Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Pendidikan Jasmani

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PSIKOLOGI OLAHRAGA DAN PENDIDIKAN JASMANI

8500102018

T=2

P=0

ECTS=5.04

3

3 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif

PO - 2

Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

PO - 3

Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani

PO - 4

Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

PO - 5

Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

PO - 6

Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

PO - 7

Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan

PO - 8

Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani

PO - 9

Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani

PO - 10

Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

PO - 11

Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10
PO-11

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Analisis Psikologi Olahraga dan Pendidikan Jasmani membahas tentang Teori, konsep dan aspek psikologis dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif, masalah dalam pendidikan jasmani, pentingnya psikologi bagi guru pendidikan jasmani, teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani, peningkatan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani, teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani, Prinsip teori tujuan pencapaian, Teori persepsi diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani, Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani, Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani, Minat dan nilai dan cara meningkatkan minat dan nilai untuk pendidikan jasmani, Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk memengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani.

Pustaka

Utama :

  1. Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.

Pendukung :

  1. Artikel jurnal mutakhir

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si.

Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif

  1. Mahasiswa menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
  2. Mahasiswa menganalisis Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektifdi Indonesia
Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori, konsep dan aspek psikologi dalam pendidikan jasmani, kebijakan dan implementasi pendidikan jasmani dari berbagai perspektif
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Theories, concepts and psychological aspects in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menganalisis the problems in physical education

Mahasiswa menganalisis Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dari berbagai sumber

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom


Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dari berbagai sumber

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: The problems in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani

Mahasiswa menganalisis the importance of psychology for physical education teachers

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka secara maya melalui LMS atau zoom


Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Pentingnya Psikologi Bagi Guru Pendidikan Jasmani

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: The importance of psychology for physical education teachers
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu menganalisis Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

  1. Mahasiswa menganalisis bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
  2. Mahasiswa memaparkan materi Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian proyek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya secara maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Analyzing modeling theories dan practical modeling in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.

Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education
Pustaka: Artikel jurnal mutakhir
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menganalisis Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

  1. Mahasiswa menganalisis bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
  2. Mahasiswa memaparkan materi Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian proyek

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya secara maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani
Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah bahan dan tujuan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Menganalisis teori pemodelan dan pemodelan praktis dalam pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Analyzing modeling theories dan practical modeling in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.

Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education
Pustaka: Artikel jurnal mutakhir
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

Mahasiswa menganalisis tentang Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang bagaimana Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang bagaimana Meningkatkan perkembangan moral dalam pendidikan jasmani
[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Enhancing moral development in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori penguatan dan penguatan praktis dalam pendidikan jasmani

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Enhancing moral development in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian UTS
Kriteria:

Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes

2 X 50‘/3.18 ECTS

2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Materi 1-7
Pustaka: Artikel jurnal mutakhir
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan

Mahasiswa mampu menganalisis Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Prinsip-prinsip teori pencapaian tujuan


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Principles of achievement goals theory
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Self-Perception theories and means of enhancing self-perception in physical education

Mahasiswa mampu menganalisis Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori Persepsi Diri dan cara meningkatkan persepsi diri dalam pendidikan jasmani

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Self-Perception theories and means of enhancing self-perception in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu menganalisis tentang Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani

Mahasiswa mampu menganalisis Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentangTeori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya menggunakan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Teori atribusi dan implikasi praktis untuk pendidikan jasmani


[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Attributions theory and practical implications for physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

  1. Mahasiswa mampu menghasilkan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
  2. Mahasiswa mampu meenganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmaniyang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Interest and Value and means of enhancing interest and value for physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

  1. Mahasiswa mampu menghasilkan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
  2. Mahasiswa mampu menganalisis Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmaniyang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Project Base Learning

• Fase1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Dosen bertanya tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani
Mahasiswa merespon pertanyaan dosen.

• Fase2: Menyusun Perencanaan Proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk merancang pembuatan paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

Mahasiswa merancang dan menyususn presentasi tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase3: Menyusun Jadwal
Dosen membuat kesepakatan batas akhir pengumpulan proyek.
Mahasiswa menyusun timeline untuk menyelesaikan proyek

• Fase 4: Monitoring
Dosen memonitor proses mahasiswa mengumpulkan hasil proyek.
Mahasiswa mengumpulkan hasil karya sesuai batas waktu yang telah disepakati

• Fase 5: Menguji Hasil
Dosen menguji hasil presentasi, apakah paparan tentang Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani yang dibuat sudah sesuai dengan peraturan terbaru
Proses pengujian paparan diobservasi oleh dosen untuk melihat kualitas produk paparan Minat dan Nilai serta cara meningkatkan minat dan nilai pendidikan jasmani

• Fase 6: Evaluasi Pengalaman
Mahasiswa melakukan editing hasil dan saran atau masukan bahan paparan
Dosen memberikan saran dan masukan terhadap proyek
Dosen memberikan waktu mahasiswa untuk refleksi dan revisi proyek

[TM: 1x170’]
2 X 50‘/3.18 ECTS
Materi: Interest and Value and means of enhancing interest and value for physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menganalisis Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani

Mahasiswa mampu menganalisis Motivation, self-determination theory, strategies to positively influence student motivation in physical education

Kriteria:

Rubrik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani
Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani


[TM: 1x170’]
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya dengan LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Motivasi, teori penentuan nasib sendiri, strategi untuk mempengaruhi motivasi siswa secara positif dalam pendidikan jasmani


[TM: 1x170’]
Materi: Mahasiswa mampu menganalisis Motivation, self-determination theory, strategies to positively influence student motivation in physical education
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.

Materi: Modeling theories dan practical modeling in physical education
Pustaka: Artikel jurnal mutakhir
5%

15

Minggu ke 15

  1. Mahasiswa mampu menguasai psikologi penjas dari berbagai perspektif
  2. Mahasiswa mampu menciptakan tips terkait masalah psikologi penjas
  1. Mahasiswa menguasai psikologi penjas dari berbagai perspektif
  2. Mahasiswa mampu menciptakan tips terkait masalah psikologi dalam penjas
Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap muka

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dan solusinya

[TM: 1x170’]
Bentuk Pembelajaran:
Kuliah tatap maya melalui LMS atau zoom

Metode pembelajaran:
Discussion & tanya jawab

Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani

Penugasan mahasiswa tugas mandiri untuk mencari literasi tentang Masalah-masalah dalam pendidikan jasmani dan solusinya

[TM: 1x170’]
Materi: Psikologi penjas dari berbagai perspektif
Pustaka: Blankenship, Bonnies Tjeerdsma. 2017. The Psychology of Teaching Physical Education from Theory to Practice. New York: Routledge.

Materi: Masalah psikologi dalam penjas
Pustaka: Artikel jurnal mutakhir
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mahasiswa menguasai materi pertemuan 1-15

Kriteria:
  1. Rubrik penilaian partisipasi
  2. Rubrik penilaian UAS

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 72.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Tes 15%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.