
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Media Rekam dan Kepurbakalaan Sejarah |
8720102273 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
7 |
26 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd. Riyadi, S.Pd., M.A. Corry Liana, S.Pd., M.Pd.
|
Riyadi, S.Pd., M.A.
|
WISNU |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam merancang, menggunakan, dan memanfaatkan media rekam untuk dokumentasi, publikasi, serta pelestarian tinggalan kepurbakalaan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis, mengolah, serta menginterpretasikan data kepurbakalaan menggunakan berbagai media rekam sesuai standar kompetensi akademik dan profesional.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui pembelajaran mandiri dan kolaboratif dalam pemanfaatan teknologi media rekam mutakhir untuk penelitian, edukasi, dan publikasi bidang kepurbakalaan.
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | ✔ | | ✔ | | | | | PO-2 | | ✔ | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Membekali mahasiswa untuk memahami teori serta keterampilan praktik pembuatan serta pengembangan produksi media rekam |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Demesticha, S. (2024). Photogrammetry for archaeological objects: A manual. Routledge.
- Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge.
- Forte, M. (2022). Archaeological 3D GIS. Routledge.
- Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge.
- Ioannides, M., Magnenat-Thalmann, N., Papagiannakis, G., & Yen, A. Y. (Eds.). (2021). Digital heritage: Progress in cultural heritage—Documentation, preservation, and protection (EuroMed 2020, revised selected papers). Springer.
- Vincent, M. L., & López-Menchero Bendicho, V. M. (Eds.). (2023). 3D research challenges in cultural heritage III. Springer.
- D’Agnolo, A. (2020). Photogrammetric survey for the recording and documentation of historic buildings. CRC Press.
- Barazzetti, L., & Banfi, F. (2021). Heritage building information modelling for implementing UNESCO procedures: Challenges, potentialities, and issues. Springer.
- Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer.
- Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa mampu menganalisis konsep dasar media rekam dan relevansinya dalam studi kepurbakalaan.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi kelebihan dan kelemahan media rekam tradisional dan modern.
|
- Ketepatan analisis konsep.
- Argumentasi kritis kelebihan/kelemahan.
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Teori, ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Konsep dasar media rekam dalam studi sejarah dan kepurbakalaan Pustaka: Demesticha, S. (2024). Photogrammetry for archaeological objects: A manual. Routledge. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Menganalisis perkembangan teknologi media rekam dari tradisional ke digital.
- Mendesain bagan perkembangan teknologi media rekam dan implikasinya pada studi arkeologi.
|
- Relevansi analisis kronologis.
- Orisinalitas dan sistematika desain bagan
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Perkembangan teknologi media rekam (audio, visual, digital) Pustaka: Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Menganalisis fungsi media rekam dalam pelestarian artefak.
- Mengevaluasi efektivitas media rekam tertentu dalam dokumentasi situs.
|
- Kedalaman analisis fungsi.
- Logika evaluasi efektivitas.
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Peran media rekam dalam dokumentasi tinggalan arkeologis Pustaka: Forte, M. (2022). Archaeological 3D GIS. Routledge. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mengevaluasi teknik fotografi arkeologis sesuai standar etika.
- Merancang prosedur fotografi arkeologis untuk dokumentasi situs.
|
- Argumentasi kritis etika.
- Kesesuaian rancangan prosedur.
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Teori, ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Teknik fotografi arkeologis & etika pendokumentasian Pustaka: Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Menganalisis kelebihan audio & video dalam sejarah lisan.
- Membuat prototipe rekaman wawancara sejarah lisan.
|
- Analisis komparatif jelas.
- Kualitas prototipe rekaman.
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Teori, ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Perekaman audio & video sejarah lisan Pustaka: Ioannides, M., Magnenat-Thalmann, N., Papagiannakis, G., & Yen, A. Y. (Eds.). (2021). Digital heritage: Progress in cultural heritage—Documentation, preservation, and protection (EuroMed 2020, revised selected papers). Springer. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Menganalisis manfaat digitalisasi arsip kepurbakalaan.
- Mendesain model digitalisasi koleksi kepurbakalaan.
|
- Kedalaman analisis manfaat.
- Kreativitas rancangan model.
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Digitalisasi arsip & koleksi kepurbakalaan Pustaka: Vincent, M. L., & López-Menchero Bendicho, V. M. (Eds.). (2023). 3D research challenges in cultural heritage III. Springer. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Menganalisis penerapan GIS dalam arkeologi.
- Merancang peta digital situs kepurbakalaan.
|
- Analisis akurat & kontekstual.
- Kualitas peta digital.
|
Kriteria:
keaktifan dalam perkuliahan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Teori, ceramah dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: GIS & pemetaan situs kepurbakalaan Pustaka: D’Agnolo, A. (2020). Photogrammetric survey for the recording and documentation of historic buildings. CRC Press. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: |
10% |
9
Minggu ke 9 |
- Mengevaluasi metode konservasi digital.
- Merancang strategi konservasi digital berbasis studi kasus.
|
- Argumentasi kritis metode.
- Orisinalitas strategi rancangan.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Konservasi digital peninggalan budaya Pustaka: Barazzetti, L., & Banfi, F. (2021). Heritage building information modelling for implementing UNESCO procedures: Challenges, potentialities, and issues. Springer. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Menganalisis makna visual dalam representasi arkeologi.
- Mengevaluasi kualitas interpretasi visual dari studi kasus.
|
- Relevansi analisis simbolik.
- Kejelasan evaluasi kualitas.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Interpretasi visual dalam media rekam Pustaka: Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Menganalisis efektivitas media rekam untuk publikasi edukasi publik.
- Membuat rancangan media publikasi edukatif.
|
- Ketepatan analisis efektivitas.
- Kreativitas rancangan publikasi.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Media rekam untuk publikasi & edukasi publik Pustaka: Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Menganalisis manfaat drone & 3D scanning.
- Mendesain simulasi 3D artefak dengan perangkat lunak.
|
- Analisis teknologi kontekstual.
- Kualitas simulasi 3D.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Drone & 3D scanning dalam arkeologi modern Pustaka: Bevan, A. (2020). Archaeological spatial analysis: A methodological guide. Routledge. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mengevaluasi isu etika & hukum dalam media rekam.
- Merumuskan kode etik pemanfaatan media rekam.
|
- Kedalaman evaluasi isu.
- Kejelasan kode etik.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Tantangan etika & hukum media rekam Pustaka: Perry, S., & Morgan, C. (Eds.). (2024). The Routledge handbook of archaeology and the media in the 21st century. Routledge. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Menganalisis studi kasus penggunaan media rekam di Indonesia.
- Mengevaluasi hasil dokumentasi dari studi kasus tersebut
|
- Kedalaman analisis studi kasus.
- Logika evaluasi hasil.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Studi kasus media rekam situs arkeologi Indonesia Pustaka: Nocquet, A., & Stovel, H. (2023). Managing disaster risks to cultural heritage: From risk preparedness to recovery for immovable heritage. Springer. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mengevaluasi inovasi media rekam dalam pelestarian budaya.
- Merancang ide inovasi baru media rekam.
|
- Kritis dalam menilai inovasi.
- Orisinalitas ide baru.
|
Kriteria:
Keaktifan dalam membuat produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: Inovasi media rekam untuk pelestarian warisan budaya Pustaka: Osborne, M., & Hicks, D. (2020). Archaeology and photography: Time, objectivity and archive. Bloomsbury Academic. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
Offline 2 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: |
20% |