Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kajian Kependudukan dan Manula

6920103041

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agus Machfud Fauzi, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfokuskan pada dua hal, yaitu pertama , membentuk skemata mahasiswa tentang berbagai konsep dan teori tentang kependudukan dan manula. Untuk itu, matakuliah ini memberikan overview pemahaman tentang teori lansia, ageing ( mid life ), lansia dalam keluarga, kearifan tokoh lansia, kematian lansia, lansia di perkotaan dan perdesaan, lansia dan penyimpangan sosial. Kedua , matakuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk melakukan small research di lapangan. Mahasiswa juga diminta untuk menyusun laporan tertulis dan mempresentasikannya. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplorasi.

Pustaka

Utama :

  1. Momon Sudarma. 2009. Sosiologi Untuk Kesehatan . Jakarta: Salemba Medika
  2. Fauzi Muzaham (Ed.). 2005. Memperkenalkan Sosiologi Kesehatan . Jakarta: UI Press
  3. Solita Sarwono. 2007. Sosiologi Kesehatan: Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya . Yogyakarta: Gadjah Mada University Pr

Pendukung :

Dosen Pengampu

Drs. Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, M.Si.

Dr. Refti Handini Listyani, S.Sos., M.Si.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kependudukan dan manula

Dasar-dasar konsep kependudukan dan manula

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Ceramah bervariasi
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memiliki kemampuan menjelaskan konsep dan ruang lingkup kependudukan dan manula

Menjelaskan konsep dan ruang lingkup kependudukan dan manula

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik; ekspositori
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan teori lansia secara sosiologis

Teori lansia secara sosiologis

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik; ekspositori
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memiliki kemampuan menjelaskan tentang lansia dalam keluarga

Menjelaskan lansia dalam keluarga

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik; ekspositori
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memiliki kemampuan menjelaskan kearifan tokoh lansia

Menjelaskan kearifan tokoh lansia

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik; Ekspositori
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memiliki kemampuan menjelaskan lansia di perkotaan dan perdesaan

Menjelaskan lansia di perkotaan dan perdesaan

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik dan ekspositoori
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memiki kemampuan menjelaskan tentang lansia dan penyimpangan sosial

Menjelaskan tentang lansia dan penyimpangan sosial

Kriteria:

Ketuntasan belajar

Behavioristik; ekspositori
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS

UTS
3 X 50

0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.