
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Ilmu Komunikasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Komunikasi Internasional |
7020103131 |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
31 Juli 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Awang Dharmawan, S.Ikom., M.A.; Aditya Fahmi Nurwahid, S.I.Kom., M.A.; Dr. Rio Febrianur Rachman, S.S., M.Med.Kom.; Mochammad Masrikhan, S.I.Kom., M.Commun.
|
Tsuroyya, S.S., M.A.
|
ANAM MIFTAKHUL HUDA |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-5 |
Mampu mengembangkan dan mengelola program media informasi, perusahaan dan agensi media, pengembangan media pemasaran, yang berperspektif inklusi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami konsep komunikasi internasional di era globalisasi.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan komunikasi global dan implikasinya terhadap hubungan internasional.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengevaluasi praktek globalisasi, propaganda, dan imperialisme media sebagai bentuk dinamika komunikasi internasional
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-5 | | PO-1 | ✔ | | | | PO-2 | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | ✔ | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Komunikasi Internasional merupakan mata kuliah yang berfokus pada seluruh aktivitas komunikasi yang bersifat multinasional dan melewati batas-batas teritorial suatu negara. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan mengkaji dan mengaplikasikan komunikasi dalam lingkup global. Secara garis besar, perkuliahan ini akan mematangkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa dalam melakukan proses negosiasi pemikiran serta pertukaraan makna yang di dalamnya melibatkan individu dan masyarakat dalam sudut pandang "global village" di mana terdapat perbedaan budaya, negara dan bangsa, serta beragam etnis dan ras. Dengan demikian mahasiswa memiliki kompetensi dalam memahami konsep-konsep dan teori yang memiliki korelasi dengan proses dan prosedur komunikasi Internasional. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Daya Kishan Thussu. 2019. International Communication: Continuity and Change. London: Arnold
- Manuel Castells. 2023. The Network Society Revisited. Cheltenham: Edward Elgar
- Klaus-Dieter Gronwald. 2017. Global Communication and Collaboration: Global Project Management, Global Sourcing, Cross Cultural Competencies. Springer
|
Pendukung : |
|
- Anam Miftakhul Huda, Aditya Fahmi Nurwahid, Ade Firmannandya, Tsuroyya, Adibah Ismail. 2025. Who's to blame for the rohingya refugee crisis? Analyzing 'Scapegoating' narratives in youtube news channel commentaries from Indonesia and Malaysia. Multidisciplinary Science Journal: Malque Publishing.
- Tsuroyya, Danang Tandyonomanu, Awang Dharmawan. 2018. Abandon or embrace: Functionalism perspective of photojournalists on Syrian refugees. Journal of Physics Conference Series: IOP Publishing.
|
Dosen Pengampu
|
Tsuroyya, S.S., M.A. Dr. Anam Miftakhul Huda, S.Kom., M.I.Kom. Dr. Rio Febriannur Rachman, S.S, M.Med.Kom. Tatak Setiadi, M.A. Muhammad Danu Winata, S.Sos, M.A., M.Si (Han). Aditya Fahmi Nurwahid, S.I.Kom., M.A. Mochammad Masrikhan, S.I.Kom., M.Commun. Hasna Nur Lina, S.I.P., M.Comm. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami konteks sejarah komunikasi internasional |
Memahami perkembangan satelit dan ruang publik baru (new public sphere) sebagai infrastruktur komunikasi internasional dalam membentuk masyarakat global |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami konteks sejarah komunikasi internasional Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami teori komunikasi internasional |
Menjelaskan konsep digital divides dan global media governance sebagai isu dalam infrastruktur komunikasi internasional |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: approaches to theorizing international communication Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami teori komunikasi internasional |
Mahasiswa dapat mengintepretasikan fenomena melalui pendekatan free flow of information, public sphere, Discourses of globalization, dan critical political-economy for the twenty-first century |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Free flow of information, public sphere, Discourses of globalization, dan critical political-economy for the twenty-first century Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami infrastruktur komunikasi global |
Menujukkan fenomena yang relevan dalam pendekatan structural imperialism, hegemony, critical theory, cultural studies on international communication, information society |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ceramah dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami Creating a global communication infrastructure Pustaka: Ingrid Volkmer, International Communication Theory in Transition: Parameters of the New Global Public Sphere |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami kebijakan dalam kajian komunikasi internasional |
Mampu menerangkan kebijakan the privatization of telecommunications, free trade in communication, dan liberalization of the telecom sector |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
Materi: privatization of telecommunications, free trade in communication, dan liberalization of the telecom sector Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis fenomena the global media marketplace |
Mampu mengaitkan fenomena sosial dengan konsep imperialisme media, nasionalisme media, dan homogenisasi dalam media flow-contra flow (Studi Kasus CNN Indonesia, VOA Indonesia , dan CNBC Indonesia) |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: imperialisme media, nasionalisme media, dan homogenisasi Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis kebijakan komunikasi internasional dalam konteks globalisasi budaya |
Menelaah fenomena sosial dalam perspektif Globalization of Western culture, Concerns for cultural diversity, Global English, Regionalization and localization in the media market |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami Contraflow in global media Pustaka: Manuel Castells and Gustavo Cardoso. 2005. The Network Society, From Knowledge to Society. Center for Translantic Relation Materi: Kebijakan komunikasi internasional dalam konteks globalisasi budaya Pustaka: Tsuroyya, Danang Tandyonomanu, Awang Dharmawan. 2018. Abandon or embrace: Functionalism perspective of photojournalists on Syrian refugees. Journal of Physics Conference Series: IOP Publishing. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub-sumatif |
Mahasiswa dapat menguraikan konsep yang diajarkan pada 1-7 |
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Tes |
tes tulis 3 X 50 |
|
Materi: Infrastruktur komunikasi internasional Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menganalisis dinamika komunikasi internasional dalam konteks hubungan internasional |
Menganalisis krisis hubungan internasional dalam konteks the dawn of the Internet age, the Internet as a political tool, dan the global digital divide |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa dapat memahami International communication in the Internet age Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar Materi: The internet as political tool Pustaka: Anam Miftakhul Huda, Aditya Fahmi Nurwahid, Ade Firmannandya, Tsuroyya, Adibah Ismail. 2025. Who's to blame for the rohingya refugee crisis? Analyzing 'Scapegoating' narratives in youtube news channel commentaries from Indonesia and Malaysia. Multidisciplinary Science Journal: Malque Publishing. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menganalisis konsep the network society dalam konteks komunikasi internasional |
Mahasiswa dapat mengaitkan transisi kebijakan dalam konteks global dan lokal pada perspektif network society |
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa dapat memahami the network society Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa memahami the cultural & institutional diversity of the network society |
Mahasiswa dapat memahami Institutional Models of the Network Society: Silicon Valley and Finland, The Russian Network Society, The Internet in China: Technologies of Freedom in a Statist Society, Reflexive Internet? The British Experience of New Electronic Technologies |
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: Mahasiswa memahami THE CULTURAL AND INSTITUTIONAL DIVERSITY OF THE NETWORK SOCIETY Pustaka: Manuel Castells and Gustavo Cardoso. 2005. The Network Society, From Knowledge to Society. Center for Translantic Relation |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi the new form of state di era globalisasi |
Mahasiswa dapat mengevaluasi transformasi institusi politik di era network society (World Bank, G-8, BRICS) |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Diskusi 3 X 50 |
|
Materi: new form of state Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi perpektif political propaganda Harold D. Lasswell dalam konteks Komunikasi Internasional |
Mahasiswa dapat mengevaluasi elemen political propaganda: the propagandist (sender), the message, the channel, the audience (receiver), dan the effect |
Kriteria:
Tugas Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
|
Materi: Political Propaganda Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi imperialisme media pada era post-imperialist |
Mengevaluasi konsep wacana dominan dan alternatif dalam komunikasi internasional (cultural proximity, isu islamic fundamentalism, dan media alternatif dalam konflik internasional) |
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
presentasi kelompok dan diskusi 3 X 50 |
|
Materi: NOT YET THE POST-IMPERIALIST ERA Pustaka: Manuel Castells. 2004. The Network Society. Cheltenham: Edward Elgar Materi: Konflik internasional Pustaka: Anam Miftakhul Huda, Aditya Fahmi Nurwahid, Ade Firmannandya, Tsuroyya, Adibah Ismail. 2025. Who's to blame for the rohingya refugee crisis? Analyzing 'Scapegoating' narratives in youtube news channel commentaries from Indonesia and Malaysia. Multidisciplinary Science Journal: Malque Publishing. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat mengevaluasi perkembangan gerakan sosial dan network politics dalam hubungan internasional |
Menganalisis networked Social Movement, Global Justice, dan fenomena Internet and the Political Process |
Kriteria:
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
presentasi kelompok dan diskusi 2 X 50 |
pengumpulan tugas makalah 1 X 50 |
Materi: Networked Social Movement Pustaka: Daya Kishan Thussu. 2004. International Communication. London: Arnold Materi: Global justice Pustaka: Tsuroyya, Danang Tandyonomanu, Awang Dharmawan. 2018. Abandon or embrace: Functionalism perspective of photojournalists on Syrian refugees. Journal of Physics Conference Series: IOP Publishing. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Ketepatan Mahasiswa dalam memelakukan analisis materi pertemuan 9-15 |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tulis 3 X 50 |
|
Materi: International Communication Theory in Transition: Parameters of the New Global Public Sphere Pustaka: Ingrid Volkmer, International Communication Theory in Transition: Parameters of the New Global Public Sphere |
15% |