|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Renang |
8520802065 |
|
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1) |
PLO-10 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
CPMK - 1 dapat melakukan renang gaya bebas dengan teknik gaya yang benar
|
PO - 2 |
CPMK - 2 dapat melakukan renang gaya punggung dengan teknik gaya yang benar
|
PO - 3 |
CPMK - 3 dapat melakukan renang gaya dada dengan teknik gaya yang benar
|
PO - 4 |
CPMK - 4 dapat melakukan renang kupu-kupu dengan teknik gaya yang benar
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Pemahaman dan penguasaan sejarah renang, ketrampilan dasar renang, teori dan praktek gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu, didaktik metodik khusus renang, peraturan dan organisasi perlombaan renang. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
- Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics
- Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company
- David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231
- Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau
- Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York
|
Pendukung : |
|
- http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/39
|
Dosen Pengampu
|
Bayu Budi Prakoso, S.Pd., M.Pd. PRIYA YOGA PRADANA |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
- Menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
- Menelaah dan mengaitkan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- Mengevaluasi gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
Kriteria:
8 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics |
8% |
2
Minggu ke 2 |
- menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
- menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
- Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- Menelaah manfaat renang barguna kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada Pustaka: Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company |
3% |
3
Minggu ke 3 |
- Menguraikan pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
- Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
- Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada tes Pustaka: David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231 |
7% |
4
Minggu ke 4 |
- Menelaah dan menjelaskan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- Menguraikan manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
- Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- menguraikan manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya bebas test Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics Materi: Materi gaya bebas Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics |
8% |
5
Minggu ke 5 |
- Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
- Menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
- Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
- Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
- Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
|
Kriteria:
8 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Menelaah pengertian renang gaya dada dan gaya kupu-kupu |
Menguraikan gerakan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu |
Kriteria:
7 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau |
8% |
7
Minggu ke 7 |
menguraikan gerakan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu |
- Menguraikan gerakan renang gaya dada
- Menguraikan gerakan renang gaya kupu-kupu
|
Kriteria:
8 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 4 X 50 |
|
Materi: Materi gaya dada tes Pustaka: Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company |
8% |
8
Minggu ke 8 |
- Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
- Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
Renang gaya punggung |
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Metode ceramah 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya punggung Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics |
7% |
9
Minggu ke 9 |
- Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
- Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
Penilaian gaya punggung |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Metode ceramah 2 X 50 |
|
Materi: Materi gaya punggung Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics |
8% |
10
Minggu ke 10 |
- Menguraiakan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
- Menguraikan dan menggabungkan gerakan start, pembalikan dan finish
|
- Menelaah gerakan koordinasi gerakan gaya dada dan gaya kupu-kupu
- Menelaah gerakan start, pembalikan dan finish
|
Kriteria:
8 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya punggung Pustaka: Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York |
8% |
11
Minggu ke 11 |
- Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
- Menguraikan dan menggabungkan gerakan start, pembalikan dan finish
|
- Menelaah gerakan koordinasi gerakan gaya dada dan aya kupu-kupu
- Menelaah gerakan start, pembalikan dan finish
|
Kriteria:
Rubik penilaian partisipasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab, latihan dan penugasan 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya punggung tes Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics |
7% |
12
Minggu ke 12 |
- Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
- Mengembangkan gerakan start, pembalikan dan finish
|
- Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
- Menguraikan dan mengembangkan gerakan start, pembalikan dan finish
|
Kriteria:
Rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya kupu-kupu Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Menguraikan dan mengembangkan gaya dada dan gaya kupu-kupu
- menggabungkan gerakan start, pembalikan, dan finish
|
- Menguraikan dan mengembangkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
- menggabungkan gerakan start, pembalikan, dan finish
|
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya kupu-kupu Pustaka: Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York |
3% |
14
Minggu ke 14 |
- Menelaah pengertian dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
- Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
Penilaian gaya kupu-kupu |
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Metode ceramah 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya kupu-kupu Pustaka: David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231 |
7% |
15
Minggu ke 15 |
- Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
- Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
|
Rubrik kriteria penilaian |
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Metode ceramah 6 X 50 |
|
Materi: Materi gaya kupu-kupu tes Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau |
3% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Tes gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu |
Kriteria:
Rubrik kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi 6 X 50 |
|
Materi: UAS Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau |
2% |