Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pembelajaran Inovatif II (Magang 2)

8720203113

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

Pustaka

Utama :

  1. Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach (9th Edition ) . New York: McGraw-Hill Humanities.

    Arends, Richard I. 2004. Guide to Field Experiences and Portofolio Development: to accompany ;learning to teach . New York: McGraw-Hill Book Company.

    Bruce Joyce, Marsha Weil and Emily Calhoun. 2014. Models of Teaching (9th Edition) . Newyork: Pearson Education

    Kemp, J.E and Ross, S.M. 1994. Designing Effective Instruction . New York: Macmillan College Publishing Company.

    Bruner, J. (2000). The process of education . Cambridge, M.A: Harvard University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SULISTINAH

Dr. Sri Murtini, M.Si.

Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.

Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa Memiliki sikap & persepsi positif terhadap teori-teori belajar

- Menjelaskan persepsi positif teori belajar - Menjelaskan teori belajar secara deskriptif dan prespektif

- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Behavioristik dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori bevioristik - Mengidentifikasi teori behavioristik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori behavioristik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori behavioristik dalam pembelajaran

- Kuliah mimbar - Tanya jawab. - Diskusi
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kognitif dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori Kognitif - Mengidentifikasi teori Kognitif - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Kognitif dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Kognitif dalam pembelajaran

- Kuliah mimbar - Tanya jawab - penugasan
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Konstruktivistik dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori Konstruktivistik - Mengidentifikasi teori Konstruktivistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Konstruktivistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Konstruktivistik dalam pembelajaran

- Kuliah mimbar - Penugasan - Diskusi
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Sosio-kultural dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori Sosio-kultural - Mengidentifikasi teori Sosio-kultural - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Sosio-kultural dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Sosio-kultural dalam pembelajaran

- Kuliah mimbar - Unjuk kerja - Penugasan
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Kecerdasan Ganda dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori Teori Kecerdasan Ganda - Mengidentifikasi teori Teori Kecerdasan Ganda - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Teori Kecerdasan Ganda dalam pembelajaran

- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori Humanistik dalam praktek pembelajaran

- Menjelaskan pengertian teori Humanistik - Mengidentifikasi teori Humanistik - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Humanistik dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Humanistik dalam pembelajaran

- Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

(USS)


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Pemrosesan Informasi dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian teori Pemrosesan Informasi - Mengidentifikasi teori Pemrosesan Informasi - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Pemrosesan Informasi dalam pembelajaran

    - Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Teori belajar Neuroscience dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian teori Neuroscience - Mengidentifikasi teori Neuroscience - Memberikan contoh-contoh yang relevan tentang teori Neuroscience dalam pembelajaran - Mengaplikasikan teori Neuroscience dalam pembelajaran

    - Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran konstruktivisme - Mengidentifikasi Model pembelajaran konstruktivisme - Mengaplikasikan Model pembelajaran konstruktivisme dalam praktek pembelajaran

    - Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Problem based learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Problem based learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Problem based learning dalam praktek pembelajaran

    - Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengidentifikasi Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif - Mengaplikasikan Model pembelajaran pembelajaran Kreatif dan Produktif dalam praktek pembelajaran

    - Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Cooperative learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Cooperative learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Cooperative learning dalam praktek pembelajaran

    - Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan menggunakan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Contextual learning - Mengidentifikasi Model pembelajaran Contextual learning - Mengaplikasikan Model pembelajaran Contextual learning dalam praktek pembelajaran

    - Diskusi - Unjuk kerja - Penugasan
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menggunakan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran

    - Menjelaskan pengertian Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengidentifikasi Model pembelajaran Multiple Intelligent - Mengaplikasikan Model pembelajaran Multiple Intelligent dalam praktek pembelajaran

    - Tanya jawab - Unjuk kerja - presentasi
    3 X 50

    0%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    0%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.