|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Interkulturelle Kompetenz |
7920602271 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
1 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ajeng Dianing Kartika, S.S, M.Hum
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd
|
Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami tentang geografis negara Jerman
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pendidikan di negara Jerman
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu memahami tentang perpajakan di negara Jerman
|
PO - 5 |
Mahasiswa mampu memahami sistem tempat tinggal di Jerman
|
PO - 6 |
Mahasiswa mampu memahami budaya sehari-hari di Jerman
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PO-1 | | PO-2 | | PO-3 | | PO-4 | | PO-5 | | PO-6 | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengajarkan tentang kompetensi interkultural yang terdiri atas Kesadaran Diri Budaya (Cultural Self-Awareness), Pemahaman Antarbudaya (Intercultural Understanding), Empati Antarbudaya (Intercultural Empathy), Keterampilan Komunikasi Antarbudaya (Intercultural Communication Skills), dan Pengelolaan Konflik Antarbudaya (Intercultural Conflict Management) yang direalisasikan melalui materi-materi tentang pengenalan budaya dan kebiasaan di Jerman. Adapun materi-materi yang diajarkan terdiri atas 1) definisi, konsep dan cakupan kompetensi interkultural, 2) geografis Jerman, 3) sistem tata kota Jerman, 4) sistem pendidikan di Jerman, 5) perayaan-perayaan di Jerman, 6) politik di Jerman, 6) perekonomian Jerman, 7) sistem tata kelola lingkungan di Jerman, 8) kebudayaan Jerman secara umum, dan 9) tabu di Jerman. Perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi. Penilaian diambil melalui partisipasi, penugasan individi dan kelompok, UTS , dan UAS. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Specht, Franz dkk. 2016. Zwischendurch mal Landeskunde. Munchen:Hueber
|
Pendukung : |
|
- https://www.landeskundeaktiv.com/Assets/Images/Arbeitsblaetter_Landeskunde.pdf
|
Dosen Pengampu
|
Ajeng Dianing Kartika, S.S., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menyebutkan negara-negara bagian Jerman |
- Mahasiswa mampu menyebutkan 16 negara bagian Jerman beserta ibukotanya
- Mahasiswa mampu menyebutkan pemimpin masing-masing negara bagian Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan batas antar negara bagian Jerman
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menyebutkan potensi pada masing-masing negara bagian di Jerman |
- Mahasiswa mampu menyebutkan potensi sumber daya alam masing-masing negara bagian di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan destinasi wisata di masing-masing negara bagian di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan nama kota-kota penting di masing-masing negara bagian di Jerman
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
- Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai yang ada di Jerman
|
- Mahasiswa mampu menyebutkan struktur pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu menyebutkan partai-partai yang ada di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan proses eleksi di Jerman
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
- Mahasiswa mampu memahami tentang sistem pemerintahan negara Jerman
- Mahasiswa mampu memahami perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di Jerman
- Mahasiswa mampu meahami perbedaan sistem pemilihan umum di Indonesia dan di Jerman
|
Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan sistem pemerintahan Jerman dan Indonesia |
|
Luring 55 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di Jerman sejak pendidikan dasar-pendidikan tinggi
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan di Jerman
|
Mahasiswa mempu mempresentasikan perbandingan sistem pemerintahan di Jerman dan Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem pendidikan di Jerman sejak pendidikan dasar-pendidikan tinggi
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan sistem pendidikan di Indonesia dan di Jerman
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan pajak-pajak di negara Jerman
- Mahasiswa mampu membandingkan jenis pajak di Indonesia dan Jerman
|
- Mahasiswa mampu mempresentasikan macam-macam jenis pajak di Jerman
- Mahasiswa mampu mempresentasikan jenis-jenis pajak di Jerman dan di Indonesia
|
|
Luring 55 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa menyebutkan macam-macam tempat tinggal di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan jenis tempat tinggal di Indonesia dan Jerman
|
Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan ragam tempat tinggal di Jerman dan Indonesia |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
|
5% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
20% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan perayaan-perayaan budaya di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri perayaan kebudayaan di Jerman
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
- Mahasiswa mampu menyebutkan perayaan-perayaan budaya di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri perayaan kebudayaan di Jerman
|
|
|
Luring 55 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Mampu menyebutkan tentang hari-hari besar di Jerman
- Mahasiswa menjelaskan hari-hari besar di Jerman
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang isu-isu kepedulian lingkungan di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem reuse dan recycle yang diterapkan di Jerman
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang isu-isu kepedulian lingkungan di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan sistem reuse dan recycle yang diterapkan di Jerman
|
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang isu-isu berkaitan dengan migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kebijakan migrasi di Jerman
- Mahasiswa mampu menjelaskan pro dan kontra migrasi di Jerman
|
|
|
Luring 55 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring 55 |
|
|
30% |