|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
PSIKOLOGI OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI |
8500102018 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=5.04 |
3 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
|
PO - 2 |
Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani
|
PO - 3 |
Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani
|
PO - 4 |
Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
|
PO - 5 |
Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
|
PO - 6 |
Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani
|
PO - 7 |
Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan
|
PO - 8 |
Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani
|
PO - 9 |
Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani
|
PO - 10 |
Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
|
PO - 11 |
Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 | PO-10 | PO-11 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | | | | | | | | | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | ✔ | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | PO-11 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Analisis Psikologi Olahraga dan Pendidikan Jasmani membahas tentang Teori, konsep dan aspek psikologis dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif, masalah dalam pendidikan jasmani, pentingnya psikologi bagi guru pendidikan jasmani, teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani, peningkatan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani, teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani, Prinsip teori tujuan pencapaian, Teori persepsi diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani, Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani, Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani, Minat dan nilai dan cara meningkatkan minat dan nilai untuk pendidikan jasmani, Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk memengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
|
Pendukung : |
|
- Artikel jurnal mutakhir
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si. Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif |
- Mahasiswa menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
- Mahasiswa menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektifdi Indonesia
|
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Theories, concepts and psychological aspects in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis the problems in physical education |
Mahasiswa menganalisis Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dari berbagai sumber
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dari berbagai sumber
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: The problems in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani |
Mahasiswa menganalisis the importance of psychology for physical education teachers |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: The importance of psychology for physical education teachers Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani |
- Mahasiswa menganalisis bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
- Mahasiswa memaparkan materi Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian proyek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Analyzing modeling theories dan practical modeling in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education Pustaka: Artikel jurnal mutakhir |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani |
- Mahasiswa menganalisis bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
- Mahasiswa memaparkan materi Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian proyek
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya secara maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Analyzing modeling theories dan practical modeling in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education Pustaka: Artikel jurnal mutakhir |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani |
Mahasiswa menganalisis tentang Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang bagaimana Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang bagaimana Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Enhancing moral development in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Enhancing moral development in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian UTS
|
Kriteria:
Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-7 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Materi 1-7 Pustaka: Artikel jurnal mutakhir |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan |
Mahasiswa mampu menganalisis Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Principles of achievement goals theory Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Self-Perception theories and means of enhancing self-perception in physical education |
Mahasiswa mampu menganalisis Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Self-Perception theories and means of enhancing self-perception in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani |
Mahasiswa mampu menganalisis Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentangTeori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Attributions theory and practical implications for physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani |
- Mahasiswa mampu menghasilkan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
- Mahasiswa mampu meenganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmaniyang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Interest and Value and means of enhancing interest and value for physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani |
- Mahasiswa mampu menghasilkan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
- Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmaniyang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Project Base Learning
• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.
• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek
• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati
• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek
[TM: 1x170’] 2 X 50‘/3.18 ECTS |
Materi: Interest and Value and means of enhancing interest and value for physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani |
Mahasiswa mampu menganalisis Motivation, self-determination theory, strategies to positively influence student motivation in physical education |
Kriteria:
Rubrik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’]
|
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya dengan LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’]
|
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Motivation, self-determination theory, strategies to positively influence student motivation in physical education Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education Pustaka: Artikel jurnal mutakhir |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menguasai psikologi penjas dari berbagai perspektif
- Mahasiswa mampu menciptakan tips terkait masalah psikologi penjas
|
- Mahasiswa menguasai psikologi penjas dari berbagai perspektif
- Mahasiswa mampu menciptakan tips terkait masalah psikologi dalam penjas
|
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dan solusinya
[TM: 1x170’]
|
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom
Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab
Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dan solusinya
[TM: 1x170’]
|
Materi: Psikologi penjas dari berbagai perspektif Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge. Materi: Masalah psikologi dalam penjas Pustaka: Artikel jurnal mutakhir |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-15 |
Kriteria:
- Rubrik penilaian partisipasi
- Rubrik penilaian UAS
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
|
|
|
15% |