

    Minggu ke 4

    Mampu menjelaskan konsep teoritik

    Memiliki sikap ilmiah yang konstruktif, yaitu konsep secara teoritik

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi dan tanya-jawab
    3 X 50

    5%

    5

    Minggu ke 5

    Mampu menjelaskan konsep secara teoritik

    Menjelaskan teori secara jelas/gamblang dan argumentatif

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    5%

    6

    Minggu ke 6

    Memiliki kemampuan praktik mempresentasikan proposal disertasi (sebagai pengembangan instrumen)

    Memiliki kemampuan praktik mempresentasikan proposal disertasi tentang pengembangan instrumen penelitian

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    10%

    7

    Minggu ke 7

    Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal: Pengembangan instrumen penelitian

    Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal tentang pengembangan instrumen penelitian

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Diskusi dan tanya-jawab
    3 X 50

    10%

    8

    Minggu ke 8

    Menjelaskan dan memberikan contoh materi tengah semester

    Mampu menjelaskan dan memberikan contoh materi tengah semester

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Portofolio
    UTS
    3 X 50

    5%

    9

    Minggu ke 9

    Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik

    Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    5%

    10

    Minggu ke 10

    Menguasai teknik pengumpulan data dengan baik

    Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    10%

    11

    Minggu ke 11

    Menguasai teknik pengumpulan data dengan baik

    Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    10%

    12

    Minggu ke 12

    Mampu memperbaiki proposal dan instrumen penelitian: Teknik Analisis data

    Menjelaskan Teknik Analisis data

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi
    3 X 50

    5%

    13

    Minggu ke 13

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi, diskusi, dan refleksi
    3 X 50

    5%

    14

    Minggu ke 14

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100

    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Presentasi, diskusi, dan refleksi
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Presentasi, diskusi, dan refleksi

    Kriteria:
    1. a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
    2. b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
    3. c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
    Presentasi, diskusi, dan refleksi
    3 X 50

    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


    15%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 35%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
    3. Penilaian Portofolio 5%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.