|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pembelajaran Inovatif II (Magang 2) |
8720203113 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach (9th Edition ) . New York: McGraw-Hill Humanities. Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany ;learning to teach . New York: McGraw-Hill Book Company. Bruce Joyce, Marsha Weil and Emily Calhoun. 2014. Models of Teaching (9th Edition) . Newyork: Pearson Education Kemp, J.E and Ross, S.M. 1994. Designing Effective Instruction . New York: Macmillan College Publishing Company. Bruner, J. (2000). The process of education . Cambridge, M.A: Harvard University Press.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
SULISTINAH Dr. Sri Murtini, M.Si. Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa Memiliki sikap & persepsi positif terhadap teori-teori belajar |
- Menjelaskan persepsi positif teori belajar - Menjelaskan teori belajar secara deskriptif dan prespektif |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Behavioristik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori bevioristik - Mengidentifikasi teori behavioristik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori behavioristik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori behavioristik dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kognitif dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Kognitif - Mengidentifikasi teori Kognitif - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Kognitif dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Kognitif dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Tanya jawab - penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Konstruktivistik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Konstruktivistik - Mengidentifikasi teori Konstruktivistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Konstruktivistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Konstruktivistik dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Penugasan - Diskusi 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Sosio-kultural dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Sosio-kultural - Mengidentifikasi teori Sosio-kultural - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Sosio-kultural dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Sosio-kultural dalam pembelajaran |
|
- Kuliah mimbar - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kecerdasan Ganda dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Teori Kecerdasan Ganda - Mengidentifikasi teori Teori Kecerdasan Ganda - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Humanistik dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Humanistik - Mengidentifikasi teori Humanistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Humanistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Humanistik dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
(USS) |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Pemrosesan Informasi dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Pemrosesan Informasi - Mengidentifikasi teori Pemrosesan Informasi - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Neuroscience dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian teori Neuroscience - Mengidentifikasi teori Neuroscience - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Neuroscience dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Neuroscience dalam pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran konstruktivisme - Mengidentifikasi Model pembelajaran konstruktivisme - Mengaplikasikan Model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Problem based learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Problem based learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengidentifikasi Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengaplikasikan Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Cooperative learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Cooperative learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Contextual learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Contextual learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran |
|
- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengidentifikasi Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengaplikasikan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran |
|
- Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi 3 X 50 |
|
|
0% |