Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

SKETSA DESAIN

9024104061

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=4

P=0

ECTS=6.36

1

4 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Marsudi, S.Pd.,M.Pd.




Marsudi, S.Pd.,M.Pd.




Marsudi, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-7

Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini

PLO-9

Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memiliki moral, etika dan kepribadian jujur, peduli sesama, dan tangguh selama mengikuti pembelajaran Sketsa Desain

PO - 2

Memiliki pengetahuan tentang menggambar sketsa untuk menentukan komposisi dan proporsi yang tepat dalam perancangan sketsa desaian

PO - 3

Mampu mengidentifikasi permasalahan dan menentukan tindakan untuk mengahsilkan karya Sketsa Desain sesuai prinsip dan kaidah yang tepat

PO - 4

Memiliki kemampuan teknis dalam mebuat karya sketsa desain dari tahap awal hingga penyajian karya

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-7PLO-9
PO-1  
PO-2  
PO-3 
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji secara teoritis dan mempraktikan tentang dasar-dasar sketsa sebagai upaya pembekalan pada mahasiswa tentang unsur dan prinsip desain secara umum. Mata kuliah sketsa desain ini merupakan mata kuliah yang berbasis praktikum sebagai modal mahasiswa dalam pembuatan thumbnails, rough layout, dan thigh tissue untuk mendukung metodologi dan proses perancangan karya desain komunikasi visual

Pustaka

Utama :

  1. Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet
  2. Rankin, David. 2000. Fast Sketching Techniques. North Lights Book
  3. Sarah Simblet. 2005. Sketch Book For The Artist, DK Publishing, New York
  4. Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5.
  5. Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
  6. Thomas C. Wang. 2002. Pencil Sketching, John Wiley & Sons Inc, New York6
  7. Jorge Paricio. 2015. Perspective Sketching, RockPort Publisher, Massachusetts

Pendukung :

Dosen Pengampu

Hendro Aryanto, S.Sn., M.Si.

Marsudi, S.Pd., M.Pd.

Shofani Azhari, S.Ds., M.Ds.

Akmad Arif Wicaksono Sandi, M.Ds.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mampu mendeskripsikan Pengertian dan Ruang Lingkup Sketsa Desain
  2. Mampu menunjukkan sikap dan etika yang baik, dan jujur dalam proses pembelajaran sketsa desain
  1. Mendeskripsikan Pengertian sketsa desain
  2. Mendeskripsikan ruang linkup dan tujuan sketsa desain
  3. Mendeskripsikan prosedur dan bahan untuk pembuatan sketsa desain
Kriteria:

Mahasiswa mengikuti perkuliahan secara aktif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint.
2 x 50 menit

Materi: Pengertian Sketsa Desain
Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet

Materi: Tujuan Sketsa Desain
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

2

Minggu ke 2

Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain I (Benda Mati)

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda mati sebagai bahan referensi Sketsa Desain.
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda mati dalam pembuatan Sketsa Desain
  3. 3. Mahasiswa mampu mempraktikkan sketsa awal benda di sekitar
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 x 50 menit

Materi: 1. Karakteristik benda di sekitar
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain II (Benda Hidup)

1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda hidup sebagai bahan referensi Sketsa Desain.2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda hidup dalam pembuatan Sketsa Desain

Kriteria:

Menjelaskan prinsip dasar sketsa benda hidup


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 x 50 menit

Materi: Memahami Dasar Sketsa benda hidup
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

4

Minggu ke 4

Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain III (Aktivitas)

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa aktivitas sebagai bahan referensi Sketsa Desain.
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa aktivitas sekitar dalam pembuatan Sketsa Desain
Kriteria:
  1. Menjelaskan beberapa aktivitas sebagai bahan sketsa desain
  2. Menjelaskan lingkungan sekitar dalam pembuatan karya sketsa desain

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 x 50 menit

Materi: Dasar sketsa aktivitas
Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet
5%

5

Minggu ke 5

Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif

  1. 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
  2. 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
  3. 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
Kriteria:

Mampu membuat sketsa desain sesuai topik yang telah ditentukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
6 x 50 menit

Materi: Menggambar Sketsa
Pustaka: Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet
5%

6

Minggu ke 6

Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif

  1. 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
  2. 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
  3. 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
Kriteria:
  1. Kemampuan Intelektual
  2. Kreativitas
  3. Kemampuan Teknik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
6 x 50 menit

Materi: Dasar menggambar sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

7

Minggu ke 7

Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif

  1. 1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)
  2. 2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan
  3. 3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya.
Kriteria:
  1. Kemampuan Intelektual
  2. Kemampuan Teknik
  3. Kreativitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
6 x 50 menit

Materi: Teknik menggambar sketsa
Pustaka: Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5.
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester

Mahasiswa dapat melksanakan Praktik menggambar sketsa

Kriteria:
  1. Kemampuan intelektual
  2. Kreativitas
  3. Kemampuan Teknik
  4. Penyajian karya

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Praktik menggambar
4 x 50 menit

Materi: Teknik menggambar sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
15%

9

Minggu ke 9

Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi

  1. 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi
  2. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi
  3. 3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik
Kriteria:

Mahasiswa dapat melakukan praktik menggambar sketsa dengan tepat


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
4 x 50 menit

Materi: Menggambar Sketsa makhluk hidup
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

10

Minggu ke 10

Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi

  1. 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi
  2. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi
  3. 3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik
Kriteria:
  1. Intelektual
  2. Kreativitas
  3. Kemampuan teknik
  4. Penyajian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
4 x 50 menit

Materi: Menggambar sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa.

  1. 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.
  3. 3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa.
Kriteria:
  1. Kemampuan Intelektual
  2. Kemampuan teknik
  3. Kreativitas
  4. Penyajian

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
4 x 50 menit

Materi: Menggambar Sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio

Materi: Menggambar Sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

12

Minggu ke 12

Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa.

  1. 1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.
  2. 2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.
  3. 3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa.
Kriteria:
  1. Kemampuan itelektual
  2. Kreativitas
  3. Kemampuan teknik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
4 x 50 menit

Materi: Menggambar sketsa alam benda
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

13

Minggu ke 13

Mampu membuat dan menerapkan sketsa desain ke dalam berbagai macam komposisi dan layout.

  1. 1. Mahasiswa mampu memahami pengertian komposisi dan layout dalam konteks desain.
  2. 2. Mahasiswa mampu menerapkan sketsa desain kedalam komposisi dan layout yang representatif.
Kriteria:
  1. Kemampuan Intelektual
  2. Kemampuan Teknik
  3. Kretaivitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 x 50 menit

Materi: Menggambar Sketsa
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam draft proyek desain yang sederhana.

Mahasiswa dapat memahami dan mampu memahami dan membuat Tight issue, Thumbnail, Final Artwork

Kriteria:
  1. Kemampuan Intelektual
  2. Kemampuan Teknik
  3. Kreativitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 x 50 menit

Materi: Teknik Sketsa
Pustaka: Rankin, David. 2000. Fast Sketching Techniques. North Lights Book
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam pembuatan desain Iklan Komersil dan Non Komersil berbasis proyek

  1. 1. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan sketsa desain kedalam proyek desain
  2. 2. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan mengenai tipografi, ilustrasi, komposisi, dan layout kedalam proyek desain
Kriteria:
  1. Keampuan Intelektual
  2. Kemampuan teknik
  3. Kreativitas

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan praktikum, Powepoint
4 X 50

Materi: Sketsa Produk
Pustaka: Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5.
5%

16

Minggu ke 16

Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam pembuatan desain Iklan Komersil dan Non Komersil berbasis proyek

  1. 1. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan sketsa desain kedalam proyek desain
  2. 2. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan mengenai tipografi, ilustrasi, komposisi, dan layout kedalam proyek desain
Kriteria:
  1. Kemampuan intelektual
  2. Kretaivitas
  3. Kemampuan teknik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Praktik
4 X 50

Materi: Sketsa produk
Pustaka: Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 17.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 60%
3. Praktik / Unjuk Kerja 22.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.