Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

8620702276

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan.

PO - 2

Mahasiswa memahami konsep manajemen PAUD berdasarkan pada karakteristik aspek pengembangan anak usia dini yang diaplikasikan dalam pengelolaan organisasi lembaga pendidikan

PO - 3

Mahasiswa mampu berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat dalam mengaplikasikan keilmuan manajemen PAUD

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji pengalaman dan pengembangan dari MK Dasar-Dasar manajemen Pendidikan, untuk kemudian dapat memahami dan menganalisis penyelenggaraannya di Lembaga Pendidikan anak Usia Dini. Konsep dari mata kuliah ini adalah teori Manajemen Pendidikan terkhusus penyelenggaraannya di PAUD. Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD)

Pustaka

Utama :

  1. Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
  2. Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740
  3. Malaikosa, Y. M. L., Widyadharma, A. P., & Pangestu, W. T. (2022). Curriculum and learning management: Integration of creative economy value to improve students’ life skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.44253
  4. Moloney, M., Pettersen, J., (2017) Early Childhood Education Management: Insights into business practice and leadership

Pendukung :

  1. Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami tujuan perkuliahan, ruang lingkup mata kuliah manajemen PAUD, dan prosedur perkuliahan.

  1. Mengerti prosedur perkuliahan
  2. Brainstorming manajemen PAUD
Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 menit
Penugasan
170 menit
Materi: Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menerapkan pengelolaan PAUD dalam organisasi lembaga pendidikan.
Pustaka: Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/...
2%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami filosofi, teori, dan pendekatan PAUD

Memahami Filosofi PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit
Penugasan
170
Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami konsep dasar manajemen PAUD

  1. Memahami definisi manajemen PAUD
  2. Mengidentifikasi jenis layanan pendidikan dalam PAUD
Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Memahami konsep perencanaan PAUD
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami ketentuan dalam mendirikan lembaga PAUD

  1. Memahami ketentuan pendirian lembaga PAUD
  2. Mengidentifikasi komponen dalam pendirian PAUD
  3. Komponen Akreditasi lembaga PAUD
Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Rambu-rambu pendirian PAUD
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
7%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami pengelolaan keuangan lembaga PAUD

  1. Memahami definisi manajemen keuangan
  2. Komponen pembelanjaan PAUD
  3. Sumber pendanaan PAUD
Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Fungsi Pelaksanaan PAUD
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mengkaji standar PAUD sesuai peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014

Memahami Filosofi PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Contextual Teaching Learning
150 Menit

Materi: Konsep evaluasi manajemen PAUD
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mengkaji standar PAUD sesuai peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014

  1. Memahami isi peraturan menteri pendidikan nomor 137 tahun 2014
  2. Analisa pelaksanaan di lapangan
Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Standar Pendidikan di PAUD
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
3%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa mampu menyelesaikan UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
Exam Paper
150 Menit

Materi: Exam Paper
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memahami sentra pembelajaran PAUD

1. Memahami definisi sentra 2. Mengkaji komponen sentra dalam manajemen PAUD 3. Identifikasi kebutuhan sentra dari 8 SNP

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
7%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa memahami pengelolaan kurikulum PAUD

1. Memahami definisi manajemen kurikulum 2. Model kurikulum PAUD 3. Efektifitas penggunaan kurikulum PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mengetahui syarat/ketentuan dalam pendirian PAUD

1. Legalitas pendirian PAUD 2. Tempat dan lokasi ideal PAUD 3. Standar tenaga pengelola PAUD 4. Pemasaran PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa menganalisis pelaksanaan Pos PAUD Terpadu (PPT)

Mengkaji tentang pedoman penyelenggaraan PAUD terpadu

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa menganalisis pembelajaran multikultural pada PAUD

1. Memahami definisi pembelajaran multikultural 2. Rancangan pembelajaran pada konteks multikultural

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
3%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa memahami analisis kasus tentang pembaharuan PAUD

1. Mengkaji satu kasus tentang pembaharuan/ perubahan tata kelola PAUD 2. Melakukan analisa dari substansi manajemen pendidikan

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
5%

15

Minggu ke 15

Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD

1. Definisi kemitraan 2. Komponen kerjasama dalam pengelolaan PAUD

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan Diskusi
150 Menit

Materi: Ruang Lingkup Manajemen
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
10%

16

Minggu ke 16

Membangun jejaring kemitraan untuk kemandirian PAUD

Mahasiswa mampu mengerjalan tugas akhir hasil Project berupa Laporan Makalah

Kriteria:
  1. Nilai 4 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, menunjukkan pemahaman konsep yang baik, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  2. Nilai 3 jika presentasi dilakukan dengan runtut, dengan penekanan dan intonasi yang sesuai, namun masih kurang dalam pemahaman konsep, media presentasi (PPT) sesuai dengan kriteria, jawaban yang diberikan secara umum benar, dan mampu memberikan saran yang aplikatif.
  3. Nilai 2 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, mampu memformulasikan saran untuk perbaikan.
  4. Nilai 1 jika presentasi dilakukan kurang runtut, kurang runtut dalam pemahaman konsep, media presentasi tidak sesuai dengan kriteria, jawaban kepada penanya secara umum tidak benar, tidak mampu memformulasikan saran untuk perbaikan

Bentuk Penilaian :
Tes
Exam Paper
150 Menit

Materi: UAS
Pustaka: Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 20%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.