|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Atletik |
8520803064 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
1 |
20 Mei 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.
|
Priya Yoga Pradana, S.Pd., M.Ed.
|
Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1) |
PLO-10 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis dan mengartikulasikan secara teoritis pengetahuan dasar atletik, penguasaan keterampilan tahapan pembelajaran dan teknik dasar atletik yang meliputi, nomor jalan, lari, lompat, dan lempar > pembelajaran nomor jalan, lari, lempar, lompat di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman, pengkajian teoritis, dan penguasaan keterampilan dasar atletik meliputi: langkah-langkah pembelajaran nomor jalan, lari, lempar, lompat di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000
- Buku Pedoman Lomba Atletik Seri 1 Nomor Lari dan Gawang
- Buku Pedoman Lomba Atletik Seri 2 Nomor Lompat
- Buku Pedoman Lomba Atletik Seri 3 Nomor Lempar
- IAAF Competition Rules 2016-2017
|
Pendukung : |
|
- https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/motion/article/view/493/390
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menganalisis pengertian dan nomor-nomor atletik di dalamnya. |
Menegaskan pengertian pada nomor-nomor atletik. |
Kriteria:
Mahasiswa dinggap lulus apabila mempu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mendemonstrasikan nomor-nomor atletik. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menganalisis pengertian dan nomor-nomor atletik Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
10% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa belajar mencari jawaban melalui sumber primer atau sekunder, tantang apa itu atletik, sejarah, nomor-nomor, teknik pedagogis, dan penjurian atletik. |
Menegaskan pengertian pada nomor-nomor atletik. |
Kriteria:
Mahasiswa dianggap lulus apabila mempu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mndemontrasikan nomor-nomor atletik. 2 x 50 |
-
|
Materi: Menganalisis apa itu atletik, sejarah, nomor-nomor, teknik pedagogis, dan penjurian atletik. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
10% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar start jongkok dan lari jarak pendek. |
Menegaskan pengertian pada nomor-nomor atletik. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mempu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu lari lari pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Mendemonstrasikan teknik dasar start jongkok dan lari jarak pendek. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar start jongkok dan lari jarak pendek. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
10% |
4
Minggu ke 4 |
Menagnalisis dan mengartikulasikan tes teknik dasar dan tes lari 100. |
Menegaskan teknik dasar lari 100m. |
Kriteria:
- 1. Mahasiswa dianggap lulus apabila mampu melakukan start jongkok dengan benar.
- 2. Mahasiswa dinaggap lulus apabila mampu lari 100m dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi teknik dasar 100m. 2 x 50 |
- - |
Materi: Tes teknik dasar dan tes lari 100m. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
10% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar lompat jauh. |
Menegaskan pengertian pada nomor lompat jauh. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mmapu lari jarak pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi nomor lompat jauh. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menganalisis dan mengembangkan teknik dasar lompat jauh. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Teknik dasar lompat jauh. |
|
Kriteria:
Mahasiswa dinggap lulus apabila mampu melompat dengan jarak tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demontrasi nomor lompat jauh. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar lompat jauh. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar tolak peluru. |
Menelaah dan mengembangkan teknik dasar tolak peluru. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu lari pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor tolak peluru. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menelaah dan mengembangkan teknik dasar tolak peluru. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Teknik dasar tolak peluru. |
Mampu menelaah teknik dasar tolak peluru. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu lari pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor tolak peluru. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar tolak peluru. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik lari estafet non visual 4 x 100m. |
Mampu menelaah dan mengemabngkan teknik lari estafet non visual 4 x 100m. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu lari pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor lari estafet non visual 4 x 100m. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menganalisis dan mengartikulasikan teknik lari estafet non visual 4 x 100m. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
0% |
10
Minggu ke 10 |
Teknik dasar tolak peluru. |
Mampu menelaah teknik dasar tolak peluru. |
Kriteria:
Mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menolak peluru dengan jarak tertentu. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor tolak peluru. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar tolak peluru. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar lari 400m dan lari estafet vissual 4 x 400m. |
|
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu lari jarak pendek dengan catatan waktu tertentu.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi nomor lari 400m dan lari estafet visual 4 x 400m. 2 x 50 |
- - |
Materi: Menganalisis dan mengartikulasikan teknik lari 400m dan lari estafet visual 4 x 100m. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Tes teknik dasar lari estafet visual 4 x 400m. |
Mahasiswa mampu tes teknik dasar lari estafet visual 4 x 400m. |
Kriteria:
Mahasiswa dinggap lulus apabila mampu meraih catatan dengan waktu tertentu. Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor lari estafet visual 4 x 400m. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar lari estafet visual 4 x 400m. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar lompat tinggi gaya flop. |
Mampu menelaah dan mengembangkan teknik dasar lompat tinggi gaya flop. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu mencatatkan prestasi lompat tinggi dengan ketinggia tertentu.
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi nomor lompat tinggi gaya flop. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Tes teknik dasar lompat tinggi gaya flop. |
Mahasiswa mampu tes teknik dasar lompat tinggi gaya flop. |
Kriteria:
Mahasiswa dinggap lulus apabila mampu mencatatkan prestasi lompat tiinggi dengan ketinggian tertentu. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Demonstrasi nomor lompat tinggi gaya flop. 2 x 50 |
- - |
Materi: Teknik dasar lompat tinggi gaya flop. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis dan mengartikulasikan teknik dasar lempar lembing. |
Mampu menelaah dan mengembangkan teknik dasar lempar lembing. |
Kriteria:
- 1. Pengetahuan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab, dan mampu mengerjakan tes tulis dengan tingkat kebenaran mencapai 56%.
- 2. Keterampilan, mahasiswa dianggap lulus apabila mampu mencatatkan prestasi lemparan dengan jarak tertentu.
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi nomor lempar lembing. 2 x 50 |
- - |
Materi: Mengartikulasikan lempar lembing. Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Teknik dasar lempar lembing. |
|
Kriteria:
- 1. Mahasiswa dianggap lulus apabila mampu mencatatkan prestasi lemparan dengan jarak tertentu.
- 2. UAS
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ujian Akhir Semester Pengetahuan. 2 x 50 |
- - |
Materi: UAS : Pengetahuan Pustaka: Lari, Lompat, & Lempar Petunjuk Mengajar Atletik IAAF Level 1. IAAF Pendidikan Pelatihan dan Sistem Sertifikasi Tahun 2000 |
5% |