Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sistem Informasi Akuntansi

5720103049

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Memberikan pengertian arus informasi dan entitas dalam sistemakuntansi, fungsi dan proses pengolahan data dalam menghasilkan informasi, serta prosedur yang terdapat dalam sistem informasiakuntansi yang berfungsi menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pihakmanajemendalam pengambilan keputusan.

Pustaka

Utama :

  1. Hall James A. 2011.Accounting Information system, Edisi
  2. Dull, Richard B. , Ulric J. Gelinas, JR. ,Patrick R. Wheeler. 2012.AccountingInformation Systems: Foundations in Enterprise Risk Management.Edisi
  3. AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
  4. Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
  5. Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep Akuntansi

  1. Menjelaskan kegunaan informasi Akuntansi
  2. menjelaskan definisi akuntansi
  3. Menjelaskan pemakai informasi akuntansi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
  5. Rumus Penilaian : NA= ((2xP) (3xT) (2xUTS) (3xUAS))/10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi dan tugas
3 X 50
Ceramah, diskusi dan tugas
3 X 50
Materi: Pengertian Akuntansi, Kegiatan Akuntansi, Kegunaan Informasi Akuntansi, Pemakai Informasi Akuntansi
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

2

Minggu ke 2

Mengidentifikasi aktivitas Akuntansi, Jenis Perusahaan, siklus kegiatan perusahaan, dan peran akuntansi dalam perusahaan

  1. Menjelaskan Proses Akuntansi
  2. Menjelaskan Pengertian Perusahaan
  3. Menjelaskan Siklus Kegiatan Perusahaan
  4. Menjelaskan peran akuntansi dalam kegiatan perusahaan
Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
Ceramah,Diskusi,Tugas
3x50
Ceramah,Diskusi,Tugas
3x50
Materi: Proses akuntansi, pengertian perusahaan, siklus kegiatan perusahaan, peran akuntansi dalam kegiatan perusahaan dan catatan tentang kegiatan perusahaan
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi Transaksi dan Nilai Transaksi serta Membuat Persamaan Akuntansi

  1. Menjelaskan Transaksi Usaha
  2. Menjelaskan cara menilai transaksi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
  5. Rumus Penilaian : NA= ((2xP) (3xT) (2xUTS) (3xUAS))/10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi,Diskusi,Latihan Soal
3 X 50
Presentasi,Diskusi,Latihan Soal
3 X 50
Materi: Transaksi usaha, cara menilai transaksi dan kesamaan dalam akuntansi
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

4

Minggu ke 4

Mengidentifikasi Akun dan Membuat Persamaan Akuntansi

  1. Menjelaskan Persamaan Akuntansi
  2. Mencatat transaksi dalam persamaan akuntansi
  3. Menyusun laporan keuangan
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
  5. Rumus Penilaian : NA= ((2xP) (3xT) (2xUTS) (3xUAS))/10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi,Diskusi,Latihan Soal
3 X 50
Presentasi,Diskusi,Latihan Soal
3 X 50
Materi: Persamaan Akuntansi, pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi akun dalam buku besar dan aturan debit kredit serta saldo normal, mampu mengklasifikasi akun dalam Buku Besar

  1. 1. Menjelaskan akun dan buku besar
  2. 2. Membuat contoh formulir akun
  3. 3. Menjelaskan aturan debit kredit dan saldo normal
  4. 4. Membuat klasifikasi akun
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
  5. Rumus Penilaian : NA= ((2xP) (3xT) (2xUTS) (3xUAS))/10

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, dan Latihan/praktik
3 X 50
Ceramah, Diskusi, dan Latihan/praktik
3 X 50
Materi: Siklus Pendapatan
Pustaka: AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
0%

6

Minggu ke 6

Menguasai pembuatan bagan akun dan pencatatan dengan akun

  1. 1. Membuat contoh bagan akun
  2. 2. Melakukan pencatatan transaksi dengan akun
Kriteria:
  1. Partisipasi =20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah,Diskusi, Latihan/Praktik
3 X 50
Ceramah,Diskusi, Latihan/Praktik
3 X 50
Materi: bagan akun dan pencatatan dengan akun
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

7

Minggu ke 7

Menguasai pemindahbukukan transaksi dari jurnal umum ke Buku Besar

  1. 1. Menjelaskan tahap-tahap siklus
  2. 2. Mencatat transkasi dalam bukti transaksi
  3. 3. Mencatat bukti transaksi dalam jurnal umum
  4. 4. Memindah-bukukan dari jurnal umum ke buku besar
Kriteria:
  1. Partisipasi =20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Diskusi, Latihan/Praktik
3 X 50
Ceramah, Diskusi, Latihan/Praktik
3 X 50
Materi: Tahapan siklus pencatatan, mencatat transaksi dalam bukti transaksi, Jurnal Umum, dan Posting Buku Besar
Pustaka: Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall
0%

8

Minggu ke 8

Menguasai konsep Akuntansi dan kegiatan akuntansi dalam perusahaan

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Mengerjakan Soal
1 X 50
Mengerjakan Soal
1 X 50
Materi: minggu 1-7
Pustaka: Soemarso, S.R, Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1, Edisi 5
0%

9

Minggu ke 9

Menguasai konsep sistem , data, informasi dan Sistem Informasi

  1. 1. Menjelaskan konsep sistem
  2. 2. Menyebutkan contoh sistem
  3. 3. Menjelaskan konsep Informasi
  4. 4. Menyebutkan perbedaan Data dan Informasi
  5. 5. Menjelaskan konsep Sistem Informasi
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30 %
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30 %

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Diskusi dan ceramah
3 X 50
Diskusi dan ceramah
3 X 50
Materi: Konsep Sistem, Data, Informasi dan Sistem Informasi
Pustaka: Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall
0%

10

Minggu ke 10

Menguasai konsep Sistem Informasi Akuntansi

  1. 1. Menjelaskan konsep Sistem Informasi Akuntansi
  2. 2. Menjelaskan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi
  3. 3. Menjelaskan komponen-komponen Sistem Informasi Akuntansi
  4. 4. Menjelaskan pengendalian intern dalam SIA
  5. 5. Tujuan pengendalian intern dalam SIA
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS=20%
  4. UAS=30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Diskusi kelompok 2. Studi kasus
3 X 50
1. Diskusi kelompok 2. Studi kasus
3 X 50
Materi: konsep Sistem Informasi Akuntansi, Tujuan SIA, Komponen SIA, Pengendalian Intern dan Tujuan Pengendalian Intern dalam SIA
Pustaka: Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall
0%

11

Minggu ke 11

Menguasai konsep pengembangan sistem dan tahapan pengembangan sistem

  1. Menjelaskan Definisi Siklus Hidup Pengembangan Sistem
  2. Menjelaskan Tahapan pengembangan sistem Informasi
Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
  4. UAS 30%
Ceramah, diskusi dan studi kasus
3 X 50
Ceramah, diskusi dan studi kasus
3 X 50
Materi: Siklus hidup pengembangan sistem dan tahapan pengembangan sistem informasi
Pustaka: Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall
0%

12

Minggu ke 12

Menyebutkan jenis-jenis model pengembangan sistem informasi beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing model

  1. Menjelaskan model Waterfall beserta kelebihan dan kekurangan model Waterfall
  2. Menjelaskan model Prototype beserta kelebihan dan kekurangan model Prototype
Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
  4. UAS 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50
Ceramah, Diskusi, Studi Kasus
3 X 50
Materi: model Waterfall dan Prototype beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing model
Pustaka: Raymond Mcleod. 1998. Management Information System.Prentice Hall
0%

13

Minggu ke 13

Menguasai Konsep perancangan Sistem Informasi Akuntansi

  1. Menjelaskan latar belakang perancangan SIA
  2. Menjelaskan kebutuhan data sebagai input, proses dan informasi sebagai output dalam perancangan SIA
Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
  4. UAS 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah, DIskusi dan Studi kasus
3 X 50
Ceramah, DIskusi dan Studi kasus
3 X 50
Materi: Perancangan SIA, Kebutuhan Input, Proses dan Output dalam perancangan SIA
Pustaka: AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
0%

14

Minggu ke 14

Menguasai tahapan Analisis dan Perancangan (desain) Sistem Informasi Akuntansi

  1. 1. Membuat Diagram alir dokumen as is
  2. 2. Membuat Diagram alir dokumen to be
  3. 3. Membuat diagram alir proses SIA
Kriteria:
  1. Partisipasi = 20%
  2. Tugas = 30%
  3. UTS = 20%
  4. UAS = 30%
  5. Rumus Penilaian : NA= ((2xP) (3xT) (2xUTS) (3xUAS))/10
Ceramah,Diskusi, Studi kasus
3 X 50
Ceramah,Diskusi, Studi kasus
3 X 50
Materi: Diagram alir dokumen dan proses SIA
Pustaka: AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
0%

15

Minggu ke 15

Menguasai tahapan Implementasi SIA

Menjelaskan tahapan implementasi SIA

Kriteria:
  1. Partisipasi 20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
  4. Uas 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah, Diskusi, studi kasus
3x50
ceramah, Diskusi, studi kasus
3x50
Materi: Implementasi SIA
Pustaka: AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
0%

16

Minggu ke 16

UAS

  1. Menjelaskan tahapan pengujian SIA
  2. Menjelaskan tahapan maintenance SIA
Kriteria:
  1. Partisipasi=20%
  2. Tugas 30%
  3. UTS 20%
  4. UAS 30%

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, Ceramah
3 X 50
Diskusi, Ceramah
3 X 50
Materi: Implementasi dan Maintenance SIA
Pustaka: AccountingInformation Systems. Edis 12. Asia: John Willey & Sons.
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.