|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini |
8620702276 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa memahami konsep manajemen PAUD berdasarkan pada karakteristik aspek pengembangan anak usia dini yang diaplikasikan dalam pengelolaan organisasi lembaga pendidikan
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat dalam mengaplikasikan keilmuan manajemen PAUD
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji pengalaman dan pengembangan dari MK Dasar-Dasar manajemen Pendidikan, untuk kemudian dapat memahami dan menganalisis penyelenggaraannya di Lembaga Pendidikan anak Usia Dini. Konsep dari mata kuliah ini adalah teori Manajemen Pendidikan terkhusus penyelenggaraannya di PAUD. Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD) |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
- Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
- Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and learning management: Integration of creative economy value to improve students’ life skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
- Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership
|
Pendukung : |
|
- Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami tujuan perkuliahan, ruang lingkup mata kuliah manajemen PAUD, dan prosedur perkuliahan. |
- Mengerti prosedur perkuliahan
- Brainstorming manajemen PAUD
|
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 menit |
Penugasan 170 menit |
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan. Pustaka: Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/... |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami filosofi, teori, dan pendekatan PAUD |
Memahami Filosofi PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
Penugasan 170 |
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami konsep dasar manajemen PAUD |
- Memahami definisi manajemen PAUD
- Mengidentifikasi jenis layanan pendidikan dalam PAUD
|
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Memahami konsep perencanaan PAUD Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami ketentuan dalam mendirikan lembaga PAUD |
- Memahami ketentuan pendirian lembaga PAUD
- Mengidentifikasi komponen dalam pendirian PAUD
- Komponen Akreditasi lembaga PAUD
|
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Rambu-rambu pendirian PAUD Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami pengelolaan keuangan lembaga PAUD |
- Memahami definisi manajemen keuangan
- Komponen pembelanjaan PAUD
- Sumber pendanaan PAUD
|
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Fungsi Pelaksanaan PAUD Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mengkaji standar PAUD sesuai peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014 |
Memahami Filosofi PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Contextual Teaching Learning 150 Menit |
|
Materi: Konsep evaluasi manajemen PAUD Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mengkaji standar PAUD sesuai peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014 |
- Memahami isi peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014
- Analisa pelaksanaan di lapangan
|
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Standar Pendidikan di PAUD Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mahasiswa mampu menyelesaikan UTS |
Bentuk Penilaian : Tes |
Exam Paper 150 Menit |
|
Materi: Exam Paper Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami sentra pembelajaran PAUD |
1. Memahami definisi sentra 2. Mengkaji komponen sentra dalam manajemen PAUD 3. Identifikasi kebutuhan sentra dari 8 SNP |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa memahami pengelolaan kurikulum PAUD |
1. Memahami definisi manajemen kurikulum 2. Model kurikulum PAUD 3. Efektifitas penggunaan kurikulum PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mengetahui syarat/ketentuan dalam pendirian PAUD |
1. Legalitas pendirian PAUD 2. Tempat dan lokasi ideal PAUD 3. Standar tenaga pengelola PAUD 4. Pemasaran PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa menganalisis pelaksanaan Pos PAUD Terpadu (PPT) |
Mengkaji tentang pedoman penyelenggaraan PAUD terpadu |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa menganalisis pembelajaran multikultural pada PAUD |
1. Memahami definisi pembelajaran multikultural 2. Rancangan pembelajaran pada konteks multikultural |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa memahami analisis kasus tentang pembaharuan PAUD |
1. Mengkaji satu kasus tentang pembaharuan/ perubahan tata kelola PAUD 2. Melakukan analisa dari substansi manajemen pendidikan |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD |
1. Definisi kemitraan 2. Komponen kerjasama dalam pengelolaan PAUD |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan Diskusi 150 Menit |
|
Materi: Ruang Lingkup Manajemen Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD |
Mahasiswa mampu mengerjalan tugas akhir hasil Project berupa Laporan Makalah |
Kriteria:
- Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
- Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
- Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan
Bentuk Penilaian : Tes |
Exam Paper 150 Menit |
|
Materi: UAS Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production |
15% |