Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Indonesia

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sejarah Sastra

7920102160

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

1

7 Mei 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Haris Supratno




Prof. Dr. Haris Supratno




Drs. Parmin, M.Hum.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mensistematisasi masalah-masalah kebahasaan dan kesastraan Indonesia yang berkembang di masyarakat

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu mengetahui karya sastra setiap angkatan

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-7
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mampu menguasai memahami konsep dasar sejarah sastra dan Sejarah Sastra Indonesia melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan tulisan tentang temuan-temuan ciri khas berbagai periodisasi sejarah sastra Indonesia beserta problematika kehidupan sastranya yang akan dipresentasikan.

Pustaka

Utama :

  1. Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.
  2. Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
  3. Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.
  4. Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.
  5. Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara.
  6. Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
  7. Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.
  8. Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat.
  9. Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa.
  10. Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.
  11. Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  12. Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti
  13. Suryadi, Linus (ed). 1987. Tonggak: Antologi Puisi Indonesia Modern Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.

Pendukung :

  1. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals
  2. https://scholar.google.com/citations?user=sMyOM9gAAAAJ&hl=en
  3. https://scholar.google.com/citations?user=JlVafZwAAAAJ&hl=id
  4. https://ebook.twointomedia.com/

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Haris Supratno

Dr. Heny Subandiyah, M.Hum.

Dr. Titik Indarti, M.Pd.

Dr. Resdianto Permata Raharjo, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra

Sikap: memilih teori-teori berkaitan dengan ilmu-ilmu sastra. Pengetahuan: menyintesiskan teori-teori satra dari pendapat para pakar yang telah dibaca. Keterampilan:Mencari informasi-informasi yangberkaitan dengan teori sastra, sejarah sastra, dan kritik sastra.

Kriteria:

Jawaban tepat dan sistematis (4)Jawaban tepat dan tidak sistematis (3)Jawaban tidak tepat dan sistematis (2)Jawaban tidak tepat dan tidak sistematis (4)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
diskusiceramahtanya jawabpenugasanpresentasi
2 X 50

Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: ilmu-ilmu sastra: teori, sejarah, dan kritik sastra
Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.
3%

2

Minggu ke 2

Memahami angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia

Sikap: Memilih karya-karya sastra sesuai dengan angkatan atau periodisasi Pengetahuan: Menyintesiskan pengertian angkatan dan periodisasi sastra Keterampilan: Mengumpulkan informasi tentang periodi sastra beserta tokoh-tokohnya.

Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah Diskusi kelompok Presentasi Tanya jawab
2 X 50

Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...

Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia
Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.

Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: angkatan dan periodisasi dan periodisasi sastra Indonesia
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.
3%

3

Minggu ke 3

· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia · Mampu menganlisis karya sastra lama Indonesia

Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Penilaian diri , partisipasi
2 X 50

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...
3%

4

Minggu ke 4

· Memanfaatkan IPTEKS untuk mencari informasi tentang sastra lama Indonesia · Menguasai ciri-ciri sastra lama Indonesia Mampu menganalisis karya sastra lama Indonesia

Sikap: Memlih hasil karya sastra indonesia klasikPengetahuan: Mengidentifikasi ciri-ciri sastra Indonesia KlasikKeterampilan: Mengumpulkan informasi tentang sastra Indonesia Klasik

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penilaian diri , partisipasi
2 X 50

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: ciri-ciri sastra lama Indonesia
Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat.
3%

5

Minggu ke 5

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari informasi tentang seejarah sastra Indonesia Modern Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia

Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi
2 X 50

Materi: sastra Indonesia Modern
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...

Materi: sastra Indonesia Modern
Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.

Materi: sastra Indonesia Modern
Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.

Materi: sastra Indonesia Modern
Pustaka: Ahmad, Sabaruddin dan Moh Nuh Hr. 1954. Warnasari Prosa dan Puisi Indonesia . Medan: Pustaka Indonesia.

Materi: sastra Indonesia Modern
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
3%

6

Minggu ke 6

· Menguasai konsep sejarah lahirnya sastra indonesia

· Menjelaskan berbagai peristiwa pemicu lahirnya nasionalisme dan sastra Indonesia mode · Membuat ringkasan latar belakang sejarah lahirnya bahasa Indonesia sebagai media sastra Indonesia modern

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Unjuk kerja Brainstorming Diskusi
2 X 50

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Rosidi, Ajib. 1988. Sejarah Sastra Indonesia . Jakarta: Bina Aksara.

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Esten, Mursal. 1987. Kesusastraan. Pengantar Teori dan Sejarah . Bandung: Angkasa.

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: konsep sejarah lahirnya sastra indonesia
Pustaka: https://scholar.google.com/...
3%

7

Minggu ke 7

· Memahami latar sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka · Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi sastrawan beserta karya sastranya pada angkatan Balai Pustaka · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Balai Pustaka Mampu bertanggung jawab atas hasil idntifikasi karya sastra angkatan Balai Pustaka

  1. Mahasiswa memahami sadar sejarah melalui sastra
  2. Mahasiswa mampu memahami orisinalitas tokoh utama dalam sejarah sastra
  3. Mampu memahami orisinalitas tiap angkatan melalui unsur intrinsik dan esktrinsik yang membentuknya.
Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
1) Ceramah 2) Diskusi kelompok Tanya jawab
2 X 50

Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka
Pustaka: Jassin, H.B. 1985. Kesusastraan Indonesia Modern daam Kritik dan Esei Jilid I, II, III . Jakarta: Gramedia.

Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka
Pustaka: Alisjahbana, Sutan Takdir. 1969. Kebangkitan Puisi Baru Indonesia . Jakarta: Dian Rakjat.

Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: sejarah berdirinya Angkatan Balai Pustaka
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...
3%

8

Minggu ke 8

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Paper and pencil test


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Paper and pencil test
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: UTS
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: uts
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: uts
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...
20%

9

Minggu ke 9

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mencari materi tentang Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an · Menguasai konsep ciri-ciri karya sastra pada angkatan Pujangga Baru Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra pada angkatan Pujangga Baru.

Menganilisis/mengidentifikasi karya-kasya sastra yang lahir pada angkatan Pujangga Baru

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ceramah Diskusi kelompok Tanya jawab
2 X 50

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.

Materi: Angkatan Pujangga Baru/Periodisasi 30-an
Pustaka: Mahayana, Maman S, dkk. 1992. Ringkasan dan Ulasan Novel Indonesia Modern . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
5%

10

Minggu ke 10

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang

Mengetahui latar belakang lahirnya zaman Jepang dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Inquiri
2 X 50

Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang
Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.

Materi: lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Zaman Jepang · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Zaman Jepang
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
3%

11

Minggu ke 11

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan Zaman Jepang dan karya sastra dan pengarang pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 · Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45

Mengetahui latar belakang lahirnya angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45 dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi Inquiri
2 X 50

Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45
Pustaka: Hastuti, Sri. 1985. Ringkasan Sejarah Sastra Indonesia . Yogjakarta. Intan Pariwara.

Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: angkatan Chairil Anwar/periodisasi 45
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...
3%

12

Minggu ke 12

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 50-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 50-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 50-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 50-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Inquiri Diskusi Brainstorming
2 X 50

Materi: lahirnya periodisasi 50-an
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: lahirnya periodisasi 50-an
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...
3%

13

Minggu ke 13

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 60-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 60-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Inquiri Diskusi Brainstorming
2 X 50

Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an
Pustaka: Jassin, HB. 1959. Tifa Penyair dan Derahnya . Jakarta: Gunung Agung.

Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an
Pustaka: Sumadjo, Jakob. 1991. Pengantar Novel Indonesia . Bandung: PT Citra Aditya Sakti

Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an
Pustaka: Darma, Budi (ed). 2000. Modern Literature of Asean . Jakarta: Asean Committee on Culture and Information.

Materi: lahirnya angkatan 60-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 60-an
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
5%

14

Minggu ke 14

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Inquiri Diskusi
2 X 50

Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya
Pustaka: Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.

Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: periodisasi 66-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...
3%

15

Minggu ke 15

· Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 70-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 70-an/kontemporer · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 70-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi 70-an dan mengidentifikasi ciri-ci karya yang lahir pada angkatan tersebut

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Inquiri Diskusi
2 X 50

Materi: lahirnya periodisasi 70-an
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...

Materi: lahirnya periodisasi 70-an
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: lahirnya periodisasi 70-an
Pustaka: Subandiyah, Heny. 2014. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilalang Group.
7%

16

Minggu ke 16

Memanfaatkan IPTEKS sebagai alat bantu mengidentifikasi latar belakang lahirnya angkatan 66-an dan karya sastra dan pengarang pada periodisasi 66-an · Menguasai konsep teknik mengidentifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an Mampu bertanggung jawab dengan hasil identifikasi karya sastra yang lahir pada periodisasi 66-an

Mengetahui latar belakang lahirnya periodisasi Sastra Indonesia

Kriteria:

Kesesuaian, ketepatan, dan pemahaman


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Paper and pencil test
2 X 50

Materi: uas
Pustaka: https://ebook.twointomedia.com/...

Materi: uas
Pustaka: https://scholar.google.com/...

Materi: uas
Pustaka: https://sinta.kemdikbud.go.id/...

Materi: uas
Pustaka: https://scholar.google.com/...
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.75%
3. Penilaian Portofolio 17.17%
4. Praktik / Unjuk Kerja 25.5%
5. Tes 15.42%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.