|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Literasi Digital |
8321102121 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
0 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membekali mahasiswa pemahaman literasi digital, pemrosesan data termasuk dasar pemrograman, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan teknologi untuk kolaborasi, serta membuat konten berbasis teknologi. Semua kegiatan perkuliahan akan dilakukan melalui diskusi, penelurusan informasi melalui TIK, praktik menggunakan teknologi untuk kolaborasi, membuat program pemrosesan data, serta proyek membuat konten berbasis teknologi informasi. pengkajian teori dan penguasaan ketrampilan tentang (1) kultural, pemahaman ragam konteks pengguna dunia digital; (2) kognitif, daya pikir dalam menilai konten; (3) konstruktif, yaitu reka cipta sesuatu yang ahli dan aktual; (4) komunikatif, yaitu memahami kinerja jejaring dan komunikasi di dunia digital; (5) kepercayaan diri yang bertanggung jawab; (6) kreatif, melakukan hal baru dengan cara baru; (7) kritis dalam menyikapi konten; dan (8) bertanggung jawab secara sosial. Dalam hal ini terdapat 3 jenjang dalam pengembangan literasi digital yaitu: a. Jenjang pertama, kompetensi digital yang meliputi keterampilan, konsep, pendekatan, dan perilaku; b. Jenjang kedua, penggunaan digital yang merujuk pada pengaplikasian kompetensi digital yang berhubungan dengan konteks tertentu; c. Jenjang ketiga, transformasi digital yang membutuhkan kreativitas dan inovasi pada dunia digital |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Clark, Ruth Colvin. 2013. Scenario-Based e-Learning, Evidence-Based Guidelines for Online Workforce Learning . London: Pfeiffer Publisher.
- Mayer, Richard E. 2003. Multimedia Learning. London: Cambridge University Press.
- Wibawa, Setya Chendra. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia . Surabaya: Unipress Unesa.
- Tim Elearning. 2018. Pengembangan elearning . Surabaya: Unipress Unesa.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Muhamad Syariffuddien Zuhrie, S.Pd., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mendeskripsikan SILABUS dan pengertian singkat Definisi Literasi Digital |
|
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mengetahui tentang teknologi media |
- Menjelaskan sejarah perkembanga n teknologi media.
- Mengkategori kan macam literasi media.
|
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Menganalisa konten hoax |
- Menjelaskan konsep data informasi hoax
- Menjelaskan Teknik keaslian data informasi
|
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Menjelaskan pengertian infografis |
- Menjelaskan pengertian media infografis
- Memberikan contoh infografis
|
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mengimplementasikan infografis dalam bidang ilmu prodi Lanjut |
Menjelaskan cara mengimplementasikan infografis sesuai bidang studi |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mengimplementasikan infografis buku teks menjadi video digital explainer |
Menjelaskan publikasi videografis |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mengimplementasikan infografis buku teks menjadi digital explainer lanjut |
Menjelaskan teknik pembuatan buku teks menjadi explainer |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
|
2 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Membuat konten video animasi bersuara ke MS PowerPoint |
Menjelaskan cara membuat konten video animasi bersuara ke MS PowerPoint |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Menjelaskan dasar Algoritma dan pemrograman |
Dasar algoritma pemrograman |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Menjelaskan Fungsi Algoritma dan pemrograman Lanjut |
Menerapkan fungsi logika sesuai bidang studi |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mengimplementasikan Algoritma dan pemrograman |
Mengimplementasikan fungsi logika sesuai bidang studi dengan aplikasi Scracth |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Manajemen proyek |
Mengonsep analisa, verifikasi dan validasi proyek pertemuan 4-9 |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mengimplementasikan Manajemen proyek Lanjut |
Penjelasan bagaimana menganalisa, verifikasi dan validasi proyek pertemuan 10-12 |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Penyimpanan data di awan (Cloud Storage) |
Penjelasan bagaimana melakukan Teknik penyimpanan data di awan |
|
Diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Presentasi Produk Karya (UAS) |
Mempresentasi kan produk akhir |
|
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi 2 X 50 |
|
|
0% |