
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Pendidikan Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Proposal Tugas Akhir |
8602205035 |
|
T=3 |
P=2 |
ECTS=12.6 |
3 |
21 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
|
PO - 2 |
Memiliki kemandirian belajar lebih lanjut (sustainable development) serta mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
|
PO - 3 |
Memahami teori dan praktek pembelajaran pengembangan ilmu pembelajaran dan pendidikan
|
PO - 4 |
Mampu membangun jaringan yang diperlukan untuk pengembangan pembelajaran/pendidikan dan mampu berkomunikasi dan bersosialisasi secara efektif serta mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yangdihadapi secara profesional.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang metodologi penelitian untuk menentukan tema penelitian dan menyusun rancangan penelitian berdasarkan pada teknik penulisan karya ilmiah. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, laporan buku/jurnal, dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
- Prahani, Binar Kurnia, dkk. Pembelajaran Digital Berbasis Physics Learning Web untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika : Optimalisasi MBKM di Perguruan Tinggi
- 5. Jatmiko, Budi, dkk. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Data Untuk Meningkatan Scientific Reasioning Mahasiswa. Laporan Penelitian.
- Suryanti, S., Lutfi Choirunnisa, N., Gunansyah, G., Indartiningsih, D., & Khairiyah, U. (2024). Assistance in Designing Elementary School Learning By Integrating Literacy And Numeracy. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 22-36. https://doi.org/10.29062/engagement.v8i1.1634
- 3. Mariana, Neni., dkk. Implementasi Pendidikan STEAM di Perguruan Tinggi Studi Kasus di Nepal dan Indonesia. Laporan Penelitian
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Wiryanto, M.Si. Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Dr. Hendratno, M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
Memiliki gambaran menyeluruh tentang rangkaian kegiatan serta tatacara penyelenggaraan mata kuiah proposal disertasi. |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi dan tanya jawab serta arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
Telaah beberapa artikel penelitian di jurnal nasional dan internasional
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal disertasi: Judul dan fokus penelitian |
Judul dan fokus penelitian: menjelaskan dengan baik dan secara argumentatif. |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menjelaskan dengan baik dan argumentatif tentang manfaat penelitian |
Memiliki teknik-teknik presentasi yang baik dan efektif |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu menjelaskan konsep teoritik |
Memiliki sikap ilmiah yang konstruktif, yaitu konsep secara teoritik |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya-jawab 3 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menjelaskan konsep secara teoritik |
Menjelaskan teori secara jelas/gamblang dan argumentatif |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
Memiliki kemampuan praktik mempresentasikan proposal disertasi (sebagai pengembangan instrumen) |
Memiliki kemampuan praktik mempresentasikan proposal disertasi tentang pengembangan instrumen penelitian |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
10% |
7
Minggu ke 7 |
Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal: Pengembangan instrumen penelitian |
Memiliki kemampuan praktek mempresentasikan proposal tentang pengembangan instrumen penelitian |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya-jawab 3 X 50 |
|
|
10% |
8
Minggu ke 8 |
Menjelaskan dan memberikan contoh materi tengah semester |
Mampu menjelaskan dan memberikan contoh materi tengah semester |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
UTS 3 X 50 |
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik |
Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menguasai teknik pengumpulan data dengan baik |
Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
10% |
11
Minggu ke 11 |
Menguasai teknik pengumpulan data dengan baik |
Menjelaskan teknik pengumpulan data dengan baik |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
10% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memperbaiki proposal dan instrumen penelitian: Teknik Analisis data |
Menjelaskan Teknik Analisis data |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi individu- tanya jawab-PBL- dan arahan oleh pengampu matkul proposal disertasi 3 X 50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan refleksi 3 X 50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan refleksi 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Presentasi, diskusi, dan refleksi |
Kriteria:
- a. Jawaban salah alasan salah skor 30-59
- b. Jawaban benar, alasan salah skor 60-84
- c. Jawaban benar, alasan benar skor 85-100
|
Presentasi, diskusi, dan refleksi 3 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
|
15% |