Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Bisnis

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Public Relations

8720703192

T=3

P=0

ECTS=4.77

7

10 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




TRI SUDARWANTO

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Able to apply pedagogical concepts in Business learning in Vocational High Schools, Public High Schools and/or equivalent

PLO-6

Able to apply the concept of Business and Marketing and other cognate fields of knowledge as a support for mastery of knowledge that is relevant to the development of science and technology

PLO-9

Able to implement management functions in managing and evaluating business feasibility

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori Public Relation (Pengetahuan).

PO - 2

Menerapkan konsep dasar public relations dalam konteks pembelajaran bisnis

PO - 3

Menganalisis peran public relations dalam mendukung strategi bisnis dan pemasaran

PO - 4

Menciptakan dan Menerapkan rencana public relations yang inovatif untuk organisasi bisnis untuk berbagai media

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-5PLO-6PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Public Relation membahas konsep, prinsip, dan praktik kehumasan sebagai salah satu fungsi strategis dalam organisasi, baik di sektor bisnis, pemerintahan, maupun lembaga non-profit. Mahasiswa akan mempelajari teori dasar hubungan masyarakat, peran dan fungsi humas dalam membangun citra serta reputasi organisasi, strategi komunikasi yang efektif, teknik menulis untuk publikasi humas, serta pengelolaan media dan stakeholder. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali keterampilan dalam merancang program public relation, menyusun press release, melakukan manajemen krisis komunikasi, serta mengevaluasi efektivitas kegiatan kehumasan. Melalui pembelajaran berbasis teori, studi kasus, dan praktik, mata kuliah ini bertujuan menumbuhkan kemampuan analisis, kreativitas, serta etika profesional mahasiswa dalam bidang public relation.

Pustaka

Utama :

  1. Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.
  2. Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson.
  3. Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.
  4. Kasali, R. (2014). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti.

Pendukung :

  1. Smith, R. D. (2021). Strategic Planning for Public Relations (6th ed.). Routledge.
  2. Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson.
  3. Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill.

Dosen Pengampu

Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.

Septyan Budy Cahya, S.Pd., M.Pd.

Veni Rafida, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dan prinsip dari public relation

  1. >80 Mampu mengidentifikasi Menjelaskan konsep, prinsip, dan teori Public Relation
  2. >80 Membedakan PR dengan marketing, advertising, dan publikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50
150

Materi: Public Relatiobns
Pustaka: Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.

Materi: Public Relations
Pustaka: Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami peran, tugas & fungsi PR dalam organisasi

  1. Mahasiswa Mampu Menjelaskan peran Public Relations dalam organisasi
  2. Mengidentifikasi fungsi manajerial & staf Public Relations
  3. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan departemen internal VS departemen eksternal Public Relations

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mengenali dan mengidentifikasi permasalahan Publik Relations

Mengidentifikasi permasalahan Public Relations dan membedakan dengan permasalahan lain


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah Tatap Muka, Tanya jawab, Diskusi 3 X 50
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami konsep publik

Menjelaskan konsep public Mengidentifikasi publik internal dan eksternal Menjelaskan pentingnya menjaga hubungan dengan publik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya jawab, Diskusi
3 X 50
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menilai keberhasilan program PR melalui analisis kuantitatif dan kualitatif, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan strategi komunikasi, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan evaluasi.

  1. Kemampuan menganalisis data hasil program PR
  2. Ketepatan dalam menerapkan kriteria evaluasi komunikasi
  3. Kualitas rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan
Kriteria:
  1. Kemampuan menganalisis data hasil program Public Relations
  2. Ketepatan dalam menerapkan kriteria evaluasi komunikasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program PR dengan menggunakan tools analisis komunikasi..
Analisis studi kasus program PR, Menyusun laporan evaluasi berdasarkan data simulasi
Materi: Kriteria keberhasilan komunikasi PR, Metode evaluasi program PR (kuantitatif & kualitatif), Analisis dampak komunikasi terhadap reputasi dan hubungan stakeholders, Studi kasus program PR yang berhasil dan gagal
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis dan menilai hasil program PR menggunakan alat ukur komunikasi yang relevan, serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan temuan evaluasi.

  1. Kemampuan mengidentifikasi kriteria keberhasilan komunikasi (seperti reach, engagement, conversion, sentiment analysis)
  2. Kemampuan menerapkan metode evaluasi kuantitatif dan kualitatif
  3. Kemampuan menyusun laporan evaluasi yang mencakup temuan, analisis, dan rekomendasi
Kriteria:
  1. mengidentifikasi kriteria keberhasilan komunikasi (seperti reach, engagement, conversion, sentiment analysis)
  2. menerapkan metode evaluasi kuantitatif dan kualitatif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi evaluasi program PR.
Analisis studi kasus program PR: identifikasi kriteria keberhasilan dan berikan evaluasi tertulis, Kuis online tentang metode pengukuran efektivitas komunikasi
Materi: Konsep dan pentingnya evaluasi dalam PR, Alat dan metode pengukuran efektivitas komunikasi (media monitoring, survey, KPI), Analisis data dan interpretasi hasil, Penyusunan laporan evaluasi dan rekomendasi strategis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat merancang dan menyusun rencana public relations yang inovatif, efektif, dan sesuai dengan konteks organisasi bisnis, serta mampu mempresentasikan dan mempertahankan ide-ide kreatif mereka.

  1. Kemampuan menganalisis situasi dan kebutuhan organisasi
  2. Kreativitas dalam merumuskan strategi dan taktik PR
  3. Kesesuaian rencana dengan tujuan bisnis dan stakeholder
  4. Kelengkapan dan struktur rencana PR
  5. Kemampuan presentasi dan argumentasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, workshop perancangan rencana, presentasi dan umpan balik.

Materi: Konsep perencanaan PR inovatif, Analisis situasi dan stakeholder, Penetapan tujuan dan sasaran PR, Pengembangan strategi dan taktik kreatif, Implementasi dan evaluasi rencana, Studi kasus organisasi bisnis
Pustaka: Handbook Perkuliahan
8%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang strategi public relations yang efektif dalam konteks bisnis pendidikan.

  1. Kemampuan mengidentifikasi elemen dasar PR dalam studi kasus bisnis
  2. Kemampuan menganalisis efektivitas strategi PR yang diterapkan
  3. Kemampuan merancang proposal strategi PR sederhana untuk konteks pendidikan bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, dan simulasi perancangan strategi PR.
Analisis studi kasus PR dalam pendidikan bisnis, Pengembangan draft proposal strategi PR
Materi: Konsep dasar PR dalam bisnis, Studi kasus penerapan PR di institusi pendidikan bisnis, Teknik perancangan strategi PR untuk konteks pendidikan
Pustaka: Handbook Perkuliahan
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiwa memahami konsep pencitraan dan reputasi perusahaan

3

Kriteria:

Dapat menganalisis reputasi PR


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah - presentasi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Wilcox, D. L., Cameron, G. T., & Reber, B. H. (2015). Public Relations: Strategies and Tactics (11th ed.). Pearson.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiwa menganalisis isu - isu reputasi perusahaan

Mahasiswa mampu menganalisis isu Public Relations dalam organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah - presentasi
150

5%

11

Minggu ke 11

  1. Mahasiwa memahami manajemen krisis dalam Public Relations
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan menejemen krisis pada case / kasus yang relevan

Mampu menganalisis krisis dalam organisasi

Kriteria:

Mampu menganalisis krisis dalam organisasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Smith, R. D. (2021). Strategic Planning for Public Relations (6th ed.). Routledge.
5%

12

Minggu ke 12

  1. Mahasiwa memahami manajemen krisis dalam Public Relations
  2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan menejemen krisis pada case / kasus yang relevan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiwa mendesain penyelesaian krisis dalam organisasi

Mampu mempresentasikan solusi penyelesaian krisis PR secara sistematis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Project,
Diskusi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Kasali, R. (2014). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti.
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiwa memahami kode etik profesi Public Relation

Mampu menjelaskan kode etik profesi Public Relations


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson.
7%

15

Minggu ke 15

Mahasiwa memahami aturan hukum terkait profesi Public Relations

Memahami aturan hukum yang berlaku dalam profesi Public Relations

Ceramah, diskusi
150

Materi: Public Relations
Pustaka: Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., & Toth, E. L. (2012). Public Relations: The Profession and the Practice. McGraw-Hill.
7%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Public Relations
Pustaka: Seitel, F. P. (2017). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 77.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 10.5%
88%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.