Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Ilmu Adm. dan Manajemen

8721003059

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu mengaplikasikan dan menganalisis teori, ilmu kependidikan, dan pembelajaran dalam program pendidikan administrasi perkantoran

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menganalisis konsep dasar administrasi

PO - 2

Mampu mengkaji kedudukan ilmu administrasi dan hubungan ilmu administrasi dengan ilmu-ilmu lain

PO - 3

Mampu menganalisis dimensi-dimensi ilmu administrasi dan perilaku administrasi dalam organisasi

PO - 4

Mampu menyimpulkan evolusi pemikiran manajemen

PO - 5

Mampu menganalisis lingkungan dan budaya perusahaan

PO - 6

Mampu menganalisis lingkungan manajemen secara global

PO - 7

mampu menganalisis perencanaan manajerial dan pengelolaan tujuan

PO - 8

Mampu menyimpulkan desain organisasi yang adaptif

PO - 9

Mampu menganalisis kepemimpinan

PO - 10

Mampu menyimpulkan pengelolaan mutu/kualitas dan kinerja

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-4PLO-5
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Dalam mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep administrasi, menganalisis kedudukan administrasi, menganalisis hubungan administrasi dengan ilmu-ilmu lain, menganalisis dimensi ilmu administrasi, menganalisis perilaku administrasi, menjelaskan konsep manajemen, mengkaji teori evolusi perkembangan manajemen, menganalisis fungsi perencanaan, menganalisis fungsi pengorganisasian, menganalisis fungsi penggerakan, dan menganalisis fungsi pengawasan.

Pustaka

Utama :

  1. Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
  2. Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Pendukung :

  1. Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press
  2. M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama

Dosen Pengampu

Dr. Meylia Elizabeth Ranu, S.Pd., M.S.M.

Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd.

Durinta Puspasari, S.Pd., M.Pd.

Lifa Farida Panduwinata, S.Pd., M.Pd.

Jaka Nugraha, S.A.B., M.A.B .

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menganalisis konsep dasar administrasi

  1. ketepatan menjelaskan pengertian administrasi
  2. ketepatan menyimpulkan unsur-unsur administrasi
  3. ketepatan menyimpulkan pentingnya studi administrasi
  4. ketepatan menganalisis perkembangan pemikiran administrasi
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

2

Minggu ke 2

Mampu mengkaji kedudukan ilmu administrasi dan hubungan ilmu administrasi dengan ilmu-ilmu lain

  1. ketepatan menganalisis administrasi sebagai seni
  2. ketepatan menganalisis administrasi sebagai ilmu
  3. ketepatan menganalisis administrasi sebagai displin ilmu
  4. ketepatan menganalisis administrasi sebagai profesi
  5. ketepatan menganalisis hubungan ilmu administrasi dengan ilmu politik, ekonomi, psikologi, sosiologi, antropologi, hokum, dan ilmu-ilmu eksak lainnya
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

3

Minggu ke 3

Mampu mengkaji kedudukan ilmu administrasi dan hubungan ilmu administrasi dengan ilmu-ilmu lain

  1. ketepatan menganalisis administrasi sebagai seni
  2. ketepatan menganalisis administrasi sebagai ilmu
  3. ketepatan menganalisis administrasi sebagai displin ilmu
  4. ketepatan menganalisis administrasi sebagai profesi
  5. ketepatan menganalisis hubungan ilmu administrasi dengan ilmu politik, ekonomi, psikologi, sosiologi, antropologi, hokum, dan ilmu-ilmu eksak lainnya
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

4

Minggu ke 4

Mampu mengkaji kedudukan ilmu administrasi dan hubungan ilmu administrasi dengan ilmu-ilmu lain

  1. ketepatan menganalisis administrasi sebagai seni
  2. ketepatan menganalisis administrasi sebagai ilmu
  3. ketepatan menganalisis administrasi sebagai displin ilmu
  4. ketepatan menganalisis administrasi sebagai profesi
  5. ketepatan menganalisis hubungan ilmu administrasi dengan ilmu politik, ekonomi, psikologi, sosiologi, antropologi, hokum, dan ilmu-ilmu eksak lainnya
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menganalisis dimensi-dimensi ilmu administrasi dan perilaku administrasi dalam organisasi

  1. ketepatan mengklasifikasi lingkup kajian administrasi
  2. ketepatan menganalisis perspektif dimensi-dimensi ilmu administrasi
  3. ketepatan mendeskripsikan konsep dasar organisasi
  4. ketepatan menganalisis keberadaan teknologi di dalam organisasi untuk membantu proses administrasi
  5. ketepatan menganalisis organisasi sebagai wadah kegiatan administrasi
  6. ketepatan menelaah organisasi sebagai proses interaksi sosial
  7. ketepatan menganalisis tipe dan gaya manusia dalam organisasi
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Dimensi Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis dimensi-dimensi ilmu administrasi dan perilaku administrasi dalam organisasi

  1. ketepatan mengklasifikasi lingkup kajian administrasi
  2. ketepatan menganalisis perspektif dimensi-dimensi ilmu administrasi
  3. ketepatan mendeskripsikan konsep dasar organisasi
  4. ketepatan menganalisis keberadaan teknologi di dalam organisasi untuk membantu proses administrasi
  5. ketepatan menganalisis organisasi sebagai wadah kegiatan administrasi
  6. ketepatan menelaah organisasi sebagai proses interaksi sosial
  7. ketepatan menganalisis tipe dan gaya manusia dalam organisasi
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Dimensi Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis dimensi-dimensi ilmu administrasi dan perilaku administrasi dalam organisasi

  1. ketepatan mengklasifikasi lingkup kajian administrasi
  2. ketepatan menganalisis perspektif dimensi-dimensi ilmu administrasi
  3. ketepatan mendeskripsikan konsep dasar organisasi
  4. ketepatan menganalisis keberadaan teknologi di dalam organisasi untuk membantu proses administrasi
  5. ketepatan menganalisis organisasi sebagai wadah kegiatan administrasi
  6. ketepatan menelaah organisasi sebagai proses interaksi sosial
  7. ketepatan menganalisis tipe dan gaya manusia dalam organisasi
Kriteria:
  1. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus
  2. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50 menit

Materi: Dimensi Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
5%

8

Minggu ke 8

UTS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Dimensi Ilmu Administrasi
Pustaka: Ulbert Silalahi. 2011. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru
15%

9

Minggu ke 9

Mampu menyimpulkan evolusi pemikiran manajemen

  1. ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan perkembangan pemikiran manajemen
  2. ketepatan mendeskripsikan komponen inti klasikal dan humanistik dalam perspektif manajemen
  3. ketepatan mendiskusikan ilmu manajemen pada pengelolaan organisasi
  4. ketepatan menjelaskan konsep teori sistem, sudut pandang kontingensi, dan TQM
  5. ketepatan menjelaskan organisasi pembelajaran dan pendekatannya dalam beberapa tahun terakhir
  6. ketepatan menjelaskan manajemen perubahan melalui teknologi yang berdampak pada supply chain management dan CRM
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 2
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Materi: Bab 1
Pustaka: Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press

Materi: Bab 1
Pustaka: M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama
5%

10

Minggu ke 10

Mampu menganalisis lingkungan dan budaya perusahaan

  1. ketepatan menjelaskan lingkungan umum dan tugas serta dimensi masing-masing.
  2. ketepatan menjelaskan strategi yang digunakan manajer untuk membantu organisasi beradaptasi dengan lingkungan yang tidak pasti atau bergejolak.
  3. ketepatan menganalisis budaya perusahaan dan berikan contoh organisasi.
  4. ketepatan Menjelaskan simbol organisasi, cerita, pahlawan, slogan, dan upacara serta hubungannya dengan budaya perusahaan.
  5. ketepatan menjelaskan bagaimana budaya perusahaan berhubungan dengan lingkungan.
  6. ketepatan menganalisis pemimpin budaya dan jelaskan alat yang digunakan pemimpin budaya untuk menciptakan budaya berkinerja tinggi.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 3
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menganalisis lingkungan manajemen secara global

  1. ketepatan menjelaskan lingkungan umum dan tugas serta dimensi masing-masing.
  2. ketepatan menjelaskan strategi yang digunakan manajer untuk membantu organisasi beradaptasi dengan lingkungan yang tidak pasti atau bergejolak.
  3. ketepatan menganalisis budaya perusahaan dan berikan contoh organisasi.
  4. ketepatan Menjelaskan simbol organisasi, cerita, pahlawan, slogan, dan upacara serta hubungannya dengan budaya perusahaan.
  5. ketepatan menjelaskan bagaimana budaya perusahaan berhubungan dengan lingkungan.
  6. ketepatan menganalisis pemimpin budaya dan jelaskan alat yang digunakan pemimpin budaya untuk menciptakan budaya berkinerja tinggi.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 3
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning
5%

12

Minggu ke 12

mampu menganalisis perencanaan manajerial dan pengelolaan tujuan

  1. ketepatan mengidentifikasi tujuan dan rencana, lalu jelaskan hubungan di antara keduanya.
  2. ketepatan menganallisis konsep misi organisasi dan bagaimana hal itu memengaruhi penetapan tujuan dan perencanaan.
  3. ketepatan mengidentifikasi jenis tujuan yang harus dimiliki organisasi dan bagaimana manajer menggunakan peta strategi untuk menyelaraskan tujuan.
  4. ketepatan menentukan ciri-ciri tujuan yang efektif.
  5. ketepatan menjelaskan empat langkah penting dalam proses manajemen berdasarkan sasaran (MBO).
  6. ketepatan menyimpulkan pentingnya perencanaan kontinjensi, pembangunan skenario, dan perencanaan krisis dalam lingkungan saat ini.
  7. ketepatan menyimpulkan pentingnya perencanaan kontinjensi, pembangunan skenario, dan perencanaan krisis dalam lingkungan saat ini.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 6
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Materi: Bab 2
Pustaka: Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press

Materi: Bab 2
Pustaka: M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama
5%

13

Minggu ke 13

Mampu menyimpulkan desain organisasi yang adaptif

  1. ketepatan menguraikan karakteristik mendasar pengorganisasian, termasuk konsep-konsep seperti spesialisasi pekerjaan, rantai komando, rentang manajemen, serta sentralisasi versus desentralisasi.
  2. ketepatan menyimpulkan pendekatan fungsional dan divisional terhadap struktur.
  3. ketepatan mengidentifikasi pendekatan matriks terhadap struktur dan penerapannya pada organisasi domestik dan internasional.
  4. ketepatan menganalisis struktur tim dan jaringan virtual kontemporer serta mengapa keduanya diadopsi oleh organisasi.
  5. ketepatan menjelaskan mengapa organisasi membutuhkan koordinasi lintas departemen dan tingkat hierarki, dan jelaskan mekanisme untuk mencapai koordinasi.
  6. ketepatan menyimpulkan bagaimana struktur dapat digunakan untuk mencapai tujuan strategis organisasi.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 9
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Materi: Bab 3
Pustaka: Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press

Materi: Bab 3
Pustaka: M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama
5%

14

Minggu ke 14

Mampu menganalisis kepemimpinan

  1. ketepatan menganaisis kepemimpinan dan jelaskan pentingnya bagi organisasi.
  2. ketepatan menganalisis bagaimana kepemimpinan berubah dalam organisasi saat ini.
  3. ketepatan Mengidentifikasi karakteristik pribadi yang terkait dengan pemimpin yang efektif.
  4. ketepatan mengidentifikasi perilaku berorientasi tugas dan perilaku berorientasi orang dan jelaskan bagaimana kategori ini digunakan untuk mengevaluasi dan mengadaptasi gaya kepemimpinan.
  5. ketepatan menganalisis bagaimana kepemimpinan sesuai dengan situasi organisasi dan bagaimana karakteristik organisasi dapat menggantikan perilaku kepemimpinan.
  6. ketepatan menjelaskan kepemimpinan transformasional dan kapan itu harus digunakan.
  7. ketepatan mengidentifikasi sumber kekuatan pemimpin dan taktik yang digunakan pemimpin untuk memengaruhi orang lain.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 14
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Materi: Bab 7, Mulai Halaman 193
Pustaka: M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama

Materi: Bab 7
Pustaka: Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press
5%

15

Minggu ke 15

Mampu menyimpulkan pengelolaan mutu/kualitas dan kinerja

  1. ketepatan menjelaskan pengendalian organisasi dan jelaskan mengapa itu merupakan fungsi manajemen utama.
  2. ketepatan menganalisis manfaat penggunaan balance scorecard untuk melacak kinerja dan pengendalian organisasi.
  3. ketepatan menjalskan empat langkah dalam proses pengendalian.
  4. ketepatan menganalisis penggunaan laporan keuangan, analisis keuangan, dan penganggaran sebagai pengendalian manajemen.
  5. ketepatan menyimpulkan konsep manajemen kualitas total dan teknik TQM utama, seperti lingkaran kualitas, pembandingan, prinsip Six Sigma, pengurangan waktu siklus, dan perbaikan berkelanjutan.
  6. ketepatan menyimpulkan tren terkini dalam pengendalian mutu dan keuangan, termasuk sertifikasi ISO, sistem nilai tambah ekonomi dan nilai tambah pasar, penetapan biaya berbasis aktivitas, dan tata kelola perusahaan, serta membahas dampaknya terhadap organisasi.
Kriteria:
  1. mampu menguasai keseluruhan sub-CPMK
  2. Penilaian bentuk non-test melalui tulisan makalah/ presentasi/ resume/ ringkasan artikel jurnal/ pemecahan studi kasus

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
kegiatan pembelajaran mengunakan metode Luring / Offline
50

Materi: Chapter 18
Pustaka: Richard L Daft. 2010. Management. USA: South Western Cengage Learning

Materi: Bab 8
Pustaka: Tundung Subali Padma, Mohammad Maskan, Koko Mulyadi. 2019. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press

Materi: Bab 6
Pustaka: M Anang Firmansyah, Budi W Mahardika. 2018. Pengantar Manajemen. Sleman: CV Budi Utama
5%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio


15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Portofolio 50%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.