Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

8710303087

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=3

P=0

ECTS=6.72

2

8 Januari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Raya Sulistyowati, S.Pd., M.Pd.




Prof.Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.




Dwi Yuli Rakhmawati, S.Si., M.Si., Ph.D.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-5

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan ekonomi secara mandiri, bermutu dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

PLO-6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja denga n pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dalam jangka pendek dan jangka panjang.

PLO-7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

PLO-8

Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PLO-9

Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi

PLO-10

Menguasai konsep teoritis metode penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi

PLO-11

Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan pembelajaran ekonomi

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK1 Mahasiswa memahami metode dan strategi pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur, soft skills, kreativitas, serta strategi integrasi dan implementasi dalam pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-5PLO-6PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mengkaji tentang konsep kewirausahaan, pengembangan softskills, menyusun bussiness plan dan aplikasinya dalam pembelajaran kewirausahaan. Meliputi penanaman dan pengembangan mindset serta perilaku entrepreneur.

Pustaka

Utama :

  1. Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
  2. Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series
  3. Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders
  4. Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education
  5. Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning
  6. Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand
  7. Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc

Pendukung :

  1. Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)

Dosen Pengampu

HARTI

Prof. Dr. Susanti, S.Pd., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan

  1. 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi lembaga pendidikan yang berwawasan kewirausahaan
  2. 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan yang berorientasi kewirausahaan
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengembangan lembaga pendidikan berwawasan kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan
2x50
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
pengembangan
lembaga pendidikan
berwawasan
kewirausahaan
2x50
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi pengelolaan lembaga pendidikan 3. Karakteristik kewirausahaan 4. Strategi pengembangan karakter kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan

  1. 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali metode- metode pembelajaran kewirausahaan
  2. 2. Kemampuan menganalisis metode-metode pembelajaran kewirausahaan
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan mengkaji metode- metode pembelajaran kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
penugasan dan diskusi
2x50
penugasan dan diskusi
2x50
Materi: 1. Macam-macam metode dan strategi pembelajaran 2. Mengenal softskill dan hardskill 3. Psikologi belajar 4. Metode pembelajaran kewirausahaan
Pustaka: Alberta Charmey.,Gary D. Libecap. 1998. impact of enterpreneurship education. a kauffman research series
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktorfaktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha

  1. 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi pembentukan minat berwirausaha
  2. 2. Kemampuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha
2x50
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi dan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
pembentukan minat
berwirausaha
2x50
Materi: 1. Teori minat berwirausaha 2. Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha 3. Strategi pembentukan minaat berwirausaha
Pustaka: Langdon Morris. 2007. Creating the innovation culture. Genuines, champions and leaders
7%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha

  1. 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
  2. 2. kemampuan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis peran keluarga dalam pembentukan karakter wirausaha


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan
2x50
pendekatan scientfik,
metode Penugasan,
membaca literatur,
dan mengkritisi
penjelasan tentang strategi
pengembangan
2x50
Materi: 1.teori lingkungan pendidikan 2. Peran faktor lingkungan keluarga dalam pembentuka n karakter dan jiwa wirausaha 3.Menganalisis peran dan faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter wirausaha
Pustaka: Zimmerrer W. Thomas, Scarborough. M. Norman. 2009. Essential of entrepreneurship and small business management. Pearson Education
3%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan

  1. 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
  2. 2. Kemampuan menganalisis strategi yang dapat diterapkan lembaga pendidikan dalam integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis integrasi environment etic dalam pengembangan sikap kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan
2x50
pendekatan saintifik,
metode diskusi dan
penugasan
2x50
Materi: 1.pengetahuan keberlanjutan lingkungan dalam pengembang an usaha 2.Faktor ketahanan lingkungan alam dan sumber daya dalam mendukung perekonomian 3. Strategi pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan
Pustaka: Moore, Petty, Palich, Longenecker. 2008. Managing small business, an entrepreneurial emphasis. South Western: Chengage Learning
7%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21

  1. 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
  2. 2. kemampuan menganalisis strategi pembelajaran skill dan atitude development dalam pengembangan sumber daya manusia abad 21
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis skill dan atitude development dalam pengembangan sumberdaya manusia abad 21


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21
2x50
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang skils dan
atitude development
dalam pengembangan
sumberdaya manusia abad 21
2x50
Materi: 1.skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 2. Strategi pengembang dan skills dan attitude yang diperlukan dalam abad 21 3. Metode pembelajara n yang relevan untuk pengembang an sikap dan ketrampilan abad 21
Pustaka: Berry. Barnet, Byard.Ann, Wieder.Alan., 2013. Teacherpreneurs, Innovative teachers who lead but don’t leave. Jossey-Bass, A wiley Brand
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan

  1. 1. pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi starategi membangunliterasi ekonomi dan kewirausahaan
  2. 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun literasi dan kewirausahaan yang dapat diterapkan
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis starategi membangun literasi ekonomi dan kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan
2x50
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan tentang strategi
pengembangan
2x50
Materi: 1. lembaga pendidikan 2. Strategi membangun literasi ekonomi 3. Strategi membangun kewirausahaan
Pustaka: Bygrave W., Andrew Z., 2011. Entrepreneurship, second Ed. John Wiley & Sons, Inc
3%

8

Minggu ke 8

uts

uts

Kriteria:

uts


Bentuk Penilaian :
Tes
uts
2x50
uts
2x50
Materi: -
Pustaka:
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan

  1. 1. Pemahaman mahasiswa dan ketajaman berpikir mahasiswa dalam mengenali strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan
  2. 2. Kemampuan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan yang dapat diterapkan lembaga pendidikan
Kriteria:

non test: mengidentifikasi dan menganalisis strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan
2x50
Penugasan, membaca
literatur, dan
mengkritisi penjelasan
tentang strategi
membagun
kesuksesan
berwawasan
kewirausahaan
2x50
Materi: 1. Strategi membangun kesuksesan berwawasan kewirausahaan 2. Kriteria kesuksesan 3. Srategi sukses dari pengalaman orang-orang yang berhasil
Pustaka: Hariyati. 2020. PKM KECE Unesa Disinfectant untuk Memberantas Covid 19 (PKM Penugasan Kebijakan Strategi Universitas PNBP 2020)
3%

10

Minggu ke 10

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

11

Minggu ke 11

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

12

Minggu ke 12

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

13

Minggu ke 13

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

14

Minggu ke 14

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

15

Minggu ke 15

Kegiatan internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan

Aktivitas mahasiswa berhubungan dengan masyarakat dudi

Kriteria:

non test: internship untuk melakukan kegiatan sebagai berikut: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Lapangan
2x50
Lapangan
2x50
Materi: 1.Kunjungan atau studi banding 2. Melakukan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait kewirausahaan
Pustaka: Joshua C. Hall, Russel S. Sobel. 2006. Public policy and enterpreneurship. School of business
3%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
2x50
UAS
2x50
Materi: -
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
2. Tes 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.