Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

8620702257

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

26 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi dan bahasa AUD

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, pengertian, karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak, Peran pematangan dan belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak.

PO - 3

Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan , menganalisis dan melakukan inovasi pengembangan literasi dan bahasa aud pada AUD

PO - 4

Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud, faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak, Peran pematangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak, membuat program pengembangan literasi dan bahasa aud anak dan Teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak serta mahasiswa mampu melakukan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud. Strategi pembelajaran menggunakan ceramah, pembelajaran berbasis proyek, grup diskusi demonstrasi.

Pustaka

Utama :

  1. Barratt-Pugh, C., & Rohl, M. (Eds.). (2020). Literacy learning in the early years. Routledge.
  2. Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
  3. Whitehead, M. (2009). Supporting language and literacy development in the early years. McGraw-Hill Education (UK).
  4. Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.

Pendukung :

  1. Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80-86.
  2. Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud dan mengenal jenis literasi dan bahasa aud

Mahasiswa dapat memahami hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dan mengenal materi-materi yang masuk kategori literasi dan bahasa aud untuk anak usia dini

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode ceramah, diskusi
2 x 50
Metode ceramah, diskusi
2 X 50
Materi: Konsep Literasi dan Bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
3%

2

Minggu ke 2

Pemahaman Permasalahan Literasi dan bahasa aud pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan permasalahan Literasi dan bahasa aud pada anak serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Permasalahan Anak Usia Dini
Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
3%

3

Minggu ke 3

Pemahaman pentingnya pengembangan literasi dan bahasa aud pada anak serta peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak.

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan pentingnya pengembangan literasi dan bahasa aud pada anak serta peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak.

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Metode ceramah, group discussion
2 X 50
Metode ceramah, group discussion
2 X 50
Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka:

Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
3%

4

Minggu ke 4

Program pengembangan literasi dan bahasa aud anak usia dini

  1. Mahasiswa dapat memahami prinsip pengembangan literasi dan bahasa aud berorientasi menyeluruh (holistik)
  2. Mahasiswa dapat menemukan indikator yang sesuai perkembangan literasi dan bahasa aud Nana dan Kiki, untuk membantu keluarga Tono agar dapat kedua anaknya dapat mencapai perkembangan literasi dan bahasa aud yang optimal
Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case study
2 x 50

Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.

Materi: Strategi pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
6%

5

Minggu ke 5

Pemahaman sasaran pengembangan literasi dan bahasa aud di TK dan kegiatan pengembangan literasi dan bahasa aud di TK.

Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan sasaran pengembangan literasi dan bahasa aud di TK serta kegiatan pengembangan literasi dan bahasa aud di TK.

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Kooperatif NHT
2 X 50
Kooperatif NHT
2 X 50
Materi: Aspek perkembangan bercerita dan mendongeng anak
Pustaka: Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.
10%

6

Minggu ke 6

  1. Pemahaman keterampilan pengembangan literasi dan bahasa aud anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan serta pelibatan orang tua dalam pengembangan literasi dan bahasa aud anak
  2. Case 2

Mahasiswa dapat memahami keterampilan pengembangan literasi dan bahasa aud anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan serta pelibatan orang tua dalam pengembangan literasi dan bahasa aud anak

Kriteria:

Lembar pengamatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Strategi Pembelajaran
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.

Materi: Perkembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
10%

7

Minggu ke 7

Pemahaman keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud dan teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak

Mahasiswa dapat memahami keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud dan teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak

Kriteria:

Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Permasalahan Anak
Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
10%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Nilai 10 - 100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Tes
2 x 50
Tes
2 X 50
Materi: Materi Pertemuan 1 - 7 Literasi dan Bahasa AUD
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa aud anak AUD

Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan literasi dan bahasa aud anak AUD

Kriteria:

Diskusi kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80-86.

Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
3%

10

Minggu ke 10

  1. Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa AUD
  2. Case 3

Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD

Kriteria:

Diskusi kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka:
3%

11

Minggu ke 11

  1. Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa AUD
  2. Case 3

Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD

Kriteria:

Diskusi kelompok


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group discussion
2 X 50
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka:
3%

12

Minggu ke 12

Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua

Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua

Kriteria:

Kesesuaian instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
2 x 50
Case Study
2 X 50
Materi: Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua
Pustaka:

Materi: Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua
Pustaka: Whitehead, M. (2009). Supporting language and literacy development in the early years. McGraw-Hill Education (UK).
6%

13

Minggu ke 13

  1. Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud
  2. Case 4

Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud

Kriteria:

Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi literasi dan bahasa AUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi
2 x 50
Demonstrasi
2 X 50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
10%

14

Minggu ke 14

Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud

Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud

Kriteria:

Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi literasi dan bahasa AUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Group discussion
2 x 50
Group Discussion
2 X 50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
10%

15

Minggu ke 15

Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud

Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud

Kriteria:

Kesesuaian dengan indikator peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi
2 x 50
Demonstrasi
2 X 50
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka:

Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
10%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan

Kriteria:

Nilai 10 - 100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes
2 x 50
Tes
2 X 50
Materi: Materu Literasi dan Bahasa AUD
Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 32.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Praktik / Unjuk Kerja 5%
4. Tes 2.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.