|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
SKETSA DESAIN |
9024104061 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
1 |
4 Juli 2023 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Marsudi, S.Pd.,M.Pd.
|
Marsudi, S.Pd.,M.Pd.
|
Marsudi, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-7 |
Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini |
PLO-9 |
Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memiliki moral, etika dan kepribadian jujur, peduli sesama, dan tangguh selama mengikuti pembelajaran Sketsa Desain
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan tentang menggambar sketsa untuk menentukan komposisi dan proporsi yang tepat dalam perancangan sketsa desaian
|
PO - 3 |
Mampu mengidentifikasi permasalahan dan menentukan tindakan untuk mengahsilkan karya Sketsa Desain sesuai prinsip dan kaidah yang tepat
|
PO - 4 |
Memiliki kemampuan teknis dalam mebuat karya sketsa desain dari tahap awal hingga penyajian karya
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-7 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | | | PO-3 | ✔ | ✔ | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | PO-3 | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji secara teoritis dan mempraktikan tentang dasar-dasar sketsa sebagai upaya pembekalan pada mahasiswa tentang unsur dan prinsip desain secara umum. Mata kuliah sketsa desain ini merupakan mata kuliah yang berbasis praktikum sebagai modal mahasiswa dalam pembuatan thumbnails, rough layout, dan thigh tissue untuk mendukung metodologi dan proses perancangan karya desain komunikasi visual |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet
- Rankin, David. 2000. Fast Sketching Techniques. North Lights Book
- Sarah Simblet. 2005. Sketch Book For The Artist, DK Publishing, New York
- Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5.
- Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
- Thomas C. Wang. 2002. Pencil Sketching, John Wiley & Sons Inc, New York6
- Jorge Paricio. 2015. Perspective Sketching, RockPort Publisher, Massachusetts
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Hendro Aryanto, S.Sn., M.Si. Marsudi, S.Pd., M.Pd. Shofani Azhari, S.Ds., M.Ds. Akmad Arif Wicaksono Sandi, M.Ds. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mampu mendeskripsikan Pengertian dan Ruang Lingkup Sketsa Desain
- Mampu menunjukkan sikap dan etika yang baik, dan jujur dalam proses pembelajaran sketsa desain
|
- Mendeskripsikan Pengertian sketsa desain
- Mendeskripsikan ruang linkup dan tujuan sketsa desain
- Mendeskripsikan prosedur dan bahan untuk pembuatan sketsa desain
|
Kriteria:
Mahasiswa mengikuti perkuliahan secara aktif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint. 2 x 50 menit |
|
Materi: Pengertian Sketsa Desain Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet Materi: Tujuan Sketsa Desain Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain I (Benda Mati) |
- 1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda mati sebagai bahan referensi Sketsa Desain.
- 2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda mati dalam pembuatan Sketsa Desain
- 3. Mahasiswa mampu mempraktikkan sketsa awal benda di sekitar
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
Materi: 1. Karakteristik benda di sekitar Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain II (Benda Hidup) |
1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda hidup sebagai bahan referensi Sketsa Desain.2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda hidup dalam pembuatan Sketsa Desain |
Kriteria:
Menjelaskan prinsip dasar sketsa benda hidup Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
Materi: Memahami Dasar Sketsa benda hidup Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain III (Aktivitas) |
- 1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa aktivitas sebagai bahan referensi Sketsa Desain.
- 2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa aktivitas sekitar dalam pembuatan Sketsa Desain
|
Kriteria:
- Menjelaskan beberapa aktivitas sebagai bahan sketsa desain
- Menjelaskan lingkungan sekitar dalam pembuatan karya sketsa desain
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
Materi: Dasar sketsa aktivitas Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
- 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
- 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
- 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
|
Kriteria:
Mampu membuat sketsa desain sesuai topik yang telah ditentukan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar Sketsa Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
- 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
- 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
- 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
|
Kriteria:
- Kemampuan Intelektual
- Kreativitas
- Kemampuan Teknik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
Materi: Dasar menggambar sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
- 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
- 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
- 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
|
Kriteria:
- Kemampuan Intelektual
- Kemampuan Teknik
- Kreativitas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
Materi: Teknik menggambar sketsa Pustaka: Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester |
Mahasiswa dapat melksanakan Praktik menggambar sketsa |
Kriteria:
- Kemampuan intelektual
- Kreativitas
- Kemampuan Teknik
- Penyajian karya
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Praktik menggambar 4 x 50 menit |
|
Materi: Teknik menggambar sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi |
- 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi
- 2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi
- 3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik
|
Kriteria:
Mahasiswa dapat melakukan praktik menggambar sketsa dengan tepat Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar Sketsa makhluk hidup Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi |
- 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi
- 2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi
- 3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik
|
Kriteria:
- Intelektual
- Kreativitas
- Kemampuan teknik
- Penyajian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa. |
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.
- 2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.
- 3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa.
|
Kriteria:
- Kemampuan Intelektual
- Kemampuan teknik
- Kreativitas
- Penyajian
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar Sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio Materi: Menggambar Sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa. |
- 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.
- 2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.
- 3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa.
|
Kriteria:
- Kemampuan itelektual
- Kreativitas
- Kemampuan teknik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar sketsa alam benda Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu membuat dan menerapkan sketsa desain ke dalam berbagai macam komposisi dan layout. |
- 1. Mahasiswa mampu memahami pengertian komposisi dan layout dalam konteks desain.
- 2. Mahasiswa mampu menerapkan sketsa desain kedalam komposisi dan layout yang representatif.
|
Kriteria:
- Kemampuan Intelektual
- Kemampuan Teknik
- Kretaivitas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
Materi: Menggambar Sketsa Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam draft proyek desain yang sederhana. |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu memahami dan membuat Tight issue, Thumbnail, Final Artwork |
Kriteria:
- Kemampuan Intelektual
- Kemampuan Teknik
- Kreativitas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
Materi: Teknik Sketsa Pustaka: Rankin, David. 2000. Fast Sketching Techniques. North Lights Book |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam pembuatan desain Iklan Komersil dan Non Komersil berbasis proyek |
- 1. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan sketsa desain kedalam proyek desain
- 2. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan mengenai tipografi, ilustrasi, komposisi, dan layout kedalam proyek desain
|
Kriteria:
- Keampuan Intelektual
- Kemampuan teknik
- Kreativitas
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 X 50 |
|
Materi: Sketsa Produk Pustaka: Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam pembuatan desain Iklan Komersil dan Non Komersil berbasis proyek |
- 1. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan sketsa desain kedalam proyek desain
- 2. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan mengenai tipografi, ilustrasi, komposisi, dan layout kedalam proyek desain
|
Kriteria:
- Kemampuan intelektual
- Kretaivitas
- Kemampuan teknik
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Praktik 4 X 50 |
|
Materi: Sketsa produk Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio |
15% |