Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Renang

8520802065

T=1

P=1

ECTS=3.18

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)

PLO-10

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)

Program Objectives (PO)

PO - 1

CPMK - 1 dapat melakukan renang gaya bebas dengan teknik gaya yang benar

PO - 2

CPMK - 2 dapat melakukan renang gaya punggung dengan teknik gaya yang benar

PO - 3

CPMK - 3 dapat melakukan renang gaya dada dengan teknik gaya yang benar

PO - 4

CPMK - 4 dapat melakukan renang kupu-kupu dengan teknik gaya yang benar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Pemahaman dan penguasaan sejarah renang, ketrampilan dasar renang, teori dan praktek gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu, didaktik metodik khusus renang, peraturan dan organisasi perlombaan renang.

Pustaka

Utama :

  1. Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
  2. Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics
  3. Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company
  4. David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231
  5. Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau
  6. Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York

Pendukung :

  1. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/article/view/39

Dosen Pengampu

Bayu Budi Prakoso, S.Pd., M.Pd.

PRIYA YOGA PRADANA

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
  2. Menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  1. Menelaah dan mengaitkan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. Mengevaluasi gerakan gaya bebas dan gaya punggung
Kriteria:

8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: Materi gaya dada
Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics
8%

2

Minggu ke 2

  1. menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  2. menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  1. Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. Menelaah manfaat renang barguna kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: Materi gaya dada
Pustaka: Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company
3%

3

Minggu ke 3

  1. Menguraikan pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
  2. Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  1. Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: Materi gaya dada tes
Pustaka: David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231
7%

4

Minggu ke 4

  1. Menelaah dan menjelaskan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. Menguraikan manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
  1. Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. menguraikan manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: Materi gaya bebas test
Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics

Materi: Materi gaya bebas
Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
8%

5

Minggu ke 5

  1. Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  2. Menguraikan gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung
  1. Menelaah dan menguraikan sejarah renang dunia, kapan olahraga renang masuk olimpiade
  2. Menelaah manfaat renang berguna bagi kesehatan, beladiri, rekreasi, dan prestasi
  3. Menguraikan gerakan gaya bebas dan gaya punggung
Kriteria:

8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab dan penugasan
2 X 50

Materi: Materi gaya dada
Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
8%

6

Minggu ke 6

Menelaah pengertian renang gaya dada dan gaya kupu-kupu

Menguraikan gerakan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu

Kriteria:

7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

Materi: Materi gaya dada
Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau
8%

7

Minggu ke 7

menguraikan gerakan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu

  1. Menguraikan gerakan renang gaya dada
  2. Menguraikan gerakan renang gaya kupu-kupu
Kriteria:

8


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
4 X 50

Materi: Materi gaya dada tes
Pustaka: Ernest W. M. 1982. Swimming Faster . California State University Chico: Mayfeld publising Company
8%

8

Minggu ke 8

  1. Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
  2. Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung

Renang gaya punggung

Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode ceramah
6 X 50

Materi: Materi gaya punggung
Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
7%

9

Minggu ke 9

  1. Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
  2. Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung

Penilaian gaya punggung

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Metode ceramah
2 X 50

Materi: Materi gaya punggung
Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics
8%

10

Minggu ke 10

  1. Menguraiakan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. Menguraikan dan menggabungkan gerakan start, pembalikan dan finish
  1. Menelaah gerakan koordinasi gerakan gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. Menelaah gerakan start, pembalikan dan finish
Kriteria:

8


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
6 X 50

Materi: Materi gaya punggung
Pustaka: Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York
8%

11

Minggu ke 11

  1. Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. Menguraikan dan menggabungkan gerakan start, pembalikan dan finish
  1. Menelaah gerakan koordinasi gerakan gaya dada dan aya kupu-kupu
  2. Menelaah gerakan start, pembalikan dan finish
Kriteria:

Rubik penilaian partisipasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, ceramah, tanya jawab, latihan dan penugasan
6 X 50

Materi: Materi gaya punggung tes
Pustaka: Dave. S PhD dan Scott.A. R PhD. 2008. Complete Conditioning for Swimming . United States: Human Kinetics
7%

12

Minggu ke 12

  1. Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. Mengembangkan gerakan start, pembalikan dan finish
  1. Menguraikan dan menggabungkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. Menguraikan dan mengembangkan gerakan start, pembalikan dan finish
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
6 X 50

Materi: Materi gaya kupu-kupu
Pustaka: Ruben Guzman. 2007. The Swimming Drill Book . United States: Human Kinetics
5%

13

Minggu ke 13

  1. Menguraikan dan mengembangkan gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. menggabungkan gerakan start, pembalikan, dan finish
  1. Menguraikan dan mengembangkan renang gaya dada dan gaya kupu-kupu
  2. menggabungkan gerakan start, pembalikan, dan finish
Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Demonstrasi, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
6 X 50

Materi: Materi gaya kupu-kupu
Pustaka: Terry L dan John Delves. 2004. Total Immersion (The Revolutionary Way to Swim Better, Faster, dan Easier) Fireside. NY 10020: 1230 Avenue of Americas New York
3%

14

Minggu ke 14

  1. Menelaah pengertian dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi dan prestasi
  2. Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung

Penilaian gaya kupu-kupu

Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Metode ceramah
6 X 50

Materi: Materi gaya kupu-kupu
Pustaka: David Haller. 2008. Belajar Berenang . Pionir Jaya: 511 Bandung 40231
7%

15

Minggu ke 15

  1. Menelaah pengertian sejarah dan manfaat olahraga renang sebagai kesehatan, keselamatan, rekreasi, dan prestasi
  2. Menelaah gerakan renang gaya bebas dan gaya punggung

Rubrik kriteria penilaian

Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Metode ceramah
6 X 50

Materi: Materi gaya kupu-kupu tes
Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau
3%

16

Minggu ke 16

UAS

Tes gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu

Kriteria:

Rubrik kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi
6 X 50

Materi: UAS
Pustaka: Marta D dan Tina W. 2006. Renang . Ciputat Tangerang 15419:Cerdas Jaya Pondok Hijau
2%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 23.9%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50.33%
3. Penilaian Portofolio 1.9%
4. Penilaian Praktikum 4.4%
5. Praktik / Unjuk Kerja 11.9%
6. Tes 7.57%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.