Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Implementasi Program Proyek Kemanusiaan

7920209108

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=4

ECTS=6.36

5

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu memahami, menganalisis, dan menginterpretasikan karya sastra dan non-sastra dalam berbagai genre dan moda komunikasi

PLO-7

Mampu mengaplikasikan konsep dan teori budaya untuk menganalisis serta merespons fenomena sosial budaya dengan cara yang responsif terhadap budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

being able to Analyze and evaluate the effectiveness of various humanitarian programs.

PO - 2

being able to Design a comprehensive plan for a humanitarian project, considering cultural and ethical implications

PO - 3

being able to Communicate effectively in diverse cultural contexts related to humanitarian work.

PO - 4

being able to Critically assess the impact of language in humanitarian projects.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan eksplorasi mendalam tentang implementasi program proyek kemanusiaan, dengan fokus pada aplikasi dunia nyata dan studi kasus. Mahasiswa akan terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai inisiatif kemanusiaan. Dengan menganalisis berbagai studi kasus, mahasiswa akan memahami kompleksitas pekerjaan kemanusiaan dan dampak dari faktor budaya, etika, dan bahasa.

Pustaka

Utama :

  1. Young, J. E. (2022). Humanitarian Principles and Practice. New York: Humanitarian Press.
  2. O'Neill, K. (2020). The Humanitarian-Development-Peace Nexus. London: Routledge
  3. Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press

Pendukung :

  1. journal
  2. mendeley references manager

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

students will be able to Identify key components of successful humanitarian projects

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: components of successful humanitarian projects
Pustaka: Young, J. E. (2022). Humanitarian Principles and Practice. New York: Humanitarian Press.
5%

2

Minggu ke 2

students will be able to Identify key components of successful humanitarian projects

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: components of successful humanitarian projects
Pustaka: Young, J. E. (2022). Humanitarian Principles and Practice. New York: Humanitarian Press.
5%

3

Minggu ke 3

students will be able to Identify key components of successful humanitarian projects

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: components of successful humanitarian projects
Pustaka: Young, J. E. (2022). Humanitarian Principles and Practice. New York: Humanitarian Press.
5%

4

Minggu ke 4

students will be able to Identify key components of successful humanitarian projects

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: components of successful humanitarian projects
Pustaka: Young, J. E. (2022). Humanitarian Principles and Practice. New York: Humanitarian Press.
5%

5

Minggu ke 5

students will be able to Apply theoretical frameworks to practical case studies.

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: theoretical frameworks to practical case studies
Pustaka: O'Neill, K. (2020). The Humanitarian-Development-Peace Nexus. London: Routledge
5%

6

Minggu ke 6

students will be able to Apply theoretical frameworks to practical case studies.

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: theoretical frameworks to practical case studies
Pustaka: O'Neill, K. (2020). The Humanitarian-Development-Peace Nexus. London: Routledge
5%

7

Minggu ke 7

students will be able to Apply theoretical frameworks to practical case studies.

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: theoretical frameworks to practical case studies
Pustaka: O'Neill, K. (2020). The Humanitarian-Development-Peace Nexus. London: Routledge
5%

8

Minggu ke 8

students will be able to Apply theoretical frameworks to practical case studies.

Participation in group discussions and activities.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: theoretical frameworks to practical case studies
Pustaka: O'Neill, K. (2020). The Humanitarian-Development-Peace Nexus. London: Routledge
5%

9

Minggu ke 9

students will be able to Develop collaborative skills through group project work.

Quality and feasibility of project proposals.

Kriteria:
  1. Case Study Analysis
  2. Participation and Engagement

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Develop collaborative skills through group project work.
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

10

Minggu ke 10

students will be able to Develop collaborative skills through group project work.

Quality and feasibility of project proposals.

Kriteria:
  1. Case Study Analysis
  2. Participation and Engagement

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Develop collaborative skills through group project work.
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

11

Minggu ke 11

students will be able to Develop collaborative skills through group project work.

Quality and feasibility of project proposals.

Kriteria:
  1. Case Study Analysis
  2. Participation and Engagement

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Develop collaborative skills through group project work.
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

12

Minggu ke 12

students will be able to Develop collaborative skills through group project work.

Quality and feasibility of project proposals.

Kriteria:
  1. Case Study Analysis
  2. Participation and Engagement

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Develop collaborative skills through group project work.
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

13

Minggu ke 13

students will be able to Present findings and proposals effectively in written and oral formats.

Clarity and effectiveness of presentations.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal
  3. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Present findings and proposals effectively in written and oral formats
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

14

Minggu ke 14

students will be able to Present findings and proposals effectively in written and oral formats.

Clarity and effectiveness of presentations.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal
  3. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Present findings and proposals effectively in written and oral formats
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

15

Minggu ke 15

students will be able to Present findings and proposals effectively in written and oral formats.

Clarity and effectiveness of presentations.

Kriteria:
  1. Participation and Engagement
  2. Group Project Proposal
  3. Case Study Analysis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
offline
4x50

Materi: Present findings and proposals effectively in written and oral formats
Pustaka: Bell, L. K. (2019). Effective Communication in Humanitarian Action. Chicago: University of Chicago Press
5%

16

Minggu ke 16


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 100%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.