|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Matematika III |
4520104294 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
3 |
26 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Nugrahani Primary Putri, M.Si.
|
Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
|
Prof. Dr. Munasir, S.Si., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-6 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familier maupun baru |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis matematis sesuai dengan bidang fisika
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis matematis
|
PO - 3 |
Mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-4 | PLO-6 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | | | ✔ | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-3 | | | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
This course examines: Fourier series, special functions, solutions to differential equations, and partial differential equations through active learning with a combination of discussion methods, question and answer and IT-assisted assignments. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York.
|
Pendukung : |
|
- Riley, K.F., Hobson, M.P., Bence, S.J. 2006. Mathematical Methods for Physics and Engineering, edisi 3, Cambridge Univ. Press.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Zainul Arifin Imam Supardi, M.Si. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dr. Nugrahani Primary Putri, S.Si., M.Si. Dr. Rohim Aminullah Firdaus, S.Pd, M.Si Arie Realita, M.Si. Dr. Muhimmatul Khoiro, S. Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to determine the average value of a function |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to determine the average value of a function
- Students are able to identify the periodic function and the periodicity of a function
- Students are able to determine the value of the coefficient of the Fourier series
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis deret Fourier sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan deret Fourier
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan deret Fourier dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to determine the value of the coefficient of the Fourier series
- Students are able to identify odd and even functions
- Students can change the form of Fourier series to complex form
- Students can solve Fourier series with different intervals
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 7 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions
- Students are able to perform integral solutions using error function and elliptic functions
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan analisis fungsi khusus sesuai dengan bidang fisika
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan analisis fungsi khusus
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan analisis fungsi khusus dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
- Students are able to perform integral solutions using the gamma and beta functions
- Students are able to perform integral solutions using error function and elliptic functions
- Students are able to apply the concepts of gamma, beta, error functions and elliptic functions to solve physics problems
|
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menggunakan polinomial Legendre sesuai dengan bidang fisika |
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Legendre polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
|
Mahasiswa dapat menyelesaikan semua soal terkait deret Fourier dan fungsi khusus |
Kriteria:
Mahasiswa akan mendapatkan nilai penuh jika memenuhi indikator penilaian Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
UTS
|
Materi: Ch7 dan Ch 11 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Legendre
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan Fisika menggunakan polinomial Bessel
- Mahasiswa mampu merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi, serta memodelkannya menggunakan polinomial Legendre dan Bessel dan komputasi untuk pengambilan keputusan di bidang Fisika
|
Students are able to solve differential equations related to physics concepts using Bessel polynomials |
Kriteria:
Students will get full marks if they meet the assessment indicators Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Ceramah, diskusi, latihan soal 4 x 50 menit |
Materi: Ch 12 Pustaka: Boas, M.L. 2006. Mathematical Methods in the Physical Science, edisi 3, John Wiley & Sons, New York. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |