Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Periodisasi latihan kebugaran olahraga

8520602069

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=1

ECTS=1.59

5

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Rizky Muhammad Sidik, S.Pd., M.Ed.f




.......................................




Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M.Fis., AIFO.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu menganalisis kebutuhan fisik secara personal, sesuai tuntutan cabang olahraga, maupun olahraga disabilitas berdasar aspek anatomi, fisiologi, biomekanik, dan keterampilan motorik

PLO-6

Mampu melakukan kajian ilmiah terhadap permasalahan kepelatihan fisik olahraga secara mendalam berdasar kajian analisis berbasis sains dan teknologi

PLO-7

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi program latihan fisik sesuai cabang olahraga, latihan kebugaran, dan latihan fisik bagi disabilitas

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar periodisasi latihan dan bagaimana penerapannya dalam kebugaran olahraga.

PO - 2

Mampu merancang program latihan periodisasi dengan mempertimbangkan tujuan spesifik (peningkatan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan ketangkasan).

PO - 3

Menganalisis kebutuhan fisik dan kondisi atlet untuk menyusun periodisasi yang tepat.

PO - 4

Menerapkan prinsip periodisasi dalam latihan jangka panjang untuk mencegah overtraining dan cedera.

PO - 5

Melakukan evaluasi efektivitas program latihan dan melakukan penyesuaian berdasarkan hasil pengukuran progres atlet.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6PLO-7
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      
PO-5      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

mata kuliah periodisasi latihan kebugaran olahraga memfokuskan teori dan aplikasi periodisasi dalam merancang program latihan untuk mencapai tujuan kebugaran dan peningkatan performa dalam olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis periodisasi (seperti periodisasi tradisional, blok, dan undulasi), serta penerapannya dalam latihan fisik untuk atlet atau individu dengan tujuan spesifik. Pembelajaran ini akan mencakup perencanaan program latihan yang disesuaikan dengan siklus musim kompetisi olahraga, evaluasi kondisi fisik, serta cara untuk memonitor dan menyesuaikan program latihan berdasarkan hasil evaluasi secara sistematis. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam merancang program latihan yang tidak hanya meningkatkan performa fisik tetapi juga mencegah cedera, serta memaksimalkan potensi fisik dalam jangka panjang melalui perencanaan latihan yang efektif.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
  2. Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 1: Pengantar Periodisasi Latihan
Materi:
Definisi periodisasi latihan dan sejarah perkembangan periodisasi dalam olahraga.
Tujuan dan prinsip dasar periodisasi latihan.
Mengapa periodisasi penting dalam kebugaran olahraga.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

2

Minggu ke 2

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 2: Fase-Fase dalam Periodisasi Latihan
Materi:
Fase-fase dalam periodisasi: persiapan (preparatory), kompetisi (competitive), dan transisi (transition).
Perbedaan periodisasi makro, meso, dan mikro siklus.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

3

Minggu ke 3

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Deskripsi Mata Kuliah: Periodisasi Latihan Kebugaran Olahraga
Mata kuliah Periodisasi Latihan Kebugaran Olahraga memfokuskan pada teori dan aplikasi periodisasi dalam merancang program latihan untuk mencapai tujuan kebugaran dan peningkatan performa dalam olahraga. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis periodisasi (seperti periodisasi tradisional, blok, dan undulasi), serta penerapannya dalam latihan fisik untuk atlet atau individu dengan tujuan spesifik. Pembelajaran ini akan mencakup perencanaan program latihan yang disesuaikan dengan siklus musim kompetisi olahraga, evaluasi kondisi fisik, serta cara untuk memonitor dan menyesuaikan program latihan berdasarkan hasil evaluasi secara sistematis.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam merancang program latihan yang tidak hanya meningkatkan performa fisik tetapi juga mencegah cedera, serta memaksimalkan potensi fisik dalam jangka panjang melalui perencanaan latihan yang efektif.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat:

Memahami konsep dasar periodisasi latihan dan bagaimana penerapannya dalam kebugaran olahraga.
Mampu merancang program latihan periodisasi dengan mempertimbangkan tujuan spesifik (peningkatan kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan ketangkasan).
Menganalisis kebutuhan fisik dan kondisi atlet untuk menyusun periodisasi yang tepat.
Menerapkan prinsip periodisasi dalam latihan jangka panjang untuk mencegah overtraining dan cedera.
Mampu mengelola transisi antar fase dalam periodisasi dan memastikan pemulihan optimal.
Melakukan evaluasi efektivitas program latihan dan melakukan penyesuaian berdasarkan hasil pengukuran progres atlet.
Menyusun program latihan yang mengoptimalkan peak performance atlet menjelang kompetisi.
Proses Perkuliahan dan Materi
Mata kuliah ini terdiri dari 16 pertemuan, termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Setiap pertemuan mencakup teori serta penerapan praktis dari konsep periodisasi dalam perencanaan latihan kebugaran olahraga.

Pertemuan 1: Pengantar Periodisasi Latihan
Materi:
Definisi periodisasi latihan dan sejarah perkembangan periodisasi dalam olahraga.
Tujuan dan prinsip dasar periodisasi latihan.
Mengapa periodisasi penting dalam kebugaran olahraga.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa memahami konsep dasar periodisasi dan tujuan perencanaan jangka panjang dalam latihan.
Pertemuan 2: Fase-Fase dalam Periodisasi Latihan
Materi:
Fase-fase dalam periodisasi: persiapan (preparatory), kompetisi (competitive), dan transisi (transition).
Perbedaan periodisasi makro, meso, dan mikro siklus.
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan fase-fase dalam periodisasi latihan.
Pertemuan 3: Periodisasi Tradisional vs. Periodisasi Blok
Materi:
Perbandingan antara periodisasi tradisional dan periodisasi blok.
Kelebihan dan kekurangan kedua jenis periodisasi.
Penerapan periodisasi blok dalam latihan atlet.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

4

Minggu ke 4

Rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 4: Prinsip Prinsip Periodisasi dalam Latihan
Materi:
Prinsip spesifikasi, overload, progresi, dan variasi dalam konteks periodisasi.
Bagaimana prinsip-prinsip ini diterapkan dalam merancang program latihan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

5

Minggu ke 5

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 5: Periodisasi untuk Latihan Kekuatan dan Daya Tahan
Materi:
Perencanaan periodisasi untuk peningkatan kekuatan otot.
Penyesuaian intensitas, volume, dan frekuensi dalam latihan daya tahan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

6

Minggu ke 6

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 6: Periodisasi untuk Peningkatan Kecepatan dan Ketangkasan
Materi:
Menyusun periodisasi latihan untuk peningkatan kecepatan, ketangkasan, dan koordinasi.
Latihan plyometric dan sprint untuk meningkatkan performa kecepatan.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

7

Minggu ke 7

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 7: Pemantauan dan Evaluasi Latihan dalam Periodisasi
Materi:
Cara mengukur kemajuan fisik dan performa atlet selama periode latihan.
Menggunakan tes fisik untuk evaluasi efektivitas latihan.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

8

Minggu ke 8

rubrik penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester (UTS)
Materi:
Ujian teori mengenai prinsip-prinsip periodisasi, fase-fase periodisasi, dan aplikasi dalam kebugaran olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

9

Minggu ke 9

Rubrik Penilaian

Kriteria:

memenuhi kriteria


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 9: Periodisasi untuk Pemulihan dan Pencegahan Cedera
Materi:
Peran pemulihan dalam periodisasi latihan.
Strategi pencegahan cedera dalam program periodisasi.

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

10

Minggu ke 10

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 10: Periodisasi untuk Latihan Khusus Berdasarkan Olahraga
Materi:
Merancang program latihan periodisasi berdasarkan kebutuhan spesifik olahraga (misalnya, sepak bola, basket, lari, dll).
Penyesuaian intensitas dan volume latihan untuk berbagai cabang olahraga.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

11

Minggu ke 11

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 11: Integrasi Program Latihan dengan Nutrisi dan Pemulihan
Materi:
Pentingnya nutrisi dalam mendukung program periodisasi latihan.
Peran tidur dan pemulihan aktif dalam mencapai hasil optimal.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

12

Minggu ke 12

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 12: Adaptasi Fisiologis Terhadap Periodisasi
Materi:
Adaptasi tubuh terhadap perubahan dalam intensitas latihan.
Bagaimana tubuh merespons overload dan progresi dalam periodisasi.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

13

Minggu ke 13

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 13: Penyesuaian Periodisasi Berdasarkan Evaluasi Atlet
Materi:
Penyesuaian latihan berdasarkan respon atlet.
Mengelola overtraining dan mengoptimalkan recovery.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

14

Minggu ke 14

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 14: Persiapan Kompetisi dalam Program Latihan
Materi:
Merancang fase puncak dalam periodisasi untuk mempersiapkan atlet sebelum kompetisi.
Teknik tapering untuk mencapai performa maksimal.
1 x 50

Materi: ...
Pustaka: Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2009). Periodization: Theory and Methodology of Training (5th ed.). Human Kinetics.
6%

15

Minggu ke 15

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pertemuan 15: Mengelola Program Latihan Sepanjang Tahun
Materi:
Menyusun program latihan tahunan berdasarkan periode kompetisi dan off-season.
Strategi untuk mempertahankan performa dan mencegah penurunan kondisi fisik.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
6%

16

Minggu ke 16

Rubrik Penilaian

Kriteria:

Memenuhi kriteria yang sesuai poin poin dalam rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester (UAS)
Materi:

Ujian akhir semester yang mencakup seluruh materi periodisasi latihan.
Penilaian kemampuan mahasiswa dalam merancang dan menganalisis program latihan periodisasi.

Materi: ...
Pustaka: Kraemer, W. J., & Ratamess, N. A. (2004). Fundamentals of Resistance Training: Progression and Adaptations. Medicine & Science in Sports & Exercise.
10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 84%
2. Tes 16%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.