Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Metode penelitian Lanjutan

8900104093

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Nasional

T=4

P=0

ECTS=10.08

1

1 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Drs. T. CHOLIK MUTOHIR, MA., Ph.D.




Prof. Drs. T. CHOLIK MUTOHIR, MA., Ph.D.




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-11

Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based).

PLO-12

Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan

PLO-13

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

PLO-15

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam ilmu keolahragaan pada forum akademik dan publik

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu memetakan dan menguraikan konsep-konsep dasar epistemologi dalam hubungannya dengan metodologi penelitian lanjut bidang Ilmu Keolahragaan serta mampu mengimplementasikan sebagai landasan dan subjek analisis berbagai persoalan keolahragaan.

PO - 2

Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain penelitian eksperimental atau kuasi-eksperimental yang inovatif dan memiliki kontribusi orisinal, termasuk strategi pengambilan sampel, metode pengukuran, dan analisis data tingkat lanjut

PO - 3

Mahasiswa mampu mengembangkan dan memvalidasi instrumen penelitian yang kompleks untuk mengukur variabel-variabel kritis dalam ilmu keolahragaan secara akurat dan reliabel

PO - 4

Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik analisis statistik dan model matematika tingkat lanjut, seperti analisis jalur (path analysis), model persamaan struktural (SEM), atau machine learning, untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel dan menguji hipotesis penelitian

PO - 5

Mahasiswa mampu menyusun artikel ilmiah yang berkualitas tinggi dan memiliki kontribusi baru di bidang ilmu keolahragaan, serta memenuhi standar untuk publikasi dalam jurnal internasional bereputasi

PO - 6

Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil penelitian dengan cara yang meyakinkan, efektif, dan sesuai dengan standar akademik di konferensi nasional atau internasional, serta mempertahankan temuan penelitian dalam diskusi kritis

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-11PLO-12PLO-13PLO-15
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4    
PO-5   
PO-6  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Penjabaran secara kritis terkait metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualtitatif, dan campuran (Mixed) untuk mendeskripsikan, memahami, dan menjelaskan fenomena keolahragaan dengan pendekatan independent study (belajar merdeka) dengan memenfaatkan studi literatur, diskusi, seminar untuk menghasilkan proposal disertasi.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
  2. Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications
  3. Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.
  4. Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
  5. Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
  6. Hyllegard, R., Mood, D.P, Morrow, J.R. (1996). Interpreeting Research in Sport and Exercise Science. %th Edition. St. Louis: Mosby
  7. Thomas, J.R., Nelson, J.K, Silverman, S.J. (2011). Research Methods in Physical Activity. 6th Edition. Chapaign Il: Human Kinetics
  8. Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
  9. Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph.D.

Prof. Dr. I Made Sri Undy Mahardika, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian lanjut dalam olahraga meliputi: KUAN, KUAL, & MIXED METHOD

  1. Menjelaskan beberapa konsep Metode penelitian lanjut
  2. Menunjukkan Karakteristik penelitian lanjut 3.Mengapresiasi berbagai pendekatan Penelitian KUAN. KUAL & MIXED METHOD
Kriteria:

Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawab
2 x 50 menit
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian lanjut dengan metode KUAN, KUAL & MIXED METHOD
2 x 50 menit
Materi: Mixed Method Approaches
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
6%

2

Minggu ke 2

Mampu merumuskan masalah, identifikasi variabel dan hipotesis, desain pengumpulan dan analisis data, interpretasi dan penarikan simpulan dalam Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD

  1. Mendiskusikan tugas-tugas terkait langkah-langkah Penelitian Lanjut KUAN, KUAL & MIXED METHOD
  2. Menganalisis kritis artikel penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dari Jurnal bereputasi identifikasi
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
Membaca berbagai Artikel Penelitian KUAN, KUAL & MIXED METHOD dalam bidang keolahragaan

Membuat catatan skematik (PPT)terkait desain, masalah, variabel, kerangka berpikir, pengumpulan data, analisis data, dan simpulan
3 x 50 menit
Materi: Mixed Method Approaches
Pustaka: Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
11%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (1) dengan Deskriptif, Regresi & ANOVA

  1. Menjelaskan dan mendiskusikan penelitian KUAN lanjut
  2. Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga
Kriteria:

keaktifan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawab
2 X 50 menit
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVE yang menggunakan analisis Statistik: Desktiptif, Regresi, dan ANOVA
3 x 50 menit
Materi: Quantitaive method
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
10%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian kuantitatif (KUAN) olahraga dengan pendekatan SURVE (2) dengan Analisis Faktor & SEM

  1. Membaca berbagai Artikel terkait Penelitian KUAN Surve
  2. Mendisain Pendekatan Survei dengan analisis Korelasional Multivariate KUAN Olahraga, yakni Analisis Faktor dan SEM
Kriteria:

Nilai penuh (10%) diperoleh apabila menjawab dengan selengkap mungkin minimal dari dua referensi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawab
2 x 50 menit
Menganalisis dan mendiskusikan tema penelitian KUAN lanjut dari Artikel Jurnal dengan pendekatan SURVEI dengan analisis Statistik Analisis Faktot dan SEM
3 x 50 menit
Materi: Quantitaive method
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
10%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami dan beberapa menjelaskanpenelitian lanjut KUAL (1) dengan pendekatan Case Study, Ethnografi, Fenomenologi, & Grouded Theory

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAl lanjut
  2. Mendisain penelitian KUAL sesuai dengan masalah penelitian
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
1. Membaca berbagai tulisan tentang tugas- tugas Pnelitian KUAL Eksperimen
2. Merefleksikan tugas Penelitian Lanjut KUAL tersebut sebagai subjek analisis sesuai karakteristiknya.
persoalan keilmuan
3. Membuat catatan skematik (PPT) terkait Penelitian KUAL dan mendiskusikan dalam kelas
3 x 50 menit
Materi: Quantitaive method
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.

Materi: Mixed Method Approaches
Pustaka: Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications
15%

6

Minggu ke 6

  1. Memahami Konsep Epistemologi dalam Konteks Metodologi Penelitian Keolahragaan
  2. Mengidentifikasi Relevansi Epistemologi dengan Pendekatan Metodologi Penelitian Lanjutan dalam Ilmu Keolahragaan
  3. Mengintegrasikan Konsep Epistemologi dalam Penyusunan Kerangka Metodologi Penelitian Ilmiah Keolahragaan

Menyusun salah satu metode penelitian KUAN Lanjut dalam suatu Manuscript (2500-3000 kata)

Kriteria:

Pemahaman Konsep Epistemologi (40%) Sangat Baik (A): Menunjukkan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang konsep-konsep dasar epistemologi dan aliran-alirannya (positivisme, interpretivisme, konstruktivisme, dll.) serta mampu mengaitkan masing-masing dengan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan. Baik (B): Memahami sebagian besar konsep-konsep dasar epistemologi dan dapat menghubungkannya dengan metodologi penelitian keolahragaan dengan cukup baik. Cukup (C): Pemahaman terhadap konsep-konsep dasar epistemologi terbatas dan kurang mampu mengaitkan dengan metodologi penelitian dalam ilmu keolahragaan. Kurang (D): Pemahaman terhadap konsep-konsep dasar epistemologi sangat terbatas atau tidak akurat, dengan kesulitan dalam menghubungkannya dengan metodologi penelitian. Kemampuan Menganalisis dan Mengidentifikasi Relevansi Epistemologi dengan Metodologi Penelitian (30%) Sangat Baik (A): Mampu secara jelas dan kritis mengidentifikasi relevansi konsep epistemologi dengan metodologi penelitian keolahragaan dan memberikan contoh analisis yang mendalam tentang persoalan keolahragaan. Baik (B): Mengidentifikasi relevansi epistemologi dengan metodologi penelitian dengan baik, tetapi analisisnya kurang mendalam atau terlalu umum. Cukup (C): Mengidentifikasi relevansi epistemologi dengan metodologi penelitian, namun analisisnya terbatas dan tidak menyeluruh. Kurang (D): Kesulitan dalam mengidentifikasi relevansi antara epistemologi dan metodologi penelitian, dengan analisis yang dangkal atau tidak sesuai. Pengembangan Kerangka Metodologi Penelitian Berdasarkan Epistemologi (20%) Sangat Baik (A): Mampu merancang kerangka metodologi penelitian ilmiah yang matang dan terintegrasi dengan konsep epistemologi yang sesuai, serta mampu menjelaskan landasan teori yang digunakan secara sistematis. Baik (B): Merancang kerangka metodologi yang baik dan terintegrasi dengan epistemologi, meskipun ada beberapa kekurangan dalam penjelasan atau struktur kerangka yang disusun. Cukup (C): Mampu merancang kerangka metodologi, tetapi tidak sepenuhnya sesuai dengan konsep epistemologi atau terdapat kekurangan dalam penjelasan dan struktur. Kurang (D): Kerangka metodologi yang disusun tidak sesuai atau kurang lengkap, dan tidak didasarkan pada epistemologi yang tepat. Kemampuan Mengimplementasikan Epistemologi dalam Pemecahan Masalah Keolahragaan (10%) Sangat Baik (A): Mampu mengimplementasikan konsep epistemologi dengan sangat baik untuk menganalisis dan memberikan solusi terhadap persoalan keolahragaan yang kompleks. Baik (B): Mengimplementasikan konsep epistemologi dengan baik, tetapi analisis atau solusi yang diberikan kurang terperinci atau tidak sepenuhnya relevan dengan persoalan keolahragaan. Cukup (C): Mengimplementasikan konsep epistemologi, tetapi tidak terlalu mendalam atau kurang sesuai dengan persoalan keolahragaan yang dihadapi. Kurang (D): Kesulitan dalam mengimplementasikan epistemologi atau solusi yang diberikan tidak relevan atau tidak didasarkan pada analisis yang tepat. Kreativitas dan Inovasi dalam Pengembangan Teori atau Konsepsi Baru (10%) Sangat Baik (A): Mahasiswa menunjukkan kreativitas tinggi dalam mengembangkan teori atau konsepsi baru yang berdasar pada epistemologi yang tepat, dengan ide-ide inovatif yang relevan dengan bidang ilmu keolahragaan. Baik (B): Menunjukkan kreativitas dan inovasi yang baik, meskipun masih ada beberapa area yang kurang orisinal atau tidak sepenuhnya terhubung dengan perkembangan keilmuan terbaru dalam keolahragaan. Cukup (C): Pengembangan teori atau konsepsi baru kurang orisinal dan tidak sepenuhnya berdasar pada epistemologi yang tepat. Kurang (D): Tidak ada pengembangan teori atau konsepsi baru yang signifikan, atau pengembangan yang dilakukan tidak relevan dengan epistemologi atau bidang keolahragaan. Kriteria Penilaian Berdasarkan Kriteria Skor: A (90-100): Memenuhi semua kriteria dengan sangat baik, menunjukkan kedalaman pemahaman, kreativitas, dan aplikasi yang kuat dalam bidang keolahragaan. B (80-89): Memenuhi sebagian besar kriteria dengan baik, meskipun ada beberapa area yang masih bisa diperbaiki atau diperjelas. C (70-79): Memenuhi sebagian kriteria tetapi dengan analisis yang terbatas dan kurang mendalam. D (60-69): Tidak memenuhi kriteria dengan memadai, dengan pemahaman dan penerapan yang tidak memadai atau tidak tepat.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
2 x 50 menit
Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 3x 24 jam
3 x 24 jam
Materi: qualitative researchh
Pustaka: Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
30%

7

Minggu ke 7

Mampu mengalisis hasil penelitian KUAL dengan melakukan Reviu Jurnal secara sistematis

Mengidentifikasi artikel relevan, menganalisis dan mensintesis menjadi manuscript singkat (1500 kata)

Kriteria:

Keakuratan, kedalaman, dan keobyektivan dalam penulisan artikel (15% toleransi plagiasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
Mengerjakan Tugas Reviu Artikel yang dipilih
Materi: qualitatif research
Pustaka: Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
5%

8

Minggu ke 8

Mengidentifikasi Isu Penelitian yang Relevan dan Berdampak di Bidang Keolahragaan

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Studi Kasus & Fenomenologi)
  2. Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Studi Kasus atau Fenomenologi
  3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan isu-isu penelitian yang relevan dengan perkembangan terkini dalam ilmu keolahragaan, serta memiliki potensi kontribusi baru
Kriteria:

Sangat Baik (A): Isu penelitian yang dipilih sangat relevan, inovatif, dan memberikan dampak signifikan pada pengembangan ilmu keolahragaan. Baik (B): Isu penelitian relevan dan bermanfaat, meskipun tidak terlalu inovatif atau dampaknya terbatas. Cukup (C): Isu penelitian kurang relevan atau tidak sepenuhnya baru dalam bidang keolahragaan. Kurang (D): Isu penelitian tidak relevan atau tidak memiliki kontribusi signifikan dalam ilmu keolahragaan.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian KUAL focus pada pendekatan Studi Kasus dan Fenomenologi
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications
5%

9

Minggu ke 9

Mampu mendisain penelitian KUAL (2) dengan pendalaman pada Ethnografi & Grouded Research

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian KUAL lanjut (Ethnografi & Grounded Research)
  2. Mendisain penelitian KUAL dengan pendekatan Ethnografi & Grounded Research
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 X 50
3 x 50 menit

Materi: Qualitative Method
Pustaka: Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
1%

10

Minggu ke 10

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Sequential

  1. Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Sequential)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Sequential)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
1. Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Sequential.
2. Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas
Materi: Mixed Method Approaches
Pustaka: Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications
1%

11

Minggu ke 11

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. .Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
1%

12

Minggu ke 12

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. .Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
1%

13

Minggu ke 13

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. .Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
1%

14

Minggu ke 14

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. .Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
1%

15

Minggu ke 15

Mampu memahami, menjelaskan, dan mendisain penelitian Mixed Method dengan model Integrated

  1. .Menjelaskan & mendiskusikan metode penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
  2. Mendisain penelitian MIXED METHOD (Model Integrated)
Kriteria:

Nilai penuh diperoleh (15%) apabila mengerjakan secara benar dan tepat waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Kuliah mimbar (slide) dan tanya jawabDiskusi kelompok
3 x 50 menit
•Menganalisis artikel terkait tugas- tugas Penelitian MIXED METHOD fokus pada model Integrated.
• Membuat catatan skematik (PPT) hasil analisis Artikel tersebut dan Didiskusikan dalam seminar di kelas.
Materi: Qualitative Method
Pustaka: Maxwell, J. A. (2013). Qualitative Research Design: An Interactive Approach (3rd ed.). SAGE Publications
1%

16

Minggu ke 16

UAS mengidentifikasi kemampuan memahami, menjelaskan dan mengaplikasi metode penelitian KUAN & KUALatau MIXED METHOD ke dalam PROPOSAL PENELITIANDISERTASI dalam bidang olahraga

Menyususn Proposal Penelitian Disertasi (S3) sesuai topik yang dipilih dengan standar Penulisan Proposal PPS UNESA

Kriteria:

Nilai dengan kriteria manuscript ditulis sendiri berdasarkan atas: keakuratan, kedalaman, obyektivitas (bebas plagiasi 15%), dan ketepatan waktu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Mengerjakan UTS secara mandiri dengan open book
3 x 50 menit
Dapat menggunakan sumber Pustaka secara terbuka 6 x 24 jam dan dilaporkan 24 Jam sebelum penutupan penyerahan Nilai Akhir.
Materi: mix method research
Pustaka: Teddlie, C., & Tashakkori, A. (2009). Foundations of Mixed Methods Research: Integrating Quantitative and Qualitative Approaches in the Social and Behavioral Sciences. SAGE Publications
1%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 72.16%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15.16%
3. Penilaian Portofolio 12.66%
99.98%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.