
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Public Relations |
8720703192 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
7 |
10 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
TRI SUDARWANTO |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Able to apply pedagogical concepts in Business learning in Vocational High Schools, Public High Schools and/or equivalent |
PLO-6 |
Able to apply the concept of Business and Marketing and other cognate fields of knowledge as a support for mastery of knowledge that is relevant to the development of science and technology |
PLO-9 |
Able to implement management functions in managing and evaluating business feasibility |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori Public Relation (Pengetahuan).
|
PO - 2 |
Menerapkan konsep dasar public relations dalam konteks pembelajaran bisnis
|
PO - 3 |
Menganalisis peran public relations dalam mendukung strategi bisnis dan pemasaran
|
PO - 4 |
Menciptakan dan Menerapkan rencana public relations yang inovatif untuk organisasi bisnis untuk berbagai media
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-3 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | | | PO-3 | | | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | ✔ | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | | | | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Public Relation membahas konsep, prinsip, dan praktik kehumasan sebagai salah satu fungsi strategis dalam organisasi, baik di sektor bisnis, pemerintahan, maupun lembaga non-profit. Mahasiswa akan mempelajari teori dasar hubungan masyarakat, peran dan fungsi humas dalam membangun citra serta reputasi organisasi, strategi komunikasi yang efektif, teknik menulis untuk publikasi humas, serta pengelolaan media dan stakeholder.
Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dalam merancang program public relation, menyusun press release, melakukan manajemen krisis komunikasi, serta mengevaluasi efektivitas kegiatan kehumasan. Melalui pembelajaran berbasis teori, studi kasus, dan praktik, mata kuliah ini bertujuan menumbuhkan kemampuan analisis, kreativitas, serta etika profesional mahasiswa dalam bidang public relation. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.
- Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson.
- Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.
- Kasali, R. (2014). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti.
|
Pendukung : |
|
- Smith, R. D. (2021). Strategic Planning for Public Relations (6th ed.). Routledge.
- Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson.
- Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd. Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd. Veni Rafida, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dan prinsip dari public relation |
- >80 Mampu mengidentifikasi Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori Public Relation
- >80 Membedakan PR dengan marketing, advertising, dan publikasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50 150 |
|
Materi: Public Relatiobns Pustaka: Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education. Materi: Public Relations Pustaka: Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami peran, tugas & fungsi PR dalam organisasi |
- Mahasiswa Mampu Menjelaskan peran Public Relations dalam organisasi
- Mengidentifikasi fungsi manajerial & staf Public Relations
- Menjelaskan kelebihan dan kekurangan departemen internal VS departemen eksternal Public Relations
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mengenali dan mengidentifikasi permasalahan Publik Relations |
Mengidentifikasi permasalahan Public Relations dan membedakan dengan permasalahan lain |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami konsep publik |
Menjelaskan konsep public Mengidentifikasi publik internal dan eksternal Menjelaskan pentingnya menjaga hubungan dengan publik |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya jawab, Diskusi
3 X 50 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu menilai keberhasilan program PR melalui analisis kuantitatif dan kualitatif, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan strategi komunikasi, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan evaluasi. |
- Kemampuan menganalisis data hasil program PR
- Ketepatan dalam menerapkan kriteria evaluasi komunikasi
- Kualitas rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan
|
Kriteria:
- Kemampuan menganalisis data hasil program Public Relations
- Ketepatan dalam menerapkan kriteria evaluasi komunikasi
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program PR dengan menggunakan tools analisis komunikasi..
|
Analisis studi kasus program PR, Menyusun laporan evaluasi berdasarkan data simulasi
|
Materi: Kriteria keberhasilan komunikasi PR, Metode evaluasi program PR (kuantitatif & kualitatif), Analisis dampak komunikasi terhadap reputasi dan hubungan stakeholders, Studi kasus program PR yang berhasil dan gagal Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis dan menilai hasil program PR menggunakan alat ukur komunikasi yang relevan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan evaluasi. |
- Kemampuan mengidentifikasi kriteria keberhasilan komunikasi (seperti reach, engagement, conversion, sentiment analysis)
- Kemampuan menerapkan metode evaluasi kuantitatif dan kualitatif
- Kemampuan menyusun laporan evaluasi yang mencakup temuan, analisis, dan rekomendasi
|
Kriteria:
- mengidentifikasi kriteria keberhasilan komunikasi (seperti reach, engagement, conversion, sentiment analysis)
- menerapkan metode evaluasi kuantitatif dan kualitatif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program PR.
|
Analisis studi kasus program PR: identifikasi kriteria keberhasilan dan berikan evaluasi tertulis, Kuis online tentang metode pengukuran efektivitas komunikasi
|
Materi: Konsep dan pentingnya evaluasi dalam PR, Alat dan metode pengukuran efektivitas komunikasi (media monitoring, survey, KPI), Analisis data dan interpretasi hasil, Penyusunan laporan evaluasi dan rekomendasi strategis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat merancang dan menyusun rencana public relations yang inovatif, efektif, dan sesuai dengan konteks organisasi bisnis, serta mampu mempresentasikan dan mempertahankan ide-ide kreatif mereka. |
- Kemampuan menganalisis situasi dan kebutuhan organisasi
- Kreativitas dalam merumuskan strategi dan taktik PR
- Kesesuaian rencana dengan tujuan bisnis dan stakeholder
- Kelengkapan dan struktur rencana PR
- Kemampuan presentasi dan argumentasi
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, workshop perancangan rencana, presentasi dan umpan balik.
|
|
Materi: Konsep perencanaan PR inovatif, Analisis situasi dan stakeholder, Penetapan tujuan dan sasaran PR, Pengembangan strategi dan taktik kreatif, Implementasi dan evaluasi rencana, Studi kasus organisasi bisnis Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang strategi public relations yang efektif dalam konteks bisnis pendidikan. |
- Kemampuan mengidentifikasi elemen dasar PR dalam studi kasus bisnis
- Kemampuan menganalisis efektivitas strategi PR yang diterapkan
- Kemampuan merancang proposal strategi PR sederhana untuk konteks pendidikan bisnis
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi perancangan strategi PR.
|
Analisis studi kasus PR dalam pendidikan bisnis, Pengembangan draft proposal strategi PR
|
Materi: Konsep dasar PR dalam bisnis, Studi kasus penerapan PR di institusi pendidikan bisnis, Teknik perancangan strategi PR untuk konteks pendidikan Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiwa memahami konsep pencitraan dan reputasi perusahaan |
3 |
Kriteria:
Dapat menganalisis reputasi PR Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah - presentasi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiwa menganalisis isu - isu reputasi perusahaan |
Mahasiswa mampu menganalisis isu Public Relations dalam organisasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah - presentasi 150 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiwa memahami manajemen krisis dalam Public Relations
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan menejemen krisis pada case / kasus yang relevan
|
Mampu menganalisis krisis dalam organisasi |
Kriteria:
Mampu menganalisis krisis dalam organisasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Smith, R. D. (2021). Strategic Planning for Public Relations (6th ed.). Routledge. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mahasiwa memahami manajemen krisis dalam Public Relations
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan menejemen krisis pada case / kasus yang relevan
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiwa mendesain penyelesaian krisis dalam organisasi |
Mampu mempresentasikan solusi penyelesaian krisis PR secara sistematis |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Project,
Diskusi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Kasali, R. (2014). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiwa memahami kode etik profesi Public Relation |
Mampu menjelaskan kode etik profesi Public Relations |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiwa memahami aturan hukum terkait profesi Public Relations |
Memahami aturan hukum yang berlaku dalam profesi Public Relations |
|
Ceramah, diskusi 150 |
|
Materi: Public Relations Pustaka: Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Public Relations Pustaka: Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson. |
10% |