Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Literasi Digital

8321102121

T=1

P=1

ECTS=3.18

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membekali mahasiswa pemahaman literasi digital, pemrosesan data termasuk dasar pemrograman, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan teknologi untuk kolaborasi, serta membuat konten berbasis teknologi. Semua kegiatan perkuliahan akan dilakukan melalui diskusi, penelurusan informasi melalui TIK, praktik menggunakan teknologi untuk kolaborasi, membuat program pemrosesan data, serta proyek membuat konten berbasis teknologi informasi. pengkajian teori dan penguasaan ketrampilan tentang (1) kultural, pemahaman ragam konteks pengguna dunia digital; (2) kognitif, daya pikir dalam menilai konten; (3) konstruktif, yaitu reka cipta sesuatu yang ahli dan aktual; (4) komunikatif, yaitu memahami kinerja jejaring dan komunikasi di dunia digital; (5) kepercayaan diri yang bertanggung jawab; (6) kreatif, melakukan hal baru dengan cara baru; (7) kritis dalam menyikapi konten; dan (8) bertanggung jawab secara sosial. Dalam hal ini terdapat 3 jenjang dalam pengembangan literasi digital yaitu: a. Jenjang pertama, kompetensi digital yang meliputi keterampilan, konsep, pendekatan, dan perilaku; b. Jenjang kedua, penggunaan digital yang merujuk pada pengaplikasian kompetensi digital yang berhubungan dengan konteks tertentu; c. Jenjang ketiga, transformasi digital yang membutuhkan kreativitas dan inovasi pada dunia digital

Pustaka

Utama :

  1. Clark, Ruth Colvin. 2013. Scenario-Based e-Learning, Evidence-Based Guidelines for Online Workforce Learning . London: Pfeiffer Publisher.
  2. Mayer, Richard E. 2003. Multimedia Learning. London: Cambridge University Press.
  3. Wibawa, Setya Chendra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia . Surabaya: Unipress Unesa.
  4. Tim Elearning. 2018. Pengembangan elearning . Surabaya: Unipress Unesa.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Muhamad Syariffuddien Zuhrie, S.Pd., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mendeskripsikan SILABUS dan pengertian singkat Definisi Literasi Digital

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    2

    Minggu ke 2

    Mengetahui tentang teknologi media

    1. Menjelaskan sejarah perkembanga n teknologi media.
    2. Mengkategori kan macam literasi media.
    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    3

    Minggu ke 3

    Menganalisa konten hoax

    1. Menjelaskan konsep data informasi hoax
    2. Menjelaskan Teknik keaslian data informasi
    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    4

    Minggu ke 4

    Menjelaskan pengertian infografis

    1. Menjelaskan pengertian media infografis
    2. Memberikan contoh infografis
    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    5

    Minggu ke 5

    Mengimplementasikan infografis dalam bidang ilmu prodi Lanjut

    Menjelaskan cara mengimplementasikan infografis sesuai bidang studi

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    6

    Minggu ke 6

    Mengimplementasikan infografis buku teks menjadi video digital explainer

    Menjelaskan publikasi videografis

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    7

    Minggu ke 7

    Mengimplementasikan infografis buku teks menjadi digital explainer lanjut

    Menjelaskan teknik pembuatan buku teks menjadi explainer

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    8

    Minggu ke 8

    UTS

    UTS


    2 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Membuat konten video animasi bersuara ke MS PowerPoint

    Menjelaskan cara membuat konten video animasi bersuara ke MS PowerPoint

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Menjelaskan dasar Algoritma dan pemrograman

    Dasar algoritma pemrograman

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Menjelaskan Fungsi Algoritma dan pemrograman Lanjut

    Menerapkan fungsi logika sesuai bidang studi

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Mengimplementasikan Algoritma dan pemrograman

    Mengimplementasikan fungsi logika sesuai bidang studi dengan aplikasi Scracth

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Manajemen proyek

    Mengonsep analisa, verifikasi dan validasi proyek pertemuan 4-9

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mengimplementasikan Manajemen proyek Lanjut

    Penjelasan bagaimana menganalisa, verifikasi dan validasi proyek pertemuan 10-12

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Penyimpanan data di awan (Cloud Storage)

    Penjelasan bagaimana melakukan Teknik penyimpanan data di awan

    Diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    Presentasi Produk Karya (UAS)

    Mempresentasi kan produk akhir

    Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
    2 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.