|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sejarah Sastra |
7920102160 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
1 |
7 Mei 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Haris Supratno
|
Prof. Dr. Haris Supratno
|
Drs. Parmin, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu mengetahui karya sastra setiap angkatan
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi sejarah sastra Indonesia beserta problematika kehidupan sastranya yang akan dipresentasikan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.
- Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
- Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.
- Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.
- Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara.
- Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
- Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.
- Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat.
- Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa.
- Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.
- Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti
- Suryadi, Linus (ed). 1987. Tonggak: Antologi Puisi Indonesia Modern Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.
|
Pendukung : |
|
- https://sinta.kemdikbud.go.id/journals
- https://scholar.google.com/citations?user=sMyOM9gAAAAJ&hl=en
- https://scholar.google.com/citations?user=JlVafZwAAAAJ&hl=id
- https://ebook.twointomedia.com/
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. H. Haris Supratno Dr. Heny Subandiyah, M.Hum. Dr. Titik Indarti, M.Pd. Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Menguasai ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra |
Sikap: memilih teori-teori berkaitan dengan ilmu-ilmu sastra. Pengetahuan: menyintesiskan teori-teori satra dari pendapat para pakar yang telah dibaca. Keterampilan:Mencari informasi-informasi yangberkaitan dengan teori sastra, sejarah sastra, dan kritik sastra. |
Kriteria:
Jawaban tepat dan sistematis (4)Jawaban tepat dan tidak sistematis (3)Jawaban tidak tepat dan sistematis (2)Jawaban tidak tepat dan tidak sistematis (4) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
diskusiceramahtanya jawabpenugasanpresentasi 2 X 50 |
|
Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia |
Sikap: Memilih karya-karya sastra sesuai dengan angkatan atau periodisasi Pengetahuan: Menyintesiskan pengertian angkatan dan periodisasi sastra Keterampilan: Mengumpulkan informasi tentang periodi sastra beserta tokoh-tokohnya. |
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah Diskusi kelompok Presentasi Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia · Mampu menganlisis karya sastra lama Indonesia |
Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Penilaian diri , partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
3% |
4
Minggu ke 4 |
· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia Mampu menganalisis karya sastra lama Indonesia |
Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penilaian diri , partisipasi 2 X 50 |
|
Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari informasi tentang seejarah sastra Indonesia Modern Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia |
Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia. Materi: sastra Indonesia Modern Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
· Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia |
· Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode · Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa. Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia Pustaka: https://scholar.google.com/... |
3% |
7
Minggu ke 7 |
· Memahami latar sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi sastrawan beserta karya sastranya pada angkatan Balai Pustaka · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Balai Pustaka Mampu bertanggung jawab atas hasil idntifikasi karya sastra angkatan Balai Pustaka |
- Mahasiswa memahami sadar sejarah melalui sastra
- Mahasiswa mampu memahami orisinalitas tokoh utama dalam sejarah sastra
- Mampu memahami orisinalitas tiap angkatan melalui unsur intrinsik dan esktrinsik yang membentuknya.
|
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
1) Ceramah 2) Diskusi kelompok Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
3% |
8
Minggu ke 8 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Paper and pencil test Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes |
Paper and pencil test 2 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: UTS Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: uts Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: uts Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
20% |
9
Minggu ke 9 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari materi tentang Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Pujangga Baru Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra pada angkatan Pujangga Baru. |
Menganilisis/mengidentifikasi karya-kasya sastra yang lahir pada angkatan Pujangga Baru |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ceramah Diskusi kelompok Tanya jawab 2 X 50 |
|
Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an Pustaka: Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang |
Mengetahui latar belakang lahirnya zaman Jepang dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 |
Mengetahui latar belakang lahirnya angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Diskusi Inquiri 2 X 50 |
|
Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
3% |
12
Minggu ke 12 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 50-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 50-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 50-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Inquiri Diskusi Brainstorming 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya periodisasi 50-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya periodisasi 50-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... |
3% |
13
Minggu ke 13 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 60-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Inquiri Diskusi Brainstorming 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information. Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Inquiri Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga. Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... |
3% |
15
Minggu ke 15 |
· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
Inquiri Diskusi 2 X 50 |
|
Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: lahirnya periodisasi 70-an Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an |
Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi Sastra Indonesia |
Kriteria:
Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Paper and pencil test 2 X 50 |
|
Materi: uas Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/... Materi: uas Pustaka: https://scholar.google.com/... Materi: uas Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/... Materi: uas Pustaka: https://scholar.google.com/... |
30% |