
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif |
8710303087 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=6.72 |
2 |
8 Januari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.
|
Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.
|
Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-5 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
PLO-6 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang. |
PLO-7 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
PLO-8 |
Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
PLO-9 |
Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-10 |
Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi |
PLO-11 |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK1 Mahasiswa memahami metode dan strategi pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur, soft skills, kreativitas, serta strategi integrasi dan implementasi dalam pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PLO-11 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mengkaji tentang konsep kewirausahaan, pengembangan softskills, menyusun bussiness plan dan aplikasinya dalam pembelajaran
kewirausahaan. Meliputi penanaman dan pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
- Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series
- Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders
- Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education
- Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning
- Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand
- Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc
|
Pendukung : |
|
- Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)
|
Dosen Pengampu
|
HARTI Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi lembaga pendidikan yang berwawasan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan yang berorientasi kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi pengelolaan lembaga pendidikan 3. Karakteristik kewirausahaan 4. Strategi pengembangan karakter kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali metode- metode pembelajaran kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis metode-metode pembelajaran kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
penugasan dan diskusi 2x50 |
penugasan dan diskusi 2x50 |
Materi: 1. Macam-macam metode dan strategi pembelajaran 2. Mengenal softskill dan hardskill 3. Psikologi belajar 4. Metode pembelajaran kewirausahaan Pustaka: Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktorfaktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi pembentukan minat berwirausaha
- 2. Kemampuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha 2x50 |
Materi: 1. Teori minat berwirausaha 2. Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha 3. Strategi pembentukan minaat berwirausaha Pustaka: Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders |
7% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
- 2. kemampuan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Materi: 1.teori lingkungan pendidikan 2. Peran faktor lingkungan keluarga dalam pembentuka n karakter dan jiwa wirausaha 3.Menganalisis peran dan faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter wirausaha Pustaka: Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan dalam integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan 2x50 |
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan 2x50 |
Materi: 1.pengetahuan keberlanjutan lingkungan dalam pengembang an usaha 2.Faktor ketahanan lingkungan alam dan sumber daya dalam mendukung perekonomian 3. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan Pustaka: Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21 |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
- 2. kemampuan menganalisis strategi pembelajaran skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21 2x50 |
Materi: 1.skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 2. Strategi pengembang dan skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 3. Metode pembelajara n yang relevan untuk pengembang an sikap dan ketrampilan abad 21 Pustaka: Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan |
- 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi starategi membangunliterasi ekonomi dan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun literasi dan kewirausahaan yang dapat diterapkan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan 2x50 |
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi membangun literasi ekonomi 3. Strategi membangun kewirausahaan Pustaka: Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc |
3% |
8
Minggu ke 8 |
uts |
uts |
Kriteria:
uts Bentuk Penilaian : Tes |
uts 2x50 |
uts 2x50 |
Materi: - Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan |
- 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan
- 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan yang dapat diterapkan lembaga pendidikan
|
Kriteria:
non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan 2x50 |
Materi: 1. Strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan 2. Kriteria kesuksesan 3. Srategi sukses dari pengalaman orang-orang yang berhasil Pustaka: Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020) |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
14
Minggu ke 14 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
15
Minggu ke 15 |
Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan |
Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi |
Kriteria:
non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Lapangan 2x50 |
Lapangan 2x50 |
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 2x50 |
UAS 2x50 |
Materi: - Pustaka: |
30% |