Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Matematika Ekonomi

6120103086

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

12 Agustus 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Widyastuti., S.Si., M.Si




Trias Madanika K., SE., S.Pd., MM




Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

C4. Mahasiswa mampu mengaitkan dengan tepat teori Matematika Ekonomi dengan permasalahan Ekonomi.

PO - 2

C4. Mahasiswa mampu memilih secara tepat model Matematika Ekonomi untuk memecahkan masalah.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas dan teliti di dalam kegiatan pembelajaran matematika ekonomi.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar matematika yang dikaitkan dengan teori ekonomi mikro dan makro, meliputi : Baris dan Deret, Fungsi Linier, Fungsi Non Linier, Diferensial, Diferensial Parsial dan Integral serta penerapannya dalam bidang ekonomi. Metode pembelajaran dilakukan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta melakukan pendekatan inkuiri, yaitu penyelesaian tugas dan pemecahan masalah

Pustaka

Utama :

  1. Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing
  2. Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE
  3. Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.

Widyastuti, S.Si., M.Si.

Ina Uswatun Nihaya, S.E., M.Sc.

Rasyidi Faiz Akbar, S.E., M.M.

Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM.

Nunik Dwi Kusumawati, S.M., M.S.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis deret dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu mengidentifikasi deret ukur
  2. Mampu menghitung dan menganalisis perkembangan usaha
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: deret ukur dan deret hitung
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE
3%

2

Minggu ke 2

Menganalisis deret dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu mengidentifikasi deret hitung
  2. Mampu menghitung dan menganalisis bunga majemuk serta pertumbuhan penduduk
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 x 50

Materi: deret ukur dan deret hitung
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: deret ukur dan deret hitung
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
3%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasikan unsur dan bentuk fungsi linear, menyusun fungsi linear, menghitung nilai variabel fungsi linear.

  1. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis fungsi
  2. Mampu menjelaskan bentuk fungsi linear
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Fungsi Linier
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing

Materi: Fungsi Linier
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Fungsi Linier
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
4%

4

Minggu ke 4

Mengaplikasikan fungsi linier dalam ekonomi mikro

  1. Mampu menyusun fungsi permintaan dan penawaran
  2. Mampu menghitung harga dan jumlah keseimbangan pasar
  3. Mampu menghitung harga dan jumlah keseimbangan pasar untuk dua jenis barang
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Fungsi permintaan, fungsi penawaran dan keseimbangan pasar
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Fungsi permintaan, fungsi penawaran dan keseimbangan pasar
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat

Materi: Fungsi permintaan, fungsi penawaran dan keseimbangan pasar
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing
5%

5

Minggu ke 5

Menerapkan fungsi linier dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menghitung serta menganalisis keseimbangan pasar sesudah pajak dan subsidi
  2. Mampu menghitung serta menganalisis fungsi biaya, penerimaan, keuntungan, kerugian dan breakeven
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tanya jawab
3x50

Materi: Subsidi, pajak dan keseimbangan pasar
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Subsidi, pajak dan keseimbangan pasar
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
5%

6

Minggu ke 6

Mengaplikasikan fungsi linier dalam ekonomi makro

Mampu menghitung serta menganalisis fungsi konsumsi, tabungan dan investasi

Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: fungsi konsumsi, tabungan dan investasi
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing

Materi: fungsi konsumsi, tabungan dan investasi
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
5%

7

Minggu ke 7

Menerapkan fungsi linier dalam ilmu ekonomi

Mampu menghitung dan menganalisis fungsi transfer, pajak dan impor.

Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab

Materi: Fungsi transfer, pajak, pendapatan nasional
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing

Materi: Fungsi transfer, pajak, pendapatan nasional
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
5%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

mengerjakan soal ujian dengan benar

Kriteria:

mengerjakan soal ujian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
test
3 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Menganalisis bentuk fungsi non linear dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menganalisis fungsi non linear
  2. Mampu menganalisis fungsi permintaan dan penawaran non linear
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Fungsi non linier
Pustaka: Sarjono,Haryadi. dan Sanny, Lim 2012. Aplikasi Matematika Untuk Bisnis Dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Materi: Fungsi non linier
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2014. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 3 . Jakarta:Salemba Empat

Materi: UTS
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Menganalisis bentuk fungsi non linear dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menghitung dan menganalisis keseimbangan pasar untuk fungsi non linear
  2. Mampu menghitung dan menganalisis keseimbangan pasar sesudah pajak dan subsidi untuk fungsi non linear
  3. Mampu menghitung dan menganalisis fungsi biaya, penerimaan , BEP untuk fungsi non linear
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab

Materi: Fungsi non linier
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Fungsi non linier
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2014. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 3 . Jakarta:Salemba Empat
2%

11

Minggu ke 11

Menganalisis kaidah diferensial dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menunjukkan kaidah diferensial
  2. Mampu menghitung dan menganalisis elastisitas permintaan, penawaran dan produksi
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Diferensial dan penerapannya dalam elastisitas permintaan, penawaran dan produksi
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2014. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 3 . Jakarta:Salemba Empat

Materi: Diferensial dan penerapannya dalam elastisitas permintaan, penawaran dan produksi
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Diferensial dan penerapannya dalam elastisitas permintaan, penawaran dan produksi
Pustaka: Sarjono,Haryadi. dan Sanny, Lim 2012. Aplikasi Matematika Untuk Bisnis Dan Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
2%

12

Minggu ke 12

Menganalisis kaidah diferensial dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menghitung biaya marginal, penerimaan marginal dan produk marginal
  2. Mampu menghitung nilai optimum (keuntungan maksimum, biaya total minimum, penerimaan maksimum)
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 x 50

Materi: Diferensial dalam biaya marginal, penerimaan marginal dan produk marginal serta nilai optimum
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing

Materi: Diferensial dalam biaya marginal, penerimaan marginal dan produk marginal serta nilai optimum
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
2%

13

Minggu ke 13

Menganalisis kaidah diferensial parsial dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu mengidentifikasi kaidah diferensial parsial
  2. Mampu menghitung dan menganalisis fungsi maksimum dan minimum
  3. Mampu menghitung fungsi Lagrange
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Diferensial parsial dan fungsi Lagrange
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Differensial parsial dan fungsi Lagrange
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
2%

14

Minggu ke 14

Menganalisis kaidah diferensial parsial dan penerapannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu menghitung dan menganalisis elastisitas silang
  2. Mampu menghitung dan menganalisis laba maksimum 2 jenis barang
  3. Mampu menghitung dan menganalisis keseimbangan produksi dan konsumsi
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab

Materi: Diferensial parsial dan penerapannya
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Diferensial parsial dan penerapannya
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat
2%

15

Minggu ke 15

Menganalisis kaidah integral dan menerapkannya dalam ilmu ekonomi

  1. Mampu mengaplikasikan kaidah integral
  2. Mampu menghitung dan menganalisis surplus konsumen dan produsen
Kriteria:
  1. 1.Rubrik holistik
  2. 2.Bentuk non-tes:mengerjakan soal latihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3 X 50

Materi: Intergral dan pnerapannya dalam surplus produsen/konsumen
Pustaka: Dumairy. 2010. Matematika Terapanuntuk Bisnis dan Ekonomi edisi ketiga. Yogyakarta:BPFE

Materi: Intergral dan pnerapannya dalam surplus produsen/konsumen
Pustaka: Kalangi, Josep Bintang. 2019. MatematikaEkonomi & Bisnis edisi ke- 4 . Jakarta:Salemba Empat

Materi: Intergral dan pnerapannya dalam surplus produsen/konsumen
Pustaka: Bumulo, Hussain. , Mursito, Djoko. 2011. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya . Bayumedia Publishing
5%

16

Minggu ke 16

UJIAN AKHIR SEMESTER

menjawab soal ujian

Kriteria:

mengerjakan soal ujian dengan benar


Bentuk Penilaian :
Tes
test
3 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.