Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S2 Administrasi Publik

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kesetaraan Kebijakan Teknologi

6310602022

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

3

31 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Fierre An Suprapto,S.AP.,M.Pd dan Dr. Tjitjik Rahaju,M.Si




Dr. Firre An Suprapto, S.AP., M.Pd.




Dr. Tjitjik Rahaju, M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan organisasi publik melalui transformasi digital dan pendekatan inter dan multidisipliner

PLO-9

Mampu menyusun rekomendasi kebijakan penyelesaian masalah melalui analisis kebijakan publik yang berdasarkan bukti (evidence based)

PLO-10

Mampu merumuskan, melaksanakan, mengkomunikasikan, dan mengadvokasi kebijakan

PLO-11

Mampu mengambil kesempatan untuk menawarkan ide dan strategi inovasi yang dapat mendorong hasil kebijakan yang diinginkan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengevaluasi kebijakan teknologi dalam penyelesaian masalah organisasi publik dengan menggunakan pendekatan evidence based

PO - 2

Menganalisis peran organisasi publik untuk peningkatan perluasan aksesibilitas layanan pemerintahan

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas solusi teknologi terhadap peningkatan kualitas layanan publik

PO - 4

Menganalisis kasus-kasus kebijakan teknologi dari berbagai negara untuk mendapatkan insight baru

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9PLO-10PLO-11
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Kesetaraan Kebijakan Teknologi pada jenjang S2 program studi Administrasi Publik membahas tentang konsep, teori, dan praktik kesetaraan dalam kebijakan teknologi. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memahamkan mahasiswa mengenai pentingnya kesetaraan dalam pengembangan dan implementasi kebijakan teknologi, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan dalam konteks kebijakan publik terkait teknologi. Ruang lingkupnya mencakup analisis kesetaraan gender, aksesibilitas teknologi, inklusi digital, serta dampak kebijakan teknologi terhadap berbagai kelompok masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis
  2. Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc

Pendukung :

  1. Jakob Trischler & Jessica Westman Trischler .2021.Design for experience– a public service design approach in the age of digitalization dalam Public Management Review https://doi.org/10.1080/14719037.2021.1899272
  2. Allam Hamdan Haneen Mohammad Shoaib Bahaaeddin Alareeni Reem Hamdan(Editor). 2021. The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries. Switzerland.Springer
  3. Paul Fawcett, Tim Legrand, Jenny M. Lewis & Siobhan O’Sullivan.2018.Governance, public policy and boundary-making, Australian Journal of Political Science, 53:4, 480-489.https://doi.org/10.1080/10361146.2018.1519776

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menganalisis dampak kebijakan teknologi terhadap efisiensi dan efektivitas layanan publik

  1. Penerapan konsep transformasi digital
  2. Analisis masalah organisasi publik
  3. Solusi yang inovatif
Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan konsep tranformasi digital
  2. Ketepatan pemilihan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik
  3. Kejelasan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Public Policy, Social Science, and the State: An Historical Perspective
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis
4%

2

Minggu ke 2

Menganalisis dampak kebijakan teknologi terhadap efisiensi dan efektivitas layanan publik

  1. Penerapan konsep transformasi digital
  2. Analisis masalah organisasi publik
  3. Solusi yang inovatif
Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan konsep tranformasi digital
  2. Ketepatan pemilihan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik
  3. Kejelasan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Public Policy, Social Science, and the State: An Historical Perspective
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis
4%

3

Minggu ke 3

Mengevaluasi transformasi digital pada organisasi publik dengan menggunakan pendekatan evidence based

  1. Penerapan konsep transformasi digital
  2. Analisis masalah organisasi publik
  3. Solusi yang inovatif
Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan penerapan konsep tranformasi digital
  2. Ketepatan pemilihan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik
  3. Kejelasan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Public Policy, Social Science, and the State: An Historical Perspective
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: why we need dynamic perspectives
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc
4%

4

Minggu ke 4

Mengevaluasi transformasi digital pada organisasi publik dengan menggunakan pendekatan evidence based

  1. Penerapan konsep transformasi digital
  2. Analisis masalah organisasi publik
  3. Solusi yang inovatif
Kriteria:
  1. Ketepatan penjelasan penerapan konsep tranformasi digital
  2. Ketepatan pemilihan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik
  3. Kejelasan analisis masalah transformasi digital dalam organisasi sektor publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

Online
2 x 50
Materi: Public Policy, Social Science, and the State: An Historical Perspective
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: why we need dynamic perspectives
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc
4%

5

Minggu ke 5

Mengidentifikasi strategi implementasi kebijakan teknologi yang inovatif dalam mendukung pengambilan keputusan dalam kebijakan publik

  1. Analisis kebijakan teknologi
  2. Penggunaan evidence based dalam evaluasi kebijakan
  3. Kritis dalam mengevaluasi
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis kebijakan teknologi
  2. Kejelasan analisis kebijakan teknologi
  3. Ketepatan penggunanan evidence based dalam evaluasi kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning).
Diskusi online tentang studi kasus evaluasi kebijakan teknologi
2 x 50
Materi: Country Perspectives
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis
4%

6

Minggu ke 6

Mengidentifikasi strategi implementasi kebijakan teknologi yang inovatif dalam mendukung pengambilan keputusan dalam kebijakan publik

  1. Analisis kebijakan teknologi
  2. Penggunaan evidence based dalam evaluasi kebijakan
  3. Kritis dalam mengevaluasi
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis kebijakan teknologi
  2. Kejelasan analisis kebijakan teknologi
  3. Ketepatan penggunanan evidence based dalam evaluasi kebijakan
  4. Kekritisan evaluasi yang disusun

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning).
Diskusi online tentang studi kasus evaluasi kebijakan teknologi
2 x 50
Materi: Country Perspectives
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis
5%

7

Minggu ke 7

Menganalisis peran teknologi dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas pada pemerintahan

  1. strategi implementasi inovatif
  2. analisis faktor-faktor terkait
  3. kreativitas dalam solusi
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian strategi implementasi inovasi kebijakan
  2. Kejelasan uraian strategi implementasi inovasi kebijakan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

online
2 x 50
Materi: Technology Assessment as Policy Analysis: From Expert Advice to Participatory Approache
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: Evolutionary perspectives
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc
5%

8

Minggu ke 8

Menganalisis peran teknologi dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas pada pemerintahan

  1. strategi implementasi inovatif
  2. analisis faktor-faktor terkait
  3. kreativitas dalam solusi
Kriteria:
  1. Ketepatan uraian strategi implementasi inovasi kebijakan
  2. Kejelasan uraian strategi implementasi inovasi kebijakan

Bentuk Penilaian :
Tes

online
2 x 50
Materi: Technology Assessment as Policy Analysis: From Expert Advice to Participatory Approache
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: Evolutionary perspectives
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc
20%

9

Minggu ke 9

Mengidentifikasi model kebijakan yang integratif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini

  1. Analisis data yang tepat
  2. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis data
  3. Kemampuan mengaitkan analisis data dengan pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis data
  2. ketepatan interpretasi data
  3. Ketepatan uraian keterkaitan analisis data untuk pengambilan keputusan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus analisis data dalam kebijakan publik
2 x 50
Materi: Public Policy and Democratic Citizenship: What Kinds of Citizenship Does Policy Promote?
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: Governance, public policy and boundary-making
Pustaka: Paul Fawcett, Tim Legrand, Jenny M. Lewis & Siobhan O’Sullivan.2018.Governance, public policy and boundary-making, Australian Journal of Political Science, 53:4, 480-489.https://doi.org/...
3%

10

Minggu ke 10

Mengidentifikasi model kebijakan yang integratif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi terkini

  1. Analisis data yang tepat
  2. Kemampuan menginterpretasi hasil analisis data
  3. Kemampuan mengaitkan analisis data dengan pengambilan keputusan
Kriteria:
  1. Ketepatan analisis data
  2. Ketepatan interpretasi data
  3. Ketepatan uraian keterkaitan analisis data untuk pengambilan keputusan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus analisis data dalam kebijakan publik
2 x 50
Materi: Public Policy and Democratic Citizenship: What Kinds of Citizenship Does Policy Promote?
Pustaka: Frank Fischer, Gerald J. Miller, and Mara S. Sidney.2007.Handbook of public policy analysis: theory, politics, and methods. New York. Taylor & Francis

Materi: Governance, public policy and boundary-making
Pustaka: Paul Fawcett, Tim Legrand, Jenny M. Lewis & Siobhan O’Sullivan.2018.Governance, public policy and boundary-making, Australian Journal of Political Science, 53:4, 480-489.https://doi.org/...
3%

11

Minggu ke 11

Mengevaluasi efektivitas solusi teknologi terhadap peningkatan kualitas layanan publik

  1. Analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Evaluasi efektivitas solusi teknologi dalam meningkatkan kualitas layanan publik
Kriteria:
  1. Ketepatan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Kejelasan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Analisis Dampak Solusi Teknologi terhadap Kualitas Layanan Publik
2 x 50
Materi: The dinamics of public policy : theory and evidence
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc

Materi: The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries
Pustaka: Allam Hamdan Haneen Mohammad Shoaib Bahaaeddin Alareeni Reem Hamdan(Editor). 2021. The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries. Switzerland.Springer
3%

12

Minggu ke 12

Mengevaluasi efektivitas solusi teknologi terhadap peningkatan kualitas layanan publik

  1. Analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Evaluasi efektivitas solusi teknologi dalam meningkatkan kualitas layanan publik
Kriteria:
  1. Ketepatan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Kejelasan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  3. Kejelasan solusi teknologi yang disusun dalam meningkatkan kualitas layanan publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Analisis Dampak Solusi Teknologi terhadap Kualitas Layanan Publik
2 x 50
Materi: The dinamics of public policy : theory and evidence
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc

Materi: The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries
Pustaka: Allam Hamdan Haneen Mohammad Shoaib Bahaaeddin Alareeni Reem Hamdan(Editor). 2021. The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries. Switzerland.Springer
3%

13

Minggu ke 13

Mengevaluasi efektivitas solusi teknologi terhadap peningkatan kualitas layanan publik

  1. Analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Evaluasi efektivitas solusi teknologi dalam meningkatkan kualitas layanan publik
Kriteria:
  1. Ketepatan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  2. Kejelasan hasil analisis dampak solusi teknologi terhadap kualitas layanan publik
  3. Kejelasan solusi teknologi yang disusun dalam meningkatkan kualitas layanan publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Penugasan Analisis Dampak Solusi Teknologi terhadap Kualitas Layanan Publik
2 x 50
Materi: The dinamics of public policy : theory and evidence
Pustaka: Kay, Adrian. 2006.The dynamics of public policy : theory and evidence.Northampton Massachusetts.Edward Elgar Publishing, Inc

Materi: The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries
Pustaka: Allam Hamdan Haneen Mohammad Shoaib Bahaaeddin Alareeni Reem Hamdan(Editor). 2021. The Implementation of Smart Technologies for Business Success and Sustainability During COVID-19 Crises in Developing Countries. Switzerland.Springer
10%

14

Minggu ke 14

Menganalisis penerapan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam formulasi kebijakan teknologi

  1. Penerapan prinsip keadilan dalam kebijakan teknologi
  2. Penerapan prinsip kesetaraan dalam kebijakan teknologi
Kriteria:
  1. Kejelasan pemilihan prinsip keadilan yang terkait kebijakan teknologi
  2. Kejelasan prinsip kesetaraan dalam kebijakan teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah
2 x 50
Diskusi daring tentang penerapan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam kebijakan teknologi
2 x 50
Materi: Design for experience-a public service design approach in the age of digitalization
Pustaka: Jakob Trischler & Jessica Westman Trischler .2021.Design for experience– a public service design approach in the age of digitalization dalam Public Management Review https://doi.org/...
4%

15

Minggu ke 15

Menganalisis penerapan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam formulasi kebijakan teknologi

  1. Penerapan prinsip keadilan dalam kebijakan teknologi
  2. Penerapan prinsip kesetaraan dalam kebijakan teknologi
Kriteria:
  1. Kejelasan pemilihan prinsip keadilan yang terkait kebijakan teknologi
  2. Kejelasan prinsip kesetaraan dalam kebijakan teknologi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah
2 x 50
Diskusi daring tentang penerapan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam kebijakan teknologi
2 x 50
Materi: Design for experience-a public service design approach in the age of digitalization
Pustaka: Jakob Trischler & Jessica Westman Trischler .2021.Design for experience– a public service design approach in the age of digitalization dalam Public Management Review https://doi.org/...
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kasus-kasus kebijakan teknologi dari berbagai negara, mengidentifikasi perbedaan kebijakan, serta menghasilkan insight baru yang dapat diterapkan dalam konteks kebijakan teknologi di Indonesia.

  1. Perbandingan kebijakan teknologi antar negara
  2. Analisis insight baru yang dihasilkan
Kriteria:
  1. Kejelasan uraian pentingnya perbandingan kebijakan teknologi antar negara
  2. Kejelasan dalam menguraikan keterkaitan kebijakan teknologi antar negara
  3. Kejelasan analisis pentingnya kebijakan teknologi yang berkeadlian

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.

Materi: Perbandingan kebijakan teknologi antar negara, Studi kasus kebijakan teknologi sukses, Analisis kegagalan kebijakan teknologi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 51%
2. Penilaian Portofolio 9%
3. Tes 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.