|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini |
8620702257 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
26 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan literasi dan bahasa AUD
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, pengertian, karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak, Peran pematangan dan belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan , menganalisis dan melakukan inovasi pengembangan literasi dan bahasa aud pada AUD
|
PO - 4 |
Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud, faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak, Peran pematangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak, membuat program pengembangan literasi dan bahasa aud anak dan Teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak serta mahasiswa mampu melakukan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud. Strategi pembelajaran menggunakan ceramah, pembelajaran berbasis proyek, grup diskusi demonstrasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Barratt-Pugh, C., & Rohl, M. (Eds.). (2020). Literacy learning in the early years. Routledge.
- Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press.
- Whitehead, M. (2009). Supporting language and literacy development in the early years. McGraw-Hill Education (UK).
- Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.
|
Pendukung : |
|
- Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80-86.
- Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141.
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud dan mengenal jenis literasi dan bahasa aud |
Mahasiswa dapat memahami hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dan mengenal materi-materi yang masuk kategori literasi dan bahasa aud untuk anak usia dini |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode ceramah, diskusi 2 x 50 |
Metode ceramah, diskusi 2 X 50 |
Materi: Konsep Literasi dan Bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Pemahaman Permasalahan Literasi dan bahasa aud pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan permasalahan Literasi dan bahasa aud pada anak serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan literasi dan bahasa aud anak |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Permasalahan Anak Usia Dini Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Pemahaman pentingnya pengembangan literasi dan bahasa aud pada anak serta peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak. |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan pentingnya pengembangan literasi dan bahasa aud pada anak serta peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan literasi dan bahasa aud anak. |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Metode ceramah, group discussion 2 X 50 |
Metode ceramah, group discussion 2 X 50 |
Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Program pengembangan literasi dan bahasa aud anak usia dini |
- Mahasiswa dapat memahami prinsip pengembangan literasi dan bahasa aud berorientasi menyeluruh (holistik)
- Mahasiswa dapat menemukan indikator yang sesuai perkembangan literasi dan bahasa aud Nana dan Kiki, untuk membantu keluarga Tono agar dapat kedua anaknya dapat mencapai perkembangan literasi dan bahasa aud yang optimal
|
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case study 2 x 50 |
|
Materi: Definisi perkembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. Materi: Strategi pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
Pemahaman sasaran pengembangan literasi dan bahasa aud di TK dan kegiatan pengembangan literasi dan bahasa aud di TK. |
Mahasiswa dapat menganalisis dan mejelaskan sasaran pengembangan literasi dan bahasa aud di TK serta kegiatan pengembangan literasi dan bahasa aud di TK. |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Kooperatif NHT 2 X 50 |
Kooperatif NHT 2 X 50 |
Materi: Aspek perkembangan bercerita dan mendongeng anak Pustaka: Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130-1141. |
10% |
6
Minggu ke 6 |
- Pemahaman keterampilan pengembangan literasi dan bahasa aud anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan serta pelibatan orang tua dalam pengembangan literasi dan bahasa aud anak
- Case 2
|
Mahasiswa dapat memahami keterampilan pengembangan literasi dan bahasa aud anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan serta pelibatan orang tua dalam pengembangan literasi dan bahasa aud anak |
Kriteria:
Lembar pengamatan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Strategi Pembelajaran Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. Materi: Perkembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60. |
10% |
7
Minggu ke 7 |
Pemahaman keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud dan teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak |
Mahasiswa dapat memahami keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud dan teknik evaluasi pengembangan literasi dan bahasa aud anak |
Kriteria:
Kedalaman ungkapan pendapat dan analisis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Permasalahan Anak Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Nilai 10 - 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Tes 2 x 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Materi Pertemuan 1 - 7 Literasi dan Bahasa AUD Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa aud anak AUD |
Mahasiswa dapat membuat instrument program pengembangan literasi dan bahasa aud anak AUD |
Kriteria:
Diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Adhe, K. R., Simantupang, N. D., Widayati, S., & Shofiyah, N. C. (2022). Pelatihan Penggunaan Dan Pemanfaatan Paudpedia Untuk Pengembangan Literasi Digital Guru Di Kabupaten Pasuruan. Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 80-86. Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa AUD
- Case 3
|
Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD |
Kriteria:
Diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: |
3% |
11
Minggu ke 11 |
- Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa AUD
- Case 3
|
Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD |
Kriteria:
Diskusi kelompok Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group discussion 2 X 50 |
Materi: Keterampilan membuat program pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua |
Mahasiswa dapat membuat instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua |
Kriteria:
Kesesuaian instrument evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 2 x 50 |
Case Study 2 X 50 |
Materi: Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua Pustaka: Materi: Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan literasi dan bahasa aud AUD dengan pelibatan orang tua Pustaka: Whitehead, M. (2009). Supporting language and literacy development in the early years. McGraw-Hill Education (UK). |
6% |
13
Minggu ke 13 |
- Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud
- Case 4
|
Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud |
Kriteria:
Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi literasi dan bahasa AUD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi 2 x 50 |
Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
10% |
14
Minggu ke 14 |
Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud |
Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud |
Kriteria:
Penampilan mahasiswa mempraktekkan materi literasi dan bahasa AUD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Group discussion 2 x 50 |
Group Discussion 2 X 50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud |
Mahasiswa terampil dalam peer teaching pengembangan literasi dan bahasa aud |
Kriteria:
Kesesuaian dengan indikator peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi 2 x 50 |
Demonstrasi 2 X 50 |
Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Materi: Keterampilan peer teaching pengembangan literasi dan bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan |
Kriteria:
Nilai 10 - 100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes 2 x 50 |
Tes 2 X 50 |
Materi: Materu Literasi dan Bahasa AUD Pustaka: Ewing, R., Callow, J., & Rushton, K. (2016). Language and literacy development in early childhood. Cambridge University Press. |
5% |